Review Celer Network (CELR) 2021

Sebagai salah satu mata uang kripto di pasar, dengan koin CELR, Celer Network layak diperhitungkan untuk investasi spekulatif. Celer Network menawarkan penggunaan khusus, ini merupakan proyek yang mendorong kasus penggunaan blockchain melalui pemanfaatan infrastruktur interoperabilitas dan layer-2 yang berjalan di atas blockchain terkenal seperti Ethereum (ETH) dan Polkadot (DOT).

Tujuan utama dari Celer Network adalah untuk mendukung cross chain dan multi-chain dalam pengembangan decentralized apps (dApps) sehingga transaksi akan lebih cepat, aman, dan efisien (hemat biaya). Selain itu, ini juga akan membangun lingkungan ekonomi cryptocurrency yang berbasis insentif kepada peserta jaringan. Untuk mengenal lebih jauh, berikut review Celer Network (CELR) 2021.

Apa Itu Celer Network (CELR)?

web celer network

Celer Network adalah sebuah platform penskalaan layer-2 yang menerapkan aplikasi terdesentralisasi (dApp) di berbagai blockchain. Ini akan menciptakan interoperabilitas dalam ekosistem dan insentif jaringan. Celer Network juga sebagai smart contract di atas struktur blockchain Ethereum dan Polkadot.

Tim Celer Network sedang memimpin penelitian penskalaan layer-2 dan membangun aplikasi berbasis fungsionalitas untuk ekosistem Celer Network. Tim developer Celer juga merilis aplikasi seluler (mobile app) berbentuk platform esports berbasis blockchain – sekaligus yang pertama dari jenisnya. Aplikasi disebut sebagai CelerX. Selain itu, Tim juga merilis SDK seluler pertama untuk penskalaan layer-2.

Tujuan utama Celer Network adalah untuk menyediakan operasi yang lancar untuk smart contract, transaksi off-chain yang cepat, dan lingkungan yang aman untuk dApps di seluruh platform blockchain. Proyek ini memiliki ide untuk membantu pengembang dalam menskalakan dApps mereka melalui protokol layer-2.

Selain itu, proyek ini juga menyediakan semua tools dan fungsi yang dibutuhkan untuk memecahkan sejumlah masalah terbesar dari platform kontrak pintar saat ini. Sebagai kerangka solusi, Celer Network berperan untuk menskalakan dan mengamankan sejumlah platform kontrak pintar terbesar, sebut saja seperti Ethereum.

Celer Network juga merupakan aset kripto – dengan coin CELR – yang diperdagangkan di bursa atau crypto exchange. Koin kripto CELR dapat dijadikan instrumen trading spekulatif dan investasi jangka panjang untuk memperoleh profit.

Cara Kerja Celer Network

Celer Network adalah sebuah protokol layer-2 yang dibangun di atas platform blockchain lainnya. Ini memungkinkan penskalaan dan operasi yang lebih aman untuk pengguna platform dan pengembang dApp melalui transaksi off-chain. Anatomi platform layer-2 menyediakan solusi penskalaan dan interoperabilitas – dua elemen yang saat ini menjadi masalah terbesar bagi banyak jaringan blockchain.

Protokol Layer-2 mewakili solusi terbaik untuk skalabilitas karena protokol dasar jaringan yang mendasarinya tidak perlu diubah (atau diperbarui) agar protokol berfungsi. Sebagai gantinya, operasi protokol layer-2 berjalan sebagai kontrak pintar (smart contract) di atas blockchain terkenal seperti Ethereum dan juga berinteraksi dengan aplikasi off-chain.

Teknologi utama yang membentuk Celer Network adalah teknologi Side Chain dan Generalized State Channel Network (GSCN). Berkat Side Chain, Celer Network dapat memfasilitasi interoperabilitas sekaligus memungkinkan aktivitas operasi off-chain dengan penggunaan GSCN.

Meskipun cukup kompleks, GSCN dapat dibandingkan dengan Lightning Network yang sama-sama memungkinkan transaksi lebih cepat dan hemat biaya pada blockchain Bitcoin. GSCN juga memungkinkan operasi off-chain yang cepat untuk blockchain Ethereum dan memungkinkan perkembangan dApps.

Sejarah Celer Network (CELR)

Siapa Pendiri Celer Network? Mo Dong, Xiaozhou Li, Junda Liu, dan Qingkai Liang mendirikan Celer Network pada tahun 2018. Mereka juga meluncurkan alpha mainnet – dijuluki sebagai Cygnus – pada Juli 2019 yang menyediakan GSCN pertama di dunia. Para founders juga memiliki gelar akademik PhD dari berbagi universitas dan berpengalaman dalam membangun perangkat lunak (software) perusahaan termasuk Google Fi, Intel DPDK, Veriflow, dan B4.

