Review Basic Attention Token (BAT) 2021

Ketika iklan digital menunjukkan popularitas di masyarakat, kekurangannya justru semakin terlihat jelas. Pengguna internet pastinya sangat terganggu oleh iklan yang membuat pemuatan halaman menjadi lebih lambat dan bahkan tidak jarang juga melanggar privasi melalui pelacakan pengguna dan berbagi data dengan – atau tanpa – persetujuan mereka.

Iklan seluler juga berdampak negatif pada baterai yang mengurangi masa pakai baterai hingga 21% sehingga berdampak pada biaya data hingga $23 pada rata-rata paket data pengguna. Akibatnya, perangkat lunak (software) untuk pemblokiran iklan sekarang digunakan pada jutaan perangkat di seluruh dunia. Namun, pada gilirannya, itu membuat penerbit tradisional akan kehilangan pendapatan. Jelas sistem saat ini menjadi rusak – dan Basic Attention Token (BAT) mungkin saja dapat memperbaikinya. Berikut review untuk mengenal apa itu Basic Attention Token (BAT).

Apa Itu Basic Attention Token (BAT)?

crypto Basic Attention Token BAT

Basic Attention Token (BAT) adalah mata uang kripto/cryptocurrency berbasis Ethereum yang memiliki visi untuk merevolusi industri periklanan digital mencapai 330 miliar USD dengan cara menciptakan pertukaran iklan digital berbasis blockchain dan menghilangkan kemungkinan penipuan. Basic Attention Token (BAT) berhasil membangun pengalaman periklanan yang jauh lebih transparan dan terdesentralisasi, dan pastinya saling menguntungkan antara klien dan konsumen.

Selain mengembangkan token BAT, tim pengembang juga membangun The Brave Brower – untuk menghubungkan penerbit (publishers), pengiklan (advertisers), dan pengguna (users) dalam sistem yang saling menguntungkan. Basic Attention Token (BAT) adalah unit hadiah dari sistem ini yang memberikan pendapatan atau income yang lebih baik bagi publishers dan perhatian pelanggan lebih murah bagi advertisers. Sementara itu, pemirsa iklan memperoleh manfaat dari peningkatan relevansi dan privasi yang jauh lebih kuat serta bagian dari token yang dihabiskan oleh advertisers.

Cara Kerja Basic Attention Token (BAT)

Brave adalah peramban yang berfokus pada privasi sumber terbuka (open source provacy) yang memblokir semua iklan dan pelacak yang tidak penting secara default dengan Brave Shields. Ini juga mengukur perhatian pengguna secara anonim dengan sistem buku besar (ledger) bawaan untuk meningkatkan pengalaman iklan pengguna. Semua ini dilakukan dengan menghitung jumlah waktu pada setiap iklan yang dapat dilihat oleh pengguna termasuk jumlah piksel.

Brave mencocokkan konten dengan pengiklan yang relevan dengan menggunakan pembelajaran mesin dalam perangkat. Sementara itu, mekanisme umpan balik akan memastikan bahwa pengguna menerima iklan untuk produk yang berpotensi mereka beli. Semua data dienkripsi dan disimpan di perangkat saja, dan Brave akan melindungi identitas penggunanya.

Siapa pun yang menggunakan browser bisa mengaktifkan fitur Iklan Brave untuk mendapatkan bayaran dalam Basic Attention Token (BAT) untuk waktu yang mereka habiskan saat melihat iklan. Mereka juga dapat mengaktifkan fitur Brave Rewards yang secara otomatis akan membagikan kontribusi token BAT bulanan pilihan mereka antara situs yang dikunjungi sesuai dengan waktu yang dihabiskan pada masing-masing situs.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk memberi tip/hadiah kepada content creators favorit secara langsung, baik melalui panel penghargaan browser atau dengan cara klik tombol tip di sebelah bilah URL pada berbagai situs seperti YouTube, Twitter, dan Reddit.

Siapa Pendiri Basic Attention Token (BAT)

Brendan Eich dan Brian Bondy mendirikan Brave Software didirikan pada tahun 2015. Brendan Eich adalah nama besar di dunia teknologi – dia tidak hanya menciptakan JavaScript, tetapi juga menjadi tokoh kunci dalam pengembangan Firefox Mozilla. Brian Bondy juga memiliki peran penting dalam pengembangan Firefox, serta Evernote dan Khan Academy.

Basic Attention Token (BAT) diluncurkan pada tahun 2017 dan menjadi berita utama karena berhasil mengumpulkan $35 juta dalam waktu kurang dari satu menit untuk Intial Coin Offering (ICO). Meskipun dianggap kontroversial pada saat ICO karena hanya 130 orang yang membeli BAT – setengah dari persediaan (pasokan) token BAT hanya dibeli oleh lima orang. Ini mengindikasikan bahwa Basic Attention Token tidak terdesentralisasi seperti kebanyakan proyek crypto lainnya.

