Aplikasi Crypto Terbaik (Exchange Platform)

Pencarian tentang aplikasi crypto terbaik tidak terlepas dari pasar cryptocurrency yang tumbuh pesat dan sangat bergairah, tepatnya dimulai pada kuartal empat (Q4) tahun 2020. Hal ini ditandai dengan kenaikan harga pasar yang signifikan dari sebagian besar mata uang kripto. Koin kripto yang paling mendapatkan perhatian adalah Dogecoin (DOGE). Ya, harga aset kripto “meme coin” ini sempat melonjak hampir 1000% dalam hitungan hari saja. Kemudian, Bitcoin sebagai bapaknya crypto juga mengalami apresiasi harga pada saat itu.

Melihat peluang keuntungan (return) yang signifikan dan potensi pertumbuhan proyek crypto yang menjanjikan, banyak masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia melirik sektor ini sebagai instrumen trading dan investasi. Hal inilah kemudian yang meningkatkan permintaan terhadap koin kripto. Di saat bersamaan, bursa kripto atau platform crypto exchange atau broker crypto juga ikut bertumbuh untuk melayani dan memenuhi permintaan pasar. Tercatat, saat ini ada banyak sekali aplikasi crypto trading terbaik dapat yang menjadi opsi bagi trader dan investor.

Nah, pada kesempatan ini, invesnesia akan membahas secara lengkap terkait platform atau aplikasi crypto terbaik untuk pemula dan profesional, baik yang berbasis di luar negeri (asing) maupun di Indonesia. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Crypto (Platfrom Crypto Exchange)

Ketika berbicara aplikasi crypto terbaik, itu biasanya mengacu pada layanan yang diberikan oleh perusahaan crypto exchange. Sama seperti broker pada umumnya, perusahaan crypto exchange adalah pihak yang menyediakan layanan perdagangan mata uang kripto dan menjadi pihak yang menjembatani pedagang untuk bertransaksi (beli dan jual) koin kripto di pasar.

Nah, karena perdagangan kripto dilakukan melalui perantara (pihak ketiga) yakni platform crypto exchange, maka ini termasuk ke dalam perdagangan atau pertukaran terpusat alias centralized exchange (CEX). Sebagai tandingannya, pedagang juga bisa mengambil opsi melalui pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange (DEX).

Meskipun CEX dan DEX memiliki kelebihan dan kekurangan, tercatat saat ini aplikasi crypto yang paling banyak digunakan adalah berbasis CEX, juga disebut pasar spot. Selain lebih mudah digunakan, platform crypto exchange berbasis CEX juga menawarkan fungsionalitas tinggi dengan banyak opsi perdagangan dan menyediakan lebih banyak jenis mata uang kripto (cryptocurrency). Karena lebih banyak dipilih, aplikasi kripto CEX juga memiliki likuiditas tinggi yang terlihat dari jumlah volume perdagangan.

Indikator Platform Trading Crypto atau Exchanges Terbaik

Untuk menyajikan pilihan lengkap, kami akan membahas aplikasi crypto terbaik, baik yang berbasis CEX maupun DEX. Untuk menentukan platform mana yang bagus dipilih, sebenarnya ada banyak faktor dan indikator yang dapat digunakan. Mungkin setiap pedagang atau pengguna memiliki preferensi dan kebutuhan yang unik (berbeda), sehingga mereka lebih tertarik memilih yang sesuai dengan mereka – cenderung bersifat subjektif.

Oleh karena itu, penting untuk membuat indikator jelas tentang aplikasi trading crypto terbaik yang bagus untuk digunakan. Pada kesempatan ini, indikator yang invesnesia gunakan mengacu pada penilaian yang digunakan oleh coinmarketcap, salah satu perusahaan berbasis situs pelacakan harga kripto teratas. Berdasarkan keterangannya, coinmarketcap memberikan skor terhadap Cryptocurrency Spot Exchanges berdasarkan empat indikator utama yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor lalu lintas (web traffic)
  2. Rata-rata likuiditas (average liquidity)
  3. Volume perdagangan
  4. Kepercayaan bahwa volume yang dilaporkan oleh exchange adalah legit (sah).

Oleh karena itu, penilaian yang diberikan untuk aplikasi atau platform kripto terbaik akan mengacu pada empat indikator di atas, yang mana ranking atau bobot atau skor diberikan mulai dari 0,0 (terendah) sampai 10,0 (tertinggi).

Aplikasi atau Platform Crypto Terbaik

30 aplikasi crypto terbaik di dunia

Berdasarkan metrik dari coinmarketcap per Desember 2021, daftar contoh 30 aplikasi crypto terbaik di dunia berbasis CEX adalah sebagai berikut:

  1. Binance – skor 9,9
  2. Coinbase Exchange – skor 8,7
  3. Crypto.com Exchange – skor 8,4
  4. FTX – skor 8,3
  5. Kraken – skor 8,1
  6. KuCoin – skor 7,8
  7. Huobi Global – skor 7,7
  8. Bitfinex – skor 7,5
  9. Gate.io – skor 7,4
  10. Binance.US – skor 7,3
  11. Bitstamp – skor 7,2
  12. Gemini – skor 7,2
  13. bitFlyer – skor 7,1
  14. Bybit – skor 7,0
  15. Coincheck – skor 6,9
  16. FTX US – skor 6,9
  17. Poloniex – skor 6,6
  18. OKEx – skor 6,5
  19. Bithumb – skor 6,5
  20. Coinone – skor 6,4
  21. Bittrex – skor 6,3
  22. Upbit – skor 6,2
  23. Binance TR – skor 6,1
  24. LBank – skor 6,1
  25. ZB.COM – skor 5,9
  26. Liquid – skor 5,9
  27. Okcoin – skor 5,8
  28. Coinlist Pro – skor 5,8
  29. MEXC – skor 5,7
  30. Tokocrypto – skor 5,7

