Review Dogecoin (DOGE) 2021

Mengenal apa itu Dogecoin (DOGE). Dogecoin adalah salah satu aset crypto dengan prospek bagus. Dogecoin memegang silsilah sebagai salah satu altcoin pertama, dan dibuat sebagai sistem pembayaran cepat dan instan berdasarkan arsitektur blockchain Litecoin. Ide di balik proyek ini adalah untuk menciptakan alternatif yang menyenangkan dan mudah digunakan untuk Litecoin (yang merupakan alternatif dari Bitcoin), didorong oleh komunitas pengguna yang kuat.

Pada saat Dogecoin (DOGE) diluncurkan, konsep cryptocurrency sudah digunakan dengan baik dengan Bitcoin mencapai level tertinggi baru (all time high/ATH)di pasar, sehingga komunitas Dogecoin dengan cepat berkembang untuk mewakili dan mendukung Dogecoin, yang disajikan sebagai “koin meme” pada awalnya.

Logo Dogecoin menampilkan meme terkenal dan populer, DOGE, dengan menggunakan gambar salah satu ras anjing asal Jepang, Shiba Inu. Melawan segala rintangan, DOGE telah berhasil menjadi cryptocurrency paling booming di crypto market, terutama karena hype media sosial dan aksesibilitasnya ke banyak demografi di seluruh dunia. Untuk mengenal Dogecoin (DOGE) lebih detail, berikut review Dogecoin (DOGE) 2021.

Apa Itu Dogecoin (DOGE)?

Crypto Dogecoin Doge

Dogecoin adalah cryptocurrency peer-to-peer (P2P) sumber terbuka atau open source, dirancang untuk mengirim dan menerima pembayaran digital yang diproses melalui jaringan blockchain Dogecoin. Dogecoin (DOGE) dikembangkan oleh insinyur perangkat lunak Jackson Palmer dan Billy Markus dan diluncurkan pada bulan Desember 2013 sebagai mata uang kripto terdesentralisasi untuk pembayaran instan.

Awalnya Dogecoin dibuat sebagai garpu keras (hard fork) dari Luckycoin – sekarang sudah tidak ada – yang merupakan garpu dari Litecoin (LTC). Jadi, sebagai sebuah garpu dari garpu, Dogecoin bergabung dengan pasar cryptocurrency dengan reputasi sebagai “koin lelucon atau joke coin” – persona yang dipeluk dengan senang hati oleh komunitas setianya. Tanpa CEO atau entitas resmi di belakang DOGE, Dogecoin sebagian besar didorong oleh pemegang antusiasnya yang telah terbukti setia selama bertahun-tahun.

Basis pengguna DOGE terus meningkat dari tahun ke tahun, mendorong harga DOGE lebih tinggi dan meningkatkan nilai kapitalisasi pasar (market cap) Dogecoin ke level tertinggi. DOGE sebagian besar digunakan untuk crowdfunding dan memberi tip kepada online content creators sebagai aset kripto “ringan (light)” tetapi diterima oleh sejumlah merchants yang terus bertambah sebagai alat pembayaran.

Meskipun terlahir sebagai meme, Dogecoin adalah salah satu aset kripto populer dan booming berdasarkan market cap dengan return 5000% pada tahun 2021. DOGE dan didukung oleh jutaan pengguna, termasuk pendukung terkenal seperti Elon Musk dan Snoop Dogg. Selain itu, investor dan pengusaha terkenal lainnya, Mark Cuban juga mengaku memiliki sejumlah coin DOGE – kabarnya 3.250 DOGE.

Proses dan Cara Kerja Dogecoin

Dogecoin secara tidak langsung didasarkan pada kode cryptocurrency pertama, Bitcoin. Lebih khusus lagi, itu dibuat sebagai garpu keras (hard fork) dari Luckycoin (sekarang sudah tidak berfungsi) yang notabene merupakan hard fork dari Litecoin (LTC). Litecoin dikenal sebagai hard fork pertama yang pernah dibuat ketika dipisahkan dari Bitcoin.

Dogecoin meminjam mekanisme konsensus berbasis Scrypt dari Litecoin, yang merupakan cara DOGE berbagi banyak fungsi dengan Bitcoin dan “turunan (derivatives)” garpu kerasnya. Penggunaan Scrypt dalam algoritma Proof of Work (POW) Dogecoin mencegah penambang menggunakan application-specific integrated circuits (ASICs) – peralatan khusus yang digunakan dalam penambangan atau mining Bitcoin.

