Review Decentraland (MANA) 2021

Pasar cryptocurrency dan produk berbasis teknologi blockchain mengalami perkembangan sangat pesat sejak dimulainya Bitcoin. Decentraland adalah salah satu proyek cryptocurrency dengan utilitas unik sebagai perangkat lunak (software) yang dibangun di atas jaringan Ethereum yang mewakili komunitas pengguna global yang berbagi dunia virtual.

Decentraland digambarkan sebagai sebuah platform realitas virtual atau virtual reality (VR) yang didukung oleh MANA, token jenis ERC-20 yang digunakan sebagai mata uang asli ekosistem. Anggota komunitas Decentraland bisa menggunakan MANA seperti untuk membeli LAND, aset virtual dari platform VR yang diwakili oleh Decentraland.

LAND adalah token ERC-721 yang merupakan jenis non-fungible token (NFT) alias tidak dapat dipertukarkan. Kepemilikan LAND oleh pengguna akan mewakili kepemilikan dari dunia Decentraland. Untuk menyelam lebih dalam, berikut ini review Decentraland (MANA) yang akan memberikan gambaran lebih jelas tentang proyek crypto ini, termasuk seperti apa proyek dan prospek Decentraland di masa depan.

Apa Itu Decentