Review Loopring (LRC) 2021

Jumlah proyek keuangan terdesentralisasi alias decentraliezed finance (DeFi) di Ethereum terus meningkat, namun biaya transaksi dan waktu perdagangan di dalam juga ikut meningkat. Tercatat, pada bulan Februari 2021, rata-rata biaya transaksi ETH mencapai $40 sekaligus menjadi titik tertinggi sepanjang masa. Sementara itu, Loopring adalah proyek DeFi yang menawarkan solusi atas masalah itu.

Sebagai salah satu crypto DeFi terbaik, Loopring mencoba memperbaiki masalah efisiensi dari sektor DeFi. Cara yang dilakukan yaitu dengan menghadirkan ekonomi digital yang memberdayakan setiap pengguna sambil tetap memberikan kendali penuh atas aset mereka. Loopring memungkinkan semua orang untuk lebih efisien dalam bertransaksi dan memudahkan mereka dalam keterjangkauan untuk memanfaatkan keamanan jaringan Ethereum.

Sementara itu, LRC adalah cryptocurrency coin dan token yang dimiliki oleh Loopring. Tertarik mengenal apa itu Loopring (LRC)? Berikut ini adalah review Loopring (LRC) 2021 yang menjadi panduan praktis untuk membantu Anda mengetahui semua tentang proyek Loopring. Anda juga diharapkan bisa menilai sendiri seperti apa prospek Loopring dan bagaimana cara terjun dalam perdagangan mata uang kripto.

Apa Itu Loopring (LRC)?

loopring lrc web

Pertukaran terdesentralisasi alias decentralized exchange (DEX) memberikan hak kepada pengguna untuk berdagang aset digital tanpa perantara. Likuiditas bisa menjadi masalah ketika DEX tidak mampu beroperasi dan berbagi pesanan di jaringan yang luas. Saat perdagangan dieksekusi secara berantai, DEX memiliki batasan skalabilitas dan efisiensi pada blockchain yang mendasarinya.

Sementara itu, Loopring adalah sebuah proyek Defi dengan protokol penskalaan Ethereum Layer-2. Ini memungkinkan terjadinya pembangunan DEX yang mampu menyaingi kinerja sistem pertukaran terpusat alias centralized exchange (CEX). Jaringan Loopring bahkan mampu menangani hingga 1.000 kali lebih banyak perdagangan per detik daripada Ethereum, dengan biaya kecil, hanya sepersekian sen.

Loopring (LRC) juga mewarisi keamanan blockchain Ethereum, yang mana pengguna memiliki akses ke aset mereka untuk semua keadaan. Sedangkan operator pertukaran (exchange operators) dibatasi oleh perilaku yang diizinkan oleh protokol.

Cara Kerja Loopring

Untuk memahami seperti apa Loopring bekerja, ada dua komponen utama yang menjadi fokus utama, yaitu zkRoolups dan order rings.

zkRoolups

Pada dasarnya, Loopring adalah sebuah terobosan yang mana mampu mencapai kinerja tinggi daripada DEX tradisional dengan menciptakan “jalur cepat”. Ini memungkinkan transaksi dikumpulkan dan dieksekusi di luar rantai agar dapat menghindari kemacetan jaringan Ethereum. Proses ini dilakukan melalui pemanfaatan solusi penskalaan Layer-2, disebut sebagai zkRollups.

zkRollup menggabungkan banyak transaksi secara off-chain sebelum mengirimkan ke blockchain Ethereum sebagai satu transaksi. Dengan metode tersebut, jumlah transaksi yang diajukan Loopring ke jaringan Ethereum untuk diselesaikan akan sangat berkurang. Ini membuat perdagangan di Loopring jauh lebih ringan, cepat, dan murah. Selain itu, pendekatan ini juga bisa mengurangi ketegangan pada jaringan Ethereum.

“zk” di zkRollup adalah singkatan dari “zero knowledge“, mengacu pada jenis bukti yang mesti diberikan Loopring untuk verifikasi bahwa transaksi off-chain akurat. Cara yang paling mudah untuk memahami zero knowledge adalah bahwa itu seperti menunjukkan jawaban atas sebuah perhitungan, tanpa harus mengungkapkan persamaan yang digunakan untuk mencapainya.

Order Rings

Di bursa lain, pesanan pembelian token tertentu dalam pasangan perdagangan harus dicocokkan dengan pesanan lain agar dapat menjual token dalam pasangan perdagangan yang sama. Loopring mencampur dan mencocokkan sejumlah pesanan dalam sistem perdagangan melingkar, dikenal sebagai cincin pesanan atau order rings.

Setiap order rings berisi hingga 16 pesanan dan membuat loop di mana setiap pesanan bisa menukar token tanpa urutan yang berlawanan untuk pasangannya. Proses ini meningkatkan likuiditas, potensi penemuan, dan peningkatan harga secara signifikan.

Sejarah Loopring

Siapa pendiri Loopring (LRC)? Loopring didirikan oleh insinyur perangkat lunak, Daniel Wang pada tahun 2017. Setelah memperoleh gelar Master dari Arizona State University di bidang Ilmu Komputer, Daniel Wang menjadi Lead Software Engineer di Boston Scientific, salah satu perusahaan manufaktur medis. Setelah itu Wang bekerja di Google sebagai Tech Lead dan Senior Software Engineer.

Initial Coin Offering (ICO) untuk Loopring berlangsung pada bulan Agustus 2017. Loopring berhasil mengumpulkan $45 juta. Sebagian besar dana yang terkumpul dikembalikan kepada peserta ICO karena peraturan pengetatan China. Sisa dana digunakan untuk pengembangan protokol oleh Loopring Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang beroperasi di Shanghai, China.

Pada bulan Desember 2019, protokol bertransisi dari Loopring 2.0 ke Loopring 3.0. Ini mampu menghasilkan peningkatan efisiensi hampir 1000x. Di waktu yang sama, Loopring juga bermitra dengan Chainlink (LINK) untuk mengintegrasikan oracle.

Setelah menemukan pihak ketiga untuk membangun DEX pada protokol, Loopring merilis DEX sendiri pada bulan Februari 2020. Pertukaran Loopring yang berbasis non-kustodian didasarkan pada perdagangan orderbook dan pembuat pasar otomatis (AMM), serta juga berfungsi sebagai aplikasi pembayaran (payment app).

Keunikan Loopring

Loopring adalah sebuah proyek DEX pada sektor DeFi yang mengombinasikan manfaat dari pertukaran mata uang kripto (crypto exchange) dengan sistem terpusat dan terdesentralisasi. Penggunaan zkRollups memungkinkan untuk mencapai throughput lebih tinggi dan biaya lebih rendah daripada jenis DEX lainnya yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Sementara itu, teknologi non-kustodian Loopring menghadirkan sebuah peningkatan keamanan CEX.

Kemampuan kinerja tinggi yang ditawarkan Loopring menunjukkan bahwa pedagang algoritmik bisa menggunakan strategi perdagangan frekuensi tinggi di DEX untuk pertama kalinya. Selain itu, Loopring juga menggunakan solusi kriptografik untuk mencegah frontrunning (ketika seseorang melakukan perdagangan sendiri sebelum transaksi tertunda untuk mendapatkan profit dari perubahan harga yang dihasilkan dari transaksi tersebut).

Protokol tersebut adalah open source dan diaudit, serta tidak bergantung pada validator eksternal. Dengan kata lain, tidak ada pihak (individu, perusahaan, atau pemerintah) yang bisa menghalangi pengguna dan cryptocurrency mereka. Pengguna juga dapat menerima tanda terima digital secara otomatis untuk semua setoran (deposit) dan penarikan (withdrawal), sehingga dana selalu dapat dipulihkan bahkan jika misalnya DEX mengalami masalah.

Value dari Loopring (LRC)

Cryptocurrency Loopring, LRC adalah token utilitas di jaringan Loopring. Ini mendorong perilaku positif dari penyedia likuiditas (liquidity provider), perusahaan asuransi, dan tata kelola DAO (decentralized autonomous organization) yang memberikan mereka hak suara tentang cara protokol dijalankan.

Operator setidaknya harus mengunci 250.000 LRC untuk menjalankan pertukaran terdesentralisasi (DEX) di Loopring dengan menggunakan ketersediaan data on-chain protokol. Untuk mengoperasikan DEX tanpa fitur tersebut akan membutuhkan 1 juta LRC untuk dipertaruhkan.

LRC bersifat deflasi karena token akan dibakar jika operator melakukan perilaku buruk sehingga yang kepemilikan atau sahamnya dipotong. Dengan kata lain, total pasokan LRC akan berkurang dari waktu ke waktu sehingga memengaruhi harga token dan kapitalisasi pasar (market cap).

Data Teknis Loopring (LRC)

Berapa jumlah coin Loopring (LRC) yang beredar? Saat ini Loopring (LRC) memiliki total pasokan beredar sebesar 1.320.334.861 dari total persediaa (pasokan) maksimal sebesar 1.374.513.896 token LRC. Lebih dari 20 juta LRC sudah dibakar sejak peluncuran protokol Loopring. Setiap LRC yang dikunci untuk pertukaran operasi tidak lagi tersedia di pasaran saat ini.

10% dari semua biaya masuk ke Loopring DAO, yang memberikan hak suara tentang bagaimana cara membelanjakan dana tersebut. Pilihan ini termasuk hibah, perlindungan kerugian tidak permanen, insentif likuiditas, dan membeli kembali LRC untuk dibakar.

