Review Shiba Inu (SHIB) 2021

Mengenal Shiba Inu (SHIB), salah satu crypto yang dianggap memiliki prospek cerah dan bagus. Pada dasarnya, Shiba Inu adalah jenis anjing pemburu dari Jepang. Awal mulanya dipelihara untuk menghilangkan permainan kecil, namun Shiba Inu telah berevolusi menjadi koin meme kripto terdesentralisasi dan menjadi salah satu yang terbaru yang mampu menarik perhatian pasar. Ya, Shiba Inu adalah coin crypto atau mata uang kripto. Shiba Inu mendasarkan dirinya pada aset kripto Dogecoin (DOGE), koin yang awalnya dimulai sebagai lelucon.

Menurut situs webnya, Shiba Inu menyebut dirinya sebagai “Dogecoin Killer”. Berdiri di titik penting dalam inovasi, Shiba Inu berusaha memegang kendali dan menarik komunitas cryptocurrency dengan penawaran keuntungan berupa protokol tersedentralisasi dibandingkan sejumlah pesaing lainnya yang terpusat.

Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Shiba Inu (SHIB)? Apakah kamu ingin investasi dan beli Shiba Inu tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Berikut kami sediakan materi review Shiba Inu 2021 sekaligus panduan lengkap bagaimana mendapatkan token atau Shiba Inu coin.

Apa Itu Shiba Inu?

crypto shiba inu SHIB

Diluncurkan pada bulan Agustus 2020 oleh anonim yang dikenal sebagai Ryoshi, Shiba Inu (SHIB) adalah token pertama yang dioperasikan 100% oleh komunitasnya dengan tujuan untuk menciptakan standar terdesentralisasi tersendiri. Ini adalah bentuk independensi aset kripto SHIB yang tidak dapat dipengaruhi oleh pihak mana pun, termasuk pemerintah.

Menurut Woofpaper token, cryptocurrency yang tidak mampu mempertahankan independensinya, akan menghadapi keberadaan yang rapuh. Komunitas Shiba Inu, yang dikenal sebagai Tentara Shib, memulai ini semua dari nol. Mereka mencoba untuk melihat apakah protokol desentralisasi sungguh dapat bekerja ketika sebuah koin crypto tidak memiliki pendanaan, tidak memiliki tim terpusat, dan tidak ada kepemimpinan langsung.

SHIB adalah coin dan token untuk Shiba Inu. Setelah diluncurkan, Ryoshi sebagai inisiator mengirimkan 50% dari pasokan (persediaan) token ke pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Sisanya setengah lagi dikunci untuk likuiditas di Uniswap (UNI), sebuah platform keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi). Buterin kemudian membakar 90% token SHIB-nya pada bulan Mei yaitu senilai sekitar $6,7 miliar, sisanya 10% dikirim ke dana bantuan COVID-19 India yang didirikan oleh pendiri crypto Polygon (MATIC), Sandeep Nailwal.

Pengembang Shiba Inu (SHIB) tidak merencanakan Buterin untuk membakar atau menyumbangkan token SHIB. Oleh karena itu, dana bantuan tersebut perlu menentukan bagaimana penggunaan sumbangan tersebut tidak menimbulkan terlalu banyak disrupsi terhadap harga Shiba Inu.

Cara Kerja Shiba Inu

Koin SHIB adalah token ERC-20 yang didukung oleh Ethereum. Ketika berjalan di jaringan Ethereum, Shiba Inu (SHIB) dapat memanfaatkan kontrak pintar (smart contract) untuk menciptakan produk decentralized finance/DeFi. Pembunuh Dogecoin ini berencana memasuki sektor DeFi yang sedang menemukan momentum setelah melihat kenaikan harga protokol dan adopsi, melalui decentralized exchange (DEX) dan artist incubator.

Inkubator memungkinkan artists atau seniman untuk menggunakan jaringan Ethereum. Hal ini bertujuan untuk melelang token yang tidak dapat dipertukarkan dengan smart contract, menciptakan pasar non-fungible token (NFT) yang menghapus peran atau kebutuhan akan pihak ketiga.

Setelah Shiba Inu (SHIB) meluncurkan DEX, ShibaSwap, pengguna akan dapat mempertaruhkan coin mereka untuk BONES. Menurut situs website Shiba Inu, BONE yang dianggap sebagai Pembunuh Dogecoin lainnya adalah aset berikutnya yang akan membawa kekuatan decentralized finance/DeFi ke tingkat yang lebih tinggi. Detail tentang cara mendapatkan BONE akan diinformasikan berikutnya.

