Review Polygon (MATIC) 2021

Mata uang kripto (cryptocurrency) Polygon (MATIC) hari ini berada di posisi ke-16 berdasarkan jumlah nilai kapitalisasi pasar (market cap) sebesar $9,762,844,212 (sumber: coinmarketcap). Harga Polygon (MATIC) hari ini berada di level $1,55 atau setara Rp22.475 per keping (asumsi kurs Rp14.500).

Lalu, apa itu Polygon (MATIC)? Seperti apa proyek yang dilakukannya? Apa yang menjadi keunggulan Polygon? Apakah Polygon (MATIC) punya prospek bagus untuk jangka panjang? Semua hal tentang aset kripto ini akan dibahas secara lengkap melalui review Polygon MATIC berikut ini agar Anda dapat mengenal Polygon (MATIC) lebih baik.

Baca juga: Cara Menambang (Mining) Bitcoin Gratis 

Apa Itu Polygon (MATIC)?

Gambar Polygon Matic

Polygon dibayangkan sebagai cara bagi developers mana pun untuk membuat jaringan blockchain secara khusus dengan menggabungkan semua fitur terbaik dari blockchain yang berdiri sendiri (fleksibilitas, kedaulatan, dan skalabilitas) dengan Ethereum terbaik (keamanan, pengalaman pengembang, interoperabilitas).

Tujuan utama Polygon adalah menawarkan kerangka kerja dengan tujuan untuk membangun jaringan blockchain yang mana semuanya dapat saling terhubung, alih-alih harus terhalang satu sama lain. Polygon memiliki sejumlah fitur inovatif yang direncanakan, termasuk ZK roll-up, yang menggabungkan sejumlah besar transfer off-chain menjadi satu transaksi.

Roll-up Optimis, berjalan di atas Ethereum untuk memberikan transaksi yang hampir instan. Kedua fitur ini menawarkan keuntungan unik dalam perlombaan untuk menskalakan Ethereum dan memecahkan masalah kemacetan jaringan saat ini dan biaya transaksi yang tinggi.

Polygon memiliki dua pesaing terkemuka yaitu Polkadot (DOT) dan Cosmos (ATOM). Tim Polygon telah berusaha untuk mengatasi berbagai keterbatasan kompetisi dengan memperkenalkan kompatibilitas dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) – menjadikannya prospek yang sangat menarik bagi pengembang yang sudah bekerja dengan Solidity (bahasa pemrograman asli Ethereum).

Polygon benar-benar sangat fleksibel dan memiliki skalabilitas pada intinya. Nah, banyak proyek berbasis blockchain saat ini sedang mempertimbangkan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum untuk mengatasi keterbatasan Ethereum.

Protokol pesan interoperable Polygon dan kerangka kerja secara khusus menawarkan peluang unik untuk memanfaatkan ekosistem Ethereum yang populer dan mapan. Beberapa proyek juga telah memanfaatkan Polygon sebagai sebuah solusi penskalaan, termasuk EasyFi (platform DeFi) Polymarket (pasar prediksi populer) dan Aavegotchi (permainan perdagangan tertagih NFT).

Bagaimana Cara Kerja Polygon (MATIC)?

Polygon adalah sesuatu yang terbaru dalam kelompok proyek crypto juga sedang berkembang dan mencoba untuk memecahkan masalah-masalah yang diketahui di jaringan Ethereum dan ekosistem blockchain yang lebih luas, sementara juga berusaha menyederhanakan titik masuk untuk developers.

Menawarkan penyebaran satu klik dari blockchain yang telah dikonfigurasi sebelumnya dan memperkenalkan protokol yang dapat dioperasikan untuk bertukar pesan sewenang-wenang di Ethereum dan jaringan blockchain lainnya, Polygon menyediakan pendekatan modular opsional untuk “keamanan sebagai layanan”.

Rantai utama Polygon adalah Matic PoS Chain yang menambahkan lapisan keamanan (Proof of Stake) ke semua blockchain yang diluncurkan dengan Polygon. Dengan mengambil pendekatan multi-segi, Polygon mencoba untuk membuktikan masa depan umur panjangnya sendiri sementara pada saat yang sama mengamankan prospek Ethereum dengan ekosistem blockchain yang besar dan saling berhubungan.

