Review Internet Computer (ICP) 2021

Dunia cryptocurrency telah mengadopsi konsep desentralisasi lebih dari sebelumnya. Mata uang kripto memperkenalkan konsep dunia nyata yang hampir terenkripsi. Penciptaan Bitcoin, misalnya, menandai awal dari mata uang digital (virtual) yang menyerupai emas.

Bitcoin hanya berfungsi sebagai tujuan transaksi, kemudian Ethereum menawarkan layanan real kehidupan sehari-hari secara terdesentralisasi. Tak hanya itu, dunia keuangan juga mulai berkembang menjadi sesuatu yang lebih efisien dengan kemunculan decentralized finance (DeFi).

Sejumlah inovasi ini baru permulaan saja, karena ada penemuan terbaru yang sanggup mengubah banyak elemen, tidak hanya konsep crypto saja, tetapi juga kemunculan internet. Itulah kemudian yang akan kita bahas pada review kali ini, yaitu Internet Computer (ICP).

Tidak hanya sekadar jaringan, Internet Computer adalah instrumen investasi dengan prospek cerah dan dapat menjadi buruan bagi para trader dan investor cryptocurrency. Lalu, apa itu Internet Computer (ICP)? Kita akan membahas bersama-sama pada artikel ini.

Apa Itu Internet Computer (ICP)?

DFINITY website Internet Computer

Internet Computer adalah sebuah jaringan berbasis blockchain yang mampu berjalan pada kecepatan web dan memiliki potensi untuk “menemukan kembali” internet. Sementara itu, ICP adalah token asli jaringan yang berfungsi sebagai token utilitas dan berperan dalam berbagai cara. Tak hanya itu saja, Internet Computer (ICP) juga merupakan aset kripto yang diperdagangkan di bursa atau crypto exchange, sehingga Anda dapat membeli dan berinvestasi di sana.

Cara Kerja Internet Computer Coin (ICP)

Dari sisi fungsionalitas, Internet Computer adalah jaringan paling kompleks di crypto market. Tim pembuat ICB memiliki visi untuk mengganti infrastruktur internet yang saat ini berjalan secara pribadi. Tujaun ICP adalah untuk mengubah sistem internet terpusat yang mana sedang kita gunakan saat ini.

ICP memiliki sebuah teknologi yang disebut Chain Key Technology. Teknologi ini terdiri dari beberapa sistem lainnya, seperti konsesus Treshold Relay, Internet Identity (IID), Network Nervouse System (NNS), dan sebagainya.

Tercatat, Internet Compoter adalah teknologi dengan jaringan yang terdiri dari 48 pusat data di dunia. Setiap pusat data, ada ribuan node berjalan untuk mengamankan jaringan. Kemudian, node membentuk subnet ketika mereka dikelompokkan. Subnet sering dianggap sebagai blockchain untuk dirinya sendiri dan mengadopsi mekanisme Proof of Stake (PoS).

Dengan kata lain, tidak ada istilah menambang atau mining Internet Computer (ICP), melainkan staking ICP. Setiap token dapat dipertaruhkan (staked), semakin banyak jumlah token yang dipertaruhkan, semakin tinggi penghargaan untuk pemilik token. Node subnet yang terpilih untuk melakukan validasi transaksi akan diberikan rewards berupa token terpilih, tergantung pada token yang di-staking. Ini menjadi teknologi pertama dari jenis atau kelompokkan, dikenal sebagai Threshold Relay.

Fitur Teknologi Canggih Internet Computer (ICP)

Jaringan Internet Computer mendukung decentralized applications (dApps), serupa dengan jaringan Ethereum. Bedanya adalah ICP tidak menggunakan smart contract pada umumnya, melainkan smart contract yang  ditingkatkan (upgraded) – kemudian dikenal sebagai tabung (canisters).

Kehebatan canisters adalah dapat mereplikasi dan memperbarui diri pada subnet lainnya tanpa membutuhkan batuan dari tuan rumah (host). Secara teknis, canisters berjalan di pusat data terkiat dari jaringan ICP, sehingga inilah yang memungkinkan ICP berjalan pada kecepatan web – mampu menciptakan efisiensi.

Berbeda dari smart contract biasa, canisters tidak mengenakan biaya gas (gas fee) kecuai ketika terjadi suatu transaksi. Sementara itu, canister memiliki bahasa pemrograman yang disebut Motoko.

Internet Identity (IID)

Fitur canggih lainnya dari jaringan Internet Computer adalah Internet Identity (IID). Siapa pun yang ingin membeli token ICP dan/atau menggunakan ICP untuk layanan di jaringan, maka perlu membuat Identitas Internet (IID).

Ketika membuat IID, pengguna juga membuat dompet (wallet) untuk token ICP atau ICP wallet. Perangkat yang digunakan untuk membuat IID nantinya akan menjadi perangkat yang sama untuk mengonfirmasi transaksi. Selain itu, pengguna dapat menggunakan perangkat tersebut untuk menyinkronkan dengan perangkat lain dalam IID yang sama.

Chain Key Technology dan NNS

Kemudian, Chain Key Technology memungkinkan subnet di jaringan ICP untuk berkomunikasi satu sama lain melalui Network Nervous System (NNS) dari ICP. NNS berjalan dalam sistem hierarki yang memiliki empat level utama.

Tingkat pusat data akan menjadi level pertama, di mana NNS akan memutuskan node tertentu yang dapat bergabung dalam jaringan; dan mana node yang tidak diizinkan. Level kedua adalah level node – NNS bertanggung jawab untuk mengidentifikasi node yang memiliki kinerja kurang baik dan menghapusnya dari jaringan.

Level ketiga adalah tingkat subnet – NNS bertanggung jawab untuk memutuskan node mana yang akan membentuk subnet, dan menghasilkan kunci subnet (publik/public dan pribadi/private). Level keempat adalah tingkat tabung (canisters) – NNS memutuskan apakah canisters perlu diperbarui atau tidak.

Pada dasarnya, NNS berjalan melalui canisters. Jenis canisters di NNS adalah sebagai berikut:

  • ledger canisters – berisi semua informaso IID dalam jaringan;
  • registry canisters – terlibat dalam organisasi jaringan; dan
  • governance canisters – terlibat dalam sistem voting atau pemungutan suara jaringan.

Token ICP

Token ICP adalah jenis token utilitas asli dari Internet Computer. Total pasokan ICP adalah sekitar 470 juta ICP. Jumlah pasokan Internet Computer yang beredar adalah sekitar 136 juta token ICP. Token ICP lainnya akan direncanakan untuk diberikan pada tahun-tahun mendatang. Ada tiga kasus utama penggunaan token ICP di jaringan yaitu sebagai berikut.

  1. Tata Kelola (Governance). Ini memungkinkan pengguna untuk mengunci token ICP mereka dan menggunakannya untuk membuat Neuron – digunakan untuk memilih tata kelola jaringan.
  2. Biaya tabung (Canister Fees). Ini memungkinkan pengguna untuk mengonversi token ICP mereka menjadi Siklus. Berbeda dari token ICP, siklus memiliki harga jangka panjang yang relatif stabil, dan dapat digunakan untuk membayar biaya tabung di jaringan. Nilai 1 ICP = 1 triliun siklus. Siklus yang digunakan lalu dibakar untuk menjaga nilai terhadap inflasi.
  3. Penghargaan (Reward). Ini memungkinkan pengguna yang mengunci ICP mereka untuk dapat memilih. Periode penguncian bisa bervariasi dari enam bulan sampai delapan tahun. Jaringan akan memberikan reward kepada pemilih atas partisipasi mereka yang mengacu pada jumlah token yang dikunci. Selain itu, pusat data memperoleh hadiah untuk mengamankan jaringan.

Untuk menjadi node di jaringan ICP, pengguna terlebih dahulu harus mengajukan Data Center ID (DCID) di Network Nervous System (NNS). Pengguna juga harus menguasai mesin, menginstal protokol, dan menautkan node dengan jaringan.

Sejarah Internet Computer (ICP)

Internet Computer (ICP) diluncurkan pada tahun 2016 oleh DFINITY Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss. DFINITY diisi oleh ahli cryptocurrency, ilmuwan komputer, dan pemrogram terbaik di dunia. Bahkan, beberapa dari mereka pernah telah terlibat sebelumnya dalam berbagai proyek yang diadakan oleh perusahaan top dunia seperti YouTube, Google, dan AsicBoost.

Siapa pendiri DFINITY? Dia adalah Dominic Williams, seorang pengusaha dan juga seseorang yang terlibat dalam komunitas crypto seperti Bitcoin dan Ethereum. Kemampuan di DFINITY mampu membangun kredibilitas yang baik dan membuat semua orang menyadari bahwa proyek yang dikerjakan adalah hal yang serius dan penting.

Williams sebelumnya adalah presiden String Labs, bagian dari banyak proyek startup berbasis mata uang kripto. Ini membantunya mendapatkan banyak pengalaman untuk merancang Internet Computer (ICP).

Dalam proses pengembangan proyek, DFINITY mengadakan Initial Coin Offering (ICO) dan berhasil mengumpulkan cukup dana. ICO publik pertama berlangsung pada tahun 2017, sebanyak 25% token ICP dijual pada harga sekitar $4,1 juta. Kebanyakan investor di ICO publik tersebut diyakini adalah orang-orang dari jaringan Ethereum.

Sementara itu, ICO pribadi pertama terjadi pada tahun 2018, ketika sebanyak 7% dari jumlah pasokan ICP dijual dengan total sekitar $20 juta. Pada akhir tahun 2018, terjadi pendanaan swasta kedua dari Internet Computer Protocol, sebanyak 5% dari total pasokan ICP dijual dengan total sekitar $105 juta.

Token ICP sisanya dialokasikan ke tim DFINITY. Secara keseluruhan, total pendanaan ICP terkumpul lebih dari $120 juta dan menjadi kesuksesan besar bagi mereka.

Perkembangan Internet Computer (ICP)

Perkembangan pertama dari ICP ditandai dengan rilis Copper, ketika software development kit (SDK) dan bahasa pemrograman Motoko diluncurkan. Ini dilakukan tepatnya pada kuartal keempat tahun 2019. Sementara itu, pada kuartal pertama tahun 2020, ditandai dengan pembangunan tahap kedua yaitu Bronze.

Ini memperkenalkan kepada publik aplikasi terdesentralisasi (dApp) pertama di jaringan yang berjudul LinkedUp, sebuah aplikasi jaringan yang menyerupai aplikasi LinkedIn. Proyek ini dijalankan oleh World Economic Forum (WEF).

Selanjutnya, fase Tungsten DFINITY yang memungkinkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi di jaringan ICP lebih banyak. Salah satunya yaitu CanCan, versi TikTok yang terdesentralisasi.

Data Teknis Internet Computer (ICP)

Internet Computer adalah salah satu crypto teratas di pasar dan menduduki peringkat #16 dari segi nilai kapitalisasi pasar (market cap). Tercatat, hari ini (10/08/2021) market cap ICP adalah $10 miliar. Sementara itu, harga ICP 1 keping ICP senilai $73 atau setara Rp 1,1 juta per keping. Sementara itu, jumlah pasokan beredar adalah 136.899.213 ICP dari total pasokan 469.213.710 ICP.

Cara Memilih Internet Computer Wallet

Ada tiga alternatif jenis dompet crypto yang dapat berfungsi sebagai Internet Computer (ICP) wallet, yaitu hot wallet, cold wallet, dan software wallet. Setiap dompet memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga lebih bijaksana jika memilih dompet yang sesuai dengan preferensi atau kebutuhan. Anda dapat belajar lebih lanjut di sini: Mengenal Crypto Wallet.

Cara Beli Internet Computer (ICP)

Secara umum, platform crypto exchange menjadi tempat paling populer untuk berinvestasi cryptocurrency, termasuk beli Internet Computer (ICP). Cara beli ICP di crypto exchange dilakukan dengan tiga langkah.

  1. Proses pendaftaran, umumnya secara online.
  2. Proses deposit atau setoran dana.
  3. Proses transaksi beli ICP di platform tersebut.

Panduan lebih lengkap di sini: Cara Beli Cryptocurrency 2021.

Prospek dan Masa Depan Internet Computer (ICP)

DFINITY memiliki sekitar 200 anggota tim dan berencana untuk menggandakan jumlah dalam lima tahun ke depan, termasuk meningkatkan komunitas. Melansir artikel Medium, Internet Computer (ICP) memiliki misi untuk menjadi alternatif internet yang solid dalam dekade berikutnya.

Klaim dari artikel tersebut mengindikasikan bahwa di masa depan, ICP akan meniadakan Google, FB, Microsoft, dan Amazon, yang saat ini menguasi internet.

Pada dasarnya, Internet Computer atau ICP adalah crypto potensial dengan proyek yang menarik dan unik. Mereka juga memiliki rencana besar dalam terobosan di sektor internet. Melihat cara mereka bekerja, bukan mustahil ICP memiliki prospek yang bagus.

Namun, tidak mudah pula untuk, misalnya, menandingi perusahaan internet besar seperti Google dan lainnya. Ini pekerjaan berat dan harus diselesaikan dengan tanggung jawab serta intensitas tinggi. Review Internet Computer (2021) ini diharapkan bisa memberi gambaran luas mengenai mata uang kripto (cryptocurrency) ini.

error: Content is protected !!