Mining Pool adalah Cara Efektif Mendapatkan Crypto Gratis, Apa Itu?

Artikel kami sebelumnya telah menjelaskan “7 cara mendapatkan kripto gratis dengan mudah dan murah”, salah satunya yaitu melalui aktivitas menambang alias mining crypto. Metode mining crypto umumnya ada dua, yakni hardware mining (home mining) dan cloud mining. Hardware mining mengharuskan Anda untuk memiliki alat/perangkat penambangan (rig mining) sendiri, sedangkan cloud mining tidak, Anda hanya perlu menyewa rig mining dari penyedia (provider). Lalu, apa itu mining pool? Mengapa mining pool adalah wadah atau cara efektif untuk mendapatkan kripto gratis?

Apa Itu Mining Pool?

mining pool

Mining pool adalah kumpulan (sekelompok) penambang/miners yang saling berusaha untuk mendapatkan hasil penambangan mata uang kripto dan berupaya menemukan blok-blok. Proses mining crypto adalah aktivitas untuk memverifikasi transaksi cryptocurrency dan menambahkannya ke blockchain (buku besar digital).

Setiap kali transaksi mata uang kripto dilakukan, tugas penambang adalah memastikan “keaslian informasi” dan memperbarui blockchain. Proses mining crypto diselesaikan oleh prosesor yang mengoperasikan software berdasarkan tujuan untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks secara computing. Dalam konteks ini, mining pool adalah sebuah solusi atau penawaran yang ideal bagi para miners untuk bersama-sama mendapatkan hasil/hadiah dalam upaya pemrosesan.

Hadiah atau imbalan yang dihasilkan melalui proses mining pool akan dibagikan kepada penambang secara proporsional yang berkontribusi pada mekanisme proof of work (PoW) di hash. Semakin besar kekuatan hash atau hasing yang digunakan penambang untuk operasi (durasi/putaran penambangan), semakin besar juga insentif yang diterima dari blok baru yang berhasil dipecahkan oleh mining pool selama periode tersebut. Jadi, imbalan atau insentif yang diberikan diukur dari kekuatan hash yang diberikan ke pool.

Durasi (putaran) penambangan adalah periode waktu antara blok-blok yang ditambang oleh pool. Dengan kata lain, putaran penambangan (mining ground) dimulai segera setelah pool berhasil memenangkan hak untuk menambahkan sebuah blok ke blockchain, dan mereka akan berhenti saat menambahkan sebuah blok ke blockchain pada waktu berikutnya. Waktu mining ground bisa dalam hitungan menit hingga berjam-jam tergantung ukuran kumpulan (pool size) dan keberuntungan juga.

Mengapa Menggunakan Mining Pool?

Proses mining crypto secara mandiri atau tunggal atau individu akan jauh lebih sulit untuk berhasil menemukan blok baru. Oleh karena itu, mining pool adalah solusi yang memberikan kemungkinkan bagi para penambang (miners) untuk menemukan blok-blok baru.

Mining pool artinya sekumpulan penambang dengan tujuan yang sama. Karena bekerja sama, kemungkinan untuk menemukan blok-blok baru lebih besar. Saat blok-blok baru berhasil dipecahkan, maka mereka akan mendapatkan hadiah yang dibagi secara proporsional. Meskipun mungkin jumlah imbalan lebih kecil, tapi setidaknya mereka berhasil menghasilkan keuntungan secara konsisten daripada penambang individu.

Jadi di dalam mining pool, para penambang awalnya memiliki kekuatan hash masing-masing, kemudian kekuatan hash tersebut digabungkan ke pool sehingga ada potensi besar untuk menemukan blok-blok baru. Anda juga bisa menyebut mining pool sebagai jaringan terkoordinasi yang berasal dari para penambang yang secara bersama-sama menyatukan kekuatan komputasi.

Apa Fungsi Mining Pool?

Secara lebih spesifik, peran dan fungsi mining pool adalah sebagai koordinator yang menugaskan kepada unit kerja individu yang menjadi anggota (baca: penambang/miners). Fungsi mining pool dapat mencatat setiap kontribusi yang diberikan oleh masing-masing anggota ke pool, memusatkan kekuatan hash dari anggota untuk menemukan blok-blok baru, dan memberikan insentif/imbalan kepada anggota secara proporsional (berdasarkan sumbangan kekuatan hash).

Bagaimana Metode Hadiah (Reward) Mining Pool?

Pada dasarnya, mining pool menawarkan beberapa metode dalam membagikan hadiah (reward). Imbalan yang dihasilkan selalu mengacu pada keberhasilan dari mining pool itu sendiri.

Dalam beberapa hal, mungkin pekerjaan Anda dapat ditolak oleh pool dan bisa juga diterima. Ketika diterima, itu artinya kontribusi Anda sebagai anggota/peserta di pool mampu memberikan dampak positif (kontribusi) untuk menemukan blok-blok baru.

Sebaliknya jika ditolak, itu menunjukkan pekerjaan Anda mungkin tidak berkaitan dalam kesuksesan di pool. Ketika misalnya Anda berhasil melakukan tugas, akan tetapi tidak mampu memenuhi target waktu pengiriman, bagian Anda juga akan ditolak.

