Mengenal Dompet Mata Uang Kripto (Crypto Wallet)

Dompet mata uang kripto atau crypto wallet adalah salah satu elemen penting dalam proses investasi cryptocurrency. Pasalnya, dompet kripto tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan coin crypto Anda. Tertarik mengenal apa itu crypto wallet lebih jauh? Berikut pembahasannya.

Pengertian Dompet Kripto (Crypto Wallet)

dompet kripto crypto wallet

Mungkin Anda familier dengan istilah dompet (wallet). Ini merupakan tempat untuk menyimpan uang Anda. Sedangkan dompet mata uang kripto atau crypto wallet adalah tempat untuk menyimpan dan mengamankan aset kripto Anda.

Masuk akal jika menganggap dompet crypto sebagai brankas yang menyimpan dana cryptocurrency. Secara praktis, tidak ada salahnya membayangkan seperti itu.

Namun, realitas yang sebenarnya sangatlah berbeda. Crypto wallet adalah antarmuka pengguna yang memungkinkan mereka untuk menanyakan blockchain yang mendasari crypto atas informasi, menerima, dan mengirim dana kepada pengguna lain dengan mencatat transaksi ke blockchain.

Komponen Dompet Kripto

Dompet Bitcoin dan dompet kripto lainnya didasarkan pada kriptografi kunci publik (public key).

Komponen penting dari sebuah dompet adalah kunci publik, kunci pribadi (private key), dan alamat dompet (wallet address).

Itu dimulai dari public key, yaitu bilangan biner 256-bit yang biasanya direpresentasikan sebagai 64 angka dan huruf seperti: D77C 5E92 3004 A774 C543D 7501 22E9 11E2 61CA 3833 8DDD E123 555F 2011 G003 F08D.

Kunci pribadi (private key) adalah kata sandi (password) yang digunakan untuk mendapatkan akses ke data dan sumber daya pengguna di blockchain, termasuk akses ke dana di dalam dompet.

Anda dapat menganggap publick key sebagai nomor akun. Ini juga merupakan rangkaian angka dan huruf yang cukup panjang dan digunakan untuk mengenkripsi informasi yang ditujukan kepada Anda sebelum informasi tersebut di-posting di blockchain.

Perlu dicatat, hanya private key Anda yang dapat mendekripsi informasi yang dienkripsi tersebut dengan public key Anda.

Alamat atau address adalah serangkaian kombinasi angka dan huruf yang lebih pendek dan diturunkan dari kunci publik Anda. Alamat dompet tersebut akan menentukan lokasi crypto wallet Anda di blockchain.

Siapa pun yang memiliki alamat dompet (wallet address) Anda bisa mengirim dana kripto kepada Anda. Untuk mengakses dana Anda, itu membutuhkan kunci pribadi Anda.

Anda juga dapat mengirim dana kepada orang lain selama mengetahui alamat dompet mereka.

Hati-hati dengan Penggunaan Private Key

Ingatlah bahwa private key adalah password untuk mengakses ke dalam dompet kripto (crypto wallet) Anda. Oleh karena itu, tidak boleh seorang pun tahu kode private key Anda.

Setiap orang yang masuk ke dompet crypto Anda memiliki akses secara penuh ke dalam dana Anda. Transaksi crypto sejatinya tidak dapat diubah dan bahkan tidak dapat dilacak.

Jadi, misalnya ada pihak tertentu yang meretas smartphone atau laptop Anda dan mengakses crypto wallet Anda, lalu mentransfer semua aset Bitcoin (BTC) Anda ke dompet kripto miliknya, Bitcoin tersebut tidak dapat dikembalikan. Crypto wallet terbaik apa pun yang ada di pasar kripto tetap saja tidak akan bisa mengembalikan coin crypto (seperti Bitcoin) yang telah dipindahkan ke dompet lain.

Itu alasan mengapa crypto wallet saling bersaing dalam keamanan. Inilah kemudian yang menjadi perbedaan antara satu dompet dengan dompet kripto lainnya.

Jenis-jenis Dompet Kripto

Ada banyak sekali jenis dompet kripto (crypto wallet) seperti dompet web, dompet desktop, dompet seluler, dompet perangkat lunak, dompet perangkat keras, dompet kertas, dan lainnya.

Meskipun begitu, ada tiga jenis crypto wallet yang paling populer dan banyak ditemukan, yaitu online wallet (disebut juga hot wallet), cold wallet (disebut juga hardware wallet), dan software wallet.

Hot Wallet

Seperti namanya, online (hot) wallet adalah dompet kripto yang terkoneksi dengan internet alias dompet online atau dompet digital. Hot wallet biasanya disediakan secara gratis oleh platform crypto exchange sebagai tempat jual beli mata uang kripto. Contoh crypto exchange adalah Binance, Tokocrypto, Indodax, Zipmex, Coinbase, dan banyak lagi.

Kelebihan hot wallet adalah akses yang mudah dengan fleksibilitas tinggi, ditambah juga gratis karena disediakan oleh penyedia layanan crypto exchange. Kekurangan dompet kripto hot wallet adalah tingkat keamanan yang diragukan dan lebih rentan peretasan karena terkoneksi internet.

Ketika Anda menggunakan crypto wallet ini, secara tersirat Anda akan memberikan kepercayaan secara full kepada penyedia layanan atau platform untuk mengelola dompet Anda. Platform biasanya menyediakan private key di web sehingga jika itu diretas, habislah sudah dana Anda. Oleh karena itu, hot wallet disarankan untuk penyimpanan dana atau coin dalam jumlah lebih kecil.

Software Wallet

Hampir mirip dengan cara kerja hot wallet, dompet kripto perangkat lunak (software wallet) juga dapat diakses secara online. Crypto wallet ini disediakan oleh penyedia layanan dompet kripto, seperti Exodus, dan lainnya. Software wallet menyediakan opsi dompet kustodian dan non kustodian.

Dompet kustodian memungkinkan private key untuk dikelola atas nama pengguna dan dicadangkan oleh penyedia layanan. Sementara itu, dompet non kustodian memungkinkan private key dikelola pada perangkat dengan elemen yang aman. Dompet kripto ini tersedia untuk smartphone dan web.

Dari segi keamanan, ini tidak jauh berbeda dengan online wallet. Invesnesia menyarankan agar tidak menyimpan dana kripto dalam jumlah relatif besar di sini. Simpanlah sekucupnya saja, setidaknya untuk keperluan likuiditas transaksi harian saja.

Hardware Wallet

Jika Anda menginginkan opsi crypto wallet dengan tingkat keamanan tinggi, cold wallet atau hardware wallet adalah pilihan paling ideal. Pasalnya, dompet perangkat keras tidak terkoneksi internet, disebut juga sebagai dompet kripto offline.

Meskipun begitu, hardware wallet bisa terhubung dengan perangkat lain yang terkoneksi internet. Dompet kripto ini sangat ideal untuk menyimpan dana dan coin crypto Anda dalam jumlah besar. Sayangnya, crypto wallet ini dianggap kurang fleksibel dan biaya mahal.

Simpulan

Pada dasarnya, dompet kripto alias crypto wallet adalah tempat penyimpanan aset kripto Anda. Pilihan paling populer di antara berbagai jenis dompet kripto adalah hot wallet. Alasannya bahwa dompet digital ini sangat fleksibel, mudah digunakan, dan gratis. Namun, dalam memilih crypto wallet terbaik, itu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Online dan software wallet cukup ideal untuk menyimpan dana lebih kecil. Sementara itu, cold wallet untuk menyimpan dana lebih banyak.

Leave a Comment

error: Content is protected !!