Review Filecoin (FIL) 2021

Mengelola data memakan waktu, mahal, dan sulit diamankan untuk bisnis dan users. Faktanya, biaya rata-rata pelanggaran data pada tahun 2020 adalah sekitar $3,86 juta. Filecoin (FIL) adalah pasar penyimpanan terdesentralisasi yang bertujuan untuk menjadi cara termurah, tercepat, dan teraman untuk menyimpan data di internet. Filecoin memungkinkan pengguna untuk menyelenggarakan dan berbagi semua jenis data melalui jaringan blockchain terdesentralisasi dengan hadiah on-chain untuk memastikan bahwa data yang disimpan memiliki keabadian dan tetap aman sampai dibutuhkan.

Apa Itu Filecoin (FIL)?

Crypto Filecoin FIL

Filecoin (FIL) adalah jaringan peer-to-peer (P2P) yang memungkinkan pengguna (users) untuk menyimpan file di internet menggunakan blockchain Filecoin – yang mencatat setiap transaksi dengan unit penyimpanan. Insentif ekonomi bawaan dari Filecoin memastikan bahwa setiap file disimpan dengan andal dan akurat sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data yang mereka unggah. Jumlah penyimpanan yang tersedia dan harga data yang disimpan dikendalikan oleh pasar dengan data yang lebih eksklusif, berharga, atau populer dengan harga lebih tinggi.

Cryptocurrency asli jaringan, FIL, bukan token ERC20 karena Filecoin menggunakan teknologi blockchain sendiri untuk mengelola jaringan. Filecoin perlu menggunakan tokennya sendiri karena ia menjalankan konsensus sendiri – memberi insentif kepada peserta jaringan untuk memberikan layanan terbaik.

Cara Kerja Filecoin (FIL)

Filecoin adalah jaringan peer-to-peer (P2P) terdesentralisasi untuk penyimpanan data yang dibangun di atas protokol InterPlanetary File System (IPFS). Ketika users ingin menggunakan Filecoin untuk menyimpan data pribadi, mereka akan memilih penambang penyimpanan di jaringan dan membayar mereka dalam FIL untuk mengoperasikan file mereka. Penambang (miners) adalah komputer yang bertanggung jawab untuk menyimpan file pengguna yang memainkan peran penting dalam mengamankan jaringan Filecoin.

Karena bersifat desentralisasi, Filecoin memungkinkan setiap file dapat disimpan dengan cara yang “selektif” melalui jaringan peer-to-peer. Pengguna dapat memilih dari berbagai penambang Filecoin berdasarkan redundansi, biaya, dan kecepatan mereka, untuk memastikan bahwa setiap pengguna memiliki opsi penyimpanan yang paling sesuai dengan kebutuhan data mereka.

Filecoin (FIL) juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps), kemudian dapat menyimpan data dengan penambang mana pun di jaringan Filecoin. Penambang akan menjalankan berbagai jenis “kesepakatan” ini untuk pengguna sambil mendapatkan biaya untuk partisipasi mereka. Setiap 30 detik, blok baru (new block) akan ditambahkan ke rantai (chain) dan miners akan mengumpulkan hadiah FIL mereka.

Ketika users ingin melakukan verifikasi bahwa data yang mereka kirim disimpan dengan benar, users dapat memeriksa bukti (proofs) di blockchain. Bukti atau proofs adalah masalah matematika kriptografi yang dapat diverifikasi secara publik yang secara rutin dan otomatis dikirimkan oleh para penambang di jaringan Filecoin.

Filecoin menggunakan Proof of Replication (PoRep), yang menunjukkan bahwa miners telah menerima semua data dan mengkodekannya secara unik dibandingkan dengan miners lainnya. Itu berarti bahwa dua transaksi untuk data yang sama akan menggunakan disk yang berbeda.

Penggunaan Proof of Replication atau PoRep memungkinkan jaminan tanpa kepercayaan dan stempel waktu bahwa data telah berhasil diterima. Penambang kemudian akan menggunakan Proof of Spacetime (PoSt), yang membutuhkan penambang acak (random miners) untuk melakukan verifikasi penyimpanan bagian acak dari data. Tujuannya yaitu untuk membuktikan bahwa data masih tersimpan dengan aman selama durasi transaksi.