Polygon terdiri dari empat lapisan yang berbeda, masing-masing melayani tujuan tertentu:

1) Lapisan Ethereum – Rantai Polygon dapat menggunakan jaringan Ethereum yang aman untuk mengeksekusi komponen penting apa pun melalui serangkaian kontrak cerdas: finalitas, staking, pos pemeriksaan, dan pesan yang dapat dioperasikan.

2) Lapisan Keamanan – lapisan opsional yang menyediakan ‘validator sebagai layanan’ yang dapat memeriksa aspek rantai Polygon apa pun (berbasis biaya). Beroperasi sebagai rantai meta bersama dengan Ethereum yang melakukan manajemen validator (pendaftaran, pengacakan, penghargaan) dan validasi rantai Polygon. Lapisan keamanan dapat digunakan dalam beberapa iterasi dan pada blockchain Ethereum, di mana penambang Ethereum melakukan validasi.

3) Lapisan Jaringan Wajib Polygon – ini adalah konstelasi jaringan berdaulat yang masing-masing melayani jaringannya sendiri. Bertanggung jawab untuk produksi blok, konsensus lokal, dan pemeriksaan transaksi.

4) Lapisan Eksekusi Wajib – menafsirkan dan mengeksekusi transaksi yang disepakati termasuk dalam rantai jaringan Polygon. Dua sub-lapisan terdiri dari lingkungan implementasi mesin virtual dan fungsi transisi status Logika Eksekusi dari jaringan Polygon tertentu, biasanya ditulis sebagai kontrak pintar Ethereum.

Sejarah Polygon – Siapa Pendiri Polygon?

Polygon adalah proyek sumber terbuka dengan tim pengembang terdesentralisasi dan global yang berevolusi dari jaringan MATIC yang sukses. Awalnya dipahami sebagai solusi penskalaan, Jaringan Matic membawa skala besar ke Ethereum menggunakan versi Plasma yang diadaptasi dengan rantai samping berbasis PoS.

Keberhasilan dan kemitraannya yang berkelanjutan dengan proyek-proyek seperti Decentraland (MANA) dan MakerDAO (MKR) ditambah dengan dukungan dari para pemimpin industri seperti Coinbase dan Binance telah memungkinkan tim untuk memperluas ambisi dan ruang lingkup teknis proyek.

CEO dan Co-founder Jaynti Kanani adalah seorang arsitek teknologi kreatif dengan banyak pengalaman. Sebagai Kepala Ilmuwan Data di Housing.com, Jaynti membantu mengamankan statusnya sebagai platform pencarian rumah nomor satu di India.

Co-Founder dan COO Sandeep Nailwal adalah mantan Konsultan Manajemen di Deloitte dan mantan CEO Scopeweaver.com, pasar profesional terbesar di India untuk layanan profesional.

Co-Founder dan Chief Product Officer, Anurag Arjun adalah manajer proyek veteran yang mendefinisikan dan mengoordinasikan peta jalan produk MATIC, dengan pengalaman luas dalam solusi XBRL – sebelumnya dengan Iris Business Services.

Co-Founder dan pengembang penuh teka-teki Mihailo Bjelic menggambarkan dirinya sebagai seorang Tech maximalist & Etherean.

Dewan penasihat Polygon adalah klub yang patut ditiru yang mencakup Hudson Jameson: Penghubung Pengembang – Insinyur DevOps dari Yayasan Ethereum, Pete Kim: Kepala Teknik (Wallet) di Coinbase, Anthony Sassano: pialang kesepakatan di EthHub, dan Ryan Sean Adams: Investor Aset Crypto dan Serial Entrepreneur, saat ini di Bankless.

Keunikan Polygon (MATIC)

Rantai PoS (Proof of Stake), Rantai Plasma, keamanan bersama opsional, dan pengenalan (direncanakan) roll-up ZK dan roll-up Optimis menjadikan Polygon proyek yang unik dan multi-faceted. Kedaulatan untuk Ethereum (melalui penggunaan rantai samping) adalah konsep kunci dari pendekatan modular Polygon untuk pengembangan.

Throughput khusus dan tumpukan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan yang menawarkan tata kelola yang berdaulat dapat memposisikan Polygon sebagai solusi masuk untuk aplikasi tanpa akhir dengan sensitivitas data tinggi. Pengalaman pengembang setara dengan Ethereum, jadi tidak diperlukan pengetahuan tingkat protokol baru – dan juga setoran token, biaya, atau izin.

