Review PancakeSwap (CAKE) 2021

Mengenal lebih dekat apa itu PancakeSwap (CAKE), salah satu mata uang kripto (cryptocurrency) sektor decentralized finance (DeFi) terpopuler di pasar kripto.

Ide keuangan terdesentralisasi, dikenal sebagai DeFi adalah sebuah ide yang revolusioner. Ini menawarkan inklusi keuangan yang luas tanpa membutuhkan perantara apa pun untuk memfasilitasi transaksi dan tanpa otoritas pusat.

Sementara Ethereum adalah preferensi pertama dalam pengembangan protokol DeFi, PancakeSwap, sebuah protokol yang didukung Binance, muncul sebagai pesaing terdepan. Review PancakeSwap (CAKE) 2021 berikut ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana keunggulan dan seperti apa prospek crypto ini di masa depan.

Apa Itu PancakeSwap?

pancakeswap CAKE web

PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) yang dibangun di atas Binance Smart Chain (BSC) alih-alih menggunakan Ethereum. Ini memungkinkan pengguna untuk menukarkan token BEP-20 dengan mudah.

Ide awal DeFi dan DEX adalah untuk meninggalkan sistem terpusat pada sektor keuangan alias mendesentralisasikan keuangan. Pakar crypto membayangkan sebuah sistem tanpa otoritas pusat dan tanpa perantara. Uniswap dan SushiSwap adalah beberapa pemimpin pasar di sektor ini.

Meskipun begitu, ada tren miring dengan kebanyakan dApps yang dikembangkan di blockchain Ethereum. Ketergantungan secara berlebihan pada jaringan Ethereum akan menciptakan tantangan seperti misalnya transaksi yang lambat dan biaya gas (gas fees) yang tinggi.

Pada bulan September 2020, Binance memperkenalkan BSC untuk berfokus pada kinerja. PancakeSwap segera menyusul dan hingga saat ini menjadi pesaing penting untuk posisi teratas dengan menawarkan berbagai fitur unggulan.

Cara Kerja PancakeSwap (CAKE)

Seperti disebutkan sebelumnya, PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang berjalan di Binance Smart Chain (BSC). Ini bekerja pada model pembuat pasar otomatis (automated market maker/AMM) alih-alih model pasar tradisional yang terdiri dari penjual dan pembeli.

Dalam model AMM, pedagang akan memperdagangkan aset digital dengan menggunakan kumpulan likuiditas (liquidity pools/LP) tanpa harus memperoleh izin. Orang-orang menyimpan dana di kolam likuiditas atau LP tersebut. Mereka akan menerima token LP sebagai imbalan dan menerima biaya untuk membuat aset tersedia untuk pinjaman.

Di sisi lain, orang yang ingin menggunakan likuiditas tersebut harus membayar biaya ke platform DeFi. Biaya tersebut didistribusikan di antara orang-orang yang berkontribusi pada pools. Dari pools ini, sejumlah nominal akan disimpan di perbendaharaan PancakeSwap dengan tujuan untuk mempertahankan platform.

Model AMM memungkinkan siapa pun untuk memperoleh penghasilan dengan membuat likuiditas untuk kumpulan. Semakin banyak jumlah kontribusi, semakin banyak mendapatkan imbalan. Anda dapat memperdagangkan token LP untuk menghasilkan profit.

Selain itu, token LP juga dapat diternakkan di jenis kumpulan likuiditas lainnya untuk mendapatkan token BEP-20 asli PancakeSwap, yakni CAKE. Tidak sampai di sana, ada jenis pools lain yang jauh lebih bermanfaat daripada lainnya. Ini disebut sebagai kolam SYRUP. Siapa pun dapat mempertaruhkan token CAKE untuk mendapatkan lebih banyak hadiah dari SYRUP pools.

Sejarah PancakeSwap

PancakeSwap diluncurkan pada tanggal 20 September 2020, tepat setelah beberapa hari peluncuran BSC. PancakeSwap adalah platform AMM terbesar ke-3 saat ini, berada di belakang UniSwap dan SushiSwap.

Namun, di antara solusi AMM yang dikembangkan di BSC, PancakeSwap berada di puncak persaingan. Ini mengumpulkan popularitas cukup besar dalam rentang yang relatif singkat, dan menghasilkan spekulasi terkait prospek dan masa depan pemimpin pasar DeFi.

Token aslinya, CAKE memiliki harga $1,37 saat peluncuran pada awalnya, kemudian turun menjadi $0,25 setelah beberapa waktu. Setelah itu, CAKE mampu bertahan di sekitar harga setengah dolar hingga pertengahan Januari 2021 mampu terapresiasi signifikan dengan melewati batas $1 per keping.

Penggunaan PancakeSwap (CAKE)

Hal pertama yang perlu dilakukan pada platform PancakeSwap adalah dengan menambahkan likuiditas ke pool. Setiap orang yang berinvestasi di liquidity pools dan mengumpulkan biaya dan CAKE (token LP) sebagai gantinya. Semua ini merupakan token standar BEP-20. Investor memanfaatkan token tersebut dengan berbagai cara untuk memperoleh keuntungan di PancakeSwap. Berikut ini ada beberapa penggunaan dari PancakeSwap (CAKE).

