Review BitTorrent (BTT) 2021

Mengenal mata uang kripto (cryptocurrency) dengan proyek sharing data, BitTorrent. Ya, BitTorrent adalah salah satu jaringan peer-to-peer (P2P) yang paling populer dan terbesar untuk berbagi data. Namun, dengan popularitas layanan, BitTorrent tidak mampu memonetisasi fungsionalitas dan kecepatan perangkat lunaknya. Diperkenalkan pada awal tahun 2000-an, BitTorrent kemudian diakuisisi oleh TRON Foundation.

CEO dan pendirinya, Justin Sun, juga menciptakan dan mengembangkan TRON (TRX). Setelah TRON Foundation mengakuisisi BitTorrent, model bisnis tetap sama, yang mana jaringan kekuatan komputasi pengguna menciptakan jaringan utama untuk saling berbagi file dan data, alih-alih hanya menggunakan satu server. Selain itu, TRON Foundation juga memperkenalkan inovasi berupa teknologi blockchain dan Token BitTorrent (BTT).

Apa Itu BitTorrent (BTT)?

mengenal koin kripto bittorrent BTT

BitTorrent adalah jaringan P2P untuk berbagi file dan data yang mana pengguna juga bisa membeli dan menjual bandwidth dengan imbalan berupa token BTT. Pada awalnya, platform ini tidak didasarkan pada teknologi blockchain. Namun, TRON Foundation telah memperluas protokol dan model operasional dengan mengembangkan token BTT. Ya, BTT adalah token asli BitTorrent dengan jenis TRC-10. BTT adalah standar untuk token yang dibuat di jaringan TRON.

Token BitTorrent adalah inti dari model bisnis yang ditingkatkan. Ini didukung oleh sistem insentif, setiap pengguna yang membagikan data, file, dan bandwidth akan berikan imbalan berupa BTT. BitTorrent menciptakan sebuah ekosistem yang solid untuk sharing file: pengguna dapat membayar untuk meningkatkan kecepatan download, sementara semua pasar didasarkan pada model P2P. Pengguna yang punya kelebihan bandwidth bisa menjualnya kepada pengguna lain untuk mendapatkan passive income.

Sejak terjadi akuisisi dan penambahan BTT ke model bisnis BitTorrent, jaringan berhasil menjadi lebih terdesentralisasi. Bahkan, jaringan ini disebut-sebut sebagai protokol komunikasi P2P terdesentralisasi terbesar.

Cara Kerja BitTorrent

Pada dasarnya, BitTorrent adalah perangkat lunak (software) yang menghubungkan pengguna ke dalam satu sistem untuk saling berbagi file, data, dan bandwidth. Software ini dijalankan oleh dua kelas peserta, yakni seeder dan peer.

Seeder adalah peserta yang sudah mengunduh (download) file dan bisa membagikannya dengan peserta jaringan lain, yang dikenal sebagai rekan (peer). Rekan ini mengunduh file dari lebih dari satu seeder. Kenapa? Ini karena file sedang diunduh dalam partisi dari sejumlah seeder. Sistem peer to peer (P2P) ini menciptakan waktu download yang lebih cepat.

Pengguna jaringan juga bisa membayar bandwidth dan kecepatan unduh lebih cepat dengan token BTT. Ini dibayarkan kepada rekan lain di jaringan yang menawarkan kelebihan bandwidth mereka. Requesters adalah peserta jaringan yang membeli bandwidth. Sementara penyedia (providers) membagikan bandwidth dengan imbalan BTT. Dengan kata lain, peserta yang meminta bandwith akan memperoleh kecepatan download, sementara peserta yang memberikan bandwith akan menerima imbalan BTT.

Requsters juga bisa meminta penyimpanan ekstra untuk data dan file, sementara jaringan akan memastikan bahwa data besar di-share secara efisien dalam partisi dari sejumlah providers. Pada dasarnya, proyek ini bersifat terdesentralisasi, meskipun sistem yang digunakan tidak didasarkan pada blockchain.