Tim Polygon juga percaya bahwa ia dapat berhasil menggabungkan skalabilitas apa pun selain solusi aslinya sendiri. Klaim berani yang bisa menjadi faktor penting dalam mengamankan posisi utama Polygon dalam ekosistem blockchain berbasis Ethereum yang berkembang pesat dan lebih luas.

Value dari Polygon (MATIC)

Nilai atau value dari Polygon terletak pada kredensial jaringan MATIC yang mapan dan keberadaan token MATIC yang solid sebagai 100 cryptocurrency teratas.

Evolusi modular Polygon baru-baru ini telah menyiapkannya untuk berhasil sebagai solusi di mana para pesaingnya sejauh ini gagal: memecahkan tantangan jaringan Ethereum saat ini. Pendekatan modular Polygon untuk interoperabilitas adalah fungsi yang semakin dicari, karena blockchain mendekati adopsi massal dan menjadi solusi teknologi yang menarik untuk perusahaan tingkat perusahaan.

Polygon telah melindungi taruhannya dengan pendekatan multi-segi sehingga jika satu aspek skalabilitas gagal mencapai tujuan jangka panjangnya, pendekatan lain dapat menggantikannya dan terus memperluas kemampuan Ethereum. Ini, pada gilirannya, menguntungkan ekosistem blockchain yang lebih luas karena terus berkembang menjadi dewasa.

Sebagai solusi jangka panjang yang menawarkan kemampuan rantai samping yang melimpah, Polygon memiliki setiap kesempatan untuk menjadi koneksi pilihan bagi pengembang – memberikan utilitas berharga token MATIC.

Berapa Banyak Coin Polygon (MATIC) yang Beredar?

Token Matic yang beredar saat ini atau disebut circulating supply sebanyak 6.289.222.325 koin dari total persediaan tetap 10.000,000,000 token. Memiliki persediaan koin yang tetap alih-alih persediaan tak terbatas secara teoritis dapat meningkatkan nilai token, tetapi bergantung pada sejumlah faktor – paling tidak adalah nilai yang dirasakan dari proyek token dan keberhasilan melalui solusi proyek/penggunaan teknologi yang aktif.

Ketika kelangkaan meningkat karena berkurangnya pasokan (seperti halnya Bitcoin), token yang tersisa dapat dianggap memiliki nilai kelangkaan yang terlepas dari fungsi. Sebagai token utilitas, pergerakan harga Polygon di masa depan juga bergantung pada throughput transaksi jaringan yang menggunakan token untuk membayar biaya transaksi jaringan. Token MATIC digunakan untuk membayar biaya transaksi dan berpartisipasi dalam konsensus bukti kepemilikan.

Sebagai tambahan, SDK – API Polygon.io diatur di sekitar REST. API berisi URL berorientasi sumber daya yang dapat diprediksi, menggunakan kode respons HTTP standar, menerima badan permintaan yang disandikan formulir, dan mengembalikan respons, autentikasi, dan kata kerja yang disandikan JSON. Polygon SDK dan API menawarkan tingkat akses mudah lainnya bagi pengembang.

Bagaimana Jaringan Polygon Diamankan?

Rantai Matic PoS adalah rantai samping yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) yang diamankan oleh satu set validator dan pos pemeriksaan Proof of Stake tanpa izin yang dikirimkan ke Ethereum Blockchain.

Pemegang MATIC dapat menjadi delegator MATIC – atau pemegang token yang tidak ingin menjalankan node validator sendiri. Mendelegasikan token staking ke validator akan mengembalikan sebagian dari pendapatan validator sebagai gantinya. Karena pendapatan dibagi dengan validator, delegator berbagi risiko, sehingga delegator memiliki peran penting dalam sistem MATIC, bertanggung jawab untuk memilih validator terbaik.

Bagaimana Cara Menggunakan Polygon?

Taruhan token Polygon dan jadilah bagian dari ekosistem validasi. Token Staking Polygon saat ini dihargai dengan pengembalian token 20% setiap tahun, yang sebanding dengan peluang staking serupa, yang lain menawarkan antara 5-10% dan seringkali di bawah 5%.

Karena staking menjadi cara yang semakin populer untuk mengembalikan pendapatan pasif dengan mudah bagi investor kripto, ada sejumlah opsi untuk staking. Dengan Polygon, staking dapat dilakukan melalui jaringan MATIC secara langsung atau melalui sejumlah platform pihak ketiga.

