Review Maker (MKR) 2021

Mengenal apa itu Maker (MRK) crypto? Maker (MKR) adalah token ERC-20 asli dari Maker Protocol, sebuah proyek keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance (DeFi). Ini juga dikenal sebagai sistem Multi-Collateral Dai (MCD) yang memungkinkan pengguna (users) memanfaatkan aset crypto yang dimilikinya untuk menghasilkan Dai (DAI), sebuah cryptocurrency terdesentralisasi dikelola secara komunitas yang melacak harga USD.

Baca juga: apa itu decentralized exchange (DEX)

Maker berperan sebagai token tata kelola (governance token), sehingga pemegang MKR dapat memberikan suara (voting) pada pengembangan Maker Protokol dan proposal yang dapat memengaruhi penggunaan Dai.

Tertarik mengetahui seperti apa prospek mata uang kripto ini di masa depan? Review Maker (MKR) 2021 berikut ini membahas secara lengkap. Mulai dari latar belakang apa itu Maker, cara kerja, pendiri dan sejarah, keunikan atau kelebihan, value yang dimiliki, cara penggunaan, hingga cara membeli Maker di crypto exchange.

Apa Itu Maker (MKR)?

MakerDAO web

Maker protocol atau Maker adalah salah satu aplikasi terdesentralisasi atau decentralized app (dApp) terbesar di blockchain Ethereum. Ini dirancang khusus oleh sekelompok developers yang berbeda dan diatur sepenuhnya oleh MakerDAO.

MakerDAO adalah sebuah organisasi otonom terdesentralisasi (decentralized autonomous organization/DAO) yang terdiri dari semua pemegang MKR di seluruh penjuru dunia. Pemegang MKR ini dapat mempertaruhkan atau staking token MKR untuk memilih setiap perubahan yang diusulkan pada Maker Protocol.

Maker protocol adalah platform open source yang berperan memastikan efisiensi, transparansi, dan stabilitas Dai (DAI). Ini juga menjadi jawaban dan solusi untuk stablecoin yang dahulunya terpusat, dan saat ini sudah mengadopsi sistem terdesentralisasi.

Memiliki atau memegang token MKR mungkin dapat disamakan seperti halnya memiliki saham perusahaan. Dengan kata lain, setiap pemegang saham punya hak suara dalam menentukan kebijakan atau keputusan startegis perusahaan.

Sementara itu, ekosistem Maker adalah salah satu DeFi pertama yang berhasil atau sukses secara signifikan. Ini menjadi sebuah bukti dari efektivias tata keloa yang sepenuhnya tersdesentalisasi atau tidak terpusat.

Apa Itu Dai?

Dai (atau DAI) adalah salah satu stablecoin terdesentralisasi, tidak bias, dan dijaminkan, yang nilai arat harganya dipatok dengan dolar AS pada rasio 1:1. Artinya, 1 DAI = 1 USD. Pada intinya, Dai adalah cryptocurrency yang harganya akan mengikuti nilai dolar. Perbedannya, Dai tidak membutuhkan otoritas pusat. Ya, ini karena Dai menganut sistem terdesentralisasi. Dai dioperasikan secara terdesentralisasi oleh Maker Protocol. Pembahasan lebih lengkap tentang Dai (DAI), silakan baca di sini.

Proses dan Cara Kerja Maker

Maker Protocol menghasilkan Dai baru melalui smart contract yang dikenal sebagai Maker Vaults. Kontrak tersebut dapat dibuat dengan sejumlah UI web dan aplikasi yang berperan sebagai portal dalam mengakses jaringan, milanya melalui Oasis Borrow atau Instadapp.

Ketika pengguna ingin menarik atau mengambil kembali crypto yang diagunkan dari kontrak pintar, mereka wajib membayar kembali Dai yang sebelumnya diperoleh, plus ditambah dengan biaya stabilitas (stability fee).

Token MKR dapat digunakan untuk mengatur Maker Protokol. Proposal dipilih dalam bentuk smart contract dan digunakan oleh alamat Ethereum mana pun. Komunitas pemegang token MKR juga dapat memilih proposal mana saja yang ingin disampaikan. Setelah itu, alamat Ethereum yang menerima suara persetujuan lebih banyak dalam bentuk MKR akan memperoleh akses administratif untuk membuat perubahan yang diusulkan pada Maker Protocol.

Sejarah Maker: Siapa Pendiri Maker?

Ekosistem Maker telah melewati sejarah panjang dengan sejumlah proses. Itu bermula dari pendirian MakerDAO pada tahun 2014 oleh pengusaha Denmark sekaligus lulusan Universitas Kopenhagen, Rune Christense.  Setelah mempelajari dan menguasai bisnis internasional, Christensen mendirikan Try China sebelum beralih ke blockchain.