Sejarah BitTorrent (BTT)

Siapa pendiri BitTorrent? Pada awalnya, BitTorrent diluncurkan dan dikembangkan oleh Bram Cohen dan David Harrison pada tahun 2001. Mereka menciptakan platform peer to peer (P2P) terbesar untuk berbagi data dan file. Duo developers ini menjalankan jaringan selama hampir dua dekade sebelum pada akhirnya Justin Sun mengakuisisi BitTorrent melalui TRON Foundation pada tahun 2018.

TRON Foundation adalah pihak yang ada di belakang jaringan TRON dan crypto TRX. TRON Foundation mempertahankan tim dan model bisnis asli dari BitTorrent sambil juga menambahkan token BTT sebagai metode pembayaran utama. Nah, pada tahun 2019, TRON Foundation melakukan penawaran koin awal atau initial coin offering (ICO) di mana sebanyak 6% dari total pasokan BTT diterbitkan dan dijual dengan harga lebih dari $7 juta.

Keunikan BitTorrent (BTT)

Keunikan BitTorrent (BTT) adalah karena menyediakan platform berbagi file P2P terdesentralisasi. Bahkan, proyek ini diluncurkan sebelum dimulainya Bitcoin. Sistem desentralisasi berasat dari komputer setiap pengguna yang bertindak sebagai seeder dan peer. Tujuan BitTorrent adalah merevolusi cara orang mengunduh dan memperoleh file dan data besar serta media hiburan.

Sejak diakuisisi oleh TRON Foundation, tim developers telah menambahkan fitur terbaru ke dalam sistem BitTorrent, misalnya seperti BTT dan BitTorrent Speed. Selain itu, BitTorrent juga menawarkan layanan lain khususnya untuk akun premium, seperti VPN dan menjelajah tanpa gangguan iklan.

Value dari BitTorrent (BTT)

Nilai atau value BitTorrent adalah dari teknologi, kapasitas teknis, dan utilitas yang dimilikinya. Nilai intrinsik BitTorrent juga bergantung pada elemen-elemen ini, sementara nilai pasar BTT mungkin tidak sesuai dengan nilai intrinsiknya. Hal ini dikarenakan adanya gejolak harga atau volatilitas harga crypto dalam jangka pendek. Namun, dengan proyek inovatif yang menjadi fundamental BitTorrent, nilai pasar BTT diharapkan tumbuh signifikan dalam jangka panjang.

Data Teknis BitTorrent (BTT)

Berapa jumlah koin BitTorrent (BTT) yang beredar? Saat ini ada 659.952.625.000 BTT yang beredar. BitTorrent punya persediaan terbatas, sama seperti sebagian mata uang kripto lainnya. Pasokan terbatas akan menjadi mekanisme anti-inflasi dan mencegah devaluasi token BTT. Dengan demikian, BTT bisa menjadi penyimpan nilai yang bagus dalam jangka panjang. Harga BTT hari ini (29/09/21) bergerak di level $0,003 per keping dengan market cap $2 miliar.

Sebagai informasi tambahan, total pasokan BTT sebagian dialokasikan ke ekosistem Binance, sebagai mitra BitTorrent, dan TRON Foundation.

Data Teknis lainnya

Sebelum diakuisisi, semua file sharing dan download dilakukan melalui software BitTorrent. Namun, semua operasi akan dicatat di blockchain TRON, mencakup transaksi yang dicatat secara permanen. Perlu diketahui, jaringan TRON adalah bagian integral dari sistem BTT baru karena menciptakan saluran pembayaran setiap kali para pemohon dicocokkan dengan penyedia. TRON nantinya akan menyelesaikan dan mencatat transaksi setelah pembayaran diselesaikan dalam batch.