Nah, setelah tersedia, satu-satunya cara untuk menambang BONES adalah dengan mengintai SHIB di platform ShibaSwap. Siapa pun yang memasang SHIB akan memperoleh bunga (interest). Aset unggulan ketiga di ShibaSwap adalah LEASH, hanya memiliki total pasokan 100.000 koin. Ini juga tersedia di Uniswap (UNI). Shiba Inu memiliki rencana untuk meluncurkan proyek NFT dengan merilis ShibaSwag dan mengaktualisasikan aplikasi dunia nyata di luar lanskap digital.

Siapa Pendiri Shiba Inu?

Juga telah disinggung sebelumnya, Shiba Inu (SHIB) diciptakan pada bulan Agustus 2020 oleh Ryoshi, sebuah nama samaran. Sedikit sekali rincian tentang orang di balik Shiba Inu kecuali akun Twitter dan Medium-nya. Dalam posting Medium dari bulan Mei 2021, Ryoshi mengungkapkan bahwa “Saya bukan siapa-siapa dan tidak penting sama sekali. Upaya untuk membuka kedok “identitas” diri saya bahkan jika berhasil akan sangat mengecewakan. Saya hanya seorang pria tanpa konsekuensi yang menyentuh keyboard, dan saya bisa diganti. Saya Ryoshi.”

Meksipun begitu, pernyataan itu tidak menghentikan setiap orang untuk berspekulasi tentang identitas asli Ryoshi. Di Reddit, misalnya, salah seorang pengguna dengan akun No_Mulberry4575 menunjukkan bahwa Ryoshi telah mem-posting foto yang menyertakan Buterin sedang nongkrong di Jepang bersama Karl Floersch, seseorang yang dengan spesialiasi dalam pengembangan sistem blockchain yang berfokus pada Ethereum. Jika itu benar, mengingat bahwa Buterin menerima 50% dari pasokan SHIB, komunitas Reddit meyakini bahwa tim Ethereum terlibat dengan Shiba Inu.

Dengan keberadaan yang relatif singkat, Shiba Inu (SHIB) telah mengumpulkan support yang kuat. Situs web Shiba Inu menyatakan bahwa ia memiliki komunitas yang berkembang dan memiliki lebih dari 480.000 orang; lebih dari 70.000 pengikut di Twitter, dan lebih dari 3.000 di Medium.

Keunikan Shiba Inu

Sebagai Dogecoin Killer, Shina Inu dianggap unik karena proyek yang dijalankan oleh komunitasnya sangat yakin dengan sistem terdesentralisasi yang mampu menghilangkan kendali dari otoritas terpusat. Ini didukung oleh Woofpaper yang dimilikinya. Mereka menyatakan bahwa melalui “collective decentralization”, mereka dapat membangun sesuatu yang jauh lebih baik daripada yang dibangun oleh tim terpusat.

Dimulai sebagai eksperimen dalam pembangunan komunitas yang terdesentralisasi, salah satu aset kripto ini benar-benar memulai dari zero with zero. Bayangkan saja, tanpa adanya pendanaan, tanpa tim terpusat, dan tanpa kepemimpinan langsung, Shiba Inu mencoba peruntungan dengan melihat apakah desentralisasi dapat mencapai kesuksesan jika sepenuhnya digerakkan oleh komunitas.

Shiba Inu telah meluncurkan upaya komunitas dengan memanfaatkan fitur Amazon Smile untuk mengumpulkan dan mendistribusikan persentase pembelian Amazon sebagai sumbangan ke Asosiasi Penyelamatan Shiba Inu (the Shiba Inu Rescue Association). Donasi tersebut diharapkan dapat membantu membantu “the dogs” ini, yang mungkin akan sangat melelahkan bagi pemilik baru yang menganggap the dogs ini pemberani, cerdas, dan keras kepala.

Shiba Inu juga memanggil artists yang terinspirasi oleh anjing dari seluruh dunia untuk bergabung dengan inkubator senimannya. Itu dimaksudkan agar para seniman dapat mempromosikan gerakan artistik Shiba, kemudian membantu mendorong Shiba Inu ke pasar NFT.

