Review Fantom (FTM) 2021

Mengenal apa itu Fantom (FTM), salah satu proyek cryptocurrency yang ambisius untuk mencapai ekosistem teknologi terdesentralisasi. Ya, Fantom adalah platform atau aplikasi terdesentralisasi (dApp) yang berada dalam ekosistem teknologi dan didukung oleh smart contract atau kontrak pintar.

FTM adalah token utilitas atau koin yang diterbitkan Fantom. FTM juga menjadi mata uang kripto yang dapat dibeli atau diperdagangkan di bursa kripto sebagai salah satu instrumen investasi. Tertarik dengan proyek dan mata uang digital tersebut? Berikut review Fantom (FTM) 2021.

Apa Itu Fantom (FTM)?

fantom web

Fantom Foundation mendeskripsikan Fantom sebagai “platform kontrak pintar dengan kinerja tinggi, skalabel, dan aman.” Platform ini mencakup sejumlah komponen yang berbeda.

Blockchain Fantom Opera berfungsi sebagai fondasi utama. Ini adalah jaringan grafik asiklik sumber terbuka yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) sehingga bisa menjalankan smart contract yang sudah ada dan juga membuat kontrak baru yang mampu berinteraksi dengan kontrak di Ethereum.

Transaksi Fantom divalidasi oleh Lachesis, sistem Proof of Stake (PoS) tanpa pemimpin yang menggunakan mekanisme asynchronous byzantine fault-tolerant (ABFT). Validasi ABFT jauh lebih cepat dan lebih murah daripada validasi dengan konsensus Proof of Work atau Proof of Stake konvensional. Sistem ABFT juga mampu menyelesaikan transaksi bahkan dalam hitungan detik.

Setiap dApp berbasis Fantom akan berjalan di jaringan blockchain mereka sendiri. Blockchain ini memiliki token khusus, ekonomi, dan aturan tata kelola tersendiri. Mereka memperoleh manfaat dari mekanisme konsensus Lachesis, dan juga dapat berinteraksi dengan dApps yang berjalan di jaringan blockchain Fantom yang berbeda. Inilah alasan mengapa Fantom adalah platform yang juga disebut sebagai jaringan dari jaringan (network of network).

Mesin virtual yang kompatibel dengan EVM memungkinkan blockchain Opera untuk melakukan eksekusi smart contract Ethereum dan berintegrasi dengan dApps berbasis Ethereum.

Sementara itu, FTM adalah token utilitas Fantom, yang digunakan untuk memberi penghargaan kepada validator, bertugas melaksanakan transaksi keuangan, dan mengamankan hak tata kelola, serta membayar biaya jaringan. FTM tersedia di crypto exchange.

Sistem DeFi dari Fantom

Decentralized finance (DeFi) adalah sebuah aplikasi berbasis blockchain yang bekerja dengan smart contract untuk transaksi keuangan tanpa membutuhkan perantara. Fantom adalah salah satu platform tersebut. Sistem DeFi dari Fantom memiliki tiga komponen utama, yaitu:

  1. fMint, yang memungkinkan Anda untuk mencetak fUSD, sebuah stablecoin yang dipatok dengan rasio 1:1 terhadap dolar AS (USD). Koin fUSD sendiri dapat ditukar secara bebas dengan FTM.
  2. fSwap, sebuah pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) yang mendukung konversi lebih dari 175 token sintetis, termasuk juga fBTC dan fETH.
  3. fLend, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan bunga dengan meminjamkan FTM dan fUSD ke liquidity pools Anda juga bisa menggunakan dana fUSD sebagai agunan untuk membeli dan memperdagangkan token sintetis.

Selain itu, Fantom juga menyediakan dompet (wallet) yang dirancang khusus untuk menyimpan token FTM, fUSD, dan sintetis. Dengan kata lain, transaksi DeFi dari Fantom dapat dilakukan secara langsung dari dalam wallet tersebut.

Koin Meme Tersedia Hanya di OKEx

Beli Koin Meme di OKEx

Note: Buka Browser versi Desktop

Cara Kerja Fantom

Komponen Fantom adalah modul yang dapat dikoneksikan bersama oleh pengembang dApp. Semua komponen platform punya utilitas yang berdiri sendiri dan tautan integrasi yang memungkinkan mereka untuk diklik secara bersama ke dalam platform kontrak pintar Fantom dengan biaya rendah.

