Review DODO 2022 – Proyek & Prospek Crypto DODO

Popularitas sektor keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance/DeFi sangat menggairahkan, dan muncul banyak layanan DeFi di pasar dengan menawarkan manfaat melebihi keuangan tradisional. Sisitem keuangan DeFi menghapus peran pihak ketiga, menjangkau semua lapisan masyarakat, dan tingkat privasi yang tinggi. Namun, DeFi juga memiliki kekurangan, seperti slippage dan kerugian permanen. Sejumlah platform DeFi juga belum mampu menjadi aggregator untuk menemukan harga aset atau koin crypto terbaik. DODO adalah proyek DeFi yang hadir untuk mengatasi masalah dan kekurangan ini. Review DODO 2022 berikut ini akan membuka mata Anda untuk melihat seperti apa proyek yang ditawarkan dan bagaimana prospek DODO dalam jangka panjang.

Apa Itu DODO?

situs web3 dodo

DODO adalah platform pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange/DEX yang dibangun di atas jaringan Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC). Tujan DODO adalah untuk membuat likuiditas DeFi lebih mudah diakses. Berbeda dari kebanyakan DEX yang menggunakan automated market maker (AMM), DODO justru menggunakan algoritme pembuat pasar proaktif (proactive market maker/PMM) sendiri. Model PMM DODO dianggap mampu menjaga stabilitas harga dan likuiditas daripada AMM DEX.

Sejumlah produk DODO termasuk SmartTrade memberikan fasilitas perdagangan antar token di jaringan yang sama. Ini memungkinkan para pedagang untuk mendapatkan harga terbaik, dan menemukan rute pesanan terbaik dari sumber likuiditas agregat.

Selain itu, fitur Crowdpooling memungkinkan proyek ini untuk memulai pasar likuiditas dan mendistribusikan token dengan peluang yang sama, tanpa risiko gangguan bot atau frontrunning. Ditambah lagi, proyek DODO juga dapat mengumpulkan dana secara daftar gratis via fitur initial DODO offering (IDO) di platform.

Sementara itu, penyedia likuiditas (liquidity provider) memiliki fleksibilitas dalam membuat dan mengelola strategi market maker sendiri berkat fitur Pools DODO. Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan hadiah (rewards) melalui penambangan atau mining crypto. Selain liquidity mining secara tradisional, para pedagang juga dapat berpartisipasi dalam trading mining, sementara pembuat pools dan penyedia likuiditas bisa berpartisipasi dalam Combiner Harvest.

Selain sebagai proyek DeFo, DODO adalah token utilitas jenis BEP-20 dan ERC-20. Token DODO dapat digunakan untuk tata kelola platform, melakukan staking koin, dan ikut berpartisipasi dalam Crowdpooling dan IDO, serta sebagai metode pemberian penghargaan kepada penambang. Selain itu, Holding DODO juga memberikan diskon biaya perdagangan dan bisa digunakan untuk mencetak vDODO, dengan manfaat keanggotaan tambahan dan dividen dari biaya perdagangan.

Cara Kerja DODO

DODO mengembangkan algoritme pembuatan pasar proaktif (PMM) nonlinier sepenuhnya untuk memberikan harga yang lebih menguntungkan kepada pedagang melalui mekanisme “perdagangan fisik tradisional”, fleksibilitas tinggi, dan dioptimalkan untuk transaksi on-chain. PMM bisa diubah untuk sejumlah kasus penggunaan. Harga menengah dari pasar eksternal dengan volume lebih tinggi memungkinkan untuk diambil dan secara proaktif disesuaikan dengan algoritme PMM sehingga mencapai efisiensi modal dan meminimalkan risiko kerugian yang tidak permanen.

Ini juga mengindikasikan bahwa penyedia likuiditas (liquidity pool) dapat berkontribusi hanya satu token, daripada menyetor kedua token dalam pasangan perdagangan (trading pair) seperti yang terjadi di AMM, seperti platform Uniswap, misalnya. Penggunaan PMM juga bisa menciptakan DODO Classic Pool.

PMM juga dapat meminimalkan hambatan masuk untuk proyek yang lebih kecil karena aset yang baru dicetak dengan likuiditas yang minim sisi jual tidak butuh modal besar untuk dipasangkan. Hal ini karena tim DODO dapat menginisialisasi likuiditas pada 100% token dan 0% stablecoin atau ETH pada saat mengeluarkan token mereka. Aplikasi PMM juga mampu menciptakan Mesin Penjual Otomatis DODO. Selain itu, algoritme PMM bis adisesuaikan sepenuhnya dengan perdagangan pasar bebas untuk menciptakan DODO Private Pool. Sementara itu, mekanisme penerbitan aset bisa diubah untuk memfasilitasi Crowdpooling.