Pada tahun 2017, Dai resmi diluncurkan di jaringan Ethereum. Pada tahun berikutnya, lahir Maker Foundation yang merupakan sebuah organisasi untuk mendorong pertumbuhan ekosistem dan sebagai pelopor untuk menjalankan pembangunan terdesentralisasi.

Christensen menjabat sebagai CEO Maker Foundation, sementara itu Steven Becker berperan sebagai Presiden dan COO. Becker diketahui sebelumnya mendirikan Cubit Capital. Selain itu, juga ada Shefali Roy sebagai ekonom.

Pada awalnya, Ethereum adalah satu-satunya aset yang dapat dijaminkan melalui maker Protocol, yang mana Dai yang dihasilkan dikenal sebagai Single-Collateral Dai atau Sai. Pada tahun 2019, sistem Multi-Collateral Dai (MCD) diterapkan, masih berlangsung hingga hari ini. Ini memungkinkan semua jenis aset berbasis Ethereum yang disetujui oleh komunitas pemegang MKR dapat disimpan.

Kelebihan dan Keunikan Maker (MKR)

Maker menawarkan komunitas pemegang MKR sebuah kesempatan unik yaitu dengan berpartisipasi secara langsung dalam pemerintahan atau tata kelola Dai. Seperti yang diketahui, Dai adalah salah satu stablecoin paling populer di pasar kripto (crypto market). Pemegang MKR dapat memanfaatkan sejumlah token MKR mereka untuk memilih berbagai jenis proposal, sebagai berikut.

  • Mata uang kripto (cryptocurrency) baru mana yang akan ditambahkan sebagai aset yang diagunkan untuk mencetak lebih banyak Dai.
  • Mengubah Indikator atau Parameter Risiko dari crypto tersebut.
  • Membuat sejumlah perubahan pada Dai Savings Rate.
  • Memilih oracle (alat yang menyediakan data real-time terkait harga pasar ke ekosistem Maker).
  • Meningkatkan sistem.
  • Kekuatan suara (voting) setiap pengguna tergantung pada jumlah dan ukuran MKR mereka.

Indikator Risiko

Setelah token kripto berbasis Ethereum disetujui sebagai jaminan (agunan) untuk Maker Vaults, komunitas harus memutuskan parameter risiko secara. Ini ditentukan oleh profil risiko aset dan juga dengan mengombinasikan hal-hal berikut ini:

  • Debt Ceiling: jumlah maksimum utang yang dapat dibuat oleh jenis cryptocurrency Setelah debt celling tercapai, tidak ada lagi Dai yang bisa dicetak oleh bankas (vault) sampai sebagian atau seluruh utang dilunasi.
  • Stability Fee: biaya yang wajib dibayar (dalam Dai) untuk mengambil agunan dari smart contract. Ini merupakan persentase hasil tahunan yang dihitung berdasarkan berapa banyak Dai yang telah dihasilkan.
  • Liquidation Ratio: nilai akan mencerminkan tingkat volatilitas harga pasar yang diharapkan MakerDAO dari aset crypto.
  • Liquidation Penalty: biaya yang ditambahkan ke nilai utang brankas jika likuidasi terjadi.

Jika dianggap terlalu berisiko berdasarkan parameter ini, brankas tersebut akan dilikuidasi melalui lelang otomatis.

Value dari Maker

Nilai atau value dari Maker berasal dari utilitas yang dimilikinya sebagai token tata kelola DeFi, sebuah power untuk memilih cara pengelolaan Dai dan mendorong permintaan untuk MKR. Itulah yang memengaruhi perubahan harga Maker di market. Meskipun token MKR tidak membagikan sejenis dividen, nilai MKR diestimasi akan terus meningkat sehubungan dengan kesuksesan Dai.

Data Teknis Maker (MKR)

Harga Maker (MKR) hari ini tercatat bergerak di level $3.115 per keping atau setara Rp44,8 juta per keping. Berapa jumlah koin Maker (MKR) yang beredar? MakerDAO memiliki pasokan 1 juta token MKR pada awal peluncuran.

Saat ini jumlah pasokan beredar sekitar 991.328 MKR dengan kapitalisasi pasar (market cap) lebih dari 3 miliar USD. Total pasokan token Maker akan berfluktuasi sesuai perubahan harga dan kondisi pasar. Ini kemudian juga akan memengaruhi nilai market cap MKR.

Jika cryptocurrency yang disimpan dalam kontrak pintar Maker Vault tiba-tiba mengalami penurunan harga, mereka mungkin tidak memiliki nilai yang cukup untuk menjamin stablecoin yang dihasilkan, yang mengarah pada likuidasi.

Bagaimana seandainya Dai yang ditampilkan dalam pelelangan tidak cukup untuk menutupi kewajiban brankas? Itu akan membuat token MKR baru dicetak. Namun, jika Dai yang dihasilkan lebih banyak daripada yang diperlukan, itu dapat digunakan untuk membeli kembali token Maker, lalu membakarnya.

