Review Bitcoin Cash (BCH) 2021

Bitcoin Cash adalah garpu keras atau hard fork dari Bitcoin, cryptocurrency pertama dan paling terkenal di dunia. Tidak seperti jaringan yang dibuat khusus seperti Ethereum (ETH), Bitcoin Cash bermaksud menawarkan alternatif untuk jaringan Bitcoin dengan mengusulkan solusi penskalaan yang berbeda ke basis kode Bitcoin Core. Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash yang paling mencolok yaitu ukuran bloknya. Seperti apa teknis dari Bitcoin Cash dan apa yang membedakan dan membuatnya lebih unik dari Bitcoin? Untuk mengenal Bitcoin Cash (BCH) lebih jauh, berikut review Bitcoin Cash (BCH) lengkap.

Apa Itu Bitcoin Cash (BCH)?

Bitcoin Cash BCH

Sejak awal, banyak yang mengajukan pertanyaan seputar kemampuan Bitcoin untuk menskalakan secara efektif. Sementara blockchain adalah teknologi pencatatan buku besar yang revolusioner, blockchain Bitcoin memilih keamanan dan stabilitas daripada skalabilitas.

Hal ini membuat Bitcoin lambat, terutama dibandingkan dengan transaksi kartu kredit seperti Visa, yang dapat memproses sekitar 1.700 transaksi per detik. Di sisi lain, Bitcoin hanya dapat memproses 7, dengan setiap batch transaksi membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk diproses (tergantung pada waktu blok).

Bitcoin Cash dibuat oleh sekelompok penambang (mininers) dan pengembang (developers) Bitcoin yang sama-sama peduli dengan masa depan kemampuan mata uang kripto (cryptocurrency) untuk menskalakan secara efektif. Namun, tidak seperti mayoritas penambang Bitcoin (BTC), kelompok penambang BCH tidak menyukai pembaruan SegWit2x, dan mereka memilih untuk meningkatkan ukuran setiap blok di blockchain. Beginilah cara Bitcoin Cash secara resmi menjadi cryptocurrency terpisah pada bulan Agustus 2017, melakukan hard fork dari blockchain Bitcoin.

Cara Kerja Bitcoin Cash

Karena kodenya sangat mirip dengan kode Bitcoin, kedua cryptocurrency memiliki banyak kesamaan. Cara pengguna mengoperasikan Bitcoin Cash tidak berbeda dengan pengguna yang mengoperasikan Bitcoin.

Perbedaannya hanya ditemukan pada preferensi penskalaannya. Bitcoin memilih teknologi yang akan membantunya menskalakan tanpa peningkatan ukuran blok. Bitcoin Cash memilih untuk menggunakan peningkatan ukuran blok, sambil mengabaikan semua upaya penskalaan yang dilakukan melalui pengintegrasian teknologi baru.

Bitcoin Cash juga beroperasi pada mekanisme konsensus bukti kerja yang sama seperti Bitcoin, memanfaatkan apa yang disebut Secure Hash Algorithm (SHA).

Siapa Pendiri Bitcoin Cash?

Telah disinggung sebelumnya, Bitcoin Cash didirikan oleh sekelompok penambang dan pengembang yang lelah karena memperebutkan solusi penskalaan dan memutuskan untuk menerbitkan kode yang mengubahnya, memaksakan apa yang dikenal sebagai hard fork.

Perangkat lunak Bitcoin ABC yang kemudian akan membuat Bitcoin Cash pertama kali terungkap pada bulan Juni 2017. Cryptocurrency ini dirilis ke publik pada tanggal 1 Agustus 2017, setelah menyelesaikan periode pengujian. Roger Ver sering dianggap sebagai promotor Bitcoin Cash yang paling vokal. Namun, dia tidak membuat Bitcoin Cash, melainkan menyelaraskan dengan proyek karena dia juga mendukung visi garpu Bitcoin ini.

Kelebihan dan Keunikan Bitcoin Cash

Tidak seperti Litecoin yang mencoba bertindak sebagai saudara kandung Bitcoin, Bitcoin Cash justru menjadi pesaing langsung dari Bitcoin. Keunikannya berasal dari solusi penskalaannya menjadi peningkatan ukuran blok daripada Bitcoin’s SegWit or Lightning Network. Saat ini, Bitcoin Cash dapat memproses hingga 61 transaksi per detik, yang berarti bahwa plafon transaksi jaringannya saat ini jauh lebih tinggi daripada Bitcoin.

Value dari Bitcoin Cash

Bitcoin Cash memperoleh value dari persediaannya yang terbatas (21 juta BCH), yang berarti bahwa ada tarif tetap di mana BCH memasuki sirkulasi sampai semua koin ditambang. Selain itu, permintaan cryptocurrency yang terus meningkat – dapat menangani transaksi dengan cepat dan hemat biaya – tentu akan membawa banyak nilai bagi BCH itu sendiri.

