Review Synthetix (SNX) 2021

Ketika berbicara terkait proyek Keuangan Terdesentralisasi atau Decentralized Finance (DeFi), Synthetix (SNX) adalah salah satu alternatif terbaik – lebih menarik dan unik. Synthetix adalah protokol asuransi aset terdistribusi pada blockchain. Synthetix (SNX) dibangun di jaringan Ethereum, proyek ini memungkinkan pengguna (users) untuk menerbitkan serta memperdagangkan (trading) aset terdesentralisasi Synthetix.

Salah satu aset kripto ini juga dapat diperdagangkan di pasar crypto. Harga token atau koin SNX hari ini berada di level $6,12 atau dalam rupiah setara Rp 88,7 ribu per keping. Synthetix (SNX) masuk ke top 100 di pasar kripto dari segi nilai kapitalisasi pasar/market cap dengan jumlah $702,508,342 – menempatkan SNX di peringkat ke-80. Ingin tahu lebih jauh tentang cryptocurrency Synthetix dan apa saja proyek, keunikan, value dan penggunaannya? Untuk mengenal Synthetix, berikut penyajian review Synthetix.

Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)?

crypto Synthetix Network Token SNX

Synthetix adalah protokol asuransi aset terdesentralisasi – memungkinkan pengguna untuk mencetak, menahan, dan memperdagangkan berbagai aset derivatif – termasuk komoditas, mata uang FIAT, saham, dan aset lainnya. Kegiatan ini juga dapat dilakukan untuk mata uang kripto (cryptocurrency) tertentu, yang paling populer adalah BTC.

Mengapa ini penting? The shyntetic assets, Synths, dijaminkan melalui Synthetix Network Token (SNX) – ini mendorong nilai dan likuiditas ke aset yang mendasarinya (undelying assets) sambil menawarkan peningkatan aksesibilitas ke aset keuangan tradisional dan strategi trading baru. Perlu dicatat juga, ada pula opsi biner atau binary option – proses perdagangan dengan memilih di antara dua pilihan (Ya atau Tidak) untuk jangka waktu tertentu. Ekosistem Synthetix bahkan dapat memberikan penghargaan (rewards) kepada traders berupa modal (capital) ke berbagai komponen ekosistem Synthetix.

Sebagai informasi: istilah the shyntetic assets dapat mengacu pada aset turunan yang meniru nilai dari aset lain, atau juga bisa didefinisikan sebagai campuran aset yang memiliki nilai yang sama dengan aset lain.

Pada awalnya Synthetix diatur oleh Synthetix Foundation, yayasan nirlaba yang didirikan di Australia. Seiring waktu, kontrol dialihkan ke tiga organisasi otonom terdesentralisasi/decentralized autonomous organization (DAO) pada tahun 2020.

  • ProtocolDAO – mengontrol sisi pendanaan (funding) untuk meningkatkan protokol dan perubahan pada kontrak pintar/smart contract
  • GrantsDAO – mengontrol sisi pendanaan (funding) proposal komunitas untuk barang publik di Synthetix.
  • SynthetixDAO – mengontrol sisi pendanaan (funding) untuk entitas yang memajukan pengembangan jaringan.

Dengan demikian, Synthetix menawarkan eksposur ke berbagai aset kripto dan non-kripto dalam metode terdesentralisasi, tanpa izin, dan tahan sensor – yang memungkinkan partisipasi ke dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi/DeFi, bahkan sekalipun bila kamu tidak memiliki aset ini.

Cara Kerja Synthetix Network Token (SNX)

Untuk memulai trading Synths, kamu dapat menggunakan beberapa cara atau metode. Pertama, membeli ETH di exchange, lalu menukar ETH dengan sUSD di aplikasi Kwenta (dApp yang memungkinkan perdagangan di jaringan Synthetix), setelah itu kemudian trading untuk Synth lain seperti sBTC. Metode kedua, mendapatkan token SNX di exchange, mempertaruhkannya atau staking di Mintr, dan membuat Synth sembari mulai memperdagangkannya di Kwenta.

Sebagai informasi: Mintr adalah cara bagi pengguna untuk menghasilkan stablecoin sUSD Synthetix – digunakan untuk memperdagangkan (trading) berbagai syhtetics assets (Synths) yang tersedia di platform.

