Review THORChain (RUNE) 2021

Kebutuhan terhadap likuiditas lintas rantai (cross-chain liquidity) dan pertukaran aset yang andal dan cepat terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan layanan keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance (DeFi). THORChain adalah salah satu proyek DeFi unik yang menawarkan ketetapan dan pertukaran multi-rantai berbagai aset kripto (cryptocurrency) tanpa pembungkus.

Interoperabilitas adalah salah satu elemen utama yang dibutuhkan pada platform blockchain generasi ketiga yang akan memberikan pengalaman tanpa gesekan dan sistem terdesentralisasi. THORChain dapat menjadi fasilitator bagi ekosistem lintas rantai yang memungkinkan pengguna untuk bertukar aset kripto dari satu jaringan ke aset kripto dari platform lain, yang semuanya dilakukan melalui satu protokol.

Pada awalnya, THORChain adalah proyek yang diluncurkan di jaringan Cosmos (ATOM), tetapi telah beralih ke mainnet-nya pada bulan April 2021. Ini dilakukan saat proyek sedang berkembang lebih lanjut untuk memenuhi permintaan yang meningkat atas pertukaran multi-mata uang yang dapat dioperasikan. Nah, pada artikel ini, invesnesia akan menyajikan review THORChain (RUNE) untuk menyelam lebih dalam tentang mata uang kripto ini.

Apa Itu THORChain (RUNE)?

mengenal apa itu crypto Thorchain RUNE

THORChain adalah sebuah protokol multi-mata uang yang memiliki arsitektur lintas rantai. Ini memungkinkan pengguna untuk saling bertukar token dari berbagai jaringan, termasuk Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), dengan token lainnya yang tidak berada di dalam jaringan yang sama.

Trader dan investor crypto mengandalkan decentralized exchange (DEX) untuk menukar koin kripto mereka. Sebagai contoh, bertukar antara BTC dan ETH, sementara jaringan asli tidak bisa mengaktifkan operasi ini.

THORChain menyelesaikan masalah ini dengan menciptakan sebuah lingkungan yang bisa dioperasikan. Ini memungkinkan setiap pengguna untuk bertukar coin crypto yang berbeda secara langsung tanpa meninggalkan protokol dan tanpa membutuhkan perantara.

Tujuan utama dari proyek THORChain adalah membawa lebih banyak likuiditas ke semua cryptocurrency yang didukung. Ini sekaligus menjadi musuh bagi pasar yang tidak likuid dan terfragmentasi yang ingin menukar aset kripto berbeda tanpa otoritas pusat.

THORChain juga memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil melalui DEX THORChain dengan menyetorkan cryptocurrency mereka ke dalam kumpulan likuiditas (liquidity pools). Di dalam sistem ini, setiap pengguna bisa meminjam aset kripto dalam hitungan menit.

Cara Kerja THORChain (RUNE)

Agar dapat mengaktifkan pertukaran lintas-rantai token non-asli, THORChain mengadaptasi protokol kumpulan pinjaman berkelanjutan (continuous lending pools), yang digunakan Bancor DEX. Semua crypto coin yang didukung yang notabene bukan asli jaringan disimpan ke dalam liquidity pools bersama-sama dengan token asli jaringan THORChain, disebut RUNE.

Ketika pengguna memulai perdagangan – terjadinya pertukaran antara dua aset non-asli – sistem akan menukar satu token untuk RUNE secara otomatis, kemudian menukar RUNE dengan token lainnya. Pada dasarnya, pertukaran ganda (double swapping) dengan eksekusi instan memungkinkan pertukaran non-kustodian (non-custodial exchanges) pada protokol THORChain.

Pada saat yang sama, pengguna bisa menyetor dana ke liquidity pools untuk kemudian dipinjam oleh pengguna lain, sehingga akan mendapatkan hasil berdasarkan jumlah crypto yang disetorkan. Liquidity pools dibuat oleh node operatif yang juga bertanggung jawab untuk memvalidasi swap yang diberi insentif.

