Review BakerySwap (BAKE) 2022

BakerySwap adalah salah satu pembuat pasar otomatis (automated market maker/AMM) dan pasar untuk non-fungible token (NFT) yang di-hosting di Binance Smart Chain (BSC). Seperti namanya, BakerySwap merupakan platform decentralized exchange (DEX), yang mana pengguna dapat menukar token atau koin kripto mereka secara langsung P2P. Sementara itu, beberapa platform DEX yang lebih dahulu terkenal adalah Uniswap, SushiSwap, dan PancakeSwap. Meskipun begitu, BakerySwap menjadi aplikasi DEX dan AMM open source pertama. Tertarik mengenal apa itu BakerySwap (BAKE) lebih jauh? Berikut review BakerySwap (BAKE).

Apa Itu BakerySwap (BAKE)?

bakeryswap bake

BakerySwap menyebut dirinya sebagai platform DeFi all-in-one yang menyediakan solusi AMM dan NFT Marketplace di satu wadah. Lebih lanjut, BakerySwap adalah AMM dan platform DEX pertama dengan struktur open-source dan terdesentralisasi yang berbasis teknologi blockchain. Ini mengombinasikan fitur NFT dengan tools di platform DeFi yang memungkinkan pengguna untuk menukar token dengan mudah dan cepat.

Berbeda dari sejumlah platform DEX lainnya, BakerySwap tidak melakukan integrasi buku pesanan (order books) ke dalam sistem, sehingga platform ini memungkinkan exchanging dan swapping token ke dalam kumpulan likuiditas atau liquidity pools, bukan antara penjual dan pembeli. Pada intinya, BakerySwap di-host di BSC sebagai aplikasi terdesentralisasi (decentralized app/dApps) dengan utilitas tertentu. BakerySwap juga mengadakan landasan peluncuran dan pasar NFT yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual token NFT terbaik dengan mudah.

Sementara itu, BAKE adalah token tata kelola platform BEP-20 yang didukung oleh BSC. Token BAKE digunakan dalam sistem penghargaan (reward) untuk memberikan insentif kepada penyedia likuiditas (liquidity provider). Selain itu, BAKE juga menjadi metode pembayaran utama untuk membeli NFT pada protokol.

Di pasar cryptocurrency, BAKE adalah koin kripto dari BakerySwap. BAKE dapat diperjualbelikan di bursa kripto (crypto exchanges), baik untuk aktivitas trading maupun investasi jangka panjang.

Cara Kerja BakerySwap (BAKE)

Uniswap, Sushiswap, PancakeSwap merupakan beberapa protokol pertukaran token yang populer, dan BakerySwap dapat dibandingkan dengan mereka. Uniswap di-host di blockchain Ethereum, sementara BakerySwap di-host di BSC, yang kemudian menjadi dApps untuk operasi AMM dan DEX.

BakerySwap menghapus peran pihak ketiga atau perantara dari persamaan swapping dan sebagai gantinya, BakerySwap menggunakan model AMM yang memungkinkan pengguna untuk menukar token melalui smart contract.

Karena tidak terdapat order book di dalam sistem pertukaran, maka tidak ada keterlibatan pihak ketiga. Liquidity pool menjadi bagian integral penting dari sistem karena pengguna bisa melakukan exchange dan swap token berdasarkan likuiditas yang disediakan. Liquidity pool didukung oleh peserta jaringan di platform BakerySwap.

Pengguna berperan sebagai pihak penyedia likuiditas dan mereka dapat menyetorkan saldo token mereka ke dalam liquidity pool untuk mendukung sistem DEX dan AMM. Sebagai imbalan, penyedia likuiditas akan mendapatkan mata uang kripto gratis. Sementara itu, pedagang (trader) yang menukar (swap) token mereka wajib membayar biaya perdagangan (trading fees) dan biaya ini nantinya akan didistribusikan ke penyedia likuiditas sehingga dapat mendorong partisipasi tinggi.

Sejarah BakerySwap (BAKE)

Didirikan pada tahun 2020, BakerySwap adalah sebuah proyek yang relatif baru, dan dibangun sebagai cabang dari Uniswap, seperti SushiSwap sebelumnya. Siapa pendiri BakerySwap? Pada dasarnya, proyek crypto ini dibuat dan dikembangkan oleh tim developers anonim yang mana mereka melihat masa depan cerah pada model decentralized autonomous organization (DAO).

Selain menikmati anonimitas, tim BakerySwap juga menentang keberadaan initial coin offering (ICO), toke pra-penjualan, dan pemesanan token untuk tim developers. Itulah alasannya mengapa tim BakerySwap tidak memiliki andil dalam total pasokan token BAKE. Tim ini menerima 1% dari semua token BAKE yang ditanam dalam fitur farming sehingga tim developers akan menerima 1 token BAKE untuk setiap 100 token BAKE yang ditanam.

Keunggulan dan Keunikan BakerySwap

Keunggulan BakerySwap adalah sebagai serangkaian layanan keuangan yang lengkap dan inovatif, mencakup exchanging dan swapping token, liquidity pools, farming, integrasi dompet, launchpad, dan tambahan likuiditas.