Sementara itu, platform crypto exchange yang resmi atau terdaftar di Bappebti berjumlah 13 perusahaan, yang mana semuanya merupakan aplikasi berbasis CEX. Nah, dari 13 perusahaan tersebut, dan mengacu pada indikator dari coinmarketmap per Desember 2021, contoh daftar broker kripto atau aplikasi crypto terbaik Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Upbit – skor 6,2
  2. Tokocrypto – skor 5,7
  3. Indodax – skor 5,3
  4. Luno – skor 4,6
  5. Rekeningku – skor 4,4
  6. Zipmex – skor 4,3

Kemudian, untuk platform pertukaran kripto atau aplikasi crypto DEX terbaik berdasarkan jumlah pasar adalah sebagai berikut:

  1. PancakeSwap (V2)
  2. 1inch Exchange
  3. Uniswap (V2)
  4. Uniswap (V3)
  5. PancakeSwap
  6. 0x Protocol
  7. QuickSwap
  8. Sushiswap
  9. DODO BSC
  10. Raydium

Pertimbangan Lain dalam Memilih Platform Kripto yang Bagus

Seperti yang telah dijelaskan, dalam memilih platform atau aplikasi crypto trading terbaik, biasanya akan banyak pertimbangan yang dilakukan oleh trader dan investor. Beberapa pertimbangan berikut ini bisa menjadi opsi yang menarik.

  1. Keamanan. Platform perdagangan kripto yang aman biasanya akan menjadi syarat mutlak sebagai pertimbangan oleh pengguna. Keamanan ini mencakup, misalnya dari segi teknis aplikasi: apakah pernah diretas, sering down, dan sebagainya. Kemudian, apakah perusahaan menyediakan bug bounty sebagai langkah apresiasi bagi siapapun yang berhasil menemukan celah keamanan aplikasi.
  2. Biaya-biaya (fees). Pertimbangan lainnya untuk memilih aplikasi kripto terbaik adalah melalui biaya-biaya yang dikenakan, seperti biaya transaksi, biaya deposit, biaya penarikan, dan seterusnya.
  3. Jumlah mata uang kripto yang tersedia. Trader dan investor cryptocurrency cenderung lebih menyukai platform crypto exchange yang menyediakan lebih banyak koin kripto sehingga mereka dapat membentuk portofolio dengan optimal karena banyak pilihan aset. Misalnya, ada exchange yang menyediakan 50 aset kripto, 100 aset kripto, bahkan lebih dari 1.000 aset kripto.
  4. Pelayanan pelanggan (customer service). Ini misalnya dilihat dari ketersediaan layanan 24/7, menyediakan halaman FAQ, mungkin juga ada live chat di situs web, dan sebagainya.
  5. User friendly. Aplikasi kripto yang bagus biasanya berorientasi pada kepuasan pelanggan seperti mudah dalam penggunaan, terutama bagi pemula.
  6. Fitur-fitur. Platform crypto terbaik akan menyediakan fitur-fitur yang lengkap kepada pengguna, seperti produk tambahan, kemudahan dalam mengonversi aset, ketersediaan banyak metode pembayaran, dan sebagainya.

Dompet Kripto (Crypto Wallet) dari Platform Exchanges

Seperti namanya, dompet kripto atau crypto wallet adalah tempat menyimpan aset atau koin kripto pengguna. Yang perlu diketahui, umumnya setiap platform crypto exchange secara otomatis menyediakan dompet kripto dengan jenis hot wallet atau online wallet atau digital wallet. Ini merupakan jenis dompet internal dari exchanges dan hanya dapat diakses saat tersedia koneksi internet. Jadi saat Anda beli kripto di aplikasi crypto exchange, koin Anda akan tersimpan di wallet mereka. Contoh hot wallet adalah Coinbase wallet, Binance wallet, dan sebagainya.

Sementara itu, jenis crypto wallet lainnya adalah cold wallet atau hardware wallet atau offline wallet. Ini jenis dompet eksternal yang aksesnya tidak membutuhkan koneksi internet dan menyediakan private key sehingga cenderung lebih aman dari peretasan. Jenis wallet ini, meskipun lebih mahal, cocok digunakan untuk menyimpan koin kripto dalam jumlah besar dan untuk pengguna berpengalaman. Contoh cold wallet terbaik adalah Ledger Nano dan Trezor.

Pandangan Akhir

Well, untuk memilih platform crypto exchange atau aplikasi crypto terbaik memang harus penuh pertimbangan. Pasalnya, broker kripto inilah yang akan menemani Anda dalam bertransaksi atau trading mata uang kripto. Satu hal yang wajib diperhatikan adalah legalitas dari perusahaan. Tidak harus yang telah terdaftar di OJK atau Bappebti, yang terpenting memiliki izin dari lembaga terpercaya, termasuk untuk bursa kripto asing. Kami berharap Anda bisa menemukan aplikasi cryptocurrency yang bagus dan sesuai dengan preferensi atau kebutuhan. Baca juga: Cara Beli Kripto di Exchange.

Leave a Comment