Protokol THORChain cukup bergantung pada mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS) yang memerlukan staking token RUNE asli. Tercatat, ada 100 – 300 tempat validator, node perlu mengikat minimal 1 juta RUNE untuk mendapatkan tempat validator. Selanjutnya, node di-host pada lapisan tambahan dengan tingkat keamanan ekstra untuk mengontrol jaringan.

Sejarah THORChain (RUNE)

Siapa pendiri THORChain? THORChain didirikan oleh tim anonim untuk mempertahankan sifat terdesentralisasi dari semua protokol. Dengan kata lain, tidak ada yayasan, tim pengembang resmi, dan CEO. Pencipta proyek THORChain juga anonim. Semua aktivitas tim developers berlangsung di GitHub, tempat di mana pembaruan dan peningkatan baru diunggah.

Tim bekerja untuk node dengan mengunggah kode. Ini membuat jaringan lebih fungsional dan sistem akan lebih berharga. Sisanya, diserahkan kepada peserta jaringan. Sistem ini memberikan kecenderungan tim pengembang terhadap node, sementara node mengandalkan staker dan bekerja berdasarkan RUNE yang dipertaruhkan.

Staker membawa dana ke pasar pertukaran THORChain. Sementara itu, swappers membayar untuk pertukaran dan jumlah pinjaman yang diambil. Ini membuat ekonomi protokol akan tetap hidup.

Keunikan THORChain

Keunikan THORChain adalah membuat proyek dengan pendekatan likuiditas yang efektif. Sistem ini menggunakan biaya untuk mencegah slippage dan menurunkan potensi kehilangan likuiditas sambil juga menetralisir risiko kerugian yang tidak permanen.

Keunikan lainnya dari THORChain adalah elemen antarmuka (interface) yang ramah pengguna, didorong oleh kombinasi kompleks teknologi inovatif yang menciptakan pertukaran kripto tanpa gesekan.

Pada dasarnya, THORChain adalah organisasi nirlaba dan tim anonim tidak menyimpan dana RUNE yang digunakan untuk biaya pada protokol. Namun, mereka mendistribusikan semua RUNE untuk biaya kepada peserta jaringan. THORChain juga memungkinkan setiap pengguna untuk bertukar token dari platform teratas, seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Binance Smart Chain, dan lainnya secara instan.

Value dari THORChain

Pada dasarnya, nilai intrinsik atau value dari THORChain adalah berasal dari teknologi, elemen teknis, kapasitas teknis, dan utilitas. Inilah yang menarik pengguna crypto ke jaringan THORChain. Selain itu, pembaruan, peningkatan, dan pengembangan peta jalan yang relevan juga ikut berkontribusi pada value THORChain sebagai sebuah proyek.

Sebagai contoh, peluncuran mainnet THORChain pada bulan April 2021 menjadi pembaruan peta jalan yang relevan yang bisa menambah nilai lebih pada proyek. Nilai intrinsik THROChain terkadang tidak sesuai dengan harga pasar. Hal ini disebabkan oleh volatilitas. Dengan kata lain, dalam jangka pendek, harga koin RUNE di pasar crypto akan bergejolak atau fluktuatif. Namun, dengan proyek yang menjanjikan, harga THORChain (RUNE) diprediksi akan meningkat dalam jangka panjang.

Data Teknis THORChain (RUNE)

Berapa jumlah koin THORChain (RUNE) yang beredar? Saat ini, jumlah koin yang beredar adalaj 224.410.215 RUNE dari total 500.000.000 RUNE. Token RUNE punya persediaan terbatas, sama seperti Bitcoin (BTC) dan banyak cryptocurrency lainnya.

Pasokan terbatas mengindikadikan bahwa tidak ada token RUNE baru yang dibuat setelah persediaan habis. Pasokan terbatas menjadi keunggulan karena dapat bertindak sebagai mekanisme anti-inflasi sehingga RUNE bisa menjadi penyimpan nilai jangka panjang yang baik.