Di Synthetix, semua Synths yang dibuat melalui staking token SNX didukung oleh rasio jaminan 750%. Ini ditentukan oleh tata kelola komunitas (dan dapat berubah). Staker, pihak yang mempertaruhkan, harus mengelola rasio mereka secara manual di Mintr melalui pencetakan (minting) sUSD jika terlalu tinggi – atau membakar (burning) sUSD jika akhirnya terlalu rendah.

Melalui staking SNX dan mencetak sUSD, pengguna pada dasarnya mengambil utang yang mencerminkan jumlah sUSD yang harus dibakar untuk membatalkan SNX mereka. Pada gilirannya, ini mewakili sebagian dari semua utang di Synthetix, dan didenominasi dalam sUSDT – utang itu apakah bertambah atau berkurang tergantung pada pasokan Synths, serta nilai tukarnya.

Siapa Pendiri Synthetix Network Token (SNX)?

Pendiri Synthetix yaitu Kain Warwick yang saat ini juga memimpin tim untuk pengembangannya di masa depan. Warwick memiliki pengalaman masa lalu dalam membangun platform pembayaran cryptocurrency di Australia, salah satu yang terbesar adalah Blueshyft. Warwick juga menjabat sebagai direktur non-eksekutif di sana. Sebelumnya, Warwick menjadi Anggota Dewan Penasihat di Blockchain Australia dan Anggota Dewan Penasihat di The Burger Collective.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada awalnya proyek ini didirikan sebagai Havven, dan mengumpulkan $30 juta pada awal tahun 2018 melalui Initial Coin Offering (ICO) – penjualan token SNX asli mereka berasal dari dana crypto utama.

Ada dua anggota penting lainnya dari tim inti Synthetix, ayitu Justin Moses dan Clinton Ennis. Justin Moses adalah CTO di Synthetix, telah bergabung dengan proyek ini sejak awal. Sebelum bergabung dengan Synthetix, Moses menjabat sebagai Director of Engineering di MongoDB. Moses memiliki pengalaman dalam sistem skala besar, yang berfokus pada desain dan penerapan.

Arsitek Senior Synthetix, Clint Ennis memiliki pengalaman lebih 18 tahun dalam bidang teknik/rekayasa perangkat lunak (software engineering). Ennis sebenarnya berasal dari lembaga keuangan tradisional karena pernah menjadi Pemimpin Arsitek di JPMorgan Chase.

Keunikan Synthetix Network Token (SNX)

Ada hal-hal tertentu yang membuat Synthetix Network unik. Salah satu yang paling menonjol adalah kemampuan untuk mengonversi Synths tanpa memerlukan rekanan, ini memungkinkan dilakukan oleh siapa pun. Synths apa pun dapat diperdagangkan untuk Synth lainnya di Synthetix Exchange. Selain itu, fungsionalitas yang dimilikinya juga menyediakan tingkat likuiditas yang hampir tak terbatas.

Jaringan Synthetix juga menawarkan inovasi lainnya yaitu perdagangan peer-to-contract (P2C). Perdagangan tersebut dapat dieksekusi dengan cepat dan mudah – semuanya tanpa buku pesanan (order book). Para pemegang token terdistribusi akan bertanggung jawab untuk menyediakan jaminan ini di platform, plus menjaga stabilitas seluruh pertukaran (exchange).

Synths dapat dalam bentuk apa pun dan ditandai dengan awalan “s” – synths FIAT terlihat seperti sEUR, sUSD, dan seterusnya. Pengguna tidak perlu berdagang di jenis Synth yang sama yang awalnya diciptakan. Selama Synth yang digunakan untuk pembayaran memiliki nilai pasar yang sama, maka akan diterima oleh sistem.

Value dari Synthetix Network Token (SNX)

Saat pengguna mencetak (minting) Synths, mereka menjadi bagian dari kumpulan utang platform (the platform’s debt pool). Jumlah total kumpulan utang sama dengan total nilai semua Synth di jaringan. Utang dapat bertambah dan berkurang terlepas dari nilai asli Synth yang dicetak, dan pengguna berisiko kehilangan nilai karena adanya volatilitas harga. Sistem Synthetix mempunyai persyaratan jaminan, dengan tingkat 750% – jadi ketika pengguna ingin mencetak (minting) 100 sUSD, mereka harus menyetor $750.