Setiap LRC yang mana DAO memilih untuk dibakar, bersama dengan LTC yang disita dari operator bursa yang bertindak buruk, akan mengurangi jumlah pasokan LRC yang beredar.

Selain itu, Loopring Protocol dapat menyelesaikan hingga 2.025 perdagangan per detik. Setiap perdagangan akan menelan biaya sekitar 450 – 800 GAS pada blockchain Layer-1. Statistik ini terikat untuk meningkatkan efisiensi secara konsisten karena Loopring Foundation terus melakukan pengembangan Protokol Loopring inti. Sementara itu, iterasi Loopring dikenal sebagai Loopring 3.0.

Selain itu, harga pasar koin Loopring (LRC) adalah $0.45 per keping dengan market cap mencapai $600 juta. Nilai pasar ini berfluktuasi seiring dengan permintaan dan penawaran pasar.

Kasus Penggunaan Loopring (LRC)

Selain mengunci LRC untuk mengoperasikan pertukaran, siapa pun yang memiliki LRC dapat berpartisipasi dalam jaringan. Sebesar 80% dari biaya protokol akan masuk ke liquidity provider di kumpulan AMM dan Makers pada pasangan orderbook. Setidaknya setengah dari jumlah ini akan masuk ke dalam kumpulan perdagangan dan pasangan perdagangan yang terkait LRC.

Untuk melindungi dari risiko bug, dana asuransi Loopring dibuat. Siapa saja bisa menyetor LRC ke dalam dana ini untuk mendapatkan bagian proporsional sebesar 10% dari biaya. Dengan meluncurkan Loopring DAO, setiap pengguna bisa mempertaruhkan atau staking LRC mereka melalui Snapshot untuk alat voting token yang mengatur parameter seperti proporsi distribusi biaya, persentase biaya, dan pemicu acara yang ditanggung dana asuransi.

Staking Loopring  (LRC)

Butuh taruhan minimal 250.000 LRC untuk mengoperasikan DEX. Sanksi akan dikenakan ketika mengirimkan riwayat transaksi ke blockchain Ethereum secara terlambat, salah, atau tidak mengeksekusi penarikan pengguna dengan cukup cepat. Seluruh saham bisa saja hilang ketika dana pengguna belum dikembalikan sebelum DEX ditutup.

Operator DEX, atau siapa pun yang menginginkannya, juga bisa staking Loopring untuk menurunkan biaya pada DEX tersebut. Butuh 2,5 juta LRC untuk menurunkan biaya pengambil dari 0,05% menjadi 0,025%. Sementara itu, tambahan 1 juta LRC dibutuhkan untuk menurunkan biaya pembuat dari 0,025% menjadi 0%.

Loopring 3.0 juga memungkinkan pengguna untuk mempertaruhkan sejumlah LRC agar mendapatkan proporsi 70% dari semua biaya protokol. Ini berakhir pada awal tahun 2021, dan biaya saat ini masuk ke liquidity provider sebanyak 80%, deposan dana asuransi sebesar 10%, dan DAO sejumlah 10%.

Memilih Loopring (LRC)

Loopring adalah proyek yang memungkinkan operasi independen dari autonomous cryptocurrency exchanges terdesentralisasi yang memberikan kinerja seperti pertukaran terpusat ditambah dengan keunggulan (manfaat) dari sistem desentralisasi. Ini akan mencapai peningkatan efisiensi dan likuiditas melalui kriptografi inovatif seperti zkRollup dan mekanisme order rings.

Throughput pada Loopring adalah 1.000 lebih cepat daripada di Ethereum untuk 1/100th dari biaya. Ini memberikan peluang untuk strategi perdagangan dengan kecepatan tinggi yang digunakan di DEX untuk pertama kalinya. Loopring juga dapat dimanfaatkan oleh bisnis yang ingin membuat pertukaran mata uang kripto (crypto exchange) tanpa beban regulasi sehingga memiliki kendali atas aset pengguna.

Selain memiliki teknologi non-kustodian yang memastikan pengguna untuk selalu memiliki akses ke dana mereka sendiri, Loopring juga menyediakan tambahan keamanan dari insentif ekonomi bagi operator DEX agar tetap berperilaku baik sehingga saham mereka tidak disita atau dibakar. Dengan fitur-fitur tersbuet, Loopring DEX memiliki prospek bagus dalam menggantikan pertukaran terpusat (seperti bank) dan menciptakan ekonomi digital baru yang jauh lebih efisien dan aman.

Selain itu, Anda juga bisa membeli Loopring coin, LRC yang saat ini tersedia di berbagai platform crypto exchange terbaik. Anda dapat beli Loopring (LRC) dengan memanfaatkan fluktuasi harga untuk memperoleh keuntungan atau bisa juga investasi jangka panjang mengingat prospek Loopring yang dianggap potensial.

error: Content is protected !!