Review 1inch (1INCH) 2021

Pertumbuhan cryptocurrency yang cepat telah mengaktifkan sejumlah produk inovatif. 1inch adalah salah satu proyek kripto yang berfokus pada pertukaran terdesentralisasi alias decentralized exchange (DEX). Lebih spesifik, 1inch adalah DEX aggregator yang mengumpulkan semua transaksi yang diinginkan dan menyisir internet untuk mencapai kesepakatan terbaik.

Ya, 1inch adalah proyek yang memanfaatkan kekuatan jaringan komputer untuk menemukan dan mencapai kesepakatan terbaik untuk trading crypto, tidak hanya pertukaran (exchange) biasa dengan harga terbaik, tetapi juga platform dengan kesepakatan terbaik.

DEX aggregator adalah landasan utama dari jaringan 1inch. Ini mencakup sejumlah komponen, yakni:

  • Aplikasi terdesentralisasi (dApps) 1inch,
  • Tata kelola dan token utilitas 1inch,
  • Token CHI 1inch untuk pembayaran biaya gas,
  • Dompet kripto atau crypto wallet khusus,
  • Protokol untuk pasar likuiditas dan
  • Protokol untuk mengeksekusi limit order decentralized finance (DeFi) dana kripto.

Semua ini didukung oleh nonprofit foundation, research lab, dan decentralized autonomous organization (DAO) yang mengatur.

Proyek 1inch tampak sangat menarik dan inovatif, lalu seperti apa prediksi dan prospek dari 1inch di masa depan? Untuk mengenal kripto 1inch lebih lengkap, berikut invesnesia sajikan review 1inch (1INCH) 2021.

Apa Itu 1inch?

1inch

1inch adalah aplikasi inovatif yang berfokus pada gabungan teknologi kelas atas. Decentralized app (dApp) 1 inch adalah agregator DEX yang mencari sejumlah DEX dan ratusan atau ribuan penyedia likuiditas (liquidity provider) untuk menemukan kesepakatan terbaik pada perdagangan yang ingin dilakukan.

Pengguna menentukan aset kripto yang ditawarkan dan aset kripto yang ingin diperoleh, kemudian dApp akan memproses permintaan tersebut. Ini mungkin sama seperti situs web yang membantu Anda menemukan kesepakatan terbaik untuk tiket pesawat, produk perbankan, dan sejenisnya.

Pada tahap awal, dApp 1inch hanya mencari beberapa DEX saja sebagai penawaran. Saat ini, 1inch telah menggunakan algoritme Pathfinder untuk menemukan harga terbaik dengan menemukan penyedia likuiditas di blockchain Ethereum, Polygon, dan Binance Smart Chain.

DApp mampu membagi transaksi di antara sejumlah mitra untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Tercatat, dalam kurun dua tahun pertama, dApp sanggup menangani lebih dari $50 miliar dalam crypto swap di jaringan Ethereum saja. Pada dasarnya, dApp adalah solusi likuiditas 1inch. Ini memungkinkan Anda untuk memperoleh biaya transaksi dari staking aset kripto Anda ke kumpulan likuiditas (liquidity pool) jaringan 1inch.

Pada bulan Juni 2021, 1inch mengganti mesin limit order berbasis Ox dengan sebuah protokol baru yang dikembangkan sendiri. Fitur limit order 1inch memungkinkan pengguna untuk menentukan harga beli dan harga jual mata uang kripto. Transaksi akan ditunda hingga harga yang di-request terpenuhi, setelah itu akan dieksekusi secara otomatis.

Solusi limit order 1inch memungkinkan Anda untuk menentukan berbagai kondisi non-harga pada pelaksanaan order. Sebagai contoh, perintah untuk mengeksekusi berdasarkan hasil pemilu seperti yang disediakan oleh oracle blockchain.

Cara Kerja 1inch?

Cara kerja 1inch adalah dengan memahami bahwa perhitungan 1inch terjadi di bawah permukaan. Pathfinder akan memetakan persyaratan optimal untuk crypto swap yang melibatkan beberapa exchanges, bisa dua, tiga, empat, dan seterusnya. Algoritme akan membagi transaksi di antara beberapa bursa kripto (crypto exchanges) atau penyedia untuk menjamin nilai tukar terbaik.

