Review SKALE Network (SKL) 2021

SKALE Network adalah salah satu proyek cryptocurrency yang menghadirkan solusi atas kemacetan yang terjadi di jaringan Ethereum. Kemacetan tersebut karena volume tinggi dari pengembang yang menggunakan platform untuk pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Ethereum sedang dalam masa transisi dari mekanisme konsensus PoW ke PoS, yang seharusnya memungkinkan penskalaan lebih efisien pada jaringan. Sebelum Ethereum bisa menawarkan lingkungan yang skalabel kepada developers dan pengguna ETH, SKALE Network menyediakan sebuah solusi penskalaan Layer-2 (Layer-2 solution).

Berkat penggunaan elastic sidechains, SKALE terintegrasi sepenuhnya ke dalam jaringan Ethereum, yang memungkinkan users untuk melewati kemacetan di jaringan dengan menggunakan sidechains untuk mengembangkan Dapps. Berikut review SKALE Network (SKL) 2021 yang akan menjelaskan kepada Anda lebih lengkap mengenai aset kripto ini.

Apa Itu SKALE Network (SKL)?

Skale Network web

SKALE Network adalah sebuah solusi penskalaan Layer-2 yang mampu menciptakan lingkungan sidechain untuk mengurangi kemacetan di jaringan Ethereum. Ini sangat menguntungkan bagi pengembang karena mereka bisa meng-host dan mengembangkan dApps di jaringan saat menggunakan elastic sidechains dari SKALE alih-alih mainnet Ethereum.

Tim pengembang Ethereum juga sedang mengerjakan pengembangan Ethereum 2.0. Ini seharusnya membuat transaksi dan penskalaan jauh lebih cepat untuk semua Dapps, transaksi, dan operasi smart contract. Sementara itu, Ethereum sedang bertransisi ke Proof of Stake (PoS) yang lebih efisien daripada Proof of Work (PoW). SKALE mewakili solusi yang valid dalam hal penskalaan di jaringan.

SKALE Network memungkinkan pengguna untuk menentukan:

  • sidechain tertentu untuk mengatur lingkungan yang sesuai dalam pembuatan Dapps dengan pemilihan protokol;
  • ukuran sidechain;
  • mesin virtual;
  • blockchain induk; dan
  • tahapan atau langkah-langkah keamanan dalam pembuatan Elastic Chain yang dapat dikonfigurasi untuk Dapps mereka.

Oleh karena itu, SKALE Network akan menciptakan infrastruktur yang skalabel dan dapat dioperasikan serta kompatibel dengan platform Ethereum. Ini akan membentuk jaringan Elastic Sidechains yang dibayar oleh developers Dapp untuk berlangganan setiap bulan.

Berkat infrastruktur tersebut dan sidechain tertentu, SKALE mampu meningkatkan kinerja Dapps di jaringan Ethereum dengan throughput tinggi dan latensi rendah, termasuk memungkinkan transaksi yang lebih cepat dalam ekosistem sidechains.

Cara Kerja SKALE Network

Inti dari proyek SKALE Network adalah penggunaan Elastic Sidechains. Ini beroperasi sebagai sistem blockchain independen yang terintegrasi dengan lingkungan blockchain lain (seperti platform Ethereum).

Pengguna dapat menentukan sidechains dengan menyesuaikan kebutuhan. Itulah sebabnya formasi ini disebut sebagai “Elastic Sidechains”. Pengembang dapat menyesuaikan sidechain yang ingin digunakan untuk Dapps agar sesuai dengan spesifikasi tertentu. Dengan begitu, mereka dapat memilih protokol konsensus, blockchain induk, mesin virtual, dan protokol keamanan di sidechain.

Setelah sidechain ditentukan, devs bisa membayar langganan bulanan untuk menggunakan sidechains dalam rangka pengembangan dan hosting aplikasi terdesentralisasi (dApps). Smart contract di sidechains berkomunikasi dengan kontrak mainnet – cara interoperabilitas antara platform Ethereum dan sidechains SKALE dibuat. Saat menggunakan Elastic Sidechains, pengguna masih dapat mengakses mainnet Ethereum.