Value dari Shiba Inu

Selain sifatnya yang terdesentralisasi, Shiba Inu menawarkan beberapa faktor yang menambah nilai (value) secara komprehensif. Dalam upaya untuk melihat apakah coin crypto atau mata uang kripto ini memiliki nilai dan dukungan yang real di baliknya, Ryoshi mengunci 50% dari pasokan 1 kuadriliun koin ke Uniswap. Sisanya 50% dikirim ke Buterin. Dalam Woofpaper koin tersebut, Ryoshi menuliskan  bahwa “tidak ada kehebatan tanpa titik lemah dan selama VB tidak menghalangi kita, Shiba akan terus tumbuh dan berkembang.”

Dengan menggunakan Ether sebagai aset asli untuk Ethereum, Shiba Inu dapat membangun fondasi yang sempurna untuk ShibaSwap. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat membeli, HODL, menjual, dan berdagang untuk memperoleh hadiah, mengungguli nilai platform staking lainnya. Selain itu, saat ETH 2.0 bersiap-siap untuk mengalihkan blockchain dari mekanisme konsensus Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS), ini akan menghasilkan transaksi yang lebih murah dan lebih cepat. Konsekuensinya, ShibaSwap berpotensi menjadi salah satu DEX paling populer dengan volume tertinggi karena berfokus pada token ERC-20 dan blockchain Ethereum.

Data Teknis Shiba Inu

Berapa jumlah koin Shiba Inu (SHIB) yang beredar? Shiba Inu menyatakan melalui situs webnya bahwa total pasokan SHIB adalah 1 kuadriliun. Dari jumlah saat ini, 50% dikunci di Uniswap (platform keuangan terdesentralisasi), dan sisanya 50% slagi diberikan kepada Vitalik Buterin saat peluncuran.

Data menunjukkan bahwa jumlah pasokan SHIB yang beredar saat ini sebanyak 394.796.000.000.000 dan memiliki nilai kapitalisasi pasar (market cap) adalah $4,919,826,261 – menempatkan SHIB di posisi ke-35 dengan market cap teratas. Tercatat, harga koin SHIB hari ini menyentuh level $0.00001246 per keping. Masih sangat murah.

Shiba Inu akan mempunyai tiga koin unggulan yaitu: SHIB, BONE, dan LEASH. Untuk SHIB dan LEASH saat ini tersedia, dengan BONE akan dirilis di kemudian hari. Menurut situs webnya, users akan menggunakan SHIB untuk menggali/digging (bertani/farming) atau mempertaruhkan (staking) BONES mereka.

Pelatih terbaik juga akan mengajari Shiba Inu mereka untuk menukar satu koin dengan koin lainnya. Dengan  digging dan staking SHIB, pengguna akan menghasilkan pengembalian (return) yang didistribusikan ke Puppy Pools, di mana pengguna telah mempertaruhkan atau menggali untuk SHIB mereka.

Data Teknis lainnya

Pada awalnya aset LEASH dipatok sebagai token rebase untuk harga Dogecoin. Kemudian ini diubah sehingga dapat berlanjut sebagai token ERC-20 independen. Dibandingkan dengan 1 kuadriliun SHIB, akan ada lebih dari 100.000 koin LEASH yang dicetak. Rendahnya penawaran dan permintaan akan meningkatkan imbalan untuk holding aset.

Siapa saja yang memegang BONE dapat memperoleh dari pertukaran ShibaSwap, dan hanya ada 250.000.000. Ini juga akan bertindak sebagai token tata kelola yang memungkinkan komunitas untuk memberikan suara (voting) pada proposal untuk tahun 2022. Semakin banyak aset yang dimiliki oleh pengguna, semakin besar bobot suara mereka.

Pengamanan Jaringan Shiba Inu

Jaringan Shiba Inu diamankan melalui proses staking SHIB yang juga didasarkan pada jaringan Ethereum, yang notabene menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work (PoW), setidaknya untuk saat ini. Namun, PoW memakan waktu dan energi sehingga tidak efisien. Inilah sebabnya mengapa Ethereum melakukan upgrade ke Proof of Stake (PoS) yang akan membawa transaksi menjadi lebih murah dan lebih cepat untuk jaringan.

PoW mengharuskan komputer untuk bersaing satu sama lain untuk memproses transaksi dan menerima hadiah, sedangkan PoS mencapai konsensus melalui algoritme yang memilih node untuk memenangkan blok transaksi. Node ini dikenal sebagai stake pools.

