Review Elrond (EGLD) 2021

Skalabilitas menjadi prioritas utama di jaringan blockchain karena tim developers menemukan cara untuk mempercepat jaringan, meminimalkan kemacetan lalu lintas jaringan, dan meningkatkan jumlah transaksi yang mampu diproses dalam satu detik. Tidak hanya itu, penskalaan juga menjadi salah satu masalah terbesar dari sejumlah jaringan besar, seperti yang terjadi pada Bitcoin dan Ethereum. Elrond adalah proyek yang memanfaatkan potensi penskalaan blockchain untuk pengembangan dApss.

Tujuan Elrond adalah memungkinkan berbagai kasus penggunaan dan menciptakan ekonomi internet dengan aset digital baru. Elrond menggunakan smart contract untuk mendukung penerbitan aset digital, sambil memungkinkan transaksi cepat di buku besar (ledger).

Sementara itu, EGLD adalah koin crypto dari Elrond, sekaligus juga token utilitas jaringan. Coin EGLD diperdagagkan di bursa kripto sebagai salah satu instrumen investasi. Nah, untuk mengenal cryptocurrency ini lebih lanjut, berikut review Elrond (EGLD) 2021.

Apa Itu Elrond (EGLD)?

Mengenal coin crypto Elrond EGLD

Elrond adalah platform berbasis blockchain yang menjadi wadah bagi pengguna untuk membuat dan mengembangkan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan cryptocurrency untuk menciptakan ekonomi internet baru. Tujuan proyek ini adalah untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di jaringan blockchain dengan solusi skalabilitas.

Elrond menawarkan transaksi cepat dan lingkungan terukur untuk developers, perusahaan, dan pengguna, di samping juga memberikan pengalaman yang ramah dan biaya transaksi rendah. Jaringan tersebut dilaporkan bisa mencapai 15.000 transaksi per detik, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu jaringan blockchain tercepat di pasar.

Token asli Elrond adalah eGold (EGLD) dan menjadi mata uang kripto multiguna. EGLD dapat digunakan untuk staking, voting, dan bertransaksi di jaringan. EGLD adalah aset utama sebagai sistem insentif yang memberi penghargaan kepada para peserta jaringan. Elrond juga punya latensi enam detik, bisa diskalakan dengan sharding, dan juga menawarkan biaya transaksi relatif rendah, yakni sebesar $0,001.

Pada dasarnya, Elrond adalah perangkat lunak (software) berbasis blockchain yang memberikan penghargaan atau imbalan kepada peserta jaringan dengan kekuatan komputasinya yang mendukung sistem smart contract. Ini digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi dan aset terdesentralisasi.

Cara Kerja Elrond

Elrond adalah perangkat lunak yang relatif rumit untuk pembuatan dApps dan pengembangan aset digital berbasis smart contract. Untuk menskalakan lingkungan yang ideal bagi pengembang dan pengguna, Elrond memanfaatkan Adaptive State Sharding. Ini berfungsi membagi infrastruktur jaringan agar mendukung peningkatan jumlah aplikasi dan transaksi di buku besar/ledger.

Elrond mengadopsi mekanisme konsensus Secure Proof of Stake (SPoS), sebuah variasi dari protokol PoS tradisional. SPoS digunakan memastikan semua partisi jaringan yang terpisah oleh sharding terkoneksi ke platform fungsional pada ledger. Pengembang bisa menggunakan Integrated Development Environment dari Elrond untuk membuat dApps yang meniru produk dan layanan.

Pengguna bisa menjalankan smart contract dengan sejumlah bahasa pemrograman, termasuk C, C++, dan Rust. Pengguna juga dapat membangun dApps dengan kumpulan bahasa yang sama. Node menjalankan jaringan untuk men-support transaksi dan mengamankan platform.

Sementara itu, sharding dilakukan dengan cara membagi jaringan menjadi bagian-bagian atau fraksi yang lebih kecil sehingga node bisa menyelesaikan fraksi transaksi, satu per satu akan mencegah kemacetan dan memungkinkan proses penskalaan.

Mekanisme konsensus SPoS menyinkronkan node yang menjalankan jaringan untuk menghubungkan seluruh fraksi yang dipisahkan oleh sharding. Sharding memungkinkan Elrond untuk memproses minimal 12.500 transaksi per detik.

Sejarah Elrond (EGLD)

Siapa pendiri Elrond? Elrond diluncurkan pada tahun 2017 oleh Lucian Todea, Beniamin, dan Lucian Mincu. Saudara-saudara Mincu juga ikut serta dalam mendirikan koin awal dengan menawarkan agregator informasi Data Pasar ICO, termasuk dana investasi aset digital MetaChain Capital.

Tim Elrond mengorganisir sirkulasi investasi swasta yang berhasil menghasilkan hampir $2 juta untuk proyek tersebut. Pada bulan Juli 2019, Elrond mengadakan initial coin offering (ICO) dengan mengumpulkan lebih dari $3,2 juta atau menjual 25% dari total pasokan koin EGLD. Pada awalnya, Elrond diperdagangkan di bawah ticker ERD, kemudian ticker berubah menjadi EGLD (baca: eGold) setelah mainnet dirilis.

Keunikan Elrond

Keunikan Elrond adalah dari kasus penggunaan sharding dalam bentuk Adaptive State Sharding. Ini membagi jaringan menjadi fraksi lebih kecil sehingga node memvalidasi transaksi dan aktivitas jaringan dengan menyelesaikan satu partisi pada satu waktu. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa jaringan dapat memproses ribuan transaksi per detik dengan biaya rendah.