SKALE juga bisa melakukan transaksi melalui sidechain, memvalidasi sejumlah transaksi secara bersamaan lalu mengirimkannya kembali ke Ethereum untuk verifikasi massal. Begitulah cara kerja SKALE membantu proses transaksi agar lebih cepat pada saat jaringan macet.

Sidechain SKALE juga sangat cocok untuk menguji Dapps karena Dapps yang menghadap ke depan mainnet tidak terpengaruh jika terjadi bug atau crash.

Sejarah SKALE Network (SKL)

Siapa pendiri SKALE Network? Diluncurkan pada tahun 2018, SKALE Network didirikan oleh Jack O’Holleran dan Stan Kladko. Kedua pendiri memiliki pengalaman dalam blockchain dan kriptografi.

Latar belakang O’Holleran sangat kuat dalam teknologi blockchain, pembelajaran mesin, dan Artificial Intelligence. Sementara itu, Kladko berpengalaman hampir dua dekade dalam bidang teknologi infrastruktur perusahaan dan kriptografi. Kladko juga menjadi salah satu kontributor utama untuk Ethereum Foundation dan Ethereum Research.

Keunikan SKALE Network (SKL)

Keunikan SKALE Network adalah kemampuanuntuk menawarkan pengurangan biaya dalam pengoreasian Dapps selama terjadi kemacetan di jaringan Ethereum (ketika harga GAS naik dan Dapps bisa menjadi lebih mahal untuk dikelola dan diakses). Keunikan proyek crypto ini juga tercermin dari fakta bahwa SKALE menawarkan throughput cepat untuk transaksi dan proses verifikasi pada saat terjadi lalu lintas tinggi di platform.

Value dari SKALE Network (SKL)

Value dari SKALE Network adalah teknologi, kapasitas teknis, utilitas, dan penggunaan serta adopsi arus utama yang dimilikinya. SKALE memanfaatkan teknologi dengan menggunakan Elastic Sidechains yang bisa disesuaikan oleh pengguna dan pengembang dengan spesifikasi yang diperlukan untuk membangun Dapps tertentu.

SKALE memberikan fasilitas peningkatan kapasitas penyimpanan dan menciptakan lingkungan yang dapat diskalakan. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat menguji fitur baru tanpa memengaruhi mainnet jika terjadi disfungsi atau bug.

Selain itu, value SKALE Network adalah menghadirkan transaksi dan throughput cepat, penskalaan efektif, dan latensi rendah. Ini juga bisa menjadi komponen keunikan sekaligus keunggulannya.

Data Teknis SKALE Network (SKL)

Berapa jumlah koin SKALE Network (SKL) yang beredar? Saat ini ada 1.213.100.288 SKL yang beredar. SKALE Network (SKL) memiliki total pasokan terbatas yaitu sebanyak 7.000.000.000 SKL. Ini akan bertindak sebagai mekanisme anti-inflasi. Harga token atau koin SKL hari ini adalah $0,4 per keping dengan total market cap $476 juta.

Data Teknis lainnya

SKALE Network menggunakan node untuk mendukung aktivitas operasi dan transaksi di jaringan. Sementara itu, ekosistem node dibagi menjadi subnode dan Node Cores. Tugas Node Cores adalah mengawasi fungsi dan operasi node di jaringan, termasuk menyediakan interface bagi pengguna untuk mempertaruhkan (staking), menyetor, menarik, dan klaim token SKL.

Sedangkan Subnode adalah elemen yang memberikan elastisitas pada jaringan. Subnode berpartisipasi dalam fungsi mekanisme konsensus dan menjalankan Mesin Virtual Ethereum serta bertanggung jawab terkait interoperabilitas. Subnode memungkinkan komunikasi antar rantai (interchain) melalui fungsi interoperabilitas dengan menghubungkan sidechains dan jaringan Ethereum, termasuk juga menciptakan jaringan sidechains.

SKL adalah token utilitas dari SKALE Network dan multiguna. SKL memungkinkan pengguna untuk membayar langganan sidechain, mengakses ke Dapps yang di-hosting di jaringan, melakukan transaksi, staking, dan berpartisipasi dalam tata kelola jaringan.