Data Teknis Synthetix Network Token (SNX)

Berapa banyak Synthetix Network Token (SNX) yang beredar? Pasokan maksimum SNX adalah 212.424.133 token. Saat ini ada 114.841.533 SNX yang beredar. Melalui Initial Coin Offering (ICO), Synthetix menjual lebih dari 60 juta token, mengumpulkan $30 juta USD. Dari 100.000.000 token yang dijual di ICO, 20% di antaranya didistribusikan ke tim dan advisors, sebanyak 3% dialokasikan untuk hadiah dan insentif pemasaran, kemudian 5% untuk kemitraan, dan sisanya 12% diberikan kepada Synthetix Foundation untuk mendanai pengembangan lebih lanjut.

Data Teknis lainnya

Synths menggunakan oracle terdesentralisasi, yang merupakan protokol penemuan harga berbasis smart contract. Itu dapat melacak harga aset yang diwakili dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menukar Synths bahkan ketika pengguna tidak memiliki underlying assets. Melalui ini, Synths dapat memberikan eksposur ke aset yang umumnya tidak dapat diakses oleh rata-rata investor kripto – seperti emas atau perak – sambil membiarkan mereka trading dengan cepat dan efektif.

Karena Synths didasarkan pada Ethereum, pengguna dapat menyimpannya ke platform DeFi lain yang ikut berpartisipasi, misalnya seperti Uniswap dan Curve, dan menggunakannya untuk menyediakan likuiditas dan memperoleh bunga (interests). Synths dan derivatif penting untuk membangun market yang akan mencapai ekuilibrium. Ini dilakukan dengan memberikan fasilitas penemuan harga serta membantu melindung nilai (hedging) terhadap volatilitas.

Bagian integral lain dari jaringan Synthetix adalah Kwenta – pertukaran terdesentralisasi decentralized exchange (DEX) yang memungkinkan perdagangan Synths. Tidak seperti DEX pada umumnya, Kwenta tidak memiliki order book dan menggunakan perdagangan peer-to-contract (P2C) – berarti bahwa semua perdagangan dieksekusi dengan smart contract yang sanggup memberikan likuiditas tak terbatas. Pengguna Kwenta punya kemampuan untuk membeli dan memperdagangkan 13 mata uang kripto (cryptocurrency) yang berbeda dan inverse cryptocurrencies, emas sintetis (synthetic gold), dan perak, serta mata uang FIAT sintetis (synthetic FIAT currency).

Penggunaan Synthetix Network Token (SNX)

Tujuan utama platform Synthetix (alasan pembuatannya) adalah untuk memungkinkan pengguna (users) memperdagangkan Synths. Pemegang Synths bisa leluasa membeli dan menahan aset, kemudian bertaruh bahwa harganya berpotensi naik, atau juga bisa melakukan short aset dan bertaruh harganya akan turun. Melalui staking SNX, pemegang dapat membuat Synth baru, mengumpulkan rewards, dan melihat kepemilikan mereka tumbuh sebagai hasilnya.

Synthetix Network Token (SNX) Staking

Token SNX memberikan daya pada seluruh ekosistem Synthetix dan difungsikan sebagai jaminan untuk mencetak Synths. Pemegang token SNX dapat mempertaruhkannya (staking) dan mendapatkan sebagian dari biaya yang dihasilkan oleh pertukaran Synth tersebut.

Cara Beli Synthetix (SNX)

Pada dasarnya, setiap cryptocurrency yang ada di crypto exchange pasti bisa diperdagangkan. Synthetix sendiri terdaftar di berbagai bursa kripto sehingga siapa pun bisa membeli dan menyimpan koin SNX. Cara beli crypto SNX sangat mudah, ada setidaknya empat tahapan. Pertama, memilih platform crypto exchange yang menyediakan aset SNX untuk diperdagangkan. Kedua, melakukan registrasi di platform crypto yang kamu pilih. Ketiga, setoran awal (deposit), jumlah uang deposit tergantung kebijakan platform. Terakhir, transaksi pembelia Synthetix (SNX). Setelah melakukan pembelian, aset atau koin SNX akan tersimpan di dompet kripto (crypto wallet) yang disediakan oleh platform tersebut.

Simpulan

Synthetix berada di garis depan dalam gerakan decentralized finance atau DeFi yang menawarkan aset sintetis (synthetic assets) kepada pengguna di seluruh dunia dan memberikan akses ke strategi perdagangan khusus sebagai hasilnya. Ketika mempertimbangkan ukuran pasar keuangan tradisional, Synthetix Network Token (SNX) memiliki potensi untuk menciptakan pasar tokenisasi secara besar-besaran dari aset dunia nyata secara digital di Blockchain Ethereum.

error: Content is protected !!