Review Harmony (ONE) 2021

Meskipun fungsionalitas, penerapan teknologi blockchain, dan desentralisasi telah ditetapkan, masalah skalabilitas adalah isu utama bagi banyak platform cryptocurrency berbasis blockchain. Ketidakmampuan untuk menskalakan terlah membuat kemacetan di jaringan. Harmony (ONE) adalah proyek kripto yang bertujuan untuk memberikan sistem desentralisasi dan penskalaan yang ideal kepada pembuat dan pengguna aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Harmony memperkenalkan inovasi dan kombinasi teknologi ke dalam platform, dan meningkatkan efisiensi, skalabilitas, dan interoperabilitas sehingga memfasilitasi fungsionalitas maksimum. Tertarik mengenal mata uang kripto ini dan seperti apa proyek dan prospek dalam jangka panjang? Berikut review Harmony (ONE) 2021.

Apa Itu Harmony (ONE)?

Harmony ONE

Harmony adalah platform berbasis blockchain dengan sistem terdesentralisasi. Ini menawarkan alat dan fungsionalitas untuk menciptakan, meng-hosting, mengelola, dan menggunakan dApps dengan tingkat skalabilitas dan interoperabilitas maksimal. Harmony di-hosting di Ethereum, sehingga proyek ini menawarkan solusi untuk mengatasi keterbatasan jaringan Ethereum.

Perlu diketahui, visi utama dari proyek blockchain yaitu menciptakan lingkungan mandiri yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan pasar untuk fungible token dan non-fungible token (NFT) dengan menggunakan alat yang tersedia. Ini juga memperoleh manfaat dari interoperabilitas dan skalabilitas melalui sharding.

Dengan pembaruan yang akan ditayangkan pada akhir tahun 2021, Harmony ingin menjadi salah satu kontributor utama dalam ruang decentralized finance (DeFi). Selain itu, Harmony juga menawarkan waktu pembuatan blok yang cepat, estimasi tidak lebih dari satu detik. Ini memfasilitasi transaksi secara instan dengan kemampuan proses throughput transisi yang lebih tinggi daripada Ethereum atau jaringan setara.

Sementara itu, ONE adalah aset kripto asli dari jaringan Harmony, dan juga menjadi token multiguna. Penggunaan ONE bisa untuk membayar berbagai jenis layanan dan operasi di jaringan, termasuk membayar penyimpanan. Setiap pemegang token ONE dapat berpartisipasi dalam proses tata kelola jaringan dengan memberikan hak suara mereka. ONE juga menjadi mata uang kripto yang cukup populer dan diperdagangkan di berbagai crypto exchanges.

Cara Kerja Harmony

Harmony adalah proyek crypto yang mencapai skalabilitas dan meningkatkan kecepatan transaksi dan pembuatan blok dengan memanfaatkan random state sharding. Singkatnya, random state sharding memungkinkan jaringan untuk membagi database menjadi partisi lebih kecil, disebut sebagai pecahan untuk mengurangi latensi. Sharding pada akhirnya akan menciptakan transaksi cepat dan hampir instan, sekaligus juga mencegah kemacetan jaringan.

Proses sharding sangat bergantung pada mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS) adaptif mengacu pada prosedur yang dikenal sebagai distributed randomness generation. Kombinasi ini menghasilkan keamanan, skalabilitas, dan verifikasi yang mudah atau sederhana.

Jaringan Harmony beroperasi pada variasi protokol BFT atau Byzantine Fault Tolerance, atau lebih dikenal sebagai Fast BFT (FSBT). Singkatnya, FBFT memberikan fasilitas kecepatan dan efisiensi pada jaringan Harmony karena memproses transaksi secara paralel. Pada saat yang sama, Harmony juga mengurangi biaya komunikasi dengan menandatangani transaksi menggunakan tanda tangan agregat. Ini memungkinkan lebih dari 250 validator untuk mencapai konsensus dalam waktu kurang dari dua detik.

Sejarah Harmony (ONE)

Siapa pendiri Harmony? Harmony adalah proyek kripto yang didirikan dan dikembangkan bersama-sama dengan tim pengembang yang punya pengalaman luas dalam ilmu komputer dan kriptografi. Mereka menghadirkan penskalaan dan interoperabilitas bagi pengembang dApps.

Sementara itu, salah satu pendiri sekaligus CEO Harmony adalah Stephen Tse. Sementara itu, Nick White menjadi co-founder dan anggota aktif komunitas Harmony. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan pada tahun 2017, tim pengembang terdiri dari 12 anggota, termasuk Tse. Sementara itu, 7 anggota pernah mengisi posisi di Google, Microsoft, Amazon, dan Apple. Stephen Tse pernah bekerja sebagai insinyur di Google, Apple, dan Microsoft.

Keunikan Harmony (ONE)

Harmony adalah proyek unik di pasar cryptocurrency, sektor DeFi, dan dApps. Hal ini karena Harmony memberikan waktu validasi yang relatif cepat dan memastikan bahwa blok bisa dibuat dalam hitungan detik, dengan finalitas instan untuk transaksi di buku besar (ledger). Harmony mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan secara signifikan dalam validasi transaksi dengan memperkenalkan sharding.

