Review Kusama (KSM) 2021

Kusama (KSM) adalah jaringan bukti kepemilikan murni, eksperimental, yang didasarkan pada basis kode Polkadot dan bertindak sebagai testnet untuk ekosistem Polkadot (DOT). Kusama menjaga Polkadot tetap aman dengan berfungsi sebagai sistem peringatan tentang masalah atau pembaruan apa pun yang dapat mengancam stabilitas jaringan. Jaringan Kusama dimaksudkan untuk ada selama komunitas memeliharanya, menjadikannya salah satu ruang terbaik untuk proyek-proyek baru dan investasi berisiko tinggi. Tertarik mengenal Kusama (KSM) lebih jauh? Berikut kami berikan review Kusama (KSM).

Apa Itu Kusama (KSM)?

Crypto Kusama KSM

Kusama (KSM) adalah lingkungan pra-produksi publik untuk Polkadot yang berjalan pada rilis awal blockchain Polkadot yang tidak diaudit. Kusama berfungsi sebagai sandbox yang memungkinkan pengembang (developers) mana pun untuk menguji versi awal proyek Polkadot di lingkungan yang nyata dan hidup. Karena Kusama bertindak sebagai “Canary Network”, ini adalah komponen penting dari ekosistem DOT dan memungkinkan pembaruan besar dan rilis kode untuk diuji dan diperiksa secara menyeluruh sebelum dirilis ke publik di Polkadot.

Cryptocurrency asli jaringan Kusama yaitu KSM, bukan token ERC20 karena Kusama menggunakan teknologi blockchainnya sendiri untuk mengelola jaringan. Kusama memiliki token sendiri karena beberapa alasan: digunakan untuk tata kelola jaringan, dipertaruhkan untuk pengoperasian jaringan, diikat untuk menghubungkan rantai ke Kusama sebagai parachain, dan berfungsi sebagai token utilitas bagi pengguna jaringan.

Cara Kerja Kusama (KSM)

Kusama adalah saudara dari Polkadot dan meniru banyak fitur desain utama dari jaringan Polkadot. Misalnya, Kusama menggunakan dua jenis blockchain untuk memproses transaksi dan menangani aktivitas jaringan. Jaringan utama disebut Relay Chain, di mana validator dipertaruhkan. Relay Chain memiliki fungsionalitas minimal dan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan sistem secara keseluruhan. Ada juga jaringan yang dibuat pengguna yang disebut Parachains – yang masing-masing dapat memiliki arsitektur, fitur, dan kasus penggunaan yang berbeda tergantung pada proyek yang menggunakan masing-masing.

Siapa Pendiri Kusama?

Kusama didirikan pada tahun 2016 oleh pencipta Polkadot: Gavin Wood, Peter Czaban, dan Robert Habermeier. Mulai bulan Juli 2019 dan seterusnya, siapa pun dapat mengklaim KSM jika mereka memegang token indikator DOT pada saat blok genesis Kusama.

Penjualan token untuk Polkadot (dan dengan demikian Kusama) ditangani oleh Web3 Foundation dan Gavin Wood adalah presidennya. Kusama dirilis oleh Web3 sebelum DOT, dibuka dengan harga $1,71 pada bulan Desember 2019. Distribusi Kusama cocok dengan distribusi Polkadot. Pengguna yang memenuhi syarat yang telah membeli DOT selama pra-penjualan dapat mengklaim jumlah Kusama yang sama. 1% dari KSM dicadangkan oleh tim untuk insentif masa depan di jaringan KSM.

Keunikan Kusama (KSM)

Kusama berfungsi sebagai testnet “Canary” yang unik untuk Polkadot. Sebagian besar ekosistem blockchain hanya menggunakan testnet untuk mengembangkan aplikasi dan proyek terdesentralisasi (dApps). Dengan menggunakan jaringan blockchain langsung, Kusama mampu memberikan pasar kerja dan kondisi testnet yang tidak dapat dilakukan oleh rantai lain. Kusama juga memanfaatkan parameter tata kelola yang dimodifikasi yang memungkinkannya beroperasi hingga empat kali lebih cepat daripada Polkadot.

