Review Tron (TRX) 2021

Mengenal TRON, apa itu TRON Coin? Ketika mendengar nama “Tron”, beberapa orang akan menghubungkan dengan film Tron dari Disney. Namun, cryptocurrency Tron sama sekali tidak ada kaitannya dengan film. TRON adalah platform blockchain terdesentralisasi yang berupaya merevolusi hiburan (mirip dengan namanya) serta berbagi konten digital. Token aslinya, Tronix (TRX), harganya naik melonjak drastis sepanjang tahun 2021.

Tujuan TRON adalah untuk menciptakan platform hiburan berupa konten digital global secara gratis yang menawarkan keunggulan atau manfaat dari teknologi penyimpanan terdistribusi. TRON juga memberikan setiap pengguna untuk berbagi konten digital yang mudah dan hemat biaya. Ingin tahu pembahasan lebih jauh tentang TRON? Berikut review TRON (TRX).

Apa Itu TRON (TRX)?

Gambar Tron Ecosystem

TRON adalah proyek berbasis blockchain yang diluncurkan pada tahun 2017. TRON sangat unik karena tidak berusaha untuk mengiklankan kriptografi atau perbaikan terkait desain jaringan. Blok bangunan dasar TRON – seperti aplikasi terdesentralisasi (dApps), kontrak pintar (smart contract), token, atau konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan – semuanya dipelopori oleh proyek lain.

Sementara itu, beberapa mengkritik kurangnya inovasi di dalam proyek – lebih banyak penggunaan fitur yang sudah teruji saja daripada mencoba membangun dan menciptakan sesuatu yang baru dengan inovatif. Ini akan memungkinkan untuk fokus yang lebih besar pada pengalaman pengguna dan desain.

TRON membedakan dirinya dengan strategi pasar yang berfokus pada Asia, sangat bergantung pada publikasi pendiri dan penciptanya, Justin Sun. Dengan komunitas pendukung yang sangat aktif, tidak mengherankan bahwa TRON yang terdengar futuristik telah melihat beberapa kesuksesan.

Cryptocurrency TRX sendiri mendapatkan perhatian utama yang lebih besar pada tahun 2018 ketika TRON Foundation, perusahaan pengembangan nirlaba di belakang TRON, mengakuisisi platform berbagi konten peer-to-peer BitTorrent.

Cara Kerja TRON (TRX)

Sementara TRON sekarang menjadi koin terpisah, itu dulunya merupakan token ERC-20 berbasis Ethereum. Jaringan Tronix bekerja berdasarkan beberapa prinsip utama yang pertama adalah desentralisasi (tidak terpusat). Semua data di blockchain sepenuhnya gratis dan tidak dikendalikan oleh otoritas pusat mana pun. Pembuat konten (content creator) dapat memperoleh token TRX sebagai hadiah untuk memposting konten mereka.

Sangat mungkin bagi content creator untuk membuat token mereka sendiri di dalam jaringan TRON. Token ini kemudian dapat digunakan di dalam aplikasi terdesentralisasi milik pengguna (dApps) di dalam jaringan. Token yang baru dibuat ini didukung oleh token TRX utama.

Tahap akhir dari rencana pengembangan jaringan mencakup dukungan game di jaringan TRON. Games tersebut akan benar-benar terdesentralisasi dan pengguna dapat memberi penghargaan langsung kepada pembuatnya jika mereka menikmati game tersebut.

TRON bekerja pada mekanisme konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan. Di dalam sistem ini, transaksi divalidasi oleh 27 super representative yang dipercaya untuk menjaga history transaksi. Perwakilan super dipilih setiap enam jam, dan dapatkan koin TRX yang dihasilkan oleh mekanisme sebagai hadiah atas layanan mereka. Blockchain TRON mendapatkan blok baru yang ditambahkan setiap tiga detik. Sedangkan bagi mereka yang menambahkan blok akan mendapatkan 32 token TRX.

Siapa Pendiri TRON?