Sistem Pengamanan Jaringan SKALE

Token SKALE (SKL) berperan integral dalam mengamankan SKALE Network. Jaringan menggunakan model validasi kumpulan (pool validation) dengan validator node untuk memastikan kumpulan kecil dari node tidak dikompromikan karena kumpulan yang lebih kecil umumnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Jaringan SKALE diamankan oleh sejumlah besar node validator yang memiliki tugas arbitrer berbeda yang ditetapkan secara acak. Node yang bertanggung jawab atas validasi akan diotomatiskan untuk dirotasi untuk mengaktifkan keamanan terbaik sambil memanfaatkan semua sumber daya yang bisa ditawarkan jaringan.

Untuk meningkatkan keamanan jaringan secara komprehensif, node validator perlu mempertaruhkan (staking) sebagian besar token SKL. Token SKL yang dipertaruhkan nantinya akan disimpan di jaringan Ethereum, dalam smart contract khusus yang dikelola oleh SKALE Manager.

Smart contract tersebut akan memantau dan mengatur inflasi ekonomi token di SKALE Network. Tidak hanya itu, smart contract juga akan mendistribusikan pembayaran ke validator setiap bulan sebagai reward atau insentif karena memvalidasi node dalam rangka mengamankan jaringan dengan mempertaruhkan SKL.

Penggunaan SKALE Network (SKL)

SKALE Network adalah proyek yang dapat digunakan oleh pengembang Dapps yang mengalami masalah dengan fungsionalitas, pembuatan, pengujian, dan transaksi Dapp ketika jaringan Ethereum menjadi sangat padat.

Karena Ethereum belum beralih dari protokol PoW ke PoS yang mewakili protokol yang jauh lebih efisien, SKALE mengurangi masalah kemacetan jaringan dengan interkoneksi dengan Ethereum via penggunaan Elastic Sidechains.

Pengembang bisa menguji Dapps tanpa memengaruhi front-end di mainnet dan bisa beralih ke sidechain yang dapat disesuaikan dengan eksekusi transaksi dan fungsi yang cepat dalam pembuatan dan pengujian Dapp saat harga GAS meroket di Ethereum.

Harga GAS di Ethereum membuat pengembangan Dapp menjadi mahal, tidak kontinu, dan tidak menguntungkan. Inilah alasan SKALE Network dapat menjadi alternatif yang bagus dan ideal untuk pengembang Ethereum Dapps.

Token SKL adalah komponen penting yang digunakan untuk mempertaruhkan (staking) dan menjadi sistem penghargaan (reward) yang memberi insentif kepada node validator. Selain itu, koin SKL juga diperdagangkan di crypto exchange sehingga bisa menjadi instrumen investasi spekulatif.

Mekanisme atau Protokol dari SKALE Network

SKALE adalah protokol Proof of Stake (PoS) untuk menskalakan dApps dan transaksi di jaringan Ethereum. PoS telah terbukti menjadi salah satu protokol yang efisien dan digunakan dalam lingkungan berbasis blockchain. Inilah alasan alasan mengapa SKALE mampu menskalakan secara efektif.

Sementara itu, tidak ada mining token SKALE dan jaringan tidak bergantung pada kekuatan penambang (miners) dalam validasi transaksi dan mengamankan jaringan. Sebagai gantinya, SKALE Network menggunakan node validator yang mempertaruhkan (staking) token SKL ke kumpulan (pools).

Simpulan

SKALE Network adalah aset kripto dengan proyek unik karena menawarkan cara efektif bagi pengembang dApps untuk menguji, meng-hosting, dan membuat dSpps di lingkungan yang skalabel. Dengan kata lain, pengembang dapat menyesuaikan spesifikasi sidechain dan menjadikannya elastis.

Ethereum sering kali bermasalah pada kemacetan jaringan, yaitu ketika harga GAS naik, itu akan membuat proses pengembangan Dapp di Ethereum menjadi mahal dan tidak berkelanjutan.

SKALE Network adalah solusi atas masalah tersebut dengan membantu pengembang dApps dalam pembuatan, pengembangan, dan pengujian dApss berbasis EVM sambil menawarkan transaksi cepat dengan biaya lebih rendah.

Karena menawarkan solusi, prospek SKALE Network (SKL) dianggap cerah dalam jangka panjang. Cryptocurrency ini juga bisa Anda beli di pasar kripto dengan mudah. Well, semoga review kali ini membantu Anda mengenal apa itu SKALE Network (SKL).

error: Content is protected !!