BitTorrent memanfaatkan smart contract untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi (dApss) dan memfasilitasi layanan, seperti BitTorrent Speed. Nah, layanan ini bisa dimanfaatkan requesters untuk mempercepat unduhan dan bandwidth yang lebih besar dengan membeli dari providers. Jaringan BitTorrent meng-hosting dApp lain, dikenal sebagai BitTorrent File System (BTFS). BTFS menyediakan wadah penyimpanan file dengan infrastruktur terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dengan aman.

Sistem Keamanan Jaringan BitTorrent

Jaringan BitTorrent diamankan melalui enkripsi, mencakup mengamankan semua lapisan sistem dengan enkripsi protokol, enkripsi aliran pesan, dan enkripsi header protokol. Dengan mengenkripsi software, sistem berusaha memastikan pengguna punya privasi dan kerahasiaan.

Sementara itu, jaringan TRON diamankan melalui mekanisme protokol Delegated Proof of Stake (DPoS), sebuah variasi dari mekanisme konsensus PoS tradisional. Mekanisme DPoS bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada kemunduran dalam sistem saat mempertaruhkan TRX untuk mengamankan jaringan. Perlu dicatat, hanya sebagian dari operasi di BitTorrent yang diamankan melalui jaringan TRON, khususnya aspek transaksi.

Kasus Penggunaan BitTorrent (BTT)

BitTorrent adalah proyek yang dapat digunakan untuk menyimpan file besar, berbagi data dan file dalam model sistem P2P yang melibatkan peserta jaringan: seeder, peer, providers, dan requesters. Selain itu, BTT dapat digunakan sebagai metode pembayaran jaringan untuk membeli lebih banyak bandwidth dan memperoleh unduhan lebih cepat. Jaringan BitTorrent juga digunakan untuk mengunduh data dan file media besar, seperti serial TV, film, dan konten multimedia lainnya.

Selain itu, koin BTT juga merupakan aset kripto yang diperdagangkan di bursa atau crypto exchanges. Artinya, siapa pun bisa mencari keuntungan (profit) dari pergerakan harga BTT di bursa kripto. Karena jumlah persediaan atau pasokan BTT terbatas, itu bisa meminimalkan dampak inflasi. Dengan kata lain, BTT adalah instrumen yang mungkin dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang, selain karena punya proyek (fundamental) yang baik.

Proof of Stake (PoS) BitTorrent

BitTorrent adalah jaringan yang mengadopsi konsesus DPoS (mengacu pada jaringan TRON). DPoS adalah variasi dari konsesus PoS. Dengan demikian, Anda tidak bisa menambang token BTT, melain bisa melakukan staking atau mempertaruhkan koin.

Pemegang TRX yang staking token mereka akan mendapatkan imbalan Tron Power, yaitu hak suara. Produsen blok yang dipilih oleh pemegang TRX akan melakukan verifikasi transaksi dengan hadiah TRX. Ini didistribusikan kepada mereka yang memilihnya. Nantinya, sistem ini memungkinkan blockchain untuk mencapai throughput lebih tinggi.

Pandangan Akhir

Bagaimanapun juga, BitTorrent adalah aset kripto (cryptocurrency) yang tersedia di bursa. Proyek ini sebenarnya telah ada selama dua dekade sebelum lahirnya kripto itu sendiri. BitTorrent telah menjadi platform komunikasi terdesentralisasi P2P terbesar dengan spesifikasi dalam berbagi dan menyimpan file. Perangkat lunak yang fokus pada sharing file terus berkembang, dan saat BitTorrent diakuisisi oleh TRON Foundation, lebih banyak lagi fungsi ditambahkan.

Karena pertumbuhan crypto yang signifikan, ditambah lagi BitTorrent adalah leader di sektornya, ada harapan besar bahwa prospek BTT akan cerah dalam jangka panjang. Hal ini bisa ditunjukkan misalnya dari kenaikan harga BTT di bursa kripto. Namun, tidak perlu khawatir dengan volatilitas harga BTT dalam jangka pendek. Terkadang, nilai pasar tidak mencerminkan nilai instrinsik, khususnya dalam jangka pendek.

error: Content is protected !!