Tercatat, 1inch mendukung pertukaran antara koin dan token crypto yang sesuai dengan standar token ERC-20, ERC-1155, ERC-721, dan BEP-20. Ini menyumbang sebagian besar mata uang kripto yang populer digunakan di pasar crypto. 1inch mencatat bahwa token tambahan bisa didukung melalui ekstensi eksternal. Meskpun begitu, detail mengenal hal itu tidak ditampilkan kepada pengguna.

Interface dari 1inch hanya menanyakan jenis token dimiliki dan jenis token yang ingin dibeli. Selanjutnya, layar akan menunjukkan terkait kesepakatan terbaik dan opsi lainnya kepada pengguna. Klik “swap now” dan transaksi akan berjalan. Anda juga akan ditawarkan pilihan pemrosesan standar, cepat, atau instan. Jika bersedia untuk membayar biaya gas yang lebih tinggi, Anda bisa mempercepat proses swap.

Biaya gas yang tinggi menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini. Semua transaksi 1inch menunjukkan biaya gas dan memberikan opsi untuk meminimalkannya. Anda bisa saja menghemat uang untuk biaya gas dengan membayar biaya dengan menggunakan token CHI 1inch. Ini bisa ditemukan dalam bentuk kotak centang (checkbox) sederhana di layar swap.

Selain swap sederhana, pengguna juga dapat menempatkan limit order dengan menentukan target harga target untuk perdagangan di masa depan atau mendapatkan uang dengan staking dana kripto ke dalam liquidity pool yang digunakan oleh DEX dan grup DEX. Selain itu, dApp 1inch juga dengan jelas menyajikan return yang akan diperoleh dari staking, yang mana dana kripto Anda tersedia selama waktu tertentu.

Sejarah 1inch

1inch didirikan pada bulan Mei 2019 di hackathon ETHGlobal New York. Pemrogram asal Rusia, Sergej Kunz dan Anton Bukov bertemu pada tahun 2017. Keduanya tertarik dalam sektor teknologi blockchain, smart contract, dan keamanan (security). Bukov cukup sering menjadi tamu di saluran YouTube CryptoManiacs Kunz dan pada akhirnya menjadi co-host.

Kunz dan Bukov melakukan audit keamanan smart contract untuk salah satu perusahaan Rusia dan mereka mulai bersaing dalam hackathon kripto di seluruh dunia untuk hanya bersenang-senang. Tim CryptoManiacs memenangkan hadiah uang tunai yang cukup untuk sekadar menutupi biaya hotel dan tiket pesawat dalam partisipasi pada kompetisi.

Mereka tidak memenangkan hadiah besar di kompetisi ETHGlobal 2019, akan tetapi mereka kembali dari New York dengan kode untuk agregator DEX. Mereka konsisten mengerjakan kodenya. Tepatnya pada bulan Juli 2020 CryptoManiacs menjadi 1inch Limited, sebuah perusahaan Spanyol yang mana Kunz duduk sebagai CEO dan Bukov sebagai CTO. Tercatat, 1inch telah berhasil mengumpulkan $14,8 juta selama empat putaran pembiayaan.

Token 1INCH

1INCH adalah token asli dari 1inch yang diluncurkan pada hari Natal 2020. 1INCH adalah token tata kelola: setiap pemegang token dapat memilih kebijakan dan strategi untuk platform 1inch. Pada dasarnya, token 1INCH tidak dimaksudkan untuk menjadi investasi. Dilansir web 1inch, “Token 1INCH tidak untuk dijual kepada pengguna. Ini adalah sebuah hadiah untuk menggunakan produk 1inch.”

Selain menyediakan mekanisme tata kelola terdesentralisasi, 1INCH juga berfungsi sebagai token utilitas yang akan mengamankan dana untuk pengembangan ekosistem. Ini mendorong partisipasi dalam tata kelola, dan juga memungkinkan pertaruhan (staking) untuk keamanan jaringan. Setiap pengguna dapat memperoleh 1INCH dengan cara meminjamkan dana ke liquidity pool jaringan 1inch.