Sejarah Filecoin: Siapa Pendiri Filecoin?

Filecoin dibuat oleh Protocol Labs, perusahaan di belakang IPFS, IPLD, Multiformats, libp2p, dan Testground, dan mengadakan Initial Coin Offering (ICO) pada tahun 2017. Harga setiap FIL ​pada saat ICO adalah $1,30. Saat diluncurkan, Filecoin berhasil menjadi salah satu penjualan token terbesar dalam sejarah ICO dengan mengumpulkan $257 juta. Pendanaan sebesar $186 juta dikumpulkan oleh Protocol Labs dalam satu jam pertama.

Meskipun begitu, ICO hanya terbuka untuk investor terakreditasi sebagaimana ditentukan oleh peraturan AS. Protocol Labs menjual token FIL kepada investor menggunakan Simple Agreement for Future Tokens (SAFT) atau Perjanjian Sederhana untuk Token Masa Depan. Investor menerima token di blok genesis jaringan Filecoin selama peluncuran kecuali mereka memilih sendiri untuk memberikan token mereka. Token vested menerima diskon pada pembelian awal berdasarkan berapa lama mereka mengunci token mereka.

30% dari FIL dibuat dan dicairkan di blok genesis, 15% di antaranya masuk ke tim pengembangan untuk mendukung pertumbuhan proyek dan 10% untuk investor dari ICO. 5% lainnya dicadangkan untuk Filecoin Foundation. 70% dari pasokan (persediaan) akan didistribusikan selama 16 tahun ke depan ke node dalam bentuk hadiah blok.

Kelebihan dan Keunikan Filecoin

Sistem penyimpanan Filecoin memungkinkan setiap orang untuk menjadi penjaga data mereka sendiri tetapi biasanya sangat terpusat. Filecoin (FIL) memungkinkan pengguna (users) untuk menyimpan data mereka di jaringan peer-to-peer (P2P) terdesentralisasi sehingga lebih tahan terhadap sensor, pemadaman, dan peretasan. Filecoin juga memanfaatkan teknologi unik dari blockchainnya untuk memberikan insentif sehingga mendorong partisipasi dan memberikan penghargaan kepada aktor yang jujur.

Fitur unik lainnya dari Filecoin adalah arsitekturnya. Filecoin menggunakan solusi simpul ganda (dual node solution) sementara sebagian besar jaringan hanya beroperasi dengan satu jenis simpul (one type of node). Node penyimpanan digunakan untuk menyimpan data di dalam jaringan. Filecoin memberikan insentif kepada setiap pengguna berukuran sedang untuk memastikan desentralisasi.

Ada juga node pengambilan yang dipakai di jaringan Filecoin. Node pengambilan harus ditempatkan atau diletakkan di dekat node penyimpanan jaringan, memiliki bandwidth tinggi, dan latensi rendah. Node pengambilan dibayar ketika mereka menjadi tercepat untuk menemukan dan mengambil file untuk pengguna.

Filecoin juga menawarkan model bisnis yang sangat unik untuk pelanggan. Pengunggah (uploaders) dan penyelenggara (hosts) dapat berpartisipasi dalam penawaran di pasar terbuka (open market) sehingga mendorong harga organik kompetitif yang mencerminkan kondisi pasar saat ini dan ketersediaan penyimpanan. Peserta di pasar Filecoin diberi insentif untuk membuat penyimpanan lebih murah dari waktu ke waktu.

Value dari Filecoin

Filecoin adalah salah satu token pertama yang diluncurkan secara legal dalam kerangka Hukum Sekuritas AS. Ini menarik perhatian dari beberapa investor besar seperti Sequoia Capital dan Union Square Ventures. Hal ini membuat proyek Filecoin menjadi lebih menarik bagi investor lain dan dapat juga diandalkan karena alokasi token mereka yang besar dengan periode vesting yang relatif panjang dari satu tahun hingga tiga tahun.