Proyek ini juga menyelenggarakan Harmony Grants, sebuah program untuk menarik lebih banyak pengembang dApps ke jaringan dan mendukung inovasi dan pembuatan dApps. Selain unik karena memanfaatkan FBFT dan teori permainan, Harmony juga unik karena menggunakan Verifiable Random Function untuk tujuan keamanan dan sharding.

Value dari Harmony (ONE)

Nilai atau value Harmony adalah berasal dari teknologi, utilitas, dan kapasitas teknis untuk mendukung kasus penggunaan dan operasi di jaringan. Semua elemen ini memberikan nilai intrinsik bagi Harmony sebagai sebuah proyek.

Sementara itu, value dari token atau koin ONE didorong oleh mekanisme pasar dan faktor-faktor spesifik. Terkadang, nilai pasar tidak mencerminkan nilai intrinsik, khususnya dalam jangka pendek. Namun, seiring dengan pengembangan proyek dan meningkatnya popularitas pasar crypto, harga ONE juga akan meningkat.

Data Teknis Harmony (ONE)

Berapa jumlah koin Harmony (ONE) yang beredar? Saat ini ada sekitar 10.570.306.491 ONE yang beredar dari total pasokan 13.156.044.839. ONE. Tidak ada jumlah pasokan maksimal ONE karena Harmony menggunakan inflasi untuk memberikan penghargaan kepada pemangku kepentingan. Namun, tingkat hadiah tahunan ditetapkan 441 juta ONE dan biaya transaksi akan mengimbangi penerbitan token baru. Hal ini berarti ketika adopsi jaringan tumbuh, inflasi menuju nol.

Harga koin ONE di sejumlah bursa atau crypto exchange hari ini (29/09/21) bergerak di level $0,15 per keping dengan market cap $1,56 miliar.

Data Teknis lainnya

Sharding pertama kali diadopsi oleh Zilliqa (ZIL) yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi jaringan dan memungkinkan penskalaan untuk dApp yang lebih fungsional. Untuk mencegah serangan bahaya pada sistem sharding jika salah satu shard mengambil alih, Harmony menggunakan deep sharding dari blockchain. Teknik ini membuat sharding terjadi pada lapisan konsensus, dan pemrosesan paralel digunakan untuk efisiensi platform secara keseluruhan.

Sistem Keamanan Jaringan Harmony

Harmony network memanfaatkan Effective Proof of Stake (EPoS) untuk mengamankan jaringan dan mencegah dari sejumlah serangan berbahaya. Harmony adalah jaringan pertama yang mengadopsi variasi Proof of Stake (PoS) dalam kombinasi dengan sharding yang memungkinkan desentralisasi dan keamanan. EPoS memungkinkan ratusan node berbeda untuk ikut berpartisipasi tanpa membahayakan proses staking terpusat.

Kasus Penggunaan Harmony

Harmony adalah proyek yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan meng-ho­sting dApps dalam ekosistem terdesentralisasi dan skalabel. Ini dirancang khusus untuk mendukung pembuatan dApps yang berorientasi pada DeFi. Selain itu, Harmony adalah jaringan yang digunakan untuk transaksi dengan biaya rendah dan latensi rendah sambil juga menawarkan throughput tinggi dan finalitas transaksi yang terjadi hanya dalam hitungan detik.

Sementara itu, ONE adalah token asli jaringan Harmony dan aset cryptocurrency multiguna yang akan menggerakkan jaringan. ONE dapat digunakan dalam tata kelola jaringan. Setiap pemegang ONE dapat memberikan hak suara (voting) untuk masa depan jaringan.

Tidak hanya itu, ONE juga digunakan sebagai insentif atau penghargaan kepada setiap peserta jaringan untuk validasi dan pengamanan jaringan. ONE juga digunakan untuk membayar biaya gas, aktivitas transaksi, dan membayar biaya penyimpanan. Yang pasti, ONE diperdagangkan di pasar kripto dan setiap trader bisa mendapatkan profit atau capital gain dari fluktuasi harga Harmony (ONE).

Mekanisme Konsesus Proof of Stake dari Harmony

Harmony mengadopsi variasi mekanisme konsensus Proof of Stake, dikenal sebagai Effective Proof of Stake (EPoS). Ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan sharding dan memungkinkan ratusan node untuk ikut berpartisipasi dalam aktivitas operasi jaringan. EPoS mampu mengurangi kecenderungan pertaruhan terpusat (stake centralization), sambil juga mendukung delegasi, double-sign slashing, pemeriksaan yang tidak tersedia, dan penggabungan reward.

Simpulan

Harmony adalah proyek yang dianggap menjanjikan dengan prospek cerah karena menyediakan solusi atas penskalaan dan interoperabilitas. Selain itu, Harmony menawarkan pengembang dAapps lingkungan yang dioptimalkan untuk DeFi dan transaksi dengan finalitas yang instan.

Tujuan Harmony adalah menjadi salah satu jaringan teratas dalam kecepatan dan fungsionalitas, dengan tingkay latensi rendah dan biaya rendah. ONE adalah mata uang kripto dar Harmony. Anda bisa memperdagangkan (jual beli) di crypto exchanges untuk sekadar melakukan trading atau investasi jangka panjang.

error: Content is protected !!