Keunikan BakerySwap adalah sebagai platform DeFi dengan layanan dan fitur unggulan, yang menciptakan sintesis dari sejumlah layanan. Selain itu, keunikan BakerySwap sebagai proyek inovatif adalah mengombinasikan model AMM dan DEX, sehingga penggun dapat menukar token kripto mereka melalui smart contract – sehingga tidak membutuhkan order book.

Selain itu, BakerySwap adalah proyek kripto pertama di sektornya yang di-hosting di Binance Smart Chain (BSC), sekaligus menjadi platform DeFi yang menawarkan liquidity pools untuk altcoin.

Value dari BakerySwap (BAKE)

Nilai atau value dari BakerySwap adalah berasal dari proyek inovatif yang ditawarkan, teknologi, kapasitas teknis, utilitas, dan kasus penggunaan. Sementara itu, BAKE sebagai koin kripto di bursa juga mendapatkan nilainya dari bagaimana investor melihat prospek proyek ini di masa depan, dan ini dapat digambarkan melalui kapitalisasi pasar (market cap), yang menunjukkan dominasi BAKE di pasar. Sentimen lainnya juga akan memengaruhi harga BAKE di pasar, sehingga market cap bisa berfluktuasi.

Data Teknis BakerySwap (BAKE)

Berapa jumlah koin BakerySwap (BAKE) yang beredar? Tercatat saat ini, BakeryToken memiliki 193,529,487 token BAKE yang beredar dari total supply 277.237.400 BAKE. Sama seperti Bitcoin dan kebanyakan cryptocurrency lainnya, BakerySwap memiliki total persediaan BAKE terbatas. Hal ini menjadi kelebihan BAKE karena jumlah pasokan atau persediaan token terbatas dapat menjadi mekanisme anti-inflasi, sehingga BAKE dapat dipertimbangkan sebagai aset penyimpan nilai yang baik untuk jangka panjang.

Data Teknis lainnya

BakerySwap punya banyak fitur yang cocok dengan banyak layanan populer di sektor DeFi. Fitur-fitur ini mencakup AMM, DEX, pasar NFT, farming, staking crypto BAKE untuk NFT, liquidity pools dan tambahan likuiditas, dan integrasi wallet. Selain token BAKE, jaringan juga punya token penyedia likuiditas Bakery yang khusus digunakan sebagai mekanisme penghargaan kepada penyedia likuiditas. Token BLP dapat dipertaruhkan (staked) dan/atau ditukar dengan token BAKE.

Melalui liquidity pools yang menggunakan smart contract dan di-host di BSC, pengguna dapat melakukan pertukaran (exchange) altcoin, token jenis BEP-20, dan token BNB. Sementara itu, aktivitas farming dilakukan dengan staking koin BAKE dengan imbalan (reward) berupa tambahan token BAKE gratis. Kemudian, pengguna juga bisa menyimpan BLP dan BAKE di kumpulan likuiditas untuk menciptakan lebih banyak likuiditas untuk sistem operasi DEX. Imbalan yang dihasilkan dari kedua token tersebut akan berbeda.

Sistem Keamanan BakerySwap

Bagaimana jaringan BakerySwap diamankan? Jaringan BakerySwap adalah dApp yang di-hosting di Binance Smart Chain (BSC). Dengan begitu, protokol akan diamankan melalui mekanisme konsensus dari BSC. Binance Smart Chain menciptakan solusi luar biasa untuk proyek DeFi berkat penggunaan konsesus Proof of Staked Authority (PoSA) yang cerdas.

PoSA adalah sebuah protokol yang digunakan dalam infrastruktur blockchain untuk meningkatkan efisiensi dan eksekusi operasi lebih cepat, sama seperti Proof of Stake (PoS). Namun, alih-alih mempertaruhkan (staking) nilai moneter, PoSA atau dikenal sebagai PoA lebih menggunakan identitas validator sebagai sebuah stake.

Kasus Penggunaan BakerySwap (BAKE)

Kasus penggunaan BakerySwap adalah pertama, digunakan untuk exchange dan swap token, sementara protokol akan mewakili kombinasi AMM dan DEX dengan NFT marketplace di satu platform. Selain itu, token dari BakerySwap, BAKE dapat digunakan sebagai mekanisme pemberian hadiah bagi staker, pengguna yang melakukan staking. Tidak hanya itu, BAKE juga digunakan untuk membeli NFT dan mendapatkan BLP atas partisipasi dalam farming. Kemudian, BAKE dapat digunakan sebagai instrumen trading dan investasi di bursa kripto untuk mendapatkan capital gain.

Pandangan Akhir

BakerySwap adalah platform DeFi all-in-one dengan menyediakan solusi untuk AMM dan NFT Marketplace dalam satu aplikasi. BakerySwap, bagaimanapun, mampu melihat potensi besar dari popularitas sektor non-fungible token (NFT) dan decentralized finance (DeFi). Dengan mengadopsi model AMM dan beroperasi sebagai sebuah DEX, BakerySwap memungkinkan pengguna untuk exchange kebanyakan token BEP-20, BNB, dan altcoin dengan eksekusi cepat dan biaya murah. Karena menjadi tuan rumah NFT marketplace, BakerySwap dapat membeli NFT dengan mudah. Prospek BakerySwap terlihat cerah dengan value yang baik dari teknologi, proyek, utilitas, dan kasus penggunaan.