Review Compound (COMP) 2021

Compound (COMP) adalah protokol berbasis blockchain terdesentralisasi yang berjalan di jaringan Ethereum. Dilengkapi dengan token ERC-20 sendiri, COMP, protokol Compound berfungsi sebagai aplikasi terdesentralisasi yang memungkinkan fitur keuangan terdesentralisasi (DeFi) langsung di blockchain Ethereum. Melalui protokol Compound, pengguna dapat meminta pinjaman atau mendapatkan bunga dengan meminjamkan cryptocurrency yang mereka miliki – semuanya melalui kontrak pintar otonom (autonomous smart contracts).

Untuk mendorong partisipasi di kedua sisi, Compound menggunakan token cryptocurrency-nya, COMP, untuk memberikan penghargaan kepada pengguna (users). Setiap kali pengguna melakukan interaksi dengan protokol Compound – baik itu meminjam, menarik, atau membayar kembali pinjaman – mereka diberi bonus token COMP. Ini membantu mempromosikan penggunaan protokol secara aktif dan memastikan pasar yang sehat. Tertarik mengenal Compound (COMP) tapi tidak tahu mau mulai dari mana? Berikut kami berikan review Compound (COMP) secara lengkap.

Apa Itu Compound (COMP)?

Crypto Compound COMP

Compound adalah protokol perangkat lunak terdesentralisasi (decentralized software) yang berjalan di jaringan Ethereum. Token ERC-20 aslinya yaitu COMP – dirancang untuk memberikan insentif pada jaringan komputer terdistribusi yang bertugas mengoperasikan versi pasar keuangan/perbankan tradisional yang sepenuhnya terdesentralisasi.

Salah satu dari meningkatnya jumlah protokol keuangan terdesentralisasi/decentralized finance (DeFi), Compound (COMP) mampu menciptakan agunan beberapa aset kripto (crypto) untuk menyediakan berbagai layanan keuangan. Pada dasarnya, apa yang dilakukan ini akan memungkinkan pinjaman (lending) dan peminjaman (borrowing) yang sepenuhnya terdesentralisasi dan otonom.

Dengan kata lain, protokol Compound memungkinkan pengguna (users) untuk menyetor cryptocurrency yang mereka miliki ke dalam kumpulan pinjaman yang dirancang untuk dipinjam oleh pengguna lain. Pemberi pinjaman (lender) mendapatkan bunga (interest) atas simpanan mereka. Setelah pengguna menyetor cryptocurrency mereka untuk pinjaman, Compound memberikan cryptocurrency baru kepada mereka – dikenal sebagai cToken. Contoh cToken termasuk cETH, cDAI dan cBAT.

Seorang pengguna dapat mentransfer dan memperdagangkan cToken tanpa batas, tetapi hanya dapat ditukarkan untuk cryptocurrency yang dikunci dalam protokol yang diwakilinya. Protokol Compound menggunakan autonomous smart contract untuk menjalankan seluruh proses ini – serta memungkinkan pengguna untuk menarik simpanan mereka kapan pun.

Cara Kerja Compound

Compound (COMP) dirancang untuk menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower) dengan menggunakan kombinasi smart contract yang kuat – berjalan langsung di blockchain Ethereum.

Ada dua jenis pengguna Compound:

Peminjam (borrower) – pengguna yang memposting jaminan cryptocurrency di Compound dan kemudian diizinkan untuk meminjam cryptocurrency lain yang didukung oleh Compound dengan persentase dari nilai yang diposting.

Pemberi Pinjaman (lender) – pengguna yang mendepositkan mata uang kripto mereka ke kumpulan pinjaman tempat peminjam meminjam. Pemberi pinjaman mendapatkan bunga atas cryptocurrency yang mereka setorkan.

Protokol Compound memberi penghargaan kepada lender dengan token ERC-20 COMP-nya. Imbalan ini sepenuhnya didasarkan pada dua faktor: jumlah cToken yang disimpan di dompet mereka, dan tingkat bunga yang bervariasi yang bergantung pada pasokan aset yang tersedia. Semakin banyak likuiditas yang dimiliki token tertentu, semakin rendah tingkat bunga yang dihasilkan.

Pengguna yang meminjamkan aset ke protokol juga dapat mengambil pinjaman dalam mata uang kripto lainnya yang didukung oleh protokol Compound. Penting untuk dicatat bahwa ini membuka kemungkinan bagi peminjam untuk dilikuidasi jika aset yang dipinjam meningkat nilainya dan menjadi lebih berharga daripada agunan yang disimpan.

Siapa Pendiri Compound?

Compound didirikan oleh pengusaha veteran Geoffrey Hayes dan Robert Leshner. Pada tahun 2018, Compound mengumpulkan $8,2 juta dalam pendanaan dari perusahaan modal ventura (venture capital/VC) terkemuka Andreessen Horowitz dan Bain Capital Ventures. Tahun berikutnya, Compound mengumpulkan tambahan $25 juta dari banyak investor yang sama – bersama dengan pihak baru seperti Paradigm Capital, dana VC yang terkait dengan Coinbase. Bagian dari total pasokan cryptocurrency COMP awalnya didistribusikan kepada investor di perusahaan dan juga tim.

Keunikan Compound

Compound unik dalam pendekatan insentifnya terhadap keuangan terdesentralisasi (DeFi). Seiring dengan manfaat biasa yang terkait dengan DeFi, pengguna diberi imbalan atas partisipasi mereka dengan token COMP.

COMP tidak hanya memberikan nilai tambahan (additional value) kepada pengguna untuk loyalitas mereka, tetapi juga bertindak sebagai token tata kelola (governance token). Ini memberikan insentif kepada pengguna untuk tidak hanya berpartisipasi dalam protokol, tetapi juga memegang token mereka – untuk memberikan suara (voting) pada keputusan di masa mendatang yang akan memengaruhi hal-hal penting, seperti suku bunga, pendaptan mereka, dan sebagainya.

Value dari Compound

Seperti disebutkan di atas, satu aspek berharga dari COMP adalah bahwa pemegangnya dapat memberikan suara pada keputusan yang akan memengaruhi masa depan software. Pemegang COMP juga dapat mendelegasikan hak suara mereka kepada orang lain. Hal ini memungkinkan sumber luar, seseorang yang bukan pemegang COMP – seperti ahli hukum, keuangan, atau ahli lainnya – untuk memberikan suara (voting) atas nama pemegang COMP jika muncul masalah yang lebih sensitif.

Data Teknis Compound

Berapa jumlah token Compound (COMP) yang beredar? Mirip dengan Bitcoin (BTC), hanya sejumlah token COMP yang akan pernah ada. Total pasokan dibatasi pada 10 juta COMP. Pada saat penulisan ini, kurang dari sepertiga dari persediaan maksimum yang beredar.

Sekitar 4,2 juta token akan didistribusikan kepada pengguna protokol Compound selama periode 4 tahun. Kemudian, 2,4 juta COMP dialokasikan untuk pemegang saham Compound Labs, Inc. Sisanya 2,2 juta token COMP lainnya akan didistribusikan ke tim pendiri saat ini dengan jadwal vesting 4 tahun.

Akhirnya, 775.000 COMP dicadangkan untuk mendorong tata kelola komunitas, dengan 332.000 token sisanya akan didistribusikan ke anggota tim di masa depan. Tingkat pasti generasi COMP akan bervariasi dari waktu ke waktu, karena pemegang / pemilih COMP dapat mengubah tingkat ini dengan mengajukan proposal melalui tata kelola komunitas.

Data Teknis lainnya

Protokol Compound menggunakan lima (5) faktor utama untuk mencapai tata kelola yang terdesentralisasi:

  1. COMP – token ERC-20 yang menentukan kekuatan voting yang dimiliki pengguna. Semakin banyak COMP yang dimiliki pengguna di dompet mereka, semakin besar bobot delegasi atau suara mereka pada proposal yang ditahan.
  2. Delegasi – Pemegang COMP tidak dapat memberikan suara atau membuat proposal sampai mereka mendelegasikan hak suara mereka ke sebuah alamat (address). Alamatnya bisa milik siapa saja, atau dompet (wallet) pengguna sendiri jika mereka ingin memilih sendiri.
  3. Proposal – proposal adalah kode yang dapat dieksekusi yang memodifikasi protokol dalam beberapa cara. Untuk membuat proposal, pengguna harus memiliki setidaknya 1% dari total pasokan COMP yang didelegasikan ke alamat mereka. Ada total 10 juta COMP yang ada, jadi pengguna harus memiliki setidaknya 100.000 COMP yang didelegasikan ke alamat mereka.
  4. Voting – pengguna dapat memilih atau menentang proposal tunggal setelah mereka memiliki hak suara yang didelegasikan ke alamat mereka. Periode pemungutan suara berlangsung selama 3 hari. Jika mayoritas memberikan suara untuk proposal, proposal akan diantrekan di Timelock.
  5. Timelock – semua tata kelola (governance) dan tindakan administratif lainnya diharuskan untuk duduk di Timelock selama minimal 2 hari, setelah itu dapat diimplementasikan.

Pengamanan Protokol Compound

Karena Compound adalah aplikasi terdesentralisasi (dApp) yang berjalan di jaringan Ethereum, itu diamankan melalui Ethereum itu sendiri. Compound dapat berfungsi berkat kontrak pintar (smart contract) yang memungkinkan eksekusi otonom dari setiap aktivitas yang tersedia dalam protokolnya. Pengembangan dan arah Compound di masa depan juga dijamin melalui sistem tata kelola yang diberikan oleh token COMP aslinya.

Penggunaan Compound

Pengguna dapat berinteraksi dengan protokol Compound secara langsung di compound.finance dengan menggunakan browser dApp atau browser biasa yang dilengkapi dengan MetaMask atau opsi dompet lainnya. Setelah terhubung, pengguna dapat menggunakan Compound untuk memanfaatkan pinjaman yang dijaminkan, atau menikmati menghasilkan bunga untuk menyetorkan mata uang kripto mereka untuk dipinjamkan.

Simpulan

Compound (COMP) harus menarik bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan meminjamkan atau meminjam cryptocurrency. Selain nilai finansialnya, pengguna protokol Compound memiliki alasan tambahan untuk memegang token COMP. Siapa pun yang memegang token COMP dapat membantu membuat keputusan tentang arah platform di masa depan. Ini termasuk pemungutan suara tentang suku bunga Compound di masa depan dan keputusan lain yang dapat memengaruhi pendapatan mereka secara langsung. Inilah review Compound untuk membantu Anda semua mengenal Compund secara detail.

error: Content is protected !!