Review Dent (DENT) 2021

Blockchain adalah dianggap salah satu penemuan terhebat abad 21 karena kemampuannya terintegrasi dengan teknologi lain dan mampu mendukung sejumlah kasus penggunaan. Ini mampu meningkatkan sebagian besar sektor industri, salah satunya industri data seluler global. Dent adalah proyek kripto yang berfokus pada revolusi industri data seluler. Dalam rencananya, Dent berusaha mendisrupsi sektor tersebut melalui cara penggunaan, pembelian, dan penjualan.

Dengan melakukan pendekatan terdesentralisasi yang berbasis blockchain, Dent akan dianggap sempurna sebagai proyek cryptocurrency inovatif dan revolusioner. Sementara itu, DENT adalah token dan koin kripto dari Dent. Pada review Dent (DENT) 2021 ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang mata uang kripto ini, mencakup proyek, sejarah, keunikan, value, dan prospek di masa depan.

Apa Itu Dent (DENT)?

Dent

Dent adalah proyek berbasis blockchain yang terdesentralisasi. Ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual berbagai layanan data seluler (mobile data services). Platform ini menawarkan panggilan bebas roaming, kartu eSIM, paket data seluler, dan menit panggilan. Tujuan Dent adalah merevolusi cara penggunaan dan pembayaran data seluler. Ini memberikan kontrol atas layanan data seluler kepada semua pengguna jaringan.

Dent juga memungkinkan pengguna untuk menyumbangkan, membeli, dan menjual data seluler dan layanan lainnya di blockchain Ethereum. Hal ini menawarkan pasar global opsi terdesentralisasi, aman, dan otomatis dengan spesifikasi layanan data seluler.

Kita memahami bahwa data seluler menjadi kebutuhan utama di dunia dan penyedia layanan seluler belum menawarkan layanan yang tepat. Inilah alasan mengapa Dent menghubungkan pengguna melalui blockchain dari seluruh belahan dunia untuk memberikan kendali kepada pengguna atas pasar data seluler di jaringan.

Dent menciptakan pasar peer-to-peer (P2P) untuk menjual, menyumbangkan, dan membeli mobile data services, yang mana seharusnya mengubah cara industri telekomunikasi beroperasi secara tradisional. Melalui Dent, pengguna bisa memanfaatkan panggilan bebas roaming, eSIM, pengurangan biaya untuk paket data seluler, dan layanan/fasilitas lainnya.

Dent juga memungkinkan setiap individu dan perusahaan telekomunikasi untuk menjual layanan data seluler di pasar P2P Dent. Setiap pengguna dapat menemukan penawaran terbaik di pasar secara otomatis, termasuk membayar layanan dengan harga lebih hemat.

Cara Kerja Dent

Untuk memahami cara kerja Dent, itu menggabungkan beberapa teknologi canggih yang memungkinkan sharing layanan data seluler secara simpel dan terdesentralisasi antara peserta jaringan. Agar bisa beroperasi, Dent memanfaatkan smart contract Ethereum dan operator virtual, dan mobile dan web app.

Dent cukup bergantung pada elemen kunci ini dan basis konsumen untuk mempertahankan lalu lintas yang cukup agar tetap berfungsi. Sebagian besar pengguna dan pembeli mengindikasikan bahwa perusahaan dan penjual telekomunikasi lebih mungkin untuk bergabung dengan platform.

Dent menciptakan ekosistem yang cukup kompleks, tetapi juga ramah pengguna, yang mana Dent Exchange menjadi komponen integral. Dent Exchange memberikan fasilitas untuk semua aktivitas pasar P2P yang terdiri dari tujuh elemen utama, yakni:

  1. instrumen repository,
  2. algoritme Market Maker,
  3. pricing data,
  4. manajemen pesanan,
  5. manajemen portofolio,
  6. eksekusi pesanan, dan
  7. DENT Exchange Parachain.

Versi web jauh lebih kompleks daripada versi mobile DENT Exchange. Ini mungkin lebih intuitif dan ramah pengguna.

Semua transfer dan transaksi bergantung pada smart contract Ethereum. Transfer dilakukan sesuai urutan dari aktivitas pasar. Operator virtual adalah pembuat pasar (market maker) dan menawarkan berbagai paket data dan layanan. Operator juga dikenal sebagai telcos, menangani layanan premium untuk paket SMS dan USSD.

Jaringan Dent juga sanggup melakukan tiga jenis transfer, yakni transfer paket data P2P untuk layanan bebas roaming, Initial Data Offering (IDO), dan pertukaran data pengguna-ke-pengguna. IDO ditawarkan oleh perusahaan telekomunikasi, sementara Dent membuat komisi atau mengambil biaya dari penanganan IDO.

Sejarah Dent (DENT)

Diluncurkan pada tahun 2017, Dent didirikan oleh Tero Katajainen, CEO sekaligus pendiri perusahaan DENT Wireless. Katajainen pumya gelar di bidang sains dengan latar belakang di bidang teknologi, dan telah memenangkan cukup banyak penghargaan di bidang teknologi.

Sementara itu, co-founder Dent adalah Mikko Linnamäki, seorang pelopor dalam perangkat lunak web dan juga pengusaha serial dengan sejumlah bisnis yang sukses di belakangnya sebelum bergabung dengan DENT Wireless. Bersama-sama dengan tim pengembang berpengalaman, Linnamäki dan Katajainen membangun proyek blockchain yang akan mengganggu sektor industri data seluler.

Keunikan Dent

Operator seluler tradisional menjual layanan seluler dengan harga tinggi. Ini membuat layanan seluler dan data tidak bisa diakses oleh banyak orang. Keunikan Dent adalah dengan mengubah cara layanan data seluler ditawarkan, dijual, dan dibeli, yang mana mengombinasikan teknologi inovatif dan blockchain.

Dent menawarkan kesempatan kepada siapa saja untuk menjual data seluler dan layanan telekomunikasi. Ini mencakup perusahaan telekomunikasi dan individu. Penjual di jaringan Dent bisa menawarkan layanan di bursa karena Dent membentuk pasar P2P dengan akses global secara gratis.

Value dari Dent

Nilai intrinsik atau value Dent adalah berasal dari kapasitas teknis, teknologi untuk membangun pasar P2P, kasus penggunaan, dan basis pengguna. Semua elemen ini akan menentukan prospek Dent di masa depan. Sementara itu, DENT adalah koin kripto yang diperdagangkan di bursa. DENT juga memiliki nilai pasar, diukur dari market cap. Nilai pasar DENT lebih ditentukan oleh bagaimana pandangan investor kripto terhadap prospek Dent.

Data Teknis Dent (DENT)

Berapa jumlah koin Dent (DENT) yang beredar? Saat ini ada 99.007.791.203 DENT yang beredar. Dent punya pasokan terbatas. Ini bisa menjadi mekanisme anti-inflasi. Artinya, akan terjadi kelangkaan sehingga DENT bisa menjadi penyimpan nilai yang baik. Pasokan terbatas dari DENT menunjukkan bahwatidak ada koin DENT baru yang akan dicetak setelah mencapai pasokan/persediaan maksimal. Harga koin DENT hari ini (3/10/2021) bergerak di level $0,0053 per keping dengan market cap $533 juta.

Data Teknis lainnya

DENT adalah token utilitas dari jaringan Dent dan merupakan jenis token ERC-20 berdasarkan blockchain Ethereum. Smart contract Ethereum akan mengeksekusi semua transfer DENT yang dilakukan di blockchain Dent. Selain itu, DENT adalah token yang digunakan sebagai metode pembayaran di jaringan Dent, termasuk untuk membayar dan menerima pembayaran dari layanan data seluler.

Pengguna butuh web atau mobile app untuk mengakses pasar layanan data seluler Dent, mencakup akses ke semua informasi: menempatkan pesanan, melihat order book, biaya penawaran, daftar riwayat harga, kedalaman pasar, dan fitur penting lainnya.

Sistem Keamanan Jaringan Dent

Jaringan Dent menggunakan Substrat, sebuah framework modular untuk membangun lingkungan blockchain. Ini menciptakan ekosistem yang berfungsi, beroperasi penuh, dan aman, ditambah lagi dengan DENTNet yang terus berkembang. Dent di-hosting di jaringan Ethereum dan smart contract berbasis Ethereum, sehingga akan diamankan oleh blockchain.

Karena berbasis pada blockchain Ethereum, maka mekanisme konsesus yang digunakan sama dengan Ethereum. Tercatat, saat ini Ethereum menggunakan Proof of Work (PoW) untuk tujuan keamanan, sementara jaringan sedang bertransisi ke Proof of Stake (PoS) dengan upgrade ke Ethereum 2.0.

Saat update ke Proof of Stake selesai, ini akan lebih hemat energi dan hemat biaya daripada Proof of Work. Selain itu, Dent juga diamankan oleh node dan operator virtual. Semakin banyak jumlah node dan operator, semakin tinggi tingkat keamanan.

Kasus Penggunaan Dent

Dent dapat digunakan baik oleh individu maupun perusahaan telekomunikasi untuk menjual layanan data seluler dengan harga hemat dalam skala global. Dengan demikian, layanan akan mudah diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Pengguna dapat menggunakan jaringan Dent untuk membeli, menjual, dan menyumbangkan mobile data yang didukung teknologi inovatif dan desentralisasi. Ini secara simultan membentuk pasar P2P yang bergantung pada pengguna dengan fungsi otomatis.

Sementara itu, koin DENT bisa digunakan untuk membayar dan menerima pembayaran atas data seluler, dan juga bisa ditukar dengan mata uang fiat dan mata uang kripto lainnya. DENT juga menjadi koin kripto di pasar kripto, artinya Anda bisa berdagang (trading) dan investasi.

Simpulan

Dent adalah proyek cryptocurrency inovatif dengan disrupsi pada sektor layanan data seluler. Dengan kombinasi teknologi, blockchain, dan disrupsi industri data seluler, Dent menjadi aset yang potensial sebagai pasar P2P dengan memfasilitasi aktivitas jual beli layanan data seluler. Selain itu, Dent juga dapat menjadi pemimpin di sektor layanan eSIM karena proyek terus berkembang sesuai dengan peta jalan. Prospek Dent akan semakin cerah ketika basis pengguna aplikasi Dent meningkat.

error: Content is protected !!