Review Klaytn (KLAY) 2022 – Proyek Blockchain Konsensus IBFT

Teknologi Blockchain menjadi sangat besar belakangan ini, khususnya saat pertumbuhan proyek crypto semakin tinggi. Biasanya, setiap proyek cryptocurrency terdiri dari infrastruktur yang didasarkan pada protokol blockchain-nya sendiri, atau menggunakan blockchain lain. Ada empat jenis protokol, yakni publik, privat, hybrid dan konsorsium. Kasus penggunaan cryptocurrency biasanya ditentukan oleh jenis blockchain di mana itu dibangun. Sementara itu, Klaytn (KLAY) adalah jenis proyek blockchain hybrid yang mengombinasikan kekuatan protokol publik (public) dan pribadi (private). Kita akan bahas lebih lanjut tentang proyek Klaytn, prospek dan prediksi harga koin kripto KLAY 2022.

Mengenal Blockchain Klaytn

Klaytn adalah proyek berbasis blockchain terbaik yang dibangun dikembangkan oleh Ground X, anak perusahaan blockchain dari salah satu raksasa teknologi asal Korea Selatan, Kakao Corporation. Kakao adalah salah satu perusahaan teknologi publik terbesar di Korea dan memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $40 miliar. Tercatatm lebih dari 93% penduduk Korea Selatan telah menggunakan aplikasi pesan instan dari Kakao, KakaoTalk (disingkat “KaTalk” di Korea Selatan).

Setelah meluncurkan KakaoBank, bank khusus internet pertama di Korea Selatan, perusahaan ini juga merupakan pionir di industri financial technology (fintech). Saat ini, Kakao tercatat sedang mengelola sekitar 30 layanan di berbagai sektor, mencakup Kakao Games, Kakao Music, Kakao T Bike and Taxi, dan banyak lagi.

Dipicu oleh crypto bull run tahun 2017, Kakao membuat ekspansi usahanya ke sektor kripto tepatnya pada tahun 2018. Setelah meluncurkan token KLAY melalui ICO yang sukses, Kakao melanjutkan pergerakannya untuk membangun jaringan blockchain Klaytn, yang diharapkan menjadi tulang punggung teknologi untuk semua bisnis di Korea Selatan.

Infrastruktur hybrid yang dibangun Klaytn memberikan pengalaman blockchain yang relatif lancar untuk bisnis di dalam dan di luar Korea Selatan. Dengan menggunakan jaringan modular Klaytn, bisnis dapat membuat dan mengoperasikan blockchain mereka sendiri yang dapat disesuaikan.

Blockchain yang dibangun di atas arsitektur Klaytn berorientasi pada layanan yang disebut sebagai rantai layanan (service chains). Ini berjalan secara independen sebagai sub-jaringan yang berkontribusi pada ekosistem yang ramah bagi perusahaan Klaytn. USP Klaytn adalah bahwa rantai layanan ini memungkinkan untuk disesuaikan, bersifat fleksibel, dan mampu mengakomodasi layanan web jenis apa pun.

Klaytn telah berhasil sejauh ini untuk menarik perhatian banyak perusahaan global. Tercatat, telah ada 40 mitra layanan awal (initial service partners/ISP) yang bergabung dengan proyek tersebut, bahkan kurang dari setahun setelah proyek diluncurkan. Sama seperti Kakao, perusahaan-perusahaan ini juga menawarkan beragam produk dan layanan.

Apa Itu Klaytn (KLAY)?

Pada dasarnya, Klaytn adalah proyek yang berfokus pada pengembangan blockchain untuk semua jenis bisnis di dunia, namun saat ini berfokus di dalam negeri, Korea Selatan. Sementara itu, KLAY adalah token utilitas asli dari blockchain Klaytn dan terdiri dari berbagai kasus penggunaan di semua ekosistem Klaytn. Seluruh transaksi di platform dapat dibayar dengan KLAY, yang juga punya utilitas hebat di antara berbagai aplikasi blockchain lain yang berjalan di jaringan Klaytn.

Kasus Penggunaan Blockchain Klaytn

Seperti yang juga disebutkan, blockchain Klaytn saat ini tersedia di KakaoTalk. Sebagai sebuah dompet kripto (crypto wallet), Klip terintegrasi ke dalam aplikasi. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan lebih dari selusin aset kripto yang berbasis Klaytn, termasuk juga KLAY. Dompet ini pada dasarnya juga mendukung penyimpanan lebih banyak token, baik jenis fungible maupun non-fungible token (NFT). Selain dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, dompet Klip juga mmfasilitasi aktivitas staking crypto bagi pengguna KakaoTalk untuk mendapatkan hadiah (reward) melalui staking KLAY.

Selain Klip, blockchain Klaytn juga dapat menampung lebih dari 60 aplikasi terdesentralisasi (decentralized apps/DApps) yang sukses — atau lebih spesifik, aplikasi blockchain (blockchain apps/BApps) — dan juga protokol decentralized finance/DeFi. Beberapa contohnya adalah KLAYswap DEX, dasbor KLAYstation, dan ekstensi browser Kaikas. Fungsionalitas KLAY juga tersebar di seluruh aplikasi ini, dan membuat token menjadin sangat berharga (valuable).