Fitur lain dari Kusama adalah penggunaan dua blockchain, jaringan utama dan jaringan yang dibuat pengguna (Parachains). Parachains cukup unik dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan blockchain layer-1 yang terpisah bersamaan dengan jaringan Kusama. Mampu menjalankan layer-1 unik yang terikat pada Relay Chain tidak hanya memastikan keamanan Parachains tetapi juga sangat meningkatkan skalabilitas dan interoperabilitas jaringan Kusama.

Value dari Kusama (KSM)

Penempatan unik Kusama sebagai jaringan kenari untuk Polkadot memberinya keuntungan “first-mover” di banyak dApps dan proyek baru untuk ekosistem Polkadot. Banyak dApps akan diluncurkan di Kusama sebelum menstabilkan dan memperbarui produk mereka untuk jaringan Polkadot.

Kusama juga menggunakan Parachains, blockchain layer-1 terpisah, yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam model token dan insentif yang biasanya tidak tersedia di Jaringan Kusama. Untuk memanfaatkan Parachains, proyek harus memenangkan slot di Lelang Parachain. Slot parachain tidak hanya berharga tetapi juga membutuhkan KSM untuk dikunci selama masa sewa. Peserta yang memenangkan slot Parachain perlu memenangkan lelang lebih lanjut untuk memperbarui sewa yang memastikan proyek membutuhkan aliran KSM yang stabil.

Peran utama token KSM adalah untuk memelihara dan mengoperasikan jaringan Kusama. Pengguna menyadari nilai dengan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas di jaringan Kusama, seperti staking, bonding, dan governance.

Kusama (KSM) Staking

Kusama memiliki tiga cara yang membuat dompet (wallet) untuk mempertaruhkan (staking) KSM, yaitu the Polka Wallet, the Polkadot UI, or the Polkadot JS staking app. Setelah dompet dibuat, pengguna harus mengikat (bonding) KSM mereka menggunakan bagian staking dari aplikasi mereka (pastikan untuk meninggalkan beberapa KSM untuk sekadar bensin kendaraan). Aset yang terikat dikunci ke jaringan selama durasi ikatan. Setelah aset terikat, pengguna dapat memilih hingga 16 validator berbeda untuk mengirim aset mereka juga. Jika salah satu validator yang dipilih pengguna melakukan kesalahan, mereka akan dipotong atau dihukum dan kehilangan sejumlah kecil dana mereka.

Data Teknis Kusama (KSM)

Berapa jumlah koin Kusama (KSM) yang beredar? Pada tanggal 15 Juni 2021, Kusama memiliki pasokan beredar 8.470.098 KSM dari total pasokan 10.000.000 KSM. Tidak ada pasokan maksimum KSM karena token KSM tunduk pada tingkat inflasi tahunan 10% yang sama dengan Polkadot (DOT). Distribusi token KSM yang baru dicetak tergantung pada proporsi KSM yang dipertaruhkan, dengan validator Kusama menerima semua token baru ketika tepat setengah dari pasokan KSM dipertaruhkan. Jika jumlah KSM yang dipertaruhkan di atas atau di bawah 50%, sebagian inflasi masuk ke the Kusama Treasury. Token KSM dapat dibeli di pasar sekunder. KSM juga dapat diperoleh melalui partisipasi dalam jaringan dual node Kusama.

Berapa harga koin Kusama (KSM) sekarang? Harga KSM hari ini berada di angka $417 atau dalam rupiah setara Rp 6 juta per keping. Kusama (KSM) berada di peringkat ke-30 dari segi nilai kapitalisasi pasar atau market cap, dengan jumlah $3,537,275,935. Harga koin dan market cap Kusama (KSM) dapat berubah seiring pergerakan pasar kripto (crypto market).

Data Teknis lainnya

Token Indikator DOT – pengguna yang membeli DOT selama Initial Coin Offering (ICO) menerima token ini dan dapat menebus KSM dalam jumlah yang sama selama Acara Pembuatan Token.

Validator – validator dapat mengklaim hadiah staking untuk menjalankan node validasi. Jumlah KSM yang dibutuhkan untuk menjadi node validasi bersifat dinamis dan berubah dari waktu ke waktu.