Data Teknis Bitcoin Cash

Berapa banyak koin Bitcoin Cash (BCH) yang beredar? Bitcoin Cash memiliki jumlah koin yang sama persis dengan Bitcoin, dengan total pasokan atau persediaan sebanyak 21 juta BCH. Pasokan yang beredar (circulating supply) hari ini tercatat yaitu 18.759.294 BCH, sekitar 89% dari total pasokan.

Sama seperti Bitcoin, para penambang bertindak sebagai validator dan diberi penghargaan atas kekuatan komputasi mereka. Saat ini, setiap blok menempatkan 12,5 BCH tambahan yang beredar hingga jumlahnya mencapai 21 juta. Namun, Bitcoin Cash memotong separuh hadiah untuk para penambangnya pada April 2021.

Berapa harga Bitcoin Cash (BCH) dalam rupiah? Tercatat hari ini harga BCH berada di angka $605 atau dalam rupiah setara Rp 8,8 juta per keping (kurs Rp14.500). Dalam 24 jam terakhir, harga BCH melonjak signifikan sebesar 7,91% dengan volume transaksi $2,5 miliar.

Saat ini, Bitcoin Cash menjadi salah satu mata uang kripto populer dan cukup banyak diminati oleh investor crypto. Tercatat, hari ini Bitcoin Cash berada di posisi ke-12 dari segi nilai kapitalisasi pasar (market cap) dengan total $11,367,665,220. Harga Bitcoin Cash (BCH) hari ini menyentuh level $605 per keping.

Cara Jaringan Bitcoin Cash Diamankan

Tidak ada perbedaan antara bagaimana jaringan Bitcoin diamankan dari bagaimana jaringan Bitcoin Cash diamankan. Kedua jaringan beroperasi di bawah seperangkat aturan yang sama, dan keduanya memiliki mekanisme konsensus yang sama. Struktur algoritme proof-of-work (PoW) dan sekumpulan penambang yang menggunakannya untuk memverifikasi transaksi berada di garis depan keamanan Bitcoin Cash.

Cara Menggunakan Bitcoin Cash

Bitcoin Cash dimaksudkan untuk digunakan sebagai metode pembayaran, dan kasus penggunaannya sesuai dengan klaim ini. Cryptocurrency masih kurang digunakan karena tidak banyak pedagang yang menerimanya. Namun, Bitcoin Cash berusaha untuk mencapai tujuannya menjadi sistem pembayaran elektronik peer-to-peer (P2P).

Cara Memilih Dompet Bitcoin Cash

Perlu diketahui, dompet mata uang kripto (cryptocurrency wallet) adalah tempat untuk menyimpan token crypto. Saat ini, banyak tersedia berbagai jenis crypto wallet. Secara umum, yang paling populer misalnya, ada dompet hardware wallet, software wallet, dan hot wallet. Singkatnya, dompet perangkat keras (hardware wallet) – disebut juga cold wallet – adalah jenis penyimpanan offline (tidak terkoneksi internet). Cold wallet dianggap lebih aman dari peretasan sehingga disarankan dipakai untuk menyimpan token atau coin crypto dalam jumlah besar dan untuk yang berpengalaman.

Software wallet berbentuk perangkat lunak dan lebih mudah digunakan. Begitu juga dengan hot wallet – disebut juga online wallet – yang juga menawarkan akses mudah. Karena sifatnya yang “online” atau terkoneksi internet, maka hot wallet cenderung rentan dengan peretasan. Hot wallet memaksa Anda untuk percaya sepenuhnya dengan platform yang digunakan. Jadi, penting untuk memilih crypto platform atau crypto exchange – pihak yang menyediakan online wallet – terpercaya dan punya rekam baik.

Simpulan

Bitcoin Cash adalah mata uang kripto yang dibuat untuk orang-orang yang menyukai Bitcoin, tetapi tidak sepenuhnya mendukung solusi penskalaannya. Bitcoin Cash bertujuan untuk tidak pernah menggunakan solusi off-chain seperti Lightning Network, dan ingin menciptakan solusi pembayaran digital dalam visi Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin.

Saat ini, Bitcoin Cash memiliki skala yang jauh lebih baik daripada Bitcoin, tetapi masih jauh dari transaksi yang diinginkan per detik untuk dianggap sebagai alat pembayaran yang layak. Namun, itu mungkin berubah, dan bahkan dengan semua pekerjaan yang dimasukkan ke dalam Bitcoin’s layer-2 solutions. Penskalaan Bitcoin Cash dipercaya dapat membuatnya melampaui Bitcoin suatu hari nanti.

Well, inilah review Bitcoin Cash. Dengan segala kelebihannya, bukan mustahil salah satu cryptocurrency terbaik ini menjadi primadona di masa depan dengan prospek bagus. Sekarang mungkin bisa menjadi waktu terbaik untuk memulai investasi dan membeli BCH. Mengenal Bitcoin Cash perlu dilakukan dalam pengambilan keputusan investasi.

error: Content is protected !!