Arsitektur Klaytn: Mengenal Blockchain Klaytn

Klaytn adalah proyek yang tidak mengadopsi konsensus proof of work (PoW) atau proof of stake (PoS), melainkan Istanbul Byzantine fault tolerance (IBFT). Kenapa? Hal ini karena Klaytn melayani perusahaan/bisnis dengan volume transaksi data yang relatif besar, sehingga mekanisme PoW dan PoS tidak cukup ideal.

Meskipun infrastruktur Klaytn tidak bisa dicapai dengan PoS atau PoW, ini tetap memungkinkan konsensus PoS dalam rangka mendukung sejumlah validator awal yang terbatas sambil juga mempertahankan mekanisme IBFT sebagai konsensus utama. Blockchain Klaytn sebenarnya terinspirasi oleh jaringan Ethereum. Proyek berbasis blockchain ini telah menggunakan mesin virtual mirip dengan Ethereum dan juga berfungsi dengan cara yang setara.

Meskipun begitu, semua yang ada di jaringan blockchain Klaytn adalah tentang kecepatan dan kenyamanan. Sebagai perbandingan, Ethereum sekarang hanya bisa memproses sekitar 7 – 14 transaksi per detik (TPS), sedangkan Klaytn mampu memproses hingga 4.000 TPS. Selain itu, biaya transaksi di Klaytn lebih dari 10 kali lebih murah daripada di Ethereum. Ini telah memungkinkan Klaytn untuk memulai proses adopsi arus utama blockchain di antara berbagai institusi karena tidak ada lagi isu skalabilitas.

Sumber: media kit Klaytn

Klaytn sedang mendorong interoperabilitas di antara layanan yang tersedia, sambil juga menyediakan lingkungan terpadu bagi semua pengembang blockchain untuk kemudian dapat membangun protokol mereka sendiri. Klaytn juga sedang berfokus pada transaksi tetap dan juga memastikan bahwa biaya transaksi bersifat transparan dan bisa diprediksi.

Value dan Keunikan Klaytn (KLAY)

Mengapa Klaytn (KLAY) adalah salah satu proyek crypto terbaik? Ini terlihat dari value dan keunikan dari Kalytn (KLAY) yang berasal dari elemen berikut ini:

  • akses implementasi/penerapan yang mudah,
  • support yang diberikan, dan
  • kegunaan

1. Akses dan Kemudahan Penerapan

Dengan user experience/UX, enterprise experience/EX dan digital experience/DX yang disediakan oleh Klaytn, perusahaan bisa menyebarkan blockchain dengan lebih mudah atau bergabung dengan rantai lain tanpa harus memiliki pengalaman di lapangan. Agar bisa meluncurkan token mereka sendiri di blockchain Klaytn, perusahaan tidak perlu untuk menyewa jasa profesional eksternal — sebagai contoh, spesialis di bidang blockchain dan pakar teknis.

2. Dukungan (Support)

Terlepas dari diskusi tentang perusahaan induk Klaytn, proyek ini sebenarnya juga mendapat dukungan dari konglomerat seperti Union Bank, LG Electronics, dan FSN. Dukungan ini nantinya akan mendorong blockchain perusahaan untuk dapat mempercayai ekosistem Klaytn dan berinvestasi pada proyek tersebut. Dari perspektif institusi, investor Klaytn Network saat ini mencakup Wemade Tree, Humanspace dan Netmarble.

3. Kegunaan atau Fungsionalitas Klaytn (KLAY)

Kasus penggunaan token utilitas jenis apa pun biasanya dibatasi dalam blockchain aslinya. Sementara itu, KLAY adalah berbeda dari kebanyakan. Seperti yang telah dijelaskan, token KLAY punya utilitas baik di dalam ekosistem Klaytn, dan juga opsi terbaik di antara aplikasi yang dibangun di blockchain Klaytn.

Fitur Utama dari Blockchain Klaytn

Dari semua fitur yang telah dibahas, ada dua aspek utama yang dapat membedakan Klaytn dari kebanyakan blockchain yang berpusat pada perusahaan lainnya.

1. Interoperabilitas Klaytn (KLAY)

Seperti yang disebutkan, ekosistem Klaytn memiliki lebih dari 60 DApps untuk saat ini. Oleh karena itu, perusahaan punya lebih banyak pilihan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan jenis aplikasi apa yang diinginkan. Berkat sifat serbaguna dari blockchain Klaytn, developers bisa membuat DApps untuk berbagai sektor industri, mencakup pengembangan decentralized exchange/DEX, game blockchain, manajemen aset, dan lainnya.

2. Konsensus Inovatif

Dengan menerapkan mekanisme konsensus IBFT, Klaytn adalah blockchain yang mampu memecahkan masalah latensi dan skalabilitas, yang menjadi masalah utama pada kebanyakan blockchain. Selain itu, biaya transaksi dari blockchain Klaytn juga lebih rendah sehingga membuatnya ideal untuk kasus penggunaan perusahaan.

