Review Enjin Coin (ENJ) 2021

Sepanjang tahun 2020, token non-fungible (NFT) mengalami peningkatan popularitas yang cukup besar – baik di kalangan investor maupun masyarakat umum. Popularitas terus meningkat di tahun 2021 – kabarnya Binance, salah satu platform crypto terbesar di dunia, akan meluncurkan Binance NFT. Sebagai pemimpin industri di bidang NFT, Enjin Coin adalah platform yang telah memberdayakan pengguna dan proyek lain untuk membuat NFT (dan FT) mereka sendiri sejak tahun 2017.

Dengan memungkinkan blockchain dan NFT untuk mengembangkan industri game, program hadiah ritel, seni, mode, dan banyak lagi, Enjin menyediakan solusi tokenisasi yang sangat lengkap dan mudah digunakan dengan aplikasi jangkauan luas (far-reaching applications). Tertarik mengenal Enjin coin lebih detail untuk mengetahui apakah Enjin memiliki prospek bagus atau tidak? Berikut review Enjin coin 2021.

Apa Itu Enjin?

Crypto Enjin Coin ENJ

Platform Enjin adalah ekosistem holistik produk yang dirancang untuk memungkinkan pembuatan, distribusi, penyimpanan, perdagangan, dan bahkan integrasi aset digital tokenized. Terutama berfokus pada kasus penggunaan game dan perusahaan. Pengadopsi Enjin menggunakan platform untuk membuat aset digital yang didukung token ENJ dan menggunakannya dengan cara yang kreatif – mulai dari arts NFT (token yang tidak dapat dipertukarkan), hingga voucher digital, hingga item yang dapat digunakan di beberapa video game berbeda. Salah satu pengadopsi Enjin bahkan menggunakan platform untuk menandai real estat komersial.

Cryptocurrency Enjin Coin (ENJ) dibuat di blockchain Ethereum dan menjadi hidup melalui Initial Coin Offering (ICO) dengan mengumpulkan $18,9 juta pada akhir tahun 2017. Namun, itu berasal dari 2009 ketika platform komunitas game diluncurkan. Alat manajemen komunitas Enjin membantu lebih dari 20 juta pengguna Minecraft agar tetap terhubung dan membentuk jaringan kuat dari pemain yang berpikiran sama.

Mengambil pendekatan yang mempriotitaskan pengguna dan menerapkannya ke ranah blockchain, Enjin mulai membuat platform tokenisasi all-in-one terbaik. Proyek cryptocurrency Enjin dibangun sebagai ekosistem lengkap yang menawarkan pengguna (users) serangkaian produk yang kuat dan dirancang untuk memungkinkan siapa pun terjun ke dunia blockchain – tidak peduli pengetahuan mereka tentang cara kerja blockchain.

Cara Kerja Enjin – Kasus Penggunaan Enjin

Enjin Coin adalah token ERC20 yang dibangun di jaringan Ethereum – proyek ini tidak hanya menyediakan transaksi tetapi juga kontrak pintar (smart contract). Enjin juga menjadi salah satu proyek pertama yang mulai menguji Jaringan Raiden, Lightning Network versi Ethereum sebelum akhirnya memutuskan untuk mengerjakan solusi penskalaan khusus, yang dijuluki Efinity.

Platform Enjin menyediakan daftar fitur yang ekstensif melalui API publik dan perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK). Fitur-fitur ini meliputi:

Pembuatan dan pengelolaan barang virtual: fitur utama yang ditawarkan proyek Enjin kepada users adalah kemampuan untuk membuat dan mengelola barang virtual. Developers dapat meluncurkan cryptocurrency mereka sendiri yang didukung oleh Enjin Coin sehingga membuat penambahan cryptocurrency ke dunia game dan gamifikasi itu sendiri menjadi jauh lebih mudah.

Pengembang (developers) yang mencetak dengan platform Enjin harus menggunakan Enjin Coin (ENJ) juga. Jumlah token ENJ yang diperlukan akan dikeluarkan dari dompet (wallet) mereka dan dikunci di dalam aset yang mereka buat. Ini secara efektif menghilangkan token dari pasar dan menciptakan kelangkaan (scarcity) serta menyediakan kasus penggunaan yang jelas untuk token tersebut.

Sejumlah SDK: Enjin menyediakan kit pengembangan perangkat lunak untuk Unity, Java, Godot, dan banyak lagi. Ini memberi jutaan developers cara mudah untuk mengintegrasikan proyek mereka yang sudah ada, atau yang benar-benar baru.

Marketplace: pasar online dengan lebih dari 10 juta item digital yang memungkinkan pengguna (users) menemukan, membeli, dan menjual aset blockchain yang langka dan unik.

Enjin Beam: sistem distribusi aset digital, memungkinkan pengembang mengirim ribuan NFT/FT ke pengguna dengan pemindaian kode QR sederhana.