TRON didirikan dan diciptakan oleh pengusaha Sun Yuchen (lebih dikenal sebagai Justin Sun), disebut-sebut sebagai salah satu dari “30-Under-30” Forbes di Asia sebanyak dua kali. Sebelum membuat TRON, Sun telah mendirikan aplikasi konten audio Peiwo. Selain itu, Sun bertindak sebagai perwakilan untuk Ripple pada tahun 2015. Namun, Sun meninggalkan posisi itu setelah mendirikan TRON Foundation. Latar belakang bisnis Sun menarik minat investor awal, termasuk pendiri Clash of Kings Tang Binsen, serta CEO startup berbagi sepeda OFO Dai Wei.

Keunikan TRON

TRON adalah mata uang kripto atau cryptocurrency yang sangat istimewa karena membawa perspektif dan tujuan yang sama sekali berbeda ke pasar. Tidak ada biaya transaksi untuk TRX, yang merupakan prestasi luar biasa. Selain itu, jaringan ini mampu mendukung 2000 transaksi setiap detik.

Memegang (dan mempertaruhkan) TRX memberikan pengguna kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan perwakilan super. Selain itu, kemampuan platform untuk memberi penghargaan kepada content creator atas pekerjaan mereka, sambil mempertahankan kepemilikan penuh atas proyek mereka, adalah konsep yang sangat berharga.

Value dari TRON

Manfaat atau value terbesar menggunakan TRON adalah kenyataan bahwa artis dan content creator dari seluruh dunia saat ini memiliki opsi sepenuhnya untuk memiliki konten yang mereka buat. Kemampuan untuk membuat konten dan membagikannya tanpa perlu khawatir tentang biaya transaksi yang melumpuhkan juga menjadi keuntungan besar.

TRON adalah salah satu proyek terkemuka yang oleh beberapa orang disebut web 3.0. Fokus utama dari web generasi ke-3 adalah untuk memungkinkan orang menggunakan internet dengan cara yang terdesentralisasi dan terbuka, dan jaringan baru ini adalah jaringan yang memiliki nilai dunia nyata.

Dari sudut pandang pengembang (developer), TRON sangat istimewa karena saat ini sedang dibangun untuk memungkinkan penggunaan bahasa tingkat tinggi untuk kontrak pintarnya. Pengembang di masa depan akan dapat menggunakan setiap dan setiap bahasa pemrograman untuk membangun di atas desain perangkat lunak terbuka TRON.

Data Teknikal TRON

Berapa jumlah coin TRON (TRX) yang beredar? TRON (TRX) pertama kali diluncurkan melalui Intial Coin Offering atau ICO dan berhasil mengumpulkan sekitar $60 juta USD. Token asli TRON, TRX, dibuat dengan pasokan maksimum 100.850.743.812 dengan jumlah token TRX yang beredar (circulating supply) saat ini berada di 71.659.657.369 TRX. Pada hari ini, TRON (TRX) memegang posisi ke-24 dalam daftar cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar (market cap) teratas dengan total market cap $5,065,949,415.

Data Teknis lainnya

Harga TRX hari ini berada di level $0,07 atau setara Rp1.010 per keping. Harga TRON (TRX) mencapai level tertinggi sepanjang masa $0,23 pada Januari 2018. Meskipun harga TRX telah berjuang sejak saat itu, terutama dalam kondisi pasar bearish yang terlihat setelah Desember 2017, harga TRX sekarang merangkak naik perlahan-lahan dan mendapatkan momentum sebagai coin crypto yang layak dan bagus disimpan sebagai investasi jangka panjang. Sebagai tambahan, TRON juga bekerja sama dan memiliki beberapa partners dengan nama besar, seperti Samsung, Opera, dan Swisscom.

Cara Jaringan TRON Diamankan

Fitur keamanan utama TRON adalah mekanisme konsensus proof of stake (PoS) yang didelegasikan. Sistem merotasi validator jaringan setiap enam jam, dan masing-masing validator ini dipilih oleh pemilih (pengguna yang mempertaruhkan token TRX mereka).