Filecoin juga dibuat oleh Protocol Labs, perusahaan populer yang terkenal karena membuat protokol open source yang andal seperti IPFS. Pengalaman dan pengenalan merek mereka sebelumnya menjadikan mereka sebagai pilihan populer bagi investor yang cenderung spekulatif.

Peran token FIL adalah untuk memelihara dan mengoperasikan jaringan Filecoin. Pengguna memahami value atas partisipasi di dalam berbagai aktivitas di jaringan Filecoin, terutama saat berpartisipasi di pasar data (data market). FIL memungkinkan setiap pemegangnya untuk menggunakan jaringan peer-to-peer Filecoin, bertransaksi di pasar data, dan menjalankan penyimpanan atau pengambilan node.

Data Tekniks Filecoin (FIL)

Berapa jumlah token Filecoin (FIL) yang beredar? Filecoin (FIL) saat ini memiliki persediaan sebanyak 78.127.519 token FIL yang beredar dengan maksimum 2 miliar token FIL akan dibuat. Pasokan (persediaan) ini tidak akan pernah meningkat, tetapi berpotensi menurun karena perilaku buruk tidak mendapat insentif di jaringan Filecoin dengan hukuman pemotongan.

Artinya, jika peserta jaringan melakukan kesalahan, bagian dari jaminan FIL atau potensi hadiah FIL mereka bisa disita dan dibakar. Token FIL dapat dibeli di pasar sekunder. FIL juga dapat diperoleh melalui partisipasi dalam sistem simpul ganda (dual node system) Filecoin. Selain itu, Filecoin memiliki ICO pada tahun 2017 dengan rilis mainnet pada 15 Oktober 2020. 30% dari total pasokan dicairkan di blok genesis.

Berapa harga coin Filecoin (FIL)? Hari ini harga FIL berada di level $72,67 atau setara Rp 1,05 juta per keping. Selain itu, Filecoin saat ini berada di peringkat ke-23 dari jumlah nilai kapitalisasi pasar/market cap dengan total $5,677,199,871. Jumlah market cap dapat berubah setiap saat sama seperti harga coin.

Data Teknis lainnya

Pada bulan Mei 2021, jumlah kapasitas penyimpanan di jaringan Filecoin lebih dari 5 EiB (exbibytes) dari lebih dari 2.200 penambang aktif, dan lebih dari 125 organisasi membangun jaringan – setidaknya 220 proyek baru memasuki ekosistem melalui Hackathons dan Accelerators.

Pengamanan Filecoin (FIL)

Filecoin membutuhkan peserta yang jujur ​​dan aktif untuk memastikan users mendapatkan data yang tepat waktu dan akurat. Untuk mencegah pelaku jahat atau lazy node, Filecoin telah menerapkan beberapa fitur untuk meningkatkan keamanan dan partisipasi dalam jaringan. Filecoin membutuhkan jaminan (garansi) di awal dari pengguna yang ingin berpartisipasi di dalam jaringan.

Hadiah blok juga tunduk pada periode vesting. Hadiah blok pribadi memastikan bahwa setiap pengguna akan tinggal cukup lama untuk menghormati komitmen apa pun. Penambang pun juga diharuskan untuk mengirimkan PoReps, yang menjamin bahwa semua data akurat.

Filecoin memprioritaskan untuk melayani klien “terverifikasi”.  Dengan menyimpan daftar penambang aktif dan daftar bisnis yang diverifikasi, pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan sesering mungkin. Penjelasan lebih rinci tentang PoRep bisa dibaca di whitepaper Filecoin resmi.

Penggunaan Filecoin (FIL)

Agar dapat berpartisipasi dengan mudah dalam jaringan Filecoin (FIL) dan menyimpan atau membeli data, pengguna harus menggunakan Slate atau Lotus. Slate adalah sistem penyimpanan sumber terbuka yang dibangun di atas Filecoin yang menyediakan GUI yang mudah digunakan sementara Lotus adalah klien atau perangkat lunak resmi untuk node di jaringan Filecoin. Pengguna yang ingin menjalankan node Lotus untuk berinteraksi langsung dengan blockchain Filecoin dapat merujuk ke dokumentasi resmi.