Hal ini karena mining pool selalu memberikan reward berdasarkan bagian yang diterima oleh miners. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami metode pemberian hadiah oleh mining pool sebelum benar-benar memulai cara mining pool untuk mendapatkan keuntungan atau cuan crypto gratis secara maksimal. Beberapa proses atau metode reward di mining pool adalah sebagai berikut:

  1. Pay per Share (PPS)
  2. Proportional (PROP)
  3. Geometric
  4. Multipool Mining

#1. Pay per Share (PPS)

Pay per share (PPS) adalah metode pembayaran hadiah (reward) dari mining pool yang memungkinkan peserta (miners) menarik penghasilan berdasarkan jumlah saham (share) yang diterima atau saldo di dalam pool.

Dalam hal ini, mining pool mengakui kontribusi peserta, dan peserta dapat “mencairkan/menguangkan” hadiah secara instan tanpa perlu menunggu untuk menemukan blok-blok baru. Keuntungan bagi penambang adalah bisa mentransfer risiko pembayaran, sedangkan keuntungan bagi penyedia mining pool adalah pembayaran seminimal mungkin untuk miners.

#2. Proportional (PROP)

Metode proportional memberikan reward kepada penambang berdasarkan kontribusi mereka. Jadi, setelah saham (share) dicairkan pada setiap akhir mining ground, jumlah imbalan yang diterima mengacu pada sumbangan dari kekuatan hashing.

#3. Geometric

Metode Geometrik adalah cara pembayaran reward yang didasarkan pada sistem “berbasis skor”, yang mana setiap saham yang dikirimkan akan menerima skor berdasarkan usianya. Nantinya, hadiah blok akan dibagi di antara peserta berdasarkan skor mereka. Skor yang dibagikan untuk setiap saham baru bersifat relatif terhadap skor yang telah ada dan yang akan datang, ini selalu sama. Dengan kata lain, tidak ada keuntungan untuk mining di awal atau di akhir putaran. Sistem reward ini menghindari peserta untuk melompat dari satu mining pool ke mining pool lainnya yang mencoba mempermainkan sistem.

#4. Multipool Mining

Multipool mining adalah kumpulan penambangan profit-switching untuk multi koin dan memungkinkan menambang cryptocurrency (Bitcoin dan altcoin). Sebagai informasi, profitabilitas (keuntungan) dari mining crypto sangat bervariasi, tergantung pada, misalnya: nilai koin kripto, jumlah miners yang terlibat, dan waktu untuk menambang satu blok. Nah, multipool akan melakukan switch atau beralih di antara berbagai cryptocurrency, kemudian mengevaluasi dan menghitung koin kripto mana yang paling menguntungkan untuk ditambang pada saat itu.

Langkah-langkah atau Cara Mining Pool

Bagaimana cara kerja mining pool? Nah, bagi Anda yang tertarik mendapatkan kripto melalui mining pool, langkah-langkah atau cara mining pool adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan pendaftaran di penyedia situs mining pool terbaik dan terpercaya, mungkin seperti BTC.com, F2Pool, SlushPool, Antpool, dan sebagainya. Silakan riset sendiri.
  2. Download dan install perangkat lunak mining pool di PC atau laptop. Software di komputer akan berkomunikasi dengan server mining pool, yang mana sebenarnya ini menjadi “perpanjangan tangan dari node mining poolcryptocurrency.
  3. Node atau komputer Anda nantinya membantu operasi atau aktivitas mining; menyumbangkan daya ke hashing PoW dari pool.
  4. Saat pool memenangkan hak untuk menambahkan sebuah blok ke blockhain, kemudian mendapatkan hadiah blok (jumlah subsidi blok dan biaya transaksi), Anda sebagai peserta bisa saling berbagi pendapatan (keuntungan) berdasarkan kontribusi.
  5. Terakhir, mining pool akan mentransfer cryptocurrency gratis (sebagai hasil penambangan) ke crypto wallet Dengan kata lain, peserta/penambang dibayar dalam mata uang kripto yang ditambang. Misalnya, Anda mining Bitcoin (BTC), maka hadiahnya adalah koin BTC. Atau juga bisa dikonversi ke bentuk crypto lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Mining Pool

Kelebihan mining pool adalah sebagai solusi bagi penambang individu untuk memberikan kemungkinan besar dalam keberhasilan mendapatkan crypto gratis, yakni melalui hasil penemuan blok-blok baru. Dengan menggabungkan kekuatan hash dan daya komputasi di dalam pool, setiap peserta akan mencapai profitabilitas yang lebih tinggi dan konsisten, serta tanpa membutuhkan rig (perangkat mining) yang mahal dan/atau harus membayar listrik lebih mahal.

Kekurangan mining pool adalah hadiah (reward) yang dihasilkan mungkin lebih kecil karena dibagi prorata atau proporsional berdasarkan kontribusi. Meskipun begitu, cara ini akan menguntungkan dalam jangka panjang dan lebih konsisten.

Pandangan Akhir

Jadi pada dasarnya mining pool adalah cara cuan optimal untuk mendapatkan crypto gratis dengan mengumpulkan kekuatan hash secara bersama-sama dari penambang (miners) sehingga potensi menemukan blok-blok baru lebih besar. Menggunakan mining pool, meskipun hadiah (reward) atau keuntungan mining dibagi prorata, setidaknya konsistensi profit lebih terjaga daripada mining kripto secara individu. Selain itu, jika Anda tertarik, pastikan untuk menggunakan layanan mining pool terbaik dan terpercaya.

Leave a Comment