Keunikan dari DODO

Keunikan proyek crypto DODO adalah berasal dari inovasi proyek yang dilakukan, yakni menggunakan proactive market maker (PMM) dengan bantuan oracle yang dibuat sendiri oleh tim mereka. Ini lebih kurang meniru sistem perdagangan “tradisional fisik” di pasar pada umumnya, sehingga dapat menawarkan harga yang lebih menguntungkan.

Pada dasarnya, model ini juga bisa diubah untuk mendukung lebih banyak pools dan perdagangan. Algoritme PMM memungkinkan pedagang memperoleh slip harga yang lebih murah dan meminimalkan kerugian tidak permanen jika dibandingkan dengan sisitem AMM. Selain itu, liquidity provider juga bisa menyetorkan token dasar atau kutipan pada DEX DODO, termasuk juga setoran token tunggal. Inilah yang membuat platform DEX DODO unik karena berbeda dari kebanyakan DEX yang menggunakan AMM – mengharuskan kedua token disimpan pada rasio tertentu.

Value dari DODO

Nilai atau value dari crypto DODO adalah berkat algoritme PMM yang sangat inovatif dan menawarkan pedagang opsi yang lebih menguntungkan daripada kebanyakan platform DEX yang menggunakan AMM. Semua pihak, mencakup trader, investor, liquidity provider, dan penerbit token bisa memperoleh manfaat dari platform DEX DODO dengan menyediakan likuiditas teratas di pasar.

Selain itu, value dari cryptocurrency DODO berasal dari utilitas di platform. Pemegang DODO bisa membuat dan memberikan hak suara atau voting pada perubahan yang diusulkan pada platform di masa depan, ikut berpartisipasi pada Crowdpooling dan IDO, menerima potongan biaya trading, bisa melakukan staking token, dan membuat token vDODO untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Kemudian, DODO adalah salah satu koin kripto di bursa (crypto exchange), artinya nilai DODO ditentukan dari market cap. Semakin tinggi market cap, semakin baik dominasi DODO di pasar cryptocurrency. Karena jumlah pasokan terbatas, DODO dapat menjadi aset penyimpan nilai yang baik.

Data Teknis DODO

Berapa jumlah koin DODO yang beredar? Tercatat saat ini total pasokan DODO yang beredar adalah 110.551.965 token dari total persediaan maksimal 1.000.000.000 token DODO. Sebanyak 60% token DODO telah dicadangkan untuk insentif komunitas, sebanyak 15% dialokasikan untuk tim dan penasihat, sebanyak 16% untuk investor, lalu 1% untuk penyediaan likuiditas awal, dan 8% untuk partnership, operasi, dan pemasaran.

Sementara itu, vDODO adalah token yang tidak dapat dipindahtangankan dan berfungsi sebagai bukti keanggotaan program loyalitas DODO. Para pemegang vDODO akan mendapatkan imbalan keanggotaan dan dividen yang berasal dari biaya perdagangan. Pengguna juga dapat mempertaruhkan atau staking 100 token DODO untuk mencetak 1 vDODO, dan pemegang vDODO akan menerima 6 token hadiah per blok.

Kasus Penggunaan DODO

Platform DEX DODO memungkinkan pedagang untuk menemukan harga terbaik untuk perdagangan via perutean pesanan terbaik dari likuiditas agregat. Liquidity provider dapat menghasilkan biaya dengan berkontribusi pada liquidity pool. Selain itu, juga tersedia fitur Crowdpooling untuk mendistribusikan token tanpa hambatan frontrunning atau bot.

Token DODO hanya bisa ditahan untuk menerima potongan biaya perdagangan dan juga alokasi untuk partisipasi dalam Crowdpooling dan IDO. DODO adalah token tata kelola sehingga dapat digunakan untuk membuat dan memberikan hak suara pada proposal platform di masa depan. Token DODO dapat dipertaruhkan (staked) untuk mendapatkan lebih banyak crypto DODO atau untuk mencetak vDODO.

Selain itu, DODO adalah koin kripto di bursa, sehingga Anda bisa menjadikannya instrumen investasi dan trading, untuk memperoleh capital gain.

Pandangan Akhir

DODO adalah sebuah proyek crypto yang berfokus pada DEX dengan keunikannya menggunakan protokol proactive market maker atau PMM. Ini mampu menghadirkan likuiditas lebih baik dan menjaga stabilitas harga daripada protokol AMM. Dengan keunikan dan value yang berasal kasus penggunaan, inovasi, dan utilitas token, prospek koin cryptocurrency DODO dianggap cerah. Dalam jangka panjang, ini bisa saja menjadi investasi menguntungkan – asalkan konsisten dengan proyek awal yang digarap. Jika jumlah pengguna bertumbuh, harga pasar DODO di bursa akan meningkat, investor bisa menghasilkan profit lebih tinggi dari capital gain.