Perdagangan

PancakeSwap adalah pertukaran (exchange), meskipun itu merupakan pertukaran yang terdesentralisasi, dan fungsi paling dasar adalah perdagangan token BEP-20. Oleh karena itu, token LP yang diperoleh dengan menambahkan likuiditas, dapat ditukarkan dengan token BEP pilihan lainnya. Ini sangat serupa dengan crypto trading. PancakeSwap dibuat dengan fokus kecepatan dan keamanan, dan membantu memberikan pengalaman perdagangan yang lancar.

Farming

Salah satu cara paling menguntungkan di PancakeSwap adalah bertani hasil (yield farming). Ini dapat memberikan pengguna return yang relatif tinggi. Hadiah token LP yang didapatkan sebelumnya bisa ditanam di platform PancakeSwap – menyediakan cara untuk mengumpulkan CAKE sebagai koin tata kelolanya sendiri.

Ini semacam investasi, pada akhirnya Anda mengunci uang untuk mendapatkan return sebagai imbalan. Nomenklatur yang digunakan jelas menyerupai terminologi pertanian. Ketika berinvestasi dan menunggu imbalan CAKE, itu disebut bertani (farming) – menuai imbalan dikenal sebagai harvesting.

Staking

Tidak semua orang berdagang dalam cryptocurrency adalah ahli yang mampu memperdagangkan token LP dan memperoleh profit. Bagi pendatang baru di sektor ini, staking dapat menjadi pilihan terbaik. Dengan PancakeSwap, Anda dapat staking koin CAKE di SYRUP pools untuk mendapatkan lebih banyak hadiah. Salah satu hal yang terbaik adalah hadiah ini tidak lagi berupa koin CAKE saja, tapi juga bisa berupa opsi token BEP lainnya.

Ketika Anda memutuskan untuk menguangkan hadiah, Anda harus memanen hasil panen. Staking mungkin terdengar mirip dengan farming, tetapi dalam proses staking crypto, Anda mengunci investasi untuk waktu yang tetap.

Tidak demikian halnya dengan panen yield farming, staking lebih sederhana untuk pemula, karena tidak perlu melakukan semuanya sendiri. Setelah Anda staking CAKE yang dimiliki, Anda hany perlu menunggu penghasilan pasif.

Non-Fungible Token (NFT)

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Mengikuti pendekatan gamification, PancakeSwap juga memungkinkan pengguna untuk memenangkan NFT khusus, kemudian dapat digunakan untuk trading dan staking. Namun, beberapa orang mungkin lebih suka mengumpulkan NFT. Binance telah mengembangkan protokol khusus untuk membantu menghasilkan NFT dengan cara yang lebih mudah daripada sebelumnya.

Lotere

Cara lain untuk menghasilkan uang di PancakeSwap adalah dengan lotere. Platform menjalankan empat lotere dalam 1 hari, setiap sesi lotere berjalan selama enam jam. Biaya partisipasi adalah 10 koin CAKE. Jika Anda mampu menang, Anda dapat menerima hadiah berupa NFT.

Initial Farm Offerings (IFO)

Untuk berpartisipasi dalam penawaran pertanian awal (IFO), Anda hanya perlu menggunakan token LP dari pools yang didukung untuk menerima akses ke penjualan token yang diluncurkan.

Manfaat dan Keunggulan PancakeSwap

PancakeSwap memasuki pasar untuk menjadi solusi dan mengatasi keterbatasan platform berbasis Ethereum. Oleh karena itu, PancakeSwap menawarkan banyak fitur bawaan yang memberikan keunggulan dalam persaingan. Berikut adalah beberapa keuntungan ketika menggunakan PancakeSwap.

Interkonektivitas

Pengembang PancakeSwap memahami bahwa Ethereum mendominasi ruang DeFi, dan orang-orang yang menggunakan PancakeSwap untuk pertama kali akan menghargai kompatibilitas antara kedua teknologi tersebut. Oleh karena itu, developers PancakeSwap membuatnya dengan tujuan interkonektivitas.

Ini akan mendukung banyak dompet (wallet) populer, termasuk misalnya MetaMask, mampu menyimpan dan mengelola token standar BEP-20 dan ERC-20. PancakeSwap juga telah banyak mendaftarkan sejumlah koin berbasis Ethereum di bursanya. Ini tentunya akan memberikan migrasi yang lebih mudah bagi siapa pun yang beralih dan bolak-balik antara dua blockchain.

Kemudahan Penggunaan

PancakeSwap’s user interface atau UI telah dirancang secara sederhana dan bersih. Ini mudah dinavigasi dan digunakan, termasuk khususnya untuk pemula. Performa yang sempurna akan memberikan pengalaman trading terbaik. Tidak banyak yang perlu tangani, ini dirancang dengan baik dan benar-benar support untuk pemula.

