Review Chiliz (CHZ) 2021

Mengenal apa itu Chiliz, bagaimana prospek Chiliz jangka panjang? Ok, mari kita tarik ke belakang. Cryptocurrency generasi pertama seperti Bitcoin dan Ether dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pengganti tujuan umum untuk euro dan dolar dan pound sterling. Sejak itu, dunia blockchain telah melihat ledakan koin dan token tujuan khusus. Contoh kasus adalah Chiliz dan token CHZ-nya.

Chiliz menciptakan CHZ untuk berfungsi sebagai mata uang internal untuk platform keterlibatan penggemar Socios. Socios pada dasarnya adalah pasar yang memungkinkan penggemar untuk membeli non-fungible tokens (NFT) bermerek untuk menunjukkan dukungan mereka untuk bintang olahraga, tim, dan penghibur.

Tujuan utama token CHZ adalah untuk mendukung pasar Socios NFT. Tapi CHZ juga terbukti menarik bagi investor. Peran CHZ sebagai mata uang dari bisnis besar dan berkembang melindunginya dari beberapa volatilitas yang mengguncang pasar crypto secara keseluruhan. Tertarik untuk mengenal Chiliz dan melihat prospek Chiliz di masa depan? Berikut review Chiliz 2021 yang akan memberikan gambaran terkait ekosistem Chiliz, CHZ, dan NFT.

Apa Itu Chiliz (CHZ)?

Chiliz website

Chiliz adalah sebuah perusahaan di balik platform Socios dan CHZ. CHZ adalah token ERC-20 yang berjalan pada blockchain Chiliz yang berbasis Ethereum. Token CHZ berfungsi sebagai mata uang (currency) yang memungkinkan pengguna (users) untuk membeli NFT di pasar token penggemar (fan token market) Socios Chiliz.

Tanpa Socios, tidak akan ada token CHZ. Situs Socios memungkinkan penggemar (fans) untuk membeli NFT bermerek yang mamapu menghubungkan mereka dengan tim favorit mereka. CHZ adalah satu-satunya jenis mata uang yang diterima di pasar Socios NFT.

Apa itu Socios? Socios adalah sebuah ekosistem dengan fitur lengkap untuk token para penggemar (fans). Situs website dan aplikasi seluler dapat dimanfaatkan pengguna untuk membeli NFT, mendapatkan NFT dalam kontes, memperdagangkan NFT dengan pengguna lain, dan menukar NFT dengan manfaat dan barang dagangan bermerek tim. Saat ini, situs Socios menawarkan NFT bermerek dan lebih dari 20 tim olahraga dan esports, serta akan lebih banyak lagi di masa mendatang.

Cara Kerja Chiliz

Token penggemar (fan tokens) yang ditawarkan untuk dijual di situs Socios bukan sekadar koleksi saja. Tim NFT bermerek memberikan penggemar hubungan interaktif dengan tim dan memengaruhi keputusan tim. Penggemar yang mendapatkan token dapat mengekspresikan diri dengan memberikan suara (voting) dalam jajak pendapat yang diadakan oleh tim yang telah menjadi mitra Socios.

Sebagai contoh, klub Juventus FC mengizinkan pemegang token untuk memilih lagu kebangsaan yang akan dimainkan melalui pengeras suara khususnya saat tim berhasil mencetak gol. Selama delapan tahun, Juventus telah merayakan banyak gol dengan lagu Chelsea Dagger. Nah, pemegang token fan Juventus memilih Blur’s Song 2 sebagai pengganti, dan tim akan membuat perubahan.

Contoh lain, fans klub sepak bola Paris Saint-Germain memilih sebuah pesan untuk ditulis di ban kapten selama pertandingan. Sementara itu, fans klub sepak bola FC Barcelona memilih mural yang kemudian digantung di dinding ruang ganti tim. Tim esports OG mengizinkan penggemar untuk memilih spanduk dalam game yang muncul saat mereka bermain di acara tertentu.

Jika Anda punya NFT bermerek tim untuk klub yang menjalankan polling, Anda akan mendapatkan hak suara. Jika Anda memiliki tiga NFT, misalnya, Anda mendapatkan tiga suara. Pengaruh Anda terhadap pengambilan keputusan akan tumbuh saat Anda mendapatkan lebih banyak fan tokens tim. Dengan kata lain, itu akan menciptakan insentif bagi users untuk membeli, berdagang dan menghasilka NFT lebih banyak.

Tim dan entertainers juga dapat menawarkan manfaat tambahan bagi setiap pemegang token, termasuk acara pertemuan tim yang disiarkan langsung, kursi premium di acara, merchandise bermerek tim, program gamifikasi, papan peringkat, dan lainnya. Saat penggemar mendapatkan lebih banyak NFT bermerek tim, mereka mendapatkan manfaat lebih banyak dan hubungan yang lebih dekat dengan tim.

NFT sendiri diterbitkan oleh mitra Socios dalam Fan Token Offerings (FTO). Token kemudian disimpan di rantai samping dari Socios Proof of Authority. Harga untuk token penggemar (fan tokens) naik dan turun (fluktuatif) sesuai dengan tingkat popularitas tim dan hukum penawaran dan permintaan.

Sejarah Chiliz

Chiliz adalah proyek yang didirikan pada tahun 2012 sebagai bagian dari Mediarex Group, sebuah organisasi olahraga dan hiburan internasional yang berbasis di Malta. Pekerjaan aktif pada platform Socios yang berbasis blockchain telah dimulai sejak 2018. Chiliz juga meluncurkan token CHZ pada bulan Oktober 2018. Token CHZ terdaftar di bursa cryptocurrency atau crypto exchange di seluruh dunia.