Salah satu cara untuk memahami cara kerja platform Fantom adalah menganggapnya sebagai buku besar layanan terlengkap (full-service ledger) untuk dApps. Setiap dApp punya user interface (UI), sejenis database, dan kode khusus untuk membuat perhitungan dan fungsi lainnya.

Setiap dApp akan mendapatkan manfaat dari ledger yang andal, terdistribusi, dan terdesentralisasi untuk melakukan validasi dan mencatat transaksi.

Fantom menyediakan buku besar (ledger) – bukan dengan blockchain dan API sederhana, melainkan dengan rangkaian lengkap untuk utilitas dan alat yang menyediakan UI yang mudah digunakan, yang mana pengembang (developers) bisa mengimplementasikan dApps.

Pengembang yang menggunakan blockchain konvensional menghadapi trilemma blockchain. Ini mengharuskan mereka untuk menyeimbangkan kecepatan transaksi, keamanan, dan desentralisasi. Buku besar berdasarkan Bitcoin, Ethereum, atau platform lain yang sering digunakan dapat mengoptimalkan satu atau dua faktor tersebut, tetapi tidak dapat melakukan ketiganya.

Fantom menyebutkan bahwa protokol konsensus ABFT akan memberikan keamanan penuh dan desentralisasi sambil juga mendukung kecepatan transaksi dan biaya lebih rendah. Transaksi FTM sederhana mampu diselesaikan dalam waktu satu detik dengan biaya hanya $0,0000001.

Sejarah Fantom (FTM)

Siapa pendiri Fantom? Fantom didirikan pada tahun 2018 oleh seorang ilmuwan komputer Korea Selatan, Ahn Byung Ik. Sebelum mendirikan Fantom, Ahn sempat menjabat sebagai presiden Korea Foodtech Association dan menciptakan platform Yelp-like bernama SikSin.

Ahn meninggalkan Fantom pada 2019, dan sejak Februari 2019, Fantom telah dipimpin oleh Fantom Foundation, perusahaan terdaftar dan berbasis di Kepulauan Cayman. Fantom Foundation adalah sebuah tim yang terdiri dari 28 insinyur, peneliti, ilmuwan, perancang, dan pengusaha.

Initial coin offering (ICO) FTM diadakan pada Juni 2018. Fantom berhasil menjual 40% dari total pasokan 3,175 miliar token FTM, dan menghasilkan sekitar $370 juta.

Keunikan Fantom (FTM)

Fokus utama Fantom adalah untuk mendukung pengembangan dApp yang memberinya tempat khusus dalam dunia cryptocurrency, khususnya untuk pengembang. Token utilitas Fantom, FTM juga memiliki nilai, yang digunakan untuk menghargai validator dan membuat transaksi di jaringan berjalan lancar.

Keunikan Fantom adalah sebagai sebuah ekosistem alat modular yang kaya, semuanya dapat disatukan untuk berbagi informasi dan mempercepat proses pengembangan. Setiap elemen di platform Fantom telah dirancang sedemikian rupa dengan pertimbangan desentralisasi dan interoperabilitas.

Fantom juga berkomitmen pada transparansi. Sebagai contoh, kode sumber platform tersedia via lisensi sumber terbuka (open source) di Github. Siapa saja dapat membuat blok penyusun dengan menggunakan kode Fantom dan API.

Dalam aktivitas operasional, Fantom mendukung partisipasi terbuka. Anda dapat menjalankan node di blockchain Opera. Itu memerlukan 3,175 juta saham FTM, tetapi tidak membatasi partisipasi Anda. Cukup dengan mendelegasikan satu FTM atau lebih ke node validator, Anda sudah bisa menghasilkan hadiah.

Fantom memiliki token ERC-20, tetapi tidak bisa digunakan secara langsung di blockchain Opera. Token ERC-20 yang masuk ke dalam Fantom wallet Anda akan dikonversi ke Opera FTM secara otomatis. Token ERC-20 Fantom pada dasarnya digunakan di jaringan Ethereum. Selain itu, Fantom juga mendukung token BEP-2 yang berjalan di blockchain Binance.