Selain itu, Brave 1.0 berhasil diluncurkan pada bulan November 2019, dengan Browser Brave berfitur lengkap pertama. Browser telah tersedia sebelumnya dalam rilis beta tetapi rilis Brave 1.0 pertama kali memperkenalkan Brave Shields, Brave Ads, dan Brave Rewards.

Keunikan Basic Attention Token (BAT)

Brave menonjol dari browser lain berdasarkan perisai dan sistem buku besar (ledger) untuk mengukur perhatian pengguna. Dengan memblokir iklan dan pelacak, itu mampu memuat halaman jauh lebih cepat daripada pesaingnya.

Basic Attention Token atau BAT menciptakan pasar baru yang efisien dan dengan menawarkan peluang inovatif kepada pengiklan (advertisers) yang ingin menjangkau pelanggan berharga. Ini dilakukan sambil memberdayakan pengguna (users) dengan berbagi pendapatan iklan dan kemampuan untuk memberikan tip kepada content creators favorit mereka secara langsung.

Meskipun produk lain memiliki tujuan serupa, BAT sejauh ini dianggap paling sukses – lebih dari 1 juta content creators terverifikasi telah mendaftar untuk hadiah BAT, termasuk Wikipedia, The Washington Post, The Guardian, dan 50 Cent.

Value dari Basic Attention Token (BAT)

BAT memperoleh nilai (value) dari kegunaannya sebagai unit pertukaran di pasar yang efisien. Ini bisa menjadi sumber pendapatan utama bagi pembuat konten (content creators) dan sarana untuk membayar kampanye iklan yang efektif bagi advertisers.

Karena semakin banyak users yang memilih pengalaman Brave Browsing, semakin banyak pula adversiters yang ingin bergabung dengan ekosistem BAT. Oleh karenanya perlu untuk membeli Basic Attention Token (BAT). Ini dapat meningkatkan harga Basic Attention Token dan nilai kapitalisasi pasar (market cap) di masa depan. Juga, dengan persediaan token BAT terbatas, pembayaran dalam denominasi kecil dapat dilakukan dengan lebih baik di masa depan.

Data Teknis Basic Attention Token (BAT)

Berapa jumlah Basic Attention Token (BAT) yang beredar? Basic Attention Token memiliki total pasokan (persediaan) 1,5 miliar token BAT, hampir semuanya saat ini beredar. Sebanyak 1 miliar koin BAT berhasil dijual kepada investor saat Initial Coin Offering tahun 2017. Sebanyak 200 juta token yang tersisa diberikan ke development pool, dan 300 juta koin BAT terakhir dicadangkan untuk kumpulan pertumbuhan pengguna.

Token di kumpulan pertumbuhan pengguna (user growth pool) dimaksudkan untuk mendorong partisipasi dalam ekosistem BAT dan memberi penghargaan (reward) kepada pengadopsi awal. Tidak ada token baru yang akan dibuat setelah penipisan dana pertumbuhan pengguna.

Data Teknis lainnya

Lebih dari 400 pengiklan adalah bagian dari ekosistem Basic Attention Token (BAT) dan Brave Browser yang telah mencapai 25,4 juta pengguna aktif bulanan serta 9,2 juta pengguna aktif harian. Ada 12 juta BAT wallet yang berbeda dan volume transaksi on-chain BAT lebih dari $373 juta. Jaringan BAT mencakup lebih dari 70.000 content terverifikasi di Twitch, dan lebih dari 128.000 di Twitter, serta lebih dari setengah juta di YouTube. Selain itu, dari segi market cap terbesar di pasar crypto, BAT saat ini berada di peringkat ke-78 dengan total $734,059,428. Harga koin BAT hari ini senilai $0,5 atau setara Rp7.250 per keping.

Penggunaan Basic Attention Token (BAT)

Pada saat penulisan, pengiklan (advertisers) harus berkomitmen untuk menghabiskan setidaknya $2.500 per bulan untuk meluncurkan kampanye iklan, dan dibayarkan dalam bentuk Basic Attention Token (BAT). Pendapatan dibagi antara content creators dan pengguna, yang kemudian dapat memilih untuk membayar content creators melalui kontribusi otomatis atau kiat langsung. Hadiah BAT yang diperoleh bisa ditukarkan di Rewards Marketplace untuk kartu hadiah, entri undian, dan untuk tujuan baik lainnya.

Karena dapat ditransaksikan secara langsung dengan blockchain Ethereum, Basic Attention Token memiliki utilitas di beberapa area di luar ekosistem BAT. Ini mencakup pinjaman, derivatif, dan kumpulan likuiditas melalui protokol keuangan terdesentralisasi/decentralized finance (DeFi) seperti Compound dan Aave; membeli produk dari Brave Swag Store; dan dalam game blockchain untuk events dan NFTs/non-fungible tokens (token yang tidak dapat dipertukarkan). BAT juga dapat diperdagangkan di banyak bursa crypto, pastinya.