Cara Memilih Dompet Polygon (Polygon Wallet)

Jenis dompet Polygon (MATIC) yang Anda pilih kemungkinan akan tergantung pada apa yang ingin digunakan dan berapa banyak yang perlu disimpan. Ada berbagai jenis crypto wallet yang dapat dijadikan Polygon Wallet.

Pertama, dompet perangkat keras (hardware wallet) atau dompet dingin (cold wallet) memberikan opsi paling aman dengan penyimpanan dan cadangan offline. Misalnya, dompet perangkat keras Ledger dan Trezor menawarkan solusi penyimpanan untuk MATIC. Dompet perangkat keras dapat melibatkan lebih banyak kerumitan dan menjadi pilihan yang lebih mahal. Dengan demikian, cold wallet mungkin cocok untuk menyimpan MATIC dalam jumlah lebih besar untuk pengguna yang lebih berpengalaman.

Dompet perangkat lunak (software wallet) atau dompet panas (hot wallet) menyediakan opsi lain dan gratis serta mudah digunakan. Mereka tersedia untuk diunduh sebagai aplikasi smartphone atau desktop dan dapat berupa kustodian atau non-penahanan. Dengan dompet kustodian, kunci pribadi (private key) dikelola dan dicadangkan atas nama Anda oleh penyedia layanan.

Dompet non-penahanan (non-custodial wallets) menggunakan elemen aman di perangkat Anda untuk menyimpan kunci pribadi. Meskipun nyaman, dompet ini terlihat kurang aman dibandingkan dompet perangkat keras dan mungkin lebih cocok untuk jumlah MATIC yang lebih kecil atau lebih banyak pengguna pemula.

Dompet online (online wallet) atau dompet web juga gratis dan mudah digunakan, dapat diakses dari beberapa perangkat menggunakan browser web. Namun, mereka dianggap sebagai dompet panas dan bisa jadi kurang aman daripada alternatif perangkat keras atau perangkat lunak. Karena Anda memercayai platform untuk mengelola MATIC, Anda harus memilih layanan yang bereputasi baik dengan rekam jejak keamanan dan pemeliharaan. Dompet ini paling cocok untuk memegang jumlah koin crypto lebih kecil atau untuk pedagang yang aktif bertransaksi.

Cara Beli Polygon (MATIC)

Anda dapat memulai investasi crypto via platform crypto exchange. Ya, ini merupakan pilihan paling umum dan sederhana. Anda hanya perlu melakukan tiga langkah saya. Cara beli Polygon (MATIC) di crypto exchange adalah melakukan pendaftaran (sign up), lalu dilanjutkan dengan deposit dana, dan terakhir proses pembelian MATIC di platform yang dipilih. 

Staking Polygon (MATIC)

Polygon menggunakan model Proof of Stake yang efisien dan hemat energi untuk mengamankan jaringannya dan mencapai konsensus. Dengan demikian, pemegang MATIC dapat mempertaruhkan token MATIC mereka untuk menghasilkan imbalan staking pasif. Staking MATIC dapat dilakukan dengan mengoperasikan node Anda sendiri, mendelegasikan stake Anda ke node lain, atau di staking pool pihak ketiga.

Simpulan

Polygon (MATIC) menghadirkan rangkaian alat yang dirancang khusus dan mengesankan ke seluruh ekosistem blockchain – tidak hanya menjanjikan untuk meringankan tantangan yang dihadapi Ethereum tetapi juga membantu merancang masa depan di mana interoperabilitas blockchain menjadi rutinitas. Membangun kokoh di atas kemajuan jaringan MATIC dengan iterasi Plasma (membuktikan alat yang berguna dalam kelancaran arus transaksional), opsi keamanan berdaulat modular Polygon menjadikannya lingkungan yang menarik untuk banyak proyek.

Sebagai pesaing yang layak untuk Polkadot dan Cosmos, rilis Polygon Februari 2021 baru-baru ini memberikan keuntungan evolusioner, sebagian disebabkan oleh persepsi bahwa sejauh ini tidak satu pun dari yang pertama telah sepenuhnya mencapai tujuan mereka. Proyek ini bertujuan untuk menjadi internet blockchain dan merupakan batu loncatan penting dalam pengembangan ekonomi mesin yang sepenuhnya otomatis. Well, semoga review Polygon (MATIC) ini membantu Anda mengenal Polygon (MATIC) lebih baik untuk menyimpulkan apakah proyek crypto ini punya prospek bagus atau tidak.

error: Content is protected !!