Daftar Perusahaan di BEI Berdasarkan Sektor

Gambar sektor di bei

Berikut ini data lengkap perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan sektor dari tahun ke tahun. Daftar perusahaan di BEI berdasarkan sektor ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Biasanya, lebih sering untuk kepentingan penelitian (research). 

Pengelompokkan berdasarkan sektor ini juga disebut sebagai indeks sektoral di BEI, terdiri dari sembilan (9) sektor. Ini mengacu pada klasifikasi industri JASICA (Jakarta Stock Industrial Classification) yang mana klasifikasi didasarkan pada aktivitas ekonomi. Untuk lebih jelas, berikut daftar perusahaan di BEI berdasarkan sektor terbaru 2021 mengacu pada JASICA.

Pada tanggal 25 Januari 2021, JASICA diganti menjadi Indeks Sektora IDX-IC atau IDX Industrial Classification. Terkait data perusahaan di BEI berdasarkan sektor IDX-IC, silakan download di sini: Daftar Perusahaan IDX-IC.

Artikel terkait: data kapitalisasi pasar saham perusahaan (emiten) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2016 – 2019:

A. Sektor Manufaktur

Inilah salah satu sektor di indeks sektoral. Bagi kamu yang mau mengambil sampel penelitian perusahaan sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipahami. Apa itu? Sektor manufaktur adalah satu-satunya sektor di indeks sektoral yang memiliki beberapa sektor utama, yaitu sebagai berikut:

(1) Barang Konsumsi (Consumer Goods)

(2) Industri Dasar dan Kimia (Basic Industry andd Chemicals)

(3) Aneka Industri (Miscellaneous Industry)

Dengan kata lain, jika sampel penelitian kamu adalah sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka otomatis ketiga sektor tersebut akan masuk ke dalam sampel. Berikut daftar perusahaan sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI):

#1. Sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods)

#2. Sektor Industri Dasar dan Kimia

#3. Sektor Aneka Industri

B. Sektor Penghasil Bahan Baku (Pengelola SDA)

Terdiri dari sektor pertanian dan sektor pertambangan.

#4. Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di BEI

#5. Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI

C. Sektor Jasa

Terdiri dari sektor keuangan – sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi – sektor properti, real estat, dan konstruksi – sektor perdagangan, jasa, dan investasi.

#6. Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI

#7. Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di BEI

#8. Perusahaan Sektor Properti, Real Estat, dan Konstruksi di BEI

#9. Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi di BEI

Simpulan

Itulah daftar perusahaan go public yang ada di BEI berdasarkan sektor masing-masing. Nah, sektor di BEI (Bursa Efek Indonesia) terdiri dari 9 sektor. Kamu bisa memilih salah satu sektor sebagai sampel penelitian dengan periode atau time frame tertentu.

Daftar Pustaka

idx.co.id

Penting: Mohon mencantumkan sumber dari invesnesia.com jika mengutip isi artikel.

Tag: daftar perusahaan berdasarkan sektor, cara mencari data indeks sektoral, sektor di BEI.

27 thoughts on “Daftar Perusahaan di BEI Berdasarkan Sektor”

  1. Miftahul Zannah

    Selamat siang.
    Izin bertanya, pada perusahaan maufaktur periode 2017-2019 ada berapa perusahaan yang memiliki laba negatif (mengalami kerugian) dan berapa perusahaan yang menggunakan kurs rupiah?
    Terima kasih

  2. Selamat Siang ,

    Izin bertanya kalau untuk list perusahaan multinasional tahun 2016 – 2019 cara ceknya bagaimana ya kak ?

    Terima Kasih

    1. Halo, kak. Untuk kebutuhan penelitian, akan lebih mudah jika dibuat indikator yang lebih detail. Sebagai contoh, sampelnya perusahaan multinasional di BEI yang bergerak di sektor manufaktur, sektor pertambangan, dst. Kemudian, berapa lama minimal perusahaan tersebut menjadi perusahaan multinasional? Kemudian yang paling penting, apa saja kriteria bahwa suatu perusahaan dapat disebut multinasional?