Banyak Pilihan

Pengguna PancakeSwap bisa memanfaatkan berbagai alat dan strategi, seperti farming, staking, atau berpartisipasi dalam NFT, lotere, dan lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Begitu banyak pilihan dan opsi yang diinginkan, sehingga potensi keuntungan sangat terbuka.

Kecepatan

PancakeSwap menyediakan transaksi yang jauh lebih cepat karena bantuan kecanggihan BSC. Oleh karena itu, jarang sekali trader kehilangan peluang trading karena masalah kinerja. Mereka dapat lebih proaktif dalam menanggapi setiap rangsangan trading, menghasilkan keuntungan konsisten dan tetap akan menjadi sesuatu yang terdepan dalam permainan.

Transaksi Murah

Dengan kepadatan jaringan Ethereum, biaya transaksi bisa mencapai $20 per transaksi. PancakeSwap justru lebih efisien, menyediakan opsi transaksi lebih murah, dengan biaya rata-rata sekitar $0,08. Perbedaan yang sangat jauh, dan inilah yang menjadi salah satu faktor X dari kenaikan popularitas PancakeSwap (CAKE).

Privasi

Selanjutnya, manfaat penggunaan PancakeSwap adalah adanya keamanan privasi. Anda tidak perlu lagu memberikan identifikasi yang disetujui pemerintah ke PancakeSwap, sehingga lebih menghormati privasi Anda. Ini jelas berbeda dengan sistem keuangan terpusat yang mewajibkan identifikasi data pengguna.

Cara Menghasilkan Uang dari PancakeSwap

Kolam likuiditas atau liquidity pools yang beroperasi di bursa terdesentralisasi adalah untuk tujuan perdagangan. Melalui PancakeSwap, traders yang menggunakan likuiditas dari kumpulan tersebut akan membayar biaya sekitar 0,20%. Sekitar 0,17% akan masuk ke kas. Uang membantu dalam proses maintanance dan peningkatan kinerja platform.

Tujuan Token PancakeSwap (CAKE)

CAKE adalah token asli dari PancakeSwap dengan standar BEP-20 (disebut juga sebagai token tata kelola atau token utilitas). PancakeSwap menghasilkan CAKE agar memberikan penghargaan kepada siapa saja yang ikut berkontribusi pada liquidity pools melalui berbagai metode. CAKE juga dapat dikumpulkan ke dalam SYRUP pools atau diperdagangkan di crypto exchange.

Cara Menukar Token di PancakeSwap

Untuk memulai, Anda dapat mengoneksikan wallet yang didukung BEP-20 ke akun PancakeSwap Anda. Langkah-langkah menukar token di Pancakeswap adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, memiliki beberapa token. Untuk mendapatkan token LP di PancakeSwap, Anda perlu investasi aset digital di kumpulan likuiditas mereka.
  2. Lalu, pilih opsi Likuiditas di tab Trading, kemudian klik tombol “Tambah Likuiditas” untuk memulai menambahkan likuiditas.
  3. Setelah itu, Anda memperoleh sejumlah token LP terhadap aset yang telah diinvestasikan.
  4. Untuk mulai menukar token, silakan klik tombol tukar pada tab Trade di bagian sidebar.
  5. Lalu, pilih pasangan token yang ingin diperdagangkan. Salah satunya yaitu token yang Anda punya, sedangkan yang lainnya adalah token yang ingin dibeli.
  6. Terakhir, silakan pilih dan lanjutkan dengan pertukaran.

Apakah PancakeSwap Aman?

Dunia blockchain pada dasarnya penuh dengan risiko seperti hadiah. Kita memahami bahwa arsitektur BSC yang canggih telah memberikan PancakeSwap banyak perhatian pada keamanan dan kinerja. Namun, selalu ada potensi jika sesuatu tidak berjalan ke semestinya. Tidak ada pula jaminan keamanan pasti.

Sama seperti protokol DeFi lainnya, PancakeSwap pastinya tidak terlepas dari risiko. Oleh karena itu, Anda dapat berinvestasi secara bijaksana dengan cara menginvestasikan sesuatu yang mana Anda sanggup untuk kehilangannya.

Simpulan

PancakeSwap adalah salah satu pemain penting di sektor decentralized finace (DeFi). Sementara itu, token aslinya, CAKE adalah cryptocurrency yang diperdagangkan di bursa kripto (crypto exchange). Dengan semakin meningkatnya popularitas sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi), itu akan berdampak pada permintaan koin crypto CAKE di pasar.

Investor dapat memperoleh profit dari setiap kenaikan nilai. Tercatat, harga CAKE hari ini (11/08/2021) mencapai level $20 per keping dengan market cap $4 miliar. Sekian review PancakeSwap (CAKE) 2021. Semoga Anda dapat memahami secara komprehensif dan menilai prospek CAKE di masa depan.

error: Content is protected !!