Dompet pintar (smart wallet): Dompet aset Blockchain yang terhubung dengan mulus dengan game dan aplikasi. Dengan lebih dari 1 juta download. Ini adalah salah satu dompet digital dengan fitur lengka di dunia.

Efinity: Produk penskalaan Ethereum yang akan datang akan memungkinkan transaksi cepat dan gratis untuk token ERC-20 dan ERC-1155.

Siapa Pendiri Enjin?

Enjin adalah proyek yang sedang berkembang, didirikan bersama oleh Maxim Blagov, CEO, dan Witek Radomski, CTO. Enjin adalah perusahaan nirlaba yang pertama kali dimulai sebagai platform game komunitas pada tahun 2009. Proyek ini meluncurkan Initial Coin Offering (ICO) pada tahun 2017, mengumpulkan sekitar $18,9 juta dalam prosesnya. Enjin melakukan siaran langsung pada tahun 2018.

Keunikan Enjin

Menurut salah satu pendiri Witek Radomski, keunikan Enjin Coin adalah setiap token yang dicetak dengan Platform Enjin di-support langsung oleh ENJ, token asli platform. Pada dasarnya, itu memberikan item dalam game likuiditas dunia nyata, lalu membuka kemungkinan untuk game bertenaga crypto dan blockchain, dan platform dunia nyata yang digamifikasi.

Selain itu, Blagov telah menyatakan bahwa saat ini perusahaan fokus pada adopsi platform baru. Dia membayangkan masa depan di mana jutaan gamers menggunakan item digital yang didukung oleh Enjin Coin tanpa menyadarinya. Kasus penggunaan Enjin yang solid, bersama dengan kelangkaan yang melekat pada token ENJ, akan menciptakan proposisi nilai yang bagus untuk proyek secara keseluruhan.

Value dari Enjin

Developers perlu mengunci token ENJ untuk mencetak item virtual. Ketika players mendapatkan barang-barang tersebut, mereka dapat menggunakannya di dalam game, lalu menukarnya, atau bahkan menjualnya untuk ENJ. Selain itu, Enjin juga memiliki pasokan (persediaan) terbatas, dengan pasokan maksimum terkunci hingga 1 miliar.

Data Teknis Enjin Coin (ENJ)

Berapa jumlah koin Enjin (ENJ) yang beredar? Hari ini Minggu (20/6/2021) jumlah koin Enjin yang beredar yaitu sebanyak 834.331.121 token ENJ dari total pasokan 1.000.000.000 token ENJ. Selain itu, Enjin berada di peringkat ke-70 dari segi jumlah kapitalisasi pasar (market cap) dengan total $1,021,079,715. Tercatat, hari ini harga koin ENJ berada di angka $1,22 atau dalam rupiah setara Rp 17.700 per keping.

Data Teknis Lainnya

Apakah bisa menambang token Enjin? Ya, token Enjin dapat ditambang karena menggunakan algoritma konsensus bukti kerja (PoW). Pengaturan penambangan hampir sama dengan Bitcoin, atau cryptocurrency lain yang ditambang dengan unit ASIC atau GPU (meskipun cara ini kurang menguntungkan).

Apakah token Enjin bisa dipertaruhkan (staking)? Tidak, token Enjin berjalan pada algoritma konsensus proof of work (PoW) yang berarti bahwa jaringan ENJ menggunakan penambang daripada pemangku kepentingan.

Penggunaan Enjin

Meskipun kasus penggunaan utama di sekitar pasar game memberikan tokenisasi nilai aset dalam game, Enjin juga mengeksplorasi kasus pemakaian dalam penghargaan loyalitas dan sektor real estat. Kemitraan dengan BMW, misalnya, adalah tokenizing poin loyalitas yang kemudian dapat digunakan untuk membayar bahan bakar, jalan tol, dan biaya parkir, atau juga dapat ditukar dengan ENJ. Kemitraan lain dengan LABS Group adalah tokenizing real estat, dengan tindakan fraksional membuka pasar besar bagi investor ritel.

Kompatibilitas Enjin dengan platform decentralized finance (DeFi) berbasis Ethereum telah memberikan utilitas lebih lanjut. Itu memungkinkan pengguna (users) untuk menyetor ENJ dan mendapatkan bunga (interest) sementara yang lain meminjam ENJ mereka, dilindungi melalui smart contract Ethereum. ENJ juga dapat ditambahkan ke kumpulan likuiditas lainnya di bursa terdesentralisasi untuk mendapatkan keuntungan dari peluang pertanian hasil lebih lanjut.