Basic Attention Token Mining

Sebagai token ERC-20, Basic Attention Token (BAT) dibangun di atas blockchain Ethereum dan diamankan oleh algoritma konsensus proof of work (PoW). Itu juga didukung oleh jaringan Ethereum mining untuk memastikan validitas dan keabadian transaksi Basic Attention Token.

Cara Memilih BAT Wallet

Dompet kripto atau crypto wallet paling populer saat ini yaitu online wallet atau hot wallet meskipun juga tersedia jenis dompet cold wallet dan software wallet. Secara umum, cold wallet masih menjadi opsi paling aman untuk menyimpan aset kripto. Hanya saja, ini butuh pemahaman lebih dan relatif lebih mahal sehingga mungkin tidak cocok untuk pemula. Yang paling memungkinkan bagi pemula yaitu hot wallet. Dompet ini biasanya disediakan oleh platform crypto exchange. Meskipun fleksibilitas dan penggunaan yang lebih mudah, hot wallet memaksa pengguna untuk mempercayai akun mereka kepada penyedia layanan. Artinya, tidak tersedia kunci pribadi (private key). Ini memang terlihat rentan, namun kamu bisa meminimalkannya dengan memilih penyedia layanan wallet yang terpercaya dan kredibel.

Cara Beli Basic Attention Token (BAT)

Pilihan paling mudah untuk beli Basic Attention Token atau BAT yaitu melalui crypto exchange atau broker kripto. Di sana, kamu bisa memulai dengan tiga tahapan, yaitu (1) proses registrasi yang dapat dilakukan secara online baik melalui aplikasi maupun website, (2) setoran awal (deposit) dengan jumlah tergantung kebijakan platform crypto exchange, dan (3) transaksi pembelian Basic Attention Token (BAT).

Yang lebih penting, pastikan kamu tidak salah dalam memilih platform crypto atau perusahaan crypto exchange. Mereka adalah penyedia layanan yang memberikan akses dan fasilitas transaksi jual beli aset kripto. Pastikan untuk memilih yang terbaik dan berpengalaman. Beberapa platform kripto paling populer di dunia yaitu eToro, Binance, Bitfinex, Bittrex, Huoni, Kraken, dan Coinbase. Di Indonesia, bisa seperti Rekeningku, Indodax, Pintu, Tokocrypto, dan Luno.

Pertanyaan Seputar BAT

Apa perbedaan Iklan Brave dengan iklan lainnya? Iklan Brave adalah opt-in – mampu menjaga privasi dan menghargai pengguna atas perhatian mereka. Iklan Brave juga muncul sebagai pemberitahuan push yang dapat dipilih oleh pengguna – apakah untuk diabaikan atau dilibatkan – daripada ditampilkan di halaman web.

Apakah pengguna dapat memberikan tip kepada kreator yang tidak memakai Brave? Setiap pengguna dapat memberi tip kepada content creators dengan tombol tip di sebelah bilah URL meskipun mereka bukan pengguna Brave. Untuk mengklaim kiat, mereka terlebih dahulu harus mendaftar ke Brave Rewards sebagai kreator terverifikasi yang mana mereka dapat mengumpulkan penghasilan apa pun di Creators dashboard.

Apa yang dapat dilakukan dengan BAT yang telah diperoleh? Anda dapat menggunakan BAT untuk memberi penghargaan (reward) kepada pembuat konten favorit melalui kontribusi otomatis atau kiat langsung. BAT juga dapat ditukarkan dengan fiat atau mata uang kripto lainnya. Ada rencana juga bahwa kemitraan dengan Tap yang memungkinkan BAT dapat ditukarkan dengan hadiah seperti diskon hotel, restoran, dan kartu hadiah untuk Amazon, Uber, dan perusahaan lain.

Simpulan

Basic Attention Token (BAT) menarik perhatian, mulai dari Initial Coin Offering yang sangat sukses hingga tim yang berbakat dan berpengalaman yang dipimpin oleh Brendan Eich. BAT memecahkan banyak masalah khususnya yang ada di industri periklanan digital (digital advertising industry) arus utama, seperti penipuan iklan. Selain itu, ini juga menciptakan pengalaman browsing yang lebih baik bagi users sambil melayani advertisers dan pembuat konten dengan lebih baik.

Brave Browser menerapkan beberapa fitur berguna untuk memblokir iklan berbahaya, menargetkan users dengan iklan yang relevan, dan mendistribusikan pendapatan iklan antara pembuat dan pengguna secara adil. Ini tidak hanya melindungi privasi dan persetujuan pengguna tetapi juga menciptakan pengalaman browsing yang lebih cepat dan lebih menyenangkan.

Basic Attention Token telah mencapai tingkat adopsi yang sangat mengesankan dalam hal pengguna aktif, jumlah content creators terverifikasi, dan volume transaksi on-chain. Selain itu, mengingat rencana dari tim Basic Attention Token (BAT) untuk melebarkan sayap ke sektor DeFi dan meluncurkan mesin Brave Search, tampaknya angka-angka ini akan terus meningkat.

error: Content is protected !!