Dengan cara baru crowd-sourcing untuk melawan aliran bug yang konstan yang dapat dikaitkan dengan pengembangan perangkat lunak, komunitas TRON memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada pengembangan dan mendapatkan hadiah dengan berpartisipasi dalam Program Bug Bounty. Dalam program ini, TRON Foundation menawarkan hadiah TRX yang murah hati untuk setiap bug atau kerentanan yang terungkap.

Cara Menggunakan TRON

Jaringan TRONsaat ini mampu mendukung berbagai aplikasi dan game. Selain kasus penggunaan utamanya sebagai platform untuk pembuat konten, TRON sering digunakan untuk bertransaksi, karena transaksi TRX tidak dikenakan biaya apa pun.

TRON digunakan sebagai alat pembayaran oleh banyak perusahaan, termasuk Travala, SpendCard, Bitnovo, dan banyak lagi. Selain itu, Tether telah memindahkan stablecoin-nya ke jaringan TRON yang disebut USDT-Tron. Setelah akuisisi BitTorrent, TRON telah menjadi ekosistem yang lebih mengesankan.

Cara Memilih Dompet TRON (TRON Wallet)

TRON adalah mata uang kripto yang terkenal atau populer dan didukung oleh banyak dompet kripto (crypto wallet) – baik perangkat lunak (software wallet), dompet perangkat keras (hardware wallet), dan online wallet. Ada lebih dari cukup opsi bagi Anda untuk memilih. Namun, penting untuk memutuskan berdasarkan kebutuhan spesifik.

Hardware wallet atau disebut juga cold wallet merupakan pilihan paling aman karena bersifat offline sehingga minim terjadi peretasan. Namun, cold wallet mungkin tidak cocok untuk pemula yang baru mengenal crypto, dan disarankan dipakai hanya untuk menyimpan jumlah coin TRX dalam jumlah besar.

Software wallet dan online wallet merupakan opsi lainnya, dianggap kurang aman karena bersifat online atau terkoneksi internet. Namun, penggunaannya lebih nyaman dan mudah. Pemula dapat menggunakan opsi ini dan disarankan hanya untuk menyimpan coin dalam jumlah lebih sedikit.

Cara Beli TRON (TRX) untuk Pemula

Ada empat tahapan untuk memulai investasi atau beli crypto TRON (TRX). Pertama, memilih platform crypto exchange. Ada banyak platform crypto atau tempat pertukaran mata uang kripto (crypto exchange) yang menyediakan TRON (TRX) untuk diperdagangkan. Anda bisa menggunakan platform luar negeri (asing), seperti Capital, Binance, Kraken, Bitfinex, Coinbase, dan Huobi.

Anda juga dapat memakai platform dari crypto exchange lokal – saat ini tersedia 13 perusahaan crypto exchange Indonesia yang terdaftar di Bappebti – yang tidak kalah dalam menyediakan fitur unggulan. Platform crypto Indonesia paling populer misalnya Tokocrypto, Rekeningku, Pintu, dan Indodax. Kedua, registrasi (sign up) di platform crypto tersebut. Ketiga, melakukan deposit uang (nominal tergantung kebijakan masing-masing platform). Terakhir, proses pembelian.

Simpulan

TRON adalah proyek cryptocurrency yang unik, mengambil berbagai teknologi yang dipelopori oleh proyek lain dan membuat semuanya bekerja sama. Jaringan TRON menawarkan solusi untuk pembuat konten yang terganggu oleh sensor atau masalah lain dari platform konten terpusat.

Selain itu, sistem biaya transaksi nol menjadikannya pilihan yang menarik bagi perusahaan dan konsumen dalam hal pembayaran kripto. Sekian review TRON (TRX) kali ini, semoga informasi ini dapat menjadi referensi terbaik dan membantu Anda mengenal TRON (TRX) lebih dalam. Apakah TRON coin punya prospek bagus? Semoga Anda bisa menyimpulkan sendiri.

error: Content is protected !!