Total pasokan MKR akan berubah secara dinamis, sehingga itu juga yang akan memengaruhi harganya. Sementara itu, Dai akan tetap dipatok pada $1 USD.

Penggunaan Maker (MKR)

Utilitas utama dari token Maker adalah memberikan hak suara pada pengelolaan protokol dan Dai. Setiap token MKR bernilai satu suara saat terkunci dalam kontrak pemungutan suara.

Pada awalnya, pengguna akan memasukkan token Maker ke sebuah proposal, yang mana hasilnya ditentukan oleh jumlah token MKR yang diterima (bukan jumlah pemegang MKR).

Token Maker juga memiliki nilai sebagai rekapitalisasi karena pasokan MKR berpotensi meningkat jika utang sistem melebihi surplus. Ini memberikan insentif kepada pemegang token Maker untuk menghindari pengambilan risiko berlebihan dan mengatur ekosistem Maker dengan tanggung jawab.

Harga Maker cukup fluktuatif, sehingga MKR tidak digunakan sebagai alat tukar, tetapi sebagian orang mungkin akan membeli atau memilikinya sebagai investasi spekulatif, memperoleh keuntungan (profit) dari kenaikan harga di pasar.

Maker Minting

Apa bisa menambang atau mining Maker? Tidak bisa. Token Maker (MKR) tidak dapat ditambang. Sebaliknya, MKR dicetak dan dibakar. MakerDAO diluncurkan dengan total pasokan 1 juta MKR, tetapi pasokan akan berubah karena akan terjadi proses mencetak atau membakar Maker (MKR) oleh ekosistem Maker berdasarkan fluktuasi harga.

Cara Memilih Maker Wallet

Dompet mata uang kripto (crypto wallet) digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai coin crypto, termasuk Maker (MKR). Ada banyak platform atau penyedia layanan yang dapat dimanfaatkan sebagai dompet Maker atau Maker wallet untuk  menyimpan koin MKR. Yang paling umum adalah online wallet atau hot wallet. Jenis dompet ini disediakan gratis oleh platform crypto exchange.

Kemudian, ada pula opsi software wallet dengan penawaran dompet kustodian dan non kustodian, serta juga support untuk sejumlah perangkat (seperti desktop dan smartphone). Pilihan lainnya adalah cold wallet yang dapat menjadi opsi paling aman sekaligus paling rumit dan mahal.

Memilih Maker wallet sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memahami jenis crypto wallet lebih detail sehingga bisa memutuskan mana yang terbaik. Baca di sini: Cryptocurrency Wallet.

Cara Beli Maker (MKR)

Investasi crypto atau beli berbagai jenis mata uang kripto umumnya dilakukan via platform crypto exchange. Selain akses yang mudah dan murah, crypto exchange juga didukung oleh banyak cryptocurrency, termasuk Maker (MKR). Oleh karena itu, Anda bisa memulai investasi atau membeli MKR di crypto exchange. Ada 3 (tiga) tahapan, yakni proses registrasi (sign up), proses setoran dana atau deposit, dan proses pembelian MKR.

Baca juga: Cara Beli Berbagai Jenis Aset Kripto di Crypto Exchange 2021

Simpulan

Maker adalah proyek pertama yang mengadopsi industri DeFi secara signifikan yang dioperasikan secara efisien oleh komunitas pemegang MKR. Maker juga menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memiliki suara dalam hal pengelolaan.

Salah satu stablecoin terbesar (berdasarkan market cap) ini juga memberikan insentif kepada pemegang MKR untuk memilih secara bertanggung jawab. Semakin baik ekosistem, semakin banyak jumlah pasokan MKR yang akan dibakar; ini akan meningkatkan harga Maker (MKR) di pasar crypto.

Tujuan Maker adalah untuk meningkatkan adopsi dan desentralisasi lebih luas di masa depan. Ini mengindikasikan bahwa Maker sedang mempromosikan stablecoin yang dimilikinya, Dai (DAI), di berbagai industri di luar DeFi.

Ada banyak sektor yang dapat menerima manfaat atau keuntungan seperti games, amal (charities), prediction market, transaksi lintas batas (cross-border transactions) untuk perdagangan internasional, dan banyak lagi. Maker adalah proyek yang sangat langka dengan utilitas terbaik dan nyata, sehingga prospek Maker dianggap cerah dalam jangka panjang seiring dengan pertumbuhan dan inovasi.

Dengan memahami review Maker (MKR) 2021 ini, Anda dapat menyimpulkan bagaimana peluang pertumbuhan. Termasuk juga value yang akan menjadi keunggulan Maker dibandingkan jenis cryptocurrency lainnya, khususnya sesama stablecoin.

error: Content is protected !!