Kasus Penggunaan Enjin

Proyek ini telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan multinasional ternama, antara lain:

  • Atari: Enjin bermitra dengan Atari untuk mengintegrasikan merek ikonik ke dalam game blockchain di seluruh Ekosistem ENJ.
  • BMW: Enjin bermitra dengan BMW untuk memungkinkan pengguna aplikasi BMW Vantage mengubah poin hadiah BMW Coin mereka menjadi Enjin Coin.
  • Microsoft: Microsoft menggunakan teknologi Enjin untuk menjalankan program penghargaan sosial yang disebut Azure Heroes.
  • Samsung: Enjin bermitra dengan Samsung untuk mengintegrasikan Samsung Blockchain Keystore di S10 ke dalam Enjin Wallet.
  • Unity: Enjin bermitra dengan Unity untuk meluncurkan SDK yang akan memudahkan 4,5 juta pengembang ekosistem Unity untuk mengintegrasikan blockchain ke dalam aplikasi dan game mereka.
  • Protokol Aave: Langkah pertama Enjin ke ruang DeFi memungkinkan penggunanya untuk menyimpan token ENJ di Protokol Aave dan mendapatkan bunga dengan membiarkan orang lain meminjamnya.

Pada bulan Desember 2020, Enjin telah merekrut lebih dari 35 pengembang aplikasi dan game sebagai bagian dari program resmi Enjin Adopter, membantu mereka membangun, mendanai, memonetisasi, dan memasarkan game blockchain mereka.

Berbagai perusahaan mata uang kripto/cryptocurrency telah menggunakan produk Enjin untuk meluncurkan kampanye pemasaran (marketing) dengan tenaga blockchain dan mempermainkan keterlibatan pengguna (users) melalui pembuatan dan distribusi aset blockchain bermerek.

Ethereum sendiri menggunakan algoritme Ethash Proof-of-Work dan ETH yang saat ini dapat ditambang (mined) menggunakan perangkat keras (hardware) khusus berupa Graphics Processing Unit (GPU) atau Application-Specific Integrated Circuits (ASICs).

Peluncuran Beacon Chain pada bulan Desember 2020 juga telah memulai jalur penyebaran Ethereum 2.0, transisi dari Proof-of-Work ke Proof-of-Stake konsensus dan memungkinkan pemegang ETH untuk mempertaruhkan token untuk pertama kalinya. Taruhan minimum yang diperlukan adalah 32 ETH yang besar dan kuat, dan token pada awalnya akan dikunci selama berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun sampai Ethereum 2.0 sepenuhnya digunakan.

Sementara ENJ tidak dapat dipertaruhkan secara langsung, ada platform pihak ketiga, seperti bursa dan dompet, yang memungkinkan Anda untuk mengunci token ENJ dengan mereka untuk mendapatkan hasil, sering digambarkan sebagai “Soft Staking.” Dimungkinkan juga untuk menghasilkan pendapatan dengan menyetorkan token ENJ pada protokol defi seperti Aave dan Bancor.

Cara Memilih Enjin Wallet

Ada banyak dompet kripto atau crypto wallet yang dapat dipakai untuk menyimpan Token Enjin (ENJ) karena infrastruktur di sekitar token ERC-20 berkembang pesat. Dalam memilih Enjin wallet terbaik, itu tergantung pada kebutuhan pengguna, seperti dari segi keamanan, fungsionalitas, budget, dan sesuai preferensi. Selain cold wallet dan software wallet, pilihan online wallet alias hot wallet dianggap lebih populer dan fleksibel karena menawarkan akses lebih mudah dan juga murah.

Cara Beli Enjin Coin (ENJ)

Pada tahun 2021, ada banyak penyedia layanan cryptocurrency atau crypto exchange platform yang memungkinkan masyarakat untuk membeli mata uang kripto, seperti Enjin Coin (ENJ). Beberapa patform crypto terpopuler seperti Huobi, eToro, Binance, Coinbase, Indodax, Tokocrypto, dan sebagainya. Nah, untuk memulai investasi crypto, seperti beli Enjin Coin (ENJ), masyarakat bisa melakukan empat tahapan.

Pertama, memilih platform crypto terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua, registrasi di platform crypto tersebut, umumnya bisa diakses secara online. Ketiga, deposit atau setoran awal dengan jumlah minimal tergantung ketentuan platform. Keempat, melakukan proses pembelian (buy). Biasanya, setiap platform crypto juga menyediakan online wallet tersendiri untuk menyimpan coin crypto, termasuk Enjin Coin (ENJ).

Simpulan

Enjin Coin adalah platform yang menarik, untuk sedikitnya. Pendekatannya terhadap gamifikasi unik, karena mencoba memberikan setiap item dalam game atau platform berbasis nilai dunia nyata. Pendekatan unik ini telah mencapai beberapa adopsi dan semakin populer setiap hari. Selain itu, platform yang mendahului token Enjin Coin (ENJ) hanya memperkuat posisi Enjin sebagai salah satu cryptocurrency teratas.

Well, inilah review untuk mengenal Enjin Coin (ENJ) lebih dalam. Dengan informasi ini diharapkan Anda dapat mengambil simpulan apakah Enjin termasuk crypto dengan prospek yang bagus atau tidak. 

error: Content is protected !!