Harga koin RUNE di sejumlah platform crypto exchanges berkisar di level $7 per keping dengan market cap $1,6 miliar, sehingga menempatkan THORChain (RENE) di posisi #64 dari segi market cap.

Data Teknis lainnya

RUNE adalah token asli jaringan THORChain yang mewakili token universal multiguna dan mendukung semua fungsi di jaringan THORChain, termasuk membantu menjalankan protokol. Penggunaan RUNE adalah sebagai token tata kelola, staking, bonding untuk node validator, dan instrumen trading. Token RUNE juga digunakan sebagai hadiah atau insentif dalam sistem yang memberikan imbalan kepada operator node dan pemangku kepentingan yang menyetor dana mereka ke liquidity pools.

Agar operasi divalidasi di jaringan, 2/3 node validator harus setuju untuk mengamankan jembatan lintas rantai (cross-chain bridge) yang mendukung pertukaran aset non-asli. THORChain menggunakan Tendermint – tipe baru dari protokol Byzantine Fault Tolerant – untuk memastikan sistem validasi bekerja dengan aman.

Sistem Keamanan Jaringan THORChain

Jaringan THORChain diamankan melalui protokol Proof of Stake dan Tendermint, suatu bentuk BFT. Jaringan dibangun di atas Cosmos SDK, yang berjalan di Tendermint. Dengan memastikan validitas Node dan semua operasi di jaringan, Tendermint mengamankan jembatan lintas rantai.

Keamanan jaringan dipastikan melalui penggunaan mekanisme BFT Proof of Stake inovatif yang mengawasi setidaknya 100 Node yang bertindak sebagai validator untuk transaksi dan operasi jaringan dengan finalitas instan. Sistem juga memantau aktivitas Node dan melacak Node berbahaya yang dikenakan sanksi jika terjadi aktivitas berbahaya, sementara Node lainnya diberi hadiah.

Penggunaan THORChain

THORChain dapat digunakan dalam berbagai cara. Pertama, jaringan THORChain bisa menjadi jembatan DeFi untuk bertukar aset crypto seperti ETH, BTC, LTC, aset crypto dari Binance Smart Chain, dan banyak lagi.

Kemudian, pengguna juga bisa mengakses THORChain untuk staking RUNE dan menyetor aset kripto ke dalam kumpulan likuiditas. Mereka bisa meminjamkan dan meminjam dana kripto di jaringan, dan menjadikan THORChain protokol DeFi sebagai pertukaran tanpa gesekan dengan likuiditas yang sangat solid.

Selain itu, RUNE juga dapat dipertaruhkan, digunakan untuk mengikat node yang bertindak sebagai validator, dan juga digunakan untuk bertukar kripto non-asli di dalam sistem pertukaran ganda instan (instant double-swap).

Mekanisme Proof of Stake THORChain

THORChain menggunakan kombinasi inovatif dari protokol Bizantium Fault Tolerant, Tendermint, dan mekanisme Proof of Stake (PoS). RUNE tidak bisa ditambang, melainkan dipertaruhkan di kumpulan likuiditas pada protokol. Proof of Stake (PoS) terbukti menjadi protokol yang efisien dan hemat biaya, dan memungkinkan finalitas instan serta mengurangi kemacetan jaringan.

Pandangan Akhir

THORChain adalah proyek crypto yang cukup menjanjikan dengan anonimitas yang ada di belakangnya. THORChain memfasilitasi likuiditas bagi traders dan menawarkan finalitas instan untuk seluruh operasi di jaringan. Ini juga akan mengurangi risiko kerugian yang tidak permanen. Setiap pengguna bisa menukar beberapa cryptocurrency teratas dari jaringan yang berbeda secara terdesentralisasi dengan interface yang ramah pengguna.

THORChain juga menawarkan pengalaman tanpa gesekan bagi pengguna kripto melalui layanan pertukaran non-kustodian. Dengan kapasitas teknis, fitur-fitur, dan teknologi inovatif yang dihadirkan, THORChain bisa memiliki prospe cerah di masa depan dan menjadi salah satu proyek DeFi terbaik.

error: Content is protected !!