Penggunaan Shiba Inu

Banyak yang melihat SHIB sebagai instrumen investasi, aset untuk dibeli dan ditahan dalam waktu lama, karena token dirancang untuk dapat melampaui Dogecoin (DOGE) dalam hal pertumbuhan bahkan tanpa mencapai $0,01.

Peluncuran pertukaran ShibaSwap juga akan membawa utilitas yang jauh lebih luas ke SHIB karena akan memungkinkan pemegang untuk staking dan digging token mereka. Proyek Shiba secara keseluruhan juga memiliki fungsi lain, misalnya seperti menyelamatkan Shiba Inu asli melalui kampanye Amazon Smile dan mendukung gerakan seni Shiba ke pasar NFT melalui inkubator seniman.

Shiba Inu Staking

Shiba Inu berjalan di jaringan Ethereum yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work tetapi sedang transisi ke Proof of Stake. Namun, total pasokan SHIB dicetak saat proyek diluncurkan, sehingga tidak bisa menambang token SHIB. Peluncuran pertukaran ShibaSwap akan memperkenalkan staking SHIB.

Pemegang SHIB memungkinkan untuk mempertaruhkan token SHIB mereka dengan imbalan xSHIB, yang mewakili SHIB asli dan hadiah taruhan apa pun yang dihasilkan. Itu kemudian dibayarkan dalam token BONE yang akan segera diluncurkan, serta 0,3% dari semua transaksi swap ETH biaya di bursa.

Cara Membeli Shiba Inu (SHIB)

Memulai investasi cryptocurrency, seperti beli coin Shiba Inu (SHIB) adalah pilihan yang tepat. Mengingat proyek yang dijalankan di masa depan, SHIB akan berpotensi memberikan keuntungan berlipat-lipat untuk pemegang coin.

Nah, seperti kebanyakan mata uang kripto lainnya, cara beli Shiba Inu (SHIB) paling umum dapat dilakukan via crypto exchange – pihak yang menyediakan layanan transaksi jual beli aset kripto. Beberapa perusahaan crypto exchange di Indonesia yang populer seperti OKEx, Tokocrypto, Indodax, Coinbase, Binance, dan sebagainya.

Koin Meme Tersedia Secara Lengkap di OKEx

Cara beli Shiba Inu di OKEx adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Website OKEx, atau bantu kami dengan daftar via link di bawah ini:

Daftar di Sini

2. Pilih menu “Daftar”.

3. Lakukan pendaftaran: bisa dengan email atau telepon. Lalu, buat password akun. Anda juga dapat mendaftar via akun Telegram atau Google. Setelah itu, pastikan melakukan verifikasi akun via email.

4. Log in ke akun OKEx untuk melakukan proses deposit dana. Deposit bisa dengan USDT. Silakan pilih menu “Beli/Jual”. Lalu, tampil dua pilihan: Trading Cepat dan Trading P2P. Sebagai contoh, invesnesia memilih opsi “Trading Cepat” untuk deposit Rp 1 juta atau setara 68,94 USDT dengan metode pembayaran GojekPay (Gopay).

5. Pilih menu “Pasar” untuk melanjutkan ke proses pembelian koin SHIB.

Beli Shiba Inu di OKEx

Pandangan Akhir tentang Shiba Inu

Shiba Inu adalah salah satu koin crypto terbaru yang terinspirasi dari DOGE yang masuk ke pasar dan belum mencapai titik yang signifikan. Meskipun demikian, SHIB mencoba membuat sejarah dengan memastikan bahwa desentralisasi adalah standar yang tepat untuk kehidupan kita sehari-hari. Shiba Inu dijalankan 100% oleh komunitasnya untuk mencari tahu seberapa sukses sebuah proyek tanpa memiliki tim terpusat – dan ini baru permulaan.

Shiba Inu juga bertujuan untuk meningkatkan pasar token yang tidak dapat dipertukarkan melalui inkubator artisnya. Ini juga sambil menunjukkan manfaat dari pembangunan komunitas spontan secara terdesentralisasi melalui tiga aset andalan: SHIB, LEASH, dan BONE. Apakah itu benar-benar akan menjadi pembunuh Dogecoin, menarik untuk dipantau. Kami berharap, dengan mengenal Shiba Inu melalui review Shiba Inu coin ini, Anda bisa dengan jelas melihat prospek Shiba Inu ke depan.

error: Content is protected !!