Sama seperti Bitcoin, peserta jaringan dari blockchain Dogecoin menggunakan kekuatan komputasi mereka untuk mengamankan jaringan dan pembuatan blok bahan bakar (fuel block creation) saat memverifikasi transaksi. Perbedaannya, Dogecoin memiliki arsitektur “ringan” yang memungkinkan DOGE memproses transaksi lebih cepat dibandingkan dengan Bitcoin.

Dogecoin adalah coin crypto yang dapat ditambang dengan kekuatan komputasi yang digunakan oleh peserta jaringan untuk menghasilkan blok baru (new block) dan memvalidasi transaksi dengan memecahkan persamaan matematika. Dengan setiap blok yang dihasilkan, penambang diberikan hadiah atau dihargai dengan 10.000 DOGE.

Pencipta Dogecoin Jackson Palmer dan Billy Markus awalnya merancang koin favorit internet dengan batas maksimum 100 miliar DOGE. Namun, tim menghapus batas pasokan (persediaan) hanya beberapa bulan setelah peluncuran. Dogecoin sekarang memiliki persediaan inflasi setelah perubahan kebijakan moneter ini, menghasilkan 5 Miliar DOGE baru setiap tahun.

Sejarah Dogecoin: Siapa Pendiri Dogecoin?

Blockchain Dogecoin – dan crypto DOGE yang mendukungnya – dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Billy Markus bekerja di IBM sedangkan Palmer adalah seorang insinyur perangkat lunak di Adobe. Keduanya berbagi visi untuk mengembangkan kripto yang menyenangkan dan mudah digunakan yang menonjol dari sistem perbankan tradisional – yang “membosankan” – sambil menawarkan hampir nol biaya untuk transaksi instan.

Kisah Dogecoin dimulai dengan ide untuk membuat cryptocurrency yang dapat digunakan oleh demografi lebih luas dibandingkan dengan Bitcoin. Langkah pertama diambil ketika Palmer membeli nama domain Dogecoin.com dan membuat situs web resmi proyek tersebut. Setelah meluncurkan DOGE dan mencatat jutaan volume perdagangan dalam hari-hari pertama di pasar, ada banyak kunjungan unik ke situs web resmi juga.

Setelah meluncurkan mata uang DOGE dengan sukses, Palmer dan Markus bahkan tidak mengambil alih jabatan CEO – peran komunitas Dogecoin menjadi semakin penting bagi jaringan. Komunitas Dogecoin (DOGE) memamerkan kekuatannya lebih dari beberapa kali, dengan aksen khusus pada pengumpulan dana yang cukup untuk menutupi kerugian karena jutaan koin DOGE dicuri dalam serangan peretasan pada proyek DOGE Wallet yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Kelebihan dan Keunikan Dogecoin

Keunggulan Dogecoin adalah pendekatan pemasarannya – disajikan sebagai mata uang internet yang menyenangkan dan ramah. Ini juga yang membuatnya tampak unik. Dogecoin dianggap sebagai “koin lelucon” pada tahun 2013 saat diluncurkan, berhasil mengumpulkan jutaan pengikut hanya dalam bulan pertama.

Tidak seperti banyak crypto dan aset digital yang disajikan sebagai proyek blockchain yang ambisius dan inovatif, Dogecoin menganut pendekatan yang jauh lebih kasual – sambil tetap menawarkan fitur yang diinginkan seperti biaya hampir nol, transaksi instan, komunitas yang kuat namun ringan, dan penambangan non-kompetitif.

Meskipun Dogecoin memiliki kesamaan dengan Litecoin dan Bitcoin, pendekatan uniknya mendefinisikan DOGE sebagai mata uang internet ramah pengguna yang sempurna untuk pembayaran mikro dan ideal untuk pengguna media sosial, content creator, dan vendor.

Value dari Dogecoin

Value atau nilai Dogecoin di pasar kripto (crypto market) ditentukan oleh keseimbangan aktivitas jual dan beli, yang membentuk harga Dogecoin. Sumber utama nilainya berasal langsung dari komunitas yang kuat dan suportif yang mendukung proyek dan pendekatan unik dari DOGE sebagai mata uang kripto yang dibuat untuk pembayaran berbasis internet.

Value dari Dogecoin juga dapat meningkat dengan dukungan, seperti dalam kasus Elon Musk yang melakukan cuitan di Twitter tentang DOGE sehingga menjadi salah satu aset digital paling menarik di pasar. Setelah itu, harga Dogecoin meroket dan “pergi ke bulan (to the moon)” seperti yang sering diungkapkan oleh komunitas pecinta DOGE.