Tujuan utama proyek crypto Elrond adalah untuk menciptakan ekonomi digital baru dengan sistem desentralisasi, sementara skalabilitas menjadi karakteristik integral dari infrastruktur blockchain-nya. Elrond memungkinkan setiap pengguna untuk membuat aset digital baru, dApps, dan melakukan transaksi dengan biaya rendah. Keunikan lain dari proyek Elrond adalah mendukung Dapps tingkat perusahaan dan penskalaan yang menawarkan tiga bahasa pemrograman.

Value dari Elrond

Nilai atau value Elrond adalah dari potensi teknis, teknologi yang mendukung proyek, kemampuan untuk meningkatkan skala, solusi tingkat perusahaan untuk dApps dan aset digital, dan kasus penggunaan. Semua elemen menjadi penentu nilai intrinsik Elrond sebagai sebuah proyek atau sebagai fundamental. Sayangnya, nilai intrinsik terkadang tidak sesuai dengan nilai EGLD di pasar cryptocurrency. Ini hal biasa karena adanya volatilias harga. Namun, proyek dengan fundamental kuat biasanya akan mengalami peningkatakan harga pasar dalam jangka panjang.

Data Teknis Elrond (EGLD)

Berapa jumlah koin Elrond (EGLD) yang beredar? Saat ini ada sekitar 19.516.299 EGLD yang beredar. Elrond memiliki jumlah pasokan terbatas sebesar 31.415.926 EGLD. Dengan persediaan terbatas, itu akan menjaga nilai EGLD akan tetap stabil dan tidak tergerus inflasi. Harga koin EGLD di sejumlah crypto exchanges berada di level $204 per keping dengan market cap $4 miliar.

Data Teknis lainnya

Sebelum menyelesaikan transaksi di rantai utama, Adaptive State Sharding Elrond memanfaatkan 1/3 dari node untuk memvalidasi transaksi ini. Setiap 24 jam, node di-reshuffle ke shard baru di dalam proses berkelanjutan yang akan mencegah validator berkolusi saat mengubah shard. Alih-alih beroperasi dalam satu rantai, Elrond memecah jaringan menjadi beberapa pecahan, yang diatur oleh protokol Secure Proof of Stake.

Validator akan memeriksa produsen blok untuk memastikan semua aktivitas tuntas dan semua transaksi sah. Setelah blok divalidasi, validator menyinkronkan dengan pecahan lain di semua jaringan. Setelah pecahan disinkronkan, penyelesaian transaksi dilakukan secara massal. Peserta jaringan akan diberikan hadiah token EGLD dan insentif untuk membantu memvalidasi transaksi  dan mengamankan jaringan.

Sistem Keamanan Jaringan Elrond

Sistem keamanan jaringan Elrond dilakukan melalui proses staking yang didukung oleh mekanisme Secure Proof of Stake. Semua node membutuhkan staking EGLD untuk mengamankan jaringan dalam proses validasi di mana node akan bertindak sebagai validator.

Validator akan mengamankan jaringan melalui konsensus SPoS dengan menyinkronkan pecahan dan memeriksa produsen blok. Semua transaksi di jaringan divalidasi terlebih dahulu sebelum dilakukan penyelesaian massal agar dapat mengamankan jaringan dan mencegah pengeluaran ganda.

Untuk menjaga kepercayaan, validator dipilih secara acak dan diacak di antara pecahan sehingga akan mencegah kolusi. Validator dinilai berdasarkan aktivitas dan jika skornya terlalu rendah, validator bisa kehilangan peran dan harus membayar denda.

Kasus Penggunaan Elrond (EGLD)

Jaringan Elrond digunakan untuk transaksi super cepat dengan token asli EGLD karena kekuatan kapasitas hingga 15.000 transaksi per detik. Platform Elrond juga bisa digunakan untuk pengembangan dApps dengan tujuan untuk menciptakan ekonomi internet baru dan ekosistem cryptocurrency.

EGLD adalah token asli Elrond yang dikenal sebagai eGold. EGLD dapat digunakan untuk mempertaruhkan (staking) tata kelola jaringan, menutupi biaya transaksi, dan metode pembayaran utama di jaringan. EGLD juga diperdagangkan di pasar kripto sehingga investor dan trader punya peluang untuk mendapatkan capital gain dari fluktuasi harga koin EGLD.

Konsesus Proof of Stake Elrond

Blockchain Elrond memanfaatkan variasi protokol Proof of Stake (PoS) yang dikenal sebagai Secure Proof of Stake (SPoS). Jaringan sangat bergantung pada sistem node dan validator yang butuh staking EGLD untuk berpartisipasi dalam jaringan. Protokol PoS telah terbukti lebih hemat biaya dan efisien daripada Proof of Work (PoW). Ini merupakan cara cara Elrond untuk mencapai keamanan dan kecepatan transaksi tertinggi dalam kombinasi dengan sharding.

Pandangan Akhir

Elrond adalah proyek crypto unik di pasar. Ini mempromosikan penskalaan dan kecepatan transaksi tinggi sebagai nilai intrinsik dari proyek. Jaringan Elrond dilaporkan mampu memproses hingga 15.000 transaksi per detik.

Proyek Elrond memiliki fundamental yang kuat, seperti sistem desentralisasi, kecepatan transaksi tinggi, skalabilitas, dan penyimpanan penuh atas dana pengguna. Ini juga yang meningkatkan fungsional Elrond. Sementara itu, EGLD adalah token dan koin Elrond dengan kasus penggunaan yang luas. eGold (EGLD) dapat menjadi token utilitas jaringan dan koin kripto yang diperdagangkan di bursa. Prospek Elrond dianggap cerah karena proyek yang kuat. Ditambah lagi saat ini Elrond (EGLD) menjadi salah satu cryptocurrency teratas di pasar khususnya dari segi market cap dengan menduduki posisi #37.

error: Content is protected !!