Mitra pertama Chiliz adalah klub sepak bola Juventus yang berbasis di Turin, Italia. Tim mengadakan Penawaran Token Penggemar atau Fan Token Offerings pada bulan November 2019, dan menjual sebanyak 1,3 juta token pada akhir bulan dari total pasokan 20 juta token.

Chiliz meluncurkan situs dan aplikasi Socios pada akhir Desember 2019. Proses pengembangannya dibantu dengan dana investasi $66 juta oleh Private Placement. Saat ini, aplikasi Socios telah digunakan di internet oleh jutaan perangkat seluler. Selain memiliki kantor pusat di Malta, Chiliz juga memiliki kantor di berbagai negara, seperti Prancis, Spanyol, Turki, Korea Selatan, dan Brasil.

Chiliz terus berfokus untuk menambahkan jumlah tim sepak bola dan esports ke daftar mitra, tetapi berharap dapat menambahkan jumlah token olahraga dan hiburan tambahan ke pasar Socios. Chiliz juga telah mengumumkan ekspansi ke pasar olahraga Amerika.

Kelebihan dan Keunikan Chiliz

Visi Chiliz adalah menciptakan strategi bisnis berbasis token penggemar (fan tokens). Meskipun cryptocurrency dan NFT dapat digunakan dengan berbagai cara, Chiliz melihat crypto sebagai sebuah teknologi yang mendukung bisnis utamanya, yakni membangun komunitas penggemar (fan communities).

Fokus ini telah membantu Chiliz untuk menarik investor dan memoderasi volatilitas yang sering mengguncang pasar cryptocurrency. Pada dasarnya, Chiliz adalah perusahaan non crypto, tetapi perusahaan yang mengadopsi crypto sebagai teknologi penting untuk mencapai tujuan bisnis yang dapat dikatakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan crypto. Ini unik.

NFT juga telah membuktikan nilainya dalam industri games. Mereka memungkinkan setiap pengguna untuk naik level, melakukan personalisasi profil mereka, dan mencapai tujuan tertentu dalam game. Mereka banyak digunakan dalam berbagai program loyalitas pelanggan. Chiliz telah menjadi leader dalam menggunakan teknologi untuk mendukung tim olahraga dan fans mereka. Socios adalah salah satu contoh penggunaan teknologi NFT yang sangat inovatif.

Data Teknis Chiliz

Bagaimanapun juga, Chiliz memiliki aset digital yang dapat diperdagangkan di platform crypto exchange. Chiliz meluncurkan token CHZ pada tahun 2018 tanpa initial coin offering (ICO). Saat ini, adalah sekitar 5.344.064.580 token CHZ yang beredar dari total pasokan 8.888.888.888. Token CHZ sangat kompatibel dengan standar ERC-20 dan BEP-20. CHZ dapat dibeli di chiliz.net exchange atau di crypto exchange lainnya, seperti Binance, Coinbase, dan sebagainya.

Pengamanan Jaringan Chiliz

Kontrak cerdas atau smart contract di belakang CHZ dan platform Socios telah diaudit secara independen, yang mana hasilnya dipublikasikan ke publik. Chiliz menyisihkan sekitar 5% dari pendapatan (revenue) untuk biaya keamanan dan audit yang berkelanjutan. Transaksi token telah berlangsung di sidechain private dan menggunakan mekanisme keamanan Proof of Authority (PoA).

Cara Menggunakan Chiliz

Ada dua cara menggunakan platform Chiliz, Socios, dan CHZ. Pertama, Anda dapat ikut berpartisipasi dalam ekonomi token penggemar Socios. Caranya, kunjungi pasar Socios, lakukan pembelian token penggemar untuk tim favorit Anda, dan jalin hubungan dengan mereka. Anda bahkan juga bisa mendapatkan token dengan menjadi “mak comblang” antara Socios dan mitra tim baru.

Alternatif kedua adalah membeli CHZ sebagai sebuah investasi. Rencana bisnis Chiliz telah terbukti kuat dan tangguh dalam menghadapi volatilitas pasar kripto (crypto market). Ini akan membuat token lebih menarik bagi investor yang berusaha meminimalkan volatilitas mata uang utama pasar.

Cara Beli Chiliz (CHZ)

Karena koin Chiliz yakni CHZ dapat diperdagangkan di pasar crypto dan berbagai platform crypto exchange, Anda dapat melakukan pembelian di sana. Cara beli Chiliz sama dengan proses pembelian aset kripto lainnya. Pertama, lakukan pendaftaran di platform terpilih. Kemudian, lakukan deposit atau setoran awal. Jumlah deposit tergantung kebijakan masing-masing platform. Terakhir, lakukan pembelian.

Simpulan

Chiliz adalah sumber daya olahraga dan esports dengan menciptakan token bermerek yang memungkinkan setiap penggemar berinteraksi dengan tim utama favorit mereka. Bisnis ini mengombinasikan platform Socios dan pasar token dengan koin berbasis Ethereum dan puluhan token penggemar bermerek (branded fan tokens). Ini bertujuan untuk menciptakan ekonomi yang komplet untuk interaksi antara tim dan penggemar.

Ada dua fungsi Token CHZ. Pertama, setiap orang yang memperoleh token dapat membeli token penggemar dan mendukung tim favorit di Socios. Yang lain memperoleh token sebagai sebuah alternatif investasi menarik. CHZ bisa menjadi sebuah alternatif untuk stablecoin sehingga investor dapat menciptakan portofolio investasi crypto yang seimbang.

Itulah review Chiliz 2021. Dengan memahami dan mengenal apa itu Chiliz atau CHZ, Anda dapat menentukan sendiri bagaimana prospek Chiliz di masa depan.

error: Content is protected !!