Harga DOGE juga dapat mengikuti tren global utama yang membentuk momentum kolektif semua kripto di pasar. Harga DOGE dapat berubah mengikuti tren kolektif, biasanya didukung oleh Bitcoin sebagai kripto yang paling dominan berdasarkan market cap.

Kasus penggunaan DOGE juga berperan dalam nilai Dogecoin, karena crypto DOGE sebagian besar digunakan sebagai insentif pada platform media sosial, untuk memberi tip kepada content creator serta mengirim dan menerima pembayaran mikro dengan biaya hampir nol.

Data Teknis Dogecoin

Berapa banyak jumlah persediaan Dogecoin (DOGE) yang beredar? Pada awalnya, total pasokan Dogecoin dibatasi hingga 100 miliar DOGE. Namun, duo pengembang mengubah kebijakan moneter Dogecoin tak lama setelah rilis awal DOGE, menghilangkan batas dan menciptakan pasokan inflasi yang tak terbatas.

Berdasarkan data coinmarketcap, jumlah pasokan DOGE yang beredar (circulating supply) hari ini yaitu 129.952.951.776 DOGE. Diperkirakan pasokan yang beredar akan berlipat ganda dalam 26 tahun, dan saat ini tidak ada batasan keras untuk total pasokan. Pembuatan blok terjadi kira-kira setiap 1 menit dan hadiah penambangan adalah 10.000 DOGE.

Berapa harga dan total market cap Dogecoin (DOGE)? Tercatat, harga DOGE hari ini terapresiasi sebesar 5,38% ke level $0,33 atau setara Rp 4,8 ribu per keping. Sedangkan total market cap DOGE yaitu $43,834,769,902 – menempatkan Dogecoin di posisi ke-6 dari kriteria market cap terbesar.

Penambangan Dogecoin (Dogecoing Mining)

Jaringan Dogecoin beroperasi berdasarkan protokol Proof-of-Work (PoW) yang berarti bahwa Dogecoin dapat ditambang seperti Bitcoin. Penambang memverifikasi dan memvalidasi transaksi, dan mengamankan jaringan dari potensi serangan dan entitas jahat. Satu blok Dogecoin diproduksi setiap menit, dan hadiah bloknya adalah 10.000 DOGE.

Data Teknis lainnya

Dogecoin adalah mata uang kripto yang menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Work (PoW) khusus untuk memungkinkan pembayaran instan pada buku besarnya. Harga koin Dogecoin bergantung pada aktivitas perdagangan, nilai teknis, penggunaan umum, adopsi, tren kolektif di pasar kripto, dan banyak faktor lainnya.

Jaringan Dogecoin bekerja mirip dengan blockchain Bitcoin dan banyak altcoin lainnya, seperti Litecoin, karena semua data transaksi dan info pembuatan blok ditulis secara permanen di blockchain yang tidak dapat diubah. Sistem terdesentralisasi ini dirancang untuk secara inheren mencegah gangguan pada data yang direkam. Aturan jaringan ditentukan oleh protokol dan ditegakkan melalui node penuh (penambang) yang bertanggung jawab untuk memverifikasi setiap transaksi di jaringan.

Keamanan Jaringan Dogecoin

Jaringan Dogecoin bergantung pada penambang (miners) untuk mengamankan blockchain dan memvalidasi transaksi. Aturan PoW ditegakkan melalui node penuh dan penambang beroperasi dengan kekuatan komputasi untuk menyelesaikan persamaan matematika. Dengan memecahkan persamaan, blok baru dihasilkan, transaksi diverifikasi dan dicatat secara permanen, dan penambang diberi hadiah 10.000 DOGE.

Penggunaan Dogecoin

Dogecoin terutama digunakan sebagai mata uang berbasis blockchain online untuk pembayaran dan transaksi instan. Pengguna dapat mengirim dan menerima DOGE dengan dompet Dogecoin (DOGE) mereka dalam hitungan detik dan dengan biaya transaksi minimal. Dogecoin juga dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten (content creators) dan mendorong pembuatan konten di internet dan di jaringan media sosial.

Dogecoin sangat cocok untuk transaksi mikro, karena koin memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima sejumlah kecil dengan biaya hampir nol. Dogecoin juga dapat digunakan sebagai investasi spekulatif karena harga Dogecoin sering berubah (fluktuasi).