Dengan algoritma konsensus ABFT yang menjadi khas Fantom, semua transaksi mampu diselesaikan dengan biaya yang sangat rendah.

Data Teknis Fantom

Berapa jumlah koin Fantom (FTM) yang beredar? Diluncurkan pada Juni 2018 saat ICO, Fantom memiliki total pasokan FTM coin yang dibatasi pada jumlah 3,175 miliar FTM. Sementara itu, saat ini jumlah FTM coin yang beredar adalah 2.545.006.273.

Sebanyak 40% dari total pasokan token FTM tersedia untuk dijual di ICO. Sisanya akan dicadangkan, sebanyak 30% untuk pengembangan pasar, 15% untuk advisor dan kontributor, dan 15% lainnya untuk anggota dan pendiri tim proyek Fantom.

Pengamanan Jaringan Fantom

Buku besar Fantom diamankan oleh Lachesis, algoritma konsensus ABFT proyek. Menurut Fantom, Lachesis memiliki empat manfaat utama.

Pertama, itu tidak sinkron. Node tidak perlu menunggu node lain untuk bertindak sebelum memproses perintah. Ini mengarah pada throughput yang lebih besar dan kinerja yang lebih baik dalam mengeksekusi dan menyelesaikan transaksi.

Kedua, Lachesis sepenuhnya terdesentralisasi dan tanpa pemimpin. Tidak ada peserta yang memainkan peran istimewa dalam memvalidasi atau mengamankan jaringan.

Ketiga, Lachesis aman. Algoritme konsensus ABFT dirancang khusus untuk memberikan informasi yang andal bahkan ketika beberapa node bertindak jahat.

Terakhir, Lachesis segera memberikan konfirmasi akhir, tanpa perlu menunggu 30 menit atau lebih untuk konfirmasi blokir.

Penggunaan Fantom

Fantom menarik terutama bagi pengusaha dan pengembang perangkat lunak yang berusaha membuat aplikasi terdistribusi yang aman. Setiap bagian dari ekosistem selaras dengan kebutuhan unik pengembangan dApp.

Koin FTM juga bisa menarik bagi investor. Koin memberikan pintu masuk ke proses validasi PoS Fantom, sehingga Anda dapat memperoleh hadiah berdasarkan menjadi validator atau mendelegasikan koin ke validator yang sudah mapan. Anda juga dapat menggunakan FTM untuk menghasilkan fUSD, yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperdagangkan token sintetis.

Fantom Proof of Stake

Mekanisme konsensus ABFT Lachesis adalah sebuah sistem PoS yang disempurnakan. Siapa saja dapat menjadi validator dengan mempertaruhkan atau staking 3,175 juta FTM. Pengguna juga dapat berpartisipasi dalam validasi – termasuk mendapatkan hadiah – dengan staking satu atau lebih FTM ke validator yang sudah mapan.

Hadiah untuk staking token ke validator selama 365 hari setara dengan return 13% per tahun. Untuk mendelegasikan tanpa komitmen jangka panjang bisa menghasilkan APY 4%.

Staked FTM dikunci dan tidak dapat digunakan untuk transaksi. Namun, pengguna Fantom dapat memanfaatkannya sebagai jaminan untuk mencetak sFTM yang digunakan di aplikasi DeFi Fantom. Tidak ada biaya sama sekali untuk mencetak atau membayar kembali sFTM di dunia DeFi Fantom.

Simpulan

Fantom adalah platform yang direncanakan dengan matang untuk mengembangkan dan menerapkan dApps berbasis aset digital dan kontrak pintar. Alat dan komponen yang tersedia akan mempercepat dan memudahkan pembuatan dApps dan memastikan berjalan dengan aman, cepat, dan murah.

Koin FTM adalah salah satu yang menarik karena memiliki peran penting dalam ekosistem Fantom. Selain itu, FTM merupakan mata uang kripto (cryptocurrency) yang dapat diperdagangkan di crypto exchange dan juga digunakan untuk menghasilkan passive income saat mempertaruhkannya di dalam jaringan Fantom PoS.

Well, inilah review Fantom (FTM) 2021. Dengan informasi ini, Anda bisa mengambil simpulan tentang Fantom, khususnya seperti apa prospek Fantom (FTM) dalam jangka panjang.

error: Content is protected !!