Review Flow (FLOW) 2021

Mengenal apa itu Flow (FLOW) cryptocurrency? Flow adalah salah satu mata uang kripto terbaru ke pasar crypto dan proyek yang menonjol dengan kapitalisasi pasar (market cap) lebih dari $1 miliar setelah token diluncurkan beberapa minggu. Flow adalah platform blockchain yang sangat cepat dan dapat diskalakan, dibuat, dan dikembangkan oleh tim developers yang sebelumnya telah menciptakan CryptoKitties, sebuah game blockchain populer berbasis Ethereum. Review Flow 2021 berikut ini akan memberitahukan Anda seluk-beluk aset digital ini termasuk menilai prospek dalam jangka panjang.

Apa Itu Flow (FLOW)?

flow crypto token

Flow adalah sebuah ekosistem dan platform terdesentralisasi berbasis blockchain yang menawarkan solusi penskalaan untuk pengalaman interaktif, proyek aplikasi terdesentralisasi (dApp), dan game berbasis blockchain.

Flow Network berfokus pada penyediaan lingkungan dan arsitektur yang mudah diskalakan agar transaksi lebih cepat tanpa kemacetan, dan untuk menciptakan lingkungan Non-Fungible Token (NFT), dApps, dan games.

NFT dapat dibuat dan diperdagangkan seperti cryptocurrency pada umumnya. Sementara itu, perbedaan penting adalah bahwa setiap NFT akan unik dan memiliki harga yang berbeda. Itulah alasan mengapa NFT dikenal sebagai barang koleksi.

Flow memiliki proyek sendiri di jaringan, NBA Top Shot, dan saat pasar NFT sedang booming. Tidak hanya itu, aset kripto Flow juga dapat mengalami peningkatan popularitas signifikan. Flow menawarkan banyak keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  • kontrak pintar atau smart contract yang dapat di-upgrade dan dapat ditambal untuk memperbaiki bug apa pun;
  • finalitas yang bisa dicapai dalam hitungan detik, dan
  • Cadence, sebuah proses dan cara paling mudah untuk membangun dApps dan NFT dengan bahasa pemrograman Flow yang relatif mudah dipelajari.

Cara mengatasi masalah yang dilakukan Flow adalah dengan skalabilitas yang tampak pada platform Ethereum tanpa harus menggunakan sharding, alih-alih menggunakan protokol Proof of Stake (PoS) yang efisien. Inilah cara Flow untuk menjaga kelancaran operasi dan meminimalkan kemacetan di jaringan untuk dApps dan CryptoKitties.

Cara Kerja Flow (FLOW)

Cara kerja Flow adalah dengan memanfaatkan konsesus protokol PoS untuk mencapai skalabilitas tanpa sharding, yang merupakan teknik penskalaan untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas jaringan. Flow mendistribusikan tugas pada jaringan di seluruh node yang mendukung sistem – node yang berbeda akan diberikan tugas berbeda berdasarkan kemampuan teknisnya.

Peningkatan throughput blockchain akan dicapai dengan cara memisahkan proses non-deterministik (misalnya dengan membentuk transaksi menjadi blok) dari proses deterministik (misalnya dengan mengeksekusi blok transaksi).

Untuk mengurangi usaha berlebihan, Flow menggunakan arsitektur multi-role, multi-node. Untuk memungkinkan penskalaan di seluruh jaringan dengan efisien dan hemat biaya, Flow membagi proses validasi menjadi empat peran, mendistribusikan tugas berbeda ke berbagai jenis node.

Untuk meningkatkan efisiensi, node membagi tugas dan ikut berpartisipasi dalam validasi di setiap transaksi di jaringan. Empat jenis node tersebut adalah Collection Nodes, Execution Nodes, Consensus Nodes, dan Verification Nodes.

Sejarah Flow (FLOW)

Proyek Flow didirikan oleh Dapper Labs, sebuah tim yang sama yang bertanggung jawab untuk mengembangkan game dApps dan blockchain paling populer yang di-hosting di Ethereum, CryptoKitties. Pendiri Flow adalah Dieter Shirley yang juga CTO dari Dapper Labs.