Cara Memilih Dompet Dogecoin (Dogecoin Wallet)

Jenis dompet Dogecoin atau Dogecoin wallet yang dipilih tergantung pada jumlah DOGE Anda miliki dan apa yang ingin dilakukan dengannya. Ada beberapa jenis crypto wallet, misalnya hardware wallet alias cold wallet – seperti Ledger dan Trezor – menawarkan opsi penyimpanan dan pencadangan offline yang dianggap lebih aman. Namun, cold wallet cenderung lebih mahal dan sulit dipahami oleh pemula sehingga mungkin lebih cocok dipilih untuk mereka yang berpengalaman dan menyimpan DOGE dalam jumlah besar.

Opsi yang lebih sederhana – biasanya gratis – yaitu software wallet yang dapat diunduh ke ponsel cerdas (smartphone) atau komputer dan mungkin bersifat kustodian (custodial) atau non-kustodian. Dompet kustodian memungkinkan kunci pribadi (private key) dikelola dan dicadangkan atas nama kamu sendiri oleh penyedia layanan.

Sedangkan dompet non-custodian menggunakan elemen aman di perangkat untuk menyimpan private key. Secara umum, software wallet lebih nyaman dalam bertransaksi tetapi kurang aman daripada hardware wallet. Oleh karena itu, dompet perangkat lunak ini lebih cocok untuk pengguna pemula dan menyimpan coin DOGE dengan jumlah yang lebih sedikit.

Terakhir, ada online wallet – dikenal juga sebagai hot wallet – yang dapat diakses dengan web browser. Online wallet dianggap kurang aman dibandingkan dua jenis dompet sebelumnya karena mengharuskan pengguna untuk memberikan kepercayaan penuh kepada platform yang dipilih untuk mengelola koin DOGE mereka.

Ini adalah opsi terbaik untuk pengguna yang memegang atau menyimpan DOGE dalam jumlah kecil atau pengguna yang sering melakukan transaksi perdagangan. Namun, pastikan untuk memilih platform terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik.

Cara Beli Dogecoin

Dengan semakin tinggi popularitas cryptocurrency termasuk Dogecoin (DOGE), banyak masyarakat tertarik untuk membeli aset digital tersebut. Perlu diketahui, cara beli DOGE dapat dilakukan setidaknya dalam empat (4) tahapan, yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama, memilih platform crypto terbaik – disebut juga crypto exchange – yang merupakan tempat transaksi berbagai jenis aset kripto, termasuk Dogecoin (DOGE). Beberapa crypto exchanges paling populer misalnya eToro, Coinbase, Binance, Tokocrypto, Indodax, Pintu, dan Rekeningku.
  2. Kedua, registrasi (sign up) melalui platform yang dipilih. Umumnya dapat diakses secara online, baik via aplikasi smartphone maupun web browser.
  3. Ketiga, setoran awal (deposit). Jumlah minimal deposit tergantung kebijakan masing-masing platform.
  4. Terakhir, transaksi pembelian atau “buy” melalui platform tersebut. Setelah melakukan pembelian, otomatis coin crypto – dalam hal ini DOGE – akan tersimpan di online wallet yang mereka sediakan.

Simpulan

Meskipun dimulai sebagai “koin lelucon”, kini Dogecoin adalah salah satu cryptocurrency teratas di pasar. Dengan mengacungkan logo DOGE-y Shiba Inu yang terkenal dan mudah dikenali, Dogecoin mencatat return sekitar 5000% pada tahun 2021 dan didukung oleh selebritas termasuk Elon Musk dan Snoop Dogg yang mendorong harga koin DOGE ke level tertinggi baru.

Dogecoin dibuat sebagai mata uang digital yang menyenangkan dan mudah digunakan yang memungkinkan pembayaran instan dan transaksi hemat biaya. Tidak lagi dianggap sebagai lelucon, Dogecoin telah membangun komunitas pengguna, promotor, dan endorser yang sangat kuat dan terus berkembang yang semuanya memuji DOGE karena utilitasnya yang sederhana dan lugas.

Well, itulah review tentang salah satu mata uang kripto terpopuler saat ini, Dogecoin (DOGE). Mengenal Dogecoin melalui informasi ini apalagi bagi pemula, semoga dapat membantu Anda untuk memulai investasi cryptocurrencydan menentukan apakah Dogecoin bisa menjadi mata uang kripto dengan prospek bagus di masa depan.

error: Content is protected !!