  3. izin bertanya bagaimana mengetahui jumlah perusahaan manufaktur, karena saya menggunakan keseluruhan perusahaan manufaktur, dan saya sudah lihat mna saja perusahaan yang ada kebijakan dividennya. dan ternyata itu ada di berbagai sektor. nah bagaimana saya bisa tau jumlah perusahaan manufaktur dari 2016-2020

    1. Untuk tahun 2020 nanti kita update, ya. Oh ya, perlu teman-teman semua ketahui, per 2021 Sektor Saham sudah berubah. Dulu kita kenal Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA), kemudian tepatnya tanggal 25-10-2021 berubah menjadi IDX Industrial Classification (IDX-IC). Nah, ID-IC ini akan ada perusahaan dengan Sektor Teknologi dengan kode IDXTECHNO. Untuk lebih lengkap, baca di sini.

  4. Putri Ayu Wulandari

    Haloo mau nanya.. Sekarang di BEI ada perubahan kalsifikasi sektor ya? Sebelumnya ada sektor Inrfastruktur, utilitas dan transportasi, juga ada sektor real estate.. Tapi sekarang kok sudah tidak ada sektor real estate ya?

    1. Putri Ayu Wulandari

      Sorry.. Sektor real estate juga sekarang masih ada ya.. Tapi kalau sekarang subsektor Infrastruktur itu seperti apa ya?

    2. Iya benar, dulu klasifikasi didasarkan pada JASICA (Jakarta Stock Industrial Classification). Per 25 Januari 2021 telah berganti menjadi IDX-IC (IDX Industrial Classification). Untuk klasifikasi terbaru IDX-IC, telah tersedia sektor terbaru yaitu sektor teknologi. Berikut daftar lengkapnya:
      1. IDX Sektor Barang Baku (IDXBASIC)
      2. IDX Sektor Perindustrian (IDXINDUST)
      3. IDX Sektor Barang Konsumen Primer (IDXNONCYC)
      4. IDX Sektor Barang Konsumen Non-Primer (IDXCYCLIC)
      5. IDX Sektor Kesehatan (IDXHEALTH)
      6. IDX Sektor Keuangan (IDXFINANCE)
      7. IDX Sektor Properti & Real Estat (IDXPROPERT)
      8. IDX Sektor Teknologi (IDXTECHNO)
      9. IDX Sektor Infrastruktur (IDXINFRA)
      10. IDX Sektor Transportasi & Logistik (IDXTRANS)
      11. IDX Sektor Energi (IDXENERGY)

      Selengkapnya baca di sini

      1. Selamat siang. Maaf mau tanya. Sekarang sektor yg ada di bursa efek kan sudah berbeda yaa, kebetulan saya sedang skripsian ambil sektor perusahaan transportasi dan logistik. Saya mau ambil daftar perusahaan yg tertera diatas namun disitu kan sektornya masih yang lama, subsektor yg masuk ke sektor transportasi dan logistik berarti apa saja?
        Terimakasih sebelumnya maaf jika kata-katanya kurang bisa dipahami 🙏

  5. Halo kak, izin bertanya,, saya sedang melakukan penelitian, mengenai perusahaan pertambangan tahun 2016-2018, bagaimana cara mengetahui perusahaan yang mencantumkan laporan keuangan th 2016-2018 dengan Perusahaan yang tidak mencantumkan laporan keuangan nya,,mohon dibantu kak terima kasih…

  6. Nadia lista

    Hallo kak. Mohon infonya daftar perusahaan makanan dan minuman yang listing ditahun 2015-2019 secara berturut2. Terus laporan keuangannya yang lengkap kak. Semoga dijawab ya kak. Terimakasih

  7. kak. untuk melihat jumalah perusahan sektor pertambangan yang terdaftar di bei 2016-2019 gimana ya kak? sya coba pilih sektor pertambangan atu mining, kok gadak ya kak. mohon info kak.

  8. Dinda Erdia Novira

    Halo Min apakah saya boleh meminta data perusahaan manufaktur di BEI sektor industri konsumsi yang tidak mengalami kerugian secara beturut turut periode 2015-2019? Terima kasih.

  9. Dinda Erdia Novira

    Halo Min apakah saya boleh meminta data konservatisme akuntansi, kualitas laba, free cash low, relevansi nilai laporan keuangan untuk sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015 hingga 2019? Terima kasih.

  10. Siang min, per 25 januari 2021 kn ad perubahan klasifikasi sektor, saya mau tanya utk daftar sektor serta perusahaan yang termasuk dalam perusahaan manufaktur terbaru sesuai IDX-IC belum tersedia ya?
    Thank you

  11. Bisakah Bapa saya di bantu data bagaimana cara download data perusahaan
    #1. Sektor industri barang Komsumsi di BEI tahun 2015 s/d 2019

Leave a Comment

error: Content is protected !!