Data Teknis Klaytn: Tokenomi KLAY

Jumlah total pasokan KLAY adalah terbatas hanya 10,7 miliar token. Sedangkan circulating supply KLAY adalah 2,5 miliar, dan token mencatatkan volume perdagangan $39 juta yang cukup mengesankan dalam 24 jam terakhir saat penulisan ini. Saat ini, total kapitalisasi pasar (market cap) KLAY adalah mencapai $3,1 miliar, dan menempatkannya di posisi ke-37 dengan market cap terbersar di pasar. Posisi ini menunjukkan dominasi crypto ini cukup kuat di pasar, dan prospek Klaytn (KLY) ke depan tampak menjanjikan, baik tahun 2022 ini maupun jangka panjang.

Prospek dan Prediksi Harga Klaytn (KLAY) 2022

Grafik harga koin kripto Klaytn (KLAY) mingguan, sumber: tradingview

Untuk melihat prospek koin crypto dan prediksi harga Klaytn (KLAY) tahun 2022, analisis teknikal cukup ideal digunakan. Beberapa indikator teknikal yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Bollinger Bands (BB)
  • Moving Average (MA)
  • Commodity Channel Index (CCI)

1. Bollinger Bands (BB)

Berdasarkan grafik mingguan, indikator BB dari Klaytn (KLAY) menunjukkan volatilitas rendah yang terlihat dari garis atas dan bawah BB yang merapat. Selain itu, kondisi ini juga memperlihatkan bahwa prospek dan prediksi harga Klaytn (KLY) cenderung mendatar atau sideways untuk tahun 2022 ini.

2. Moving Average (MA)

Indikator MA yang digunakan di sini adalah 50 hari (MA 50), karena menggunakan periode grafik mingguan, maka MA akan menjadi 7, atau sekitar 49 hari. Saat ini terlihat bahwa pergerakan harga Klaytn (KLAY) sedang berada di bawah MA 7, sehingga prospek dan prediksi harga Klaytn (KLAY) sedang bearish awal tahun 2022 ini. Namun, peluang untuk menembus ke atas MA 7 sangat terbuka lebar.

3. Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI dari Klaytn (KLAY) saat ini bernilai negatif 87 atau -87, yang menunjukkan kekuatan tren lemah. Pada dasarnya, saat CCI menembus dan bergerak di atas -100, itu menjadi sinyal tren lemah yang kuat, ada potensi harga koin KLAY akan terus menurun. Jika ini terjadi, di mana CCI berada di atas -100, seperti -101, dst, maka ini sinyal berbahaya. Sementara itu, saat CCI bernilai di atas +100, itu menunjukkan sinyal tren sangat kuat, sehingga potensi harga koin KLAY naik atau bullish menjadi tinggi.

Mengacu pada tiga indikator ini, setidaknya untuk awal tahun 2022 ini, pergerakan harga koin kripto KLAY masih cenderung stabil. Prospek dan prediksi harga Klaytn (KLAY) dalam jangka panjang sangat potensial, mengingat proyek di belakangnya (fundamental) yang kuat dan bagus. Untuk jangka pendek, memang hanya dipengaruhi oleh sentimen pasar dan faktor teknikal semata.

Kelebihan (Pro) dan Kekurangan (Kontra) Klaytn

Kelebihan Klaytn Network adalah mengombinasikan keunggulan model blockchain publik dan pribadi, menciptakan blockchain yang memiliki latensi rendah dan terdesentralisasi, diatur secara publik dan sangat skalabel. Infrastruktur blockchain Klaytn sanggup memproses hingga 4.000 TPS.

Sumber: ledgerinsights

Sementara itu, kekurangan Klaytn adalah masih kental dengan “isu terpusat” yang mana proyek tampak dikendalikan oleh Dewan Tata Kelola Klaytn (The Klaytn Governance Council). Dewan ini terdiri dari perusahaan besar seperti LG dan SK Networks dan bertanggung jawab untuk menyetujui atau menolak setiap perubahan yang diusulkan yang dibuat pada blockchain Klaytn. Setelah memberikan persetujuan, ketua dewan juga harus menyetujui proposal sebelum perubahan dapat dilakukan.

Pandangan Akhir

Proyek Klaytn adalah sebuah revolusi hebat di ruang blockchain perusahaan, dan sedang berada di jalur yang tepat untuk menjalankan proyek ini. Solusi Blockchain yang ditawarkan oleh Klaytn menjadi sangat penting untuk mendorong adopsi di tingkat institusional. Dengan arsitektur yang kompleks tapi kokoh, Kakao jelas telah berusaha maksimal untuk itu.

Selain itu, dengan dukungan dari Kakao dan anak perusahaannya, KLAY pada akhirnya diharapkan akan menjadi mata uang digital terbaik dan terkemuka di Korea Selatan. Oleh karena itu, prospek crypto Klaytn (KLAY) adalah menjanjikan dalam jangka panjang karena ini akan kembali pada fundamental. Sementara itu, prediksi harga koin kripto KLAY 2022 hanya mengacu pada basis teknikal semata, dan ini tidak terlalu penting bagi investor jangka panjang.