Staking Filecoin (FIL)

Filecoin tidak menawarkan staking tradisional atau pertanian hasil. Pengguna memang perlu mempertaruhkan agunan untuk berpartisipasi dalam jaringan. Jumlahnya bervariasi tergantung pada penyimpanan yang digunakan penambang.

Cara Memilih Filecoin Wallet

Coin Filecoin (FIL) saat ini dapat diperdagangkan di bursa kripto atau crypto exchange atau dapat dibeli melalui platform crypto atau crypto wallet. Ada banyak jenis dompet Filecoin (Filecoin wallet) yang bisa dipilih. Namun, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, hardware wallet alias cold wallet – dompet dengan penyimpanan dan pencadangan offline alias tanpa internet. Cold wallet adalah opsi paling aman, namun penggunaannya lebih rumit dan memakan biaya mahal. Jadi, cold wallet – seperti Trezor dan Ledger – direkomendasikan untuk menyimpan coin cryptocurrency FIL dalam jumlah besar dan dikhususnya bagi yang berpengalaman saja.

Alternatif lain, software wallet – penggunaan lebih mudah dan umumnya gratis. Dompet ini biasanya juga support untuk perangkat smartphone dan dekstop. Software wallet mungkin cocok untuk pemula dan disarankan untuk menyimpan coin cryptocurrency FIL dalam jumlah lebih kecil.

Opsi terakhir dan paling umum digunakan, yaitu online wallet. Penggunaannya yang mudah, gratis, dan support untuk perangkat smartphone dan PC, menjadikan online wallet sebagai pilihan populer. Namun, dompet yang juga disebut sebagai hot wallet ini kurang aman dibanding cold wallet. Pasalnya, pengguna memberikan kepercayaan penuh kepada penyedia layanan (platform) untuk mengelola aset digital mereka. Itulah pentingnya memilih crypto platform terbaik dan bereputasi. Online wallet cocok untuk pemula, menyimpan coin FIL dalam jumlah relatif kecil dan untuk siapa pun yang sering bertransaksi cryptocurrency.

Cara Beli Filecoin (FIL)

Proses pembelian coin FIL sebenarnya tidak sulit karena dapat ditransaksikan secara online melalui crypto platform atau crypto exchange. Namun, sekali lagi, penting untuk memilih platform terbaik dan terpercaya. Biasanya, platform crypto menyediakan wallet tersendiri – biasanya hot wallet. Jadi, setiap Anda membeli cryptocurrency, aset digital tersebut akan tersimpan di wallet yang disediakan oleh platform.

Lalu, bagaimana cara beli cryptocurrency FIL? Pertama, pilih crypto exchange atau crypto platform yang bagus (sesuai preferensi). Beberapa platform yang terkenal misalnya eToro, Kraken, Coinbase, Binance, Tokocrypto, dan Indodax. Kedua, registrasi (sign up) di platform tersebut. Ketiga, proses deposit (setoran awal) – nominal deposit tergantung ketentuan platform. Terakhir, proses pembelian atau “buy”. Setelah membeli FIL, Anda juga dapat menjualnya kembali dengan menu “sell”.

Simpulan

Penyimpanan data cloud di seluruh dunia semakin diminati. Jaringan penyimpanan terdesentralisasi Filecoin menawarkan alternatif kompetitif untuk Amazon AWS, Microsoft Azure, dan Google Cloud. Filecoin seringkali lebih cepat daripada pesaingnya karena sistem simpul ganda dan jaringan Filecoin saat ini memiliki penyimpanan senilai sekitar 6 miliar gigabyte dan terus bertambah setiap hari.

Ini menempatkan Filecoin dalam posisi unik untuk memanfaatkan pasar data yang muncul di blockchain. Memanfaatkan pengalaman Protocol Labs sebelumnya sebagai tim pengembangan sumber terbuka akan sangat penting dalam menarik lebih banyak investor dan pengguna ke platform. Kinerja Filecoin selama beberapa tahun ke depan akan sangat bergantung pada seberapa cepat basis pengguna jaringannya dapat tumbuh dan seberapa banyak Pasar Data Filecoin digunakan.

error: Content is protected !!