Nominator – nominator di jaringan Kusama menerima hadiah pasif di KSM dengan mendelegasikan KSM mereka hingga 16 validator. Hadiah bersifat dinamis dan tergantung pada jumlah peserta dan hasil saat ini.

Penggunaan Kusama (KSM)

KSM dapat digunakan sebagai token tata kelola (governance token) untuk mengelola pembaruan dan perbaikan protokol, serta untuk membayar biaya saat mengangkut pesan melintasi parachains. Validator dapat mempertaruhkan KSM mereka untuk menjaga keamanan jaringan dan mendapatkan imbalan dari inflasi, sementara nominator dapat mempertaruhkan KSM mereka ke validator untuk menerima bagian dari imbalan tersebut. Selain itu, KSM dapat digunakan untuk ikatan untuk mendukung parachain baru.

Cara Memilih Kusama (KSM) Wallet

Ada berbagi jenis dompet kripto atau crypto wallet untuk menyimpan coin atau token crypto Kusama (KSM). Pertama, dompet perangkat keras alias cold wallet – opsi yang paling aman dengan penyimpanan dan pencadangan offline. Namun, penggunaannya butuh pemahaman dan termasuk pilihan lebih mahal. Jadi, cold wallet lebih pas digunakan untuk pengguna berpengalaman dan menyimpan koin KSM dalam jumlah besar.

Opsi kedua, software wallet – lebih mudah dalam penggunaan dan support untuk smartphone atau desktop. Namun, dompet ini tidak lebih aman dari cold wallet sehingga disarankan untuk menyimpan koin KSM dalam jumlah lebih kecil. Pemula juga dapat menggunakan dompet ini.

Alternatif ketiga, online wallet alias hot wallet – penggunaan mudah, fleksibel, dan gratis. Hot wallet paling populer di antara yang lain namun pilihan ini relatif kurang aman dibanding jenis dompet sebelumnya. Karena pengguna memercayakan koin KSM mereka dikelola oleh platform sehingga penting untuk selektif dalam memilih penyedia layanan dompet. Hot wallet cocok untuk pengguna yang aktif bertransaksi crypto, cocok untuk pemulan, dan menyimpan koin KSM dalam jumlah lebih sedikit.

Cara Beli Kusama (KSM)

Mata uang kripto atau cryptocurrency diperjualbelikan melalui tempat perdangan crypto atau crypto exchange. Banyak tersedia penyedia layanan atau perusahaan crypto exchange, seperti eToro, Binance, Tokocrypto, Indodax, Pintu, Rekeningku, dll. Nah, untuk memulai investasi di crypto KSM, setidaknya terdiri dari tiga (3) langkah. Pertama, registrasi (sign up) di platform crypto yang kamu pilih. Kedua, setoran uang (deposit) dengan minimal tergantung kebijakan platform. Ketiga, transaksi pembelian (buy). Tentu saja, kamu juga bisa menjual koin KSM kemudian, melalui menu “sell”.

Simpulan

Kusama (KSM) memiliki tempat unik di pasar sebagai testnet paling produktif saat ini. Kecepatan tinggi dan sifat rantai Kusama yang sering kacau mengarah pada peluang inovatif dan menguntungkan bagi investor dan pengguna. Plus, tidak hanya dibuat oleh pendiri Ethereum, Gavin Wood, ia juga berbagi tim pengembangan yang sama di belakang Polkadot (DOT), serta basis kode Polkadot yang inovatif dan andal.

Dengan desainnya yang futuristik, KSM diposisikan untuk menjadi pemimpin pasar untuk produksi dApp dan pengembangan blockchain. Kemungkinan juga akan tetap menjadi salah satu testnet paling aktif dan berguna selama bertahun-tahun yang akan datang. Lalu, apakah Kusama adalah crypto dengan prospek yang bagus? Anda dapat mengambil simpulan sendiri setelah membaca review Kusama ini. Mengenal Kusama akan membantu Anda menilai secara objektif terkait masa depan aset kripto ini.

error: Content is protected !!