Pengguna agregator DEX 1inch tidak perlu mengunjungi bursa (exchange) untuk membeli token 1 INCH. Mereka tidak dibutuhkan untuk menggunakan layanan ini.

Token kedua dari 1inch adalah CHI. Ini adalah “token gas” ERC-20 yang menggunakan protokol Ethereum Storage Refund dan teknologi lainnya untuk memungkinkan transaksi crypto 1inch berlangsung dengan biaya gas yang berkurang signifikan.

CHI dipatok pada harga gas jaringan Ethereum, tetapi token CHI hanya akan dicetak jika harga gas rendah dan dibakar ketika harga gas tinggi. Inilah salah satu cara token meminimalkan biaya gas terhadap transaksi dari pengguna.

Data Teknis 1inch

Berapa jumlah koin 1INCH yang beredar? Jumlah token 1inch yang beredar adalah 180.362.122 1INCH. Pada tanggal 25 Desember 2020, 1inch meluncurkan token tata kelola 1INCH dengan airdrop ke komunitas pengguna 1inch. Ini kemudian menciptakan apa yang disebut oleh sebagai “tata kelola instan.” 1inch mendistribusikan sebanyak 6% dari total 1,5 miliar token.

Sementara itu, token CHI 1inch diperdagangkan pada 1inch dan bursa lainnya. Token bisa dicetak pada 1inch atau EtherScan. Kemudian, 1inch berada di posisi #125 di pasar kripto dari penilaian market cap dengan total $520 juta. Harga 1INCH hari ini (2/10/2021) adalah $2,88 per keping.

Sistem Keamanan Jaringan 1inch

1inch telah mengaudit kode oleh tim dari OpenZeppelin, SlowMist, Haechi Labs, ConsenSys Diligence, CoinFabrik, CertiK, Scott Bigelow, MixBytes, Hacken, dan Chainsulting. Hasil audit keamanan sudah terdaftar dan ditautkan di situs web resemi 1inch, sehingga siapa pun dapat memeriksanya.

Pada dasarnya, audit ini masih dan sedang berlangsung. Sebagai contoh, ketika 1inch merilis protokol likuiditas, ada delapan lembaga independen yang melakukan audit kode tersebut. Hasil audit ditautkan pada halaman GitHub 1inch.

Selain itu, sistem keamanan pendukung lebih lanjut yaitu penyediaan teknis solusi likuiditas 1inch. Kode akan melindungi dari setiap potensi serangan terdepan. Dalam hal ini, pengamat belajar tentang perdagangan dan mengambil sebuah tindakan untuk mengganggu perdagangan. Atau mereka juga bisa menghasilkan keuntungan berdasarkan informasi sebelum perdagangan diselesaikan.

Kasus Penggunaan 1inch

Cara terbaik untuk menggunakan 1inch adalah mengunjungi langsung situs web resemi dan mencoba melakukan sejumlah perdagangan. Interface pengguna didesain secara sederhana, tetapi memberikan fleksibilitas terbaik sehingga pengguna memiliki kontrol tingkat tinggi atas aktivitas crypto swaps. 1inch juga memungkinkan pengguna untuk menjelajahi perdagangan dan harga tanpa harus mengeksekusinya.

Cara memulai di 1inch sangat mudah, hanya beberapa tahap saja. Pertama, pengguna membuat akun, lalu menghubungkan dompet digital atau dompet kripto, dan terakhir menentukan crypto swaps yang diinginkan.

Pandangan Akhir

1inch adalah DEX aggregaror yang menjelajahi ribuan sumber untuk memastikan pengguna agar mendapatkan harga terbaik di setiap perdagangan aset kripto. Layanan inovatif tersedia di dalam dApp yang dapat berjalan di situs web (website) dan perangkat seluler (mobile app). 1inch memiliki dua jenis token, yakni token 1INCH sebagai token tata kelola instan dan CHI sebagai token gas. Selain itu, 1INCH adalah coin crypto yang diperdagangkan di berbagai bursa kripto.

error: Content is protected !!