Keunikan Celer Network

Meskipun bukan satu-satunya menjadi platform penskalaan layer-2, Celer Network memiliki sejumlah karakteristik unik. Pertama, Celer Network menyediakan dukungan lingkungan blockchain untuk berbagai platform. Sebagai contoh, Komputer Internet DFINITY dan Ethereum merupakan platform yang berbeda, tetapi Celer Network bekerja efisien di kedua jaringan.

Keunikan lain dari Celer Network adalah mendukung operasi dan pembayaran smart contract off-chain dengan mengadopsi algoritme status optimal untuk perutean yang throughput 15 kali lebih tinggi daripada solusi canggih lainnya.

Selain itu, Celer Network dapat disebut sebagai solusi pertama dan satu-satunya dari jenisnya yang mampu menyelesaikan sengketa, mengaktifkan konektivitas, dan mendukung ketersediaan negara, serta mendorong kelebihan likuiditas untuk operasi off-chain.

Value dari Celer Network (CELR)

Nilai atau value Celer Network adalah dari harga pasar kripto CELR. Meskipun harga pasar kripto tidak selalu mencerminkan fundamental dan nilai instrinsik sebuah crypto, itu tetap dipertimbangkan sebagai penilaian prospek sebuah aset kripto. Namun, aset kripto dengan fundamental yang bagus, seperti Celer Network, biasanya akan menghasilkan dalam jangka panjang. Pada intinya, nilai instrinsik Celer Network ada pada penggunaan teknologi, adopsi penggunaan, kapasitas teknis, tools, fitur, dan market cap CELR.

Data Teknis Celer Network (CELR)

Berapa jumlah koin Celer Network (CELR) yang beredar? Total pasokan terbatas token atau koin Celer Network terbatas, yaitu sebanyak 10 miliar CELR. Jumlah CELR yang beredar per hari ini adalah 5.748.480.630 CELR. Dengan pasokan atau persediaan koin terbatas, itu akan menjadi mekanisme anti-inflasi sehingga harga atau nilai CELR dapat stabil dalam jangka panjang. Nilai kapitalisasi pasar (market cap) CELR tercatat sebesar $263 juta.

Pengamanan Jaringan Celer

Sistem keamanan Celer Network dan operasi off-chain serta on-chain yaitu melalui penggunaan protokol Delegated Proof of Stake (DPoS). DPoS memfasilitasi sistem voting dan staking. Sistem DPoS memberikan penghargaan kepada pihak berkepentingan yang mengamankan jaringan dengan mempertaruhkan atau staking token aslinya, CELR.

Delegated Proof of Stake menjadi sebagai salah satu solusi aman dan hemat biaya daripada protokol berbasis blockchain lainnya. DPoS memungkinkan Celer Network untuk memperoleh keamanan terbaik, tidak hanya bagi developers, tetapi juga pengguna jaringan. DPoS merupakan evolusi atau bentuk pengembangan dari konsesus Proof of Stake (PoS).

Kasus Penggunaan Celer Network (CELR)

Celer Network dapat digunakan untuk berbagai kasus, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengembangan dApp yang efisien dan cepat,
  2. Teknik penskalaan off-chain,
  3. Bermain game berbasis blockchain, dan
  4. Dukungan Likuiditas.

Sebagai sebuah framework untuk interoperabilitas dan penskalaan, Celer Network juga digunakan di atas jaringan blockchain lain, seperti blockchain Ethereum. Celer Network mampu memecahkan masalah yang paling umum terjadi pada sebagian besar jaringan blockchain berbasis kontrak pintar.

Sementara itu, token asli dari Celer Network adalah CELR, yang merupakan token ERC-20. Kasus penggunaan CELR adalah sebagai metode pembayaran di jaringan, aplikasi seluler CelerX, dan dipertaruhkan dalam Liquidity Backing Auctions (LiBA).

Berkat LiBA, pengguna dapat meminjamkan likuiditas ke penyedia layanan off-chain. Setiap pemberi pinjaman (lenders) akan menerima bunga (interest) ketika menyediakan likuiditas dengan mempertaruhkan (staking) lebih banyak token CELR.

Tidak hanya itu, CELR juga dapat dipertaruhkan untuk bergabung dengan SGN atau State Guardian Network, sebuah sidechain ringkas yang menjaga the states saat pengguna offline. Penjaga di SGN berpeluang mendapatkan penjagaan dan biaya layanan untuk staking CELR mereka.

Simpulan

Celer Network adalah proyek kripto (crypto) yang menghadirkan solusi penskalaan dan interoperabilitas – dua masalah utama bagi banyak jaringan blockchain berbasis kontrak pintar dan dApps. Selain itu, platform ini juga menawarkan rangkaian produk yang berfokus pada penyediaan user experience yang lancar bagi developers dan pengguna dApp. Sebagai proyek cryptocurrency, prospek Celer Network bertumpu pada konsistensinya dalam menjaga optimalisasi kecepatan, keamanan, interoperabilitas dApp, skalabilitas, smart contract, operasi off-chain, dan kapasitas teknis lainnya.

error: Content is protected !!