CryptoKitties mendapatkan popularitas besar dan masih terus menarik banyak penggemar blockchain dan penggemar koleksi berbasis blockchain.

Dengan terus meningkatnya jumlah pengguna, Ethereum mengalami masalah skalabilitas, sehingga CryptoKitties juga menghadapi masalah operasi. Inilah alasan mengapa tim Dapper Labs memutuskan untuk menciptakan platform blockchain terukur yang dapat mewakili lingkungan fungsional untuk dApps dan CryptoKitties.

Diluncurkan pada tahun 2020, Flow adalah protokol Proof of Stake (PoS) yang memungkinkan developers untuk membuat, menggunakan, dan memperdagangkan NFT, serta mengembangkan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan game berbasis blockchain di platform.

Keunikan Flow (FLOW)

Keunikan Flow adalah sebuah jaringan yang membangun sebuah proyek unik yang menawarkan lingkungan skalabel bagi pengembang yang tertarik untuk membuat dan menggunakan NFT. Arsitektur Flow memungkinkan para pengembang untuk membangun aplikasi dan game kripto di platform tanpa masalah kemacetan.

Flow mendistribusikan data dan bekerja pada jaringan di seluruh node berbeda – yang dipisahkan oleh peran mereka – sehingga distribusi penskalaan dan ekosistem akan lebih efisien untuk pengembang blockchain.

Selain itu, Flow dapat menjadi peluang unik bagi investor yang percaya pada potensi sektor NFT dan aplikasi blockchain. Berkat arsitektur yang sangat efisien, Flow memberikan penyelesaian cepat untuk transaksi dan operasi on-chain.

Value dari Flow (FLOW)

Value dari Flow adalah memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi di jaringan Flow. Selain itu, nilai intrinsik dari proyek Flow adalah kapasitas teknis dan teknologi yang ditawarkan. Pengembang dapat memasukkan token asli jaringan, FLOW, ke dalam aplikasi dan game blokchain mereka.

Token FLOW akan bertindak sebagai mata uang digital utama untuk pembayaran dan penghargaan. Pengembang juga bisa menggunakan Flow network untuk membuat token mereka sendiri yang bisa digunakan di dalam aplikasi mereka dan juga bisa diperdagangkan sebagai NFT.

Sementara itu, nilai pasar (market value) dari Flow dipengaruhi oleh banyak variabel dan faktor spesifik yang menyebabkan harga mata uang kripto FLOW bergerak fluktuatif. Beberapa faktor ini misalnya utilitas, popularitas pasar NFT, perkembangan, peningkatan, minat institusional, dan news.

Terkadang, nilai intrinsik dari cryptocurrency tidak sesuai dengan harga pasar. Ada aset kripto dengan fudamental bagus, namun pasar belum melihat itu sehingga harga pasar masih rendah. Sedangkan ada juga proyek crypto yang tidak begitu baik namun harga pasar tinggi karena terjadi spekulatif.

Namun, bagaimanapun juga, Flow adalah aset kripto yang cukup populer dengan fundamental baik. Biasanya, crypto dengan nilai intrinsik yang baik akan mencipatakan harga pasar tinggi dalam jangka panjang, bukan jangka pendek.

Data Teknis Flow (FLOW)

Berapa jumlah koin Flow yang beredar? Saat ini jumlah FLOW coin yang beredar adalah 60.749.508 FLOW dari total suplai 1.368.390.492 FLOW. Jumlah pasokan token FLOW telah meningkat sejak menggunakan inflasi untuk membayar hadiah validator kepada pemangku kepentingan.

Flow telah membatasi inflasi moneter agar menghindari menipisnya nilai token FLOW. Token baru nantinya akan digunakan untuk menutupi selisih antara biaya transaksi dan pembayaran yang dijamin untuk validator. Dengan kata lain, tingkat inflasi akan turun ke 0% seiring dengan naiknya biaya transaksi.

Data Teknis lainnya

Flow membagi arsitektur jaringan dengan menggunakan beberapa node dengan beberapa peran yang dapat bekerja secara bersamaan pada semua transaksi dalam tahapan yang berbeda dalam proses validasi. Seperti disebutkan sebelumnya, node ini adalah Collection Nodes, Consensus Nodes, Execution Nodes, dan Verification Nodes.

Collection Nodes bekerja dengan memastikan konektivitas jaringan untuk dApps, dan mendukung ketersediaan data untuk aplikasi yang di-hosting di jaringan Flow. Consesus Nodes berperan dalam memutuskan transaksi pesanan mana yang akan divalidasi.

Execution Nodes tidak dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, melainkan memasok daya komputasi untuk mengeksekusi transaksi. Verification Nodes bertugas untuk mengecek ulang informasi yang dikirimkan oleh Execution Nodes, sebelum memvalidasi transaksi, sehingga proses validasi bisa diselesaikan.

Sementara itu, Cadence adalah sebuah bahasa pemrograman pada platform untuk membuat smart contract di jaringan.

Pengamanan Jaringan Flow

Jaringan Flow menggunakan protokol PoS dan membagi arsitekturnya menjadi empat tahap validasi. Sehingga setiap node dengan tugas tertentu telah ditentukan sebelumnya hanya memproses sebagian data di dalam lingkungan multi-role dan multi-node.

Berkat mekanisme tersebut, transaksi dan operasi di jaringan akan lebih efisien. Karena fakta bahwa proses validasi dibagi dan data didistribusikan ke sejumlah node di jaringan, Flow network juga akan diamankan.

Jaringan Flow bergantung pada node untuk validasi dan keamanan tetapi juga menggunakan Human-Readable Security untuk melindungi pengguna jaringan dari aplikasi yang berbahaya.

Tim Flow mengembangkan sebuah teknik kriptografi baru yang disebut Specialized Proofs of Confidential Knowledge (SPoCKs). SPoCKs berarti bahwa para penyelidik bisa menunjukkan bahwa mereka punya akses ke pengetahuan rahasia tertentu tanpa harus mengungkapkanya. Setiap SPoCK adalah bersifat khusus dan tidak bisa disalin oleh Prover lain.

Penggunaan Flow (FLOW)

Flow dapat digunakan sebagai lingkungan yang skalabel khususnya untuk membuat dan membangun dApps dan NFT. Developers juga bisa menggunakan FLOW sebagai crypto utama di dalam aplikasi mereka, atau juga dapat membuat crypto dan token mereka sendiri.

Setiap aktivitas di jaringan Flow membutuhkan sejumlah kecil FLOW, seperti halnya membuat akun pengguna baru atau menyimpan aset. Setiap proyek yang dibangun di blockchain Flow dapat memilih untuk menggunakan FLOW dalam aplikasi mereka sebagai pembayaran peer-to-peer (P2P), membebankan biaya layanan, atau membayar hadiah.

FLOW juga dapat dipertaruhkan (staking) untuk mengamankan jaringan dengan mendapatkan imbalan. Pemegang akan menjadi node validator atau staking token mereka ke node validator lain. Ada rencana lain untuk kasus penggunaan FLOW lainnya setelah jaringan matang, misalnya seperti jaminan untuk token sekunder, deposit penyimpanan data, dan partisipasi tata kelola.

Selain itu, FLOW adalah mata uang kripto yang ditradingkan di pasar kripto atau crypto exchange. Anda dapat menghasilkan keuntungan berupa capital gain dari aktivitas trading FLOW di bursa kripto.

Simpulan

Tujuan utama Flow adalah memberikan solusi penskalaan yang efisien dan efektif sehingga memungkinkan pengembang untuk membuat dan membangun aplikasi dan NFT di atas jaringan Flow. Berkat penskalaan efisien dan validasi yang cepat, Flow adalah proyek terbaru dan paling signifikan dalam memanfaatkan potensi pasar NFT dan juga pengembangan game berbasis blockchain.

Dengan pasar NFT dan dApps yang semakin populer, cryptocurrency Flow akan memiliki prospek baik dan peluang bertumbuh. Dengan demikian, dalam jangka panjang, aset digital ini akan menjadi salah satu jaringan blockchain terbaik di sektornya.

error: Content is protected !!