Review IDEX (IDEX) 2021

Pasar cryptocurrency berkembang dan melahirkan ribuan mata uang kripto berbeda dengan berbagai kasus penggunaan. Sejumlah proyek crypto dan blockchain terpopuler dalam beberapa tahun terakhir berkisar pada decentralized finance (DeFi). Karena sektor DeFi berkembang pesat, banyak proyek DeFi terbaik bermunculan. IDEX adalah salah satu DeFi dengan daya tarik tersendiri.

IDEX menggabungkan fitur terbaik dari pertukaran terpusat (centralized exchange/CEX) dan pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) untuk menciptakan ekosistem yang ramah pengguna yang memungkinkan terjadinya perdagangan mata uang kripto. Pengguna dapat mengontrol penuh atas dana mereka sendiri karena tersedia fasilitas pertukaran penyimpanan mandiri dengan elemen CEX agar pertukaran lebih cepat atau lebih optimal.

Apa Itu IDEX (IDEX)?

apa itu crypto IDEX

IDEX adalah DEX dengan elemen CEX yang membuat jaringan lebih cepat sambil mempertahankan integritas sebagai lingkungan terdesentralisasi. IDEX jelas menjadi proyek crypto yang unik. Platform ini di-host di Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC). Sebagian besar proyek sejenis menggunakan model Automated Market Maker (AMM) untuk mengeksekusi perdagangan pada DEX, namun IDEX punya pendekatan berbeda.

IDEX menggunakan buku pesanan (order book) untuk memulai dan mengeksekusi crypto exchanges yang didukung. Masih diperdebatkan apakah IDEX dikategorikan sebagai pertukaran terdesentralisasi (DEX) atau pertukaran non-kustodian karena pengguna diminta menyelesaikan verifikasi pelanggan dan memberikan alamat email.

IDEX di BSC menawarkan sejumlah fitur yang biasa ditemukan di centralized exchange, seperti fungsi stop-loss. Yang paling terbaru, IDEX juga tersedia di Polkadot (DOT) sebagai bagian dari proyek IDEX Multichain.

Pengguna bisa saling bertukar aset kripto yang didukung oleh Ethereum, Binance Smart Chain, dan Polkadot, Tujuan utama dari proyek IDEX adalah memungkinkan ribuan transaksi untuk dieksekusi dan diproses secara cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, IDEX adalah token utilitas dan juga dapat dipertaruhkan oleh Node untuk validasi transaksi pada buku besar off-chain. IDEX juga crypto yang diperdagangkan di sejumlah bursa kripto atau crypto exchanges.

Cara Kerja IDEX

Fungsi utama IDEX adalah sebagai pertukaran order book sementara proyek mengombinasikan elemen CEX dan DEX untuk memberian kecepatan yang lebih baik dalam mengeksekusi transaksi di buku besar (ledger). Sebagian besar platform DEX di pasar adalah AMM, sementara IDEX memanfaatkan order book dan memusatkan sistem untuk mencocokkan pesanan di jaringan.

Dari segi fungsionalitas dan kecepatan maksimum di Ethereum, IDEX memanfaatkan Layer-2 Optimistic Rollups. Ini merupakan sebuah solusi penskalaan dengan kecepatan lebih tinggi dalam memproses transaksi off-chain sambil juga mempertahankan model desentralisasi mainnet, yakni IDEX.

Pengguna Ethereum bisa mengalami kendala kemacetan terutama saat jaringan sibuk, yaitu ketika harga gas naik sehingga penggunaan Ethereum menjadi lebih mahal. Itulah alasan Ethereum secara bertahap beralih ke mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS) dengan peningkatan Ethereum 2.0.

Untuk meminimalkan kemacetan dan efisien harga gas, IDEX menggunakan solusi penskalaan Layer 2 dan Merkle trees. Kombinasi ini memungkinkan jaringan untuk menyelesaikan transaksi secara massal. Penskalaan IDEX di BSC dilakukan via penggunaan infrastruktur off-chain dan Ethereum Virtual Machine yang memungkinkan eksekusi cepat dan perdagangan instan.

Sejarah IDEX

Pada awalnya, tahun 2017, IDEX adalah proyek yang didirikan dan dikembangkan dengan merek Aurora. Alex Wearn dan Philip Wearn adalah orang-orang di balik proyek ini yang juga merupakan salah satu pendiri EtherEx.

Pada tahun 2019, Aurora kemudian berganti nama menjadi IDEX dengan gagasan untuk menciptakan dan mengembangkan pertukaran non-kustodian secara real-time pertama yang mengombinasikan sistem terpusat untuk mencocokkan pesanan dan desentralisasi.

Alex Wearn adalah CEO IDEX dengan latar belakang pengembangan perangkat lunak yang berperan dalam manajemen sebelumnya di IBM, Amazon, dan Adobe. Gagasan di balik proyek IDEX adalah memungkinkan pengguna untuk mengakses alat dan fitur perbankan dan keuangan untuk pertukaran mata uang kripto secara instan di berbagai platform, seperti Ethereum, BSC, Polkadot, dan integrasi lainnya yang akan datang.

Keunikan IDEX

Sebagian besar platform DEX menggunakan model pembuat pasar otomatis (AMM) untuk mengeksekusi pesanan beli dan jual. Sementara itu, IDEX menggunakan buku pesanan (order book) dengan sistem terpusat untuk mencocokkan pesanan. Sistem sentralisasi ini dicapai untuk memastikan eksekusi instan dan pemrosesan yang lebih cepat untuk semua transaksi off-chain.

Keunikan IDEX adalah platform yang unik karena menawarkan eksekusi perdagangan yang terjamin dengan latensi rendah, sementara perangkat lunak (software) mewakili kombinasi unik dari elemen terpusat dan terdesentralisasi yang ada di dalam sistem.

Karena pendekatannya yang unik, IDEX adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) pertama dari jenisnya yag menawarkan penyimpanan dana penuh kepada pengguna. Jenis pesanan tingkat lanjut, taruhan (staking) dengan sistem penghargaan otomatis, dan antarmuka pengguna (UI) yang mudah digunakan menjadikan IDEX sebagai proyek unik dan bernilai di sektor DeFi dan sektor industri yang lebih luas.

Value dari IDEX

Nilai atau value IDEX adalah berasal dari kapasitas teknis, teknologi, dan utilitas yang dimiliki. Selain itu, value DEX juga bertambah karena menawarkan pasar pertukaran terdesentralisasi dan menghadirkan proyek yang relevan dan unik dengan kombinasi nilai terpusat dan desentralisasi sambil juga mempertahankan integritasnya sebagai DEX.

Nilai intrinsik IDEX berasal dari frekuensi penggunaan dan jumlah pengguna aktif, tetapi juga berasal dari teknologi, fitur, tools, dan kapasitas yang ditingkatkan. Terkadang, nilai intrinsik yang baik, sehingga disebut memiliki fundamental yang bagus, tidak sesuai dengan nilai pasar IDEX. Pasalnya, nilai pasar atau harga koin IDEX relatif fluktuatif di bursa, sama seperti crypto pada umumnya. Namun, dengan fundamental yang kuat, dalam jangka panjang, nilai pasar akan menyesuaikan dengan nilai intrinsik.

Data Teknis IDEX

Berapa jumlah koin IDEX yang beredar? Saat ini jumlah koin IDEX yang beredar adalah 591.877.593 dari total pasokan 1.000.000.000 IDEX. Token IDEX dengan persediaan terbatas, sama seperti Bitcoin dan sebagian besar altcoin lainnya, dapat mencegah devaluasi koin melalui inflasi. Dengan kata lain, tidak ada koin IDEX baru yang dicetak setelah total pasokan habis. Selain itu, harga koin IDEX hari ini (11/10/21) adalah $0,31 per keping dengan market cap $188 juta.

Data Teknis lainnya

Pengguna IDEX dapat mempertaruhkan koin IDEX (staking IDEX) dan mendapatkan hadiah 50% dari biaya perdagangan. Jaringan memberikan rewards kepada kontributor yang melakukan staking IDEX dan bertindak sebagai Node Validator. Semakin banyak staking, semakin banyak likuiditas dan juga akan meningkatkan volume. Itulah alasan mengapa pengguna diberikan insentif atas staking koin IDEX yang dimilikinya di jaringan.

Karena semakin banyak pengguna, pembuat pasar, dan pedagang bergabung dengan platform IDEX, kinerja jaringan akan meningkat karena IDEX bisa menskalakan melalui solusi Layer 2. Jaringan dijalankan oleh Replicator Nodes yang wajib untuk mempertaruhkan setidaknya 10.000 IDEX melalui jaringan atau dompet IDEX (IDEX wallet). Jaringan rencananya juga akan memperkenalkan peran Validator yang akan mengaudit setiap transaksi dan mengamankan deposit Layer 2.

Sistem Keamanan Jaringan IDEX

Sistem keamanan jaringan IDEX yang mengamankan dana pengguna dilakukan melalui smart contract alih-alih mengandalkan entitas terpusat. Jaringan berkomunikasi melalui data eksternal, yaitu IDEX terkoneksi ke jaringan seperti Ethereum dan BSC, yang membutuhkan oracle untuk lapisan keamanan tambahan.

Kasus Penggunaan IDEX

IDEX adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang dapat digunakan oleh pengguna dengan hak penuh atas dana cryptocurrency mereka tetapi dengan keamanan sistem yang maksimal. Pengguna juga bisa staking IDEX dan menggunakan IDEX sebagai metode pembayaran utama di jaringan.

Pengguna juga dapat bertukar aset kripto yang didukung oleh Ethereum dan BSC, sementara tim pengembang telah mengumumkan bahwa IDEX akan segera terintegrasi dengan Polkadot dan lebih banyak jaringan lagi di masa depan.

Selain itu, IDEX adalah komoditas mata uang kripto yang tersedia di berbagai bursa; artinya, pengguna dapat menjadikannya sebagai instrumen investasi dan trading untuk mendapatkan capital gain.

Mekanisme Konsesus dari IDEX

IDEX adalah jaringan yang mengandalkan konsensus Proof of Stake (PoS) dan mempekerjakan staking dan operator Node untuk memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan. PoS telah terbukti lebih efisien daripada Proof of Work (PoW) karena hanya membutuhkan lebih sedikit daya dan punya kemampuan lebih besar untuk menskalakan dan mencegah kemacetan jaringan.

Secara spesifik, IDEX mengombinasikan protokol PoS yang terdesentralisasi dengan elemen terpusat yang digunakan pada sistem untuk mencocokkan pesanan dari order book dan menjalankan transaksi dalam batch.

Simpulan

IDEX adalah proyek, platform, dan pertukaran unik dengan menggabungkan sistem sentralisasi dan desentralisasi untuk membawa DEX non-kustodian ke penggunaan global. Sebagai DEX pertama di dari jenisnya, IDEX memungkinkan pengguna untuk mempertahankan kepemilikan penuh atas dana kripto mereka sambil juga menjaga keamanan saldo di jaringan. IDEX menawarkan eksekusi instan perdagangan dan transaksi cepat.

Tim developer IDEX sedang mengerjakan proyek IDEX 2.0 yang akan menyediakan fitur dan tools lebih canggih untuk traders dan market maker. Versi baru yang ditingkatkan nantinya menghadirkan lebih banyak fungsionalitas bagi pengguna dengan fasilitas platform yang lebih terintegrasi dan dukungan lebih banyak aset kripto. Prospek crypto IDEX tergantung pada konsistensi teknologi dan jumlah akuisisi pengguna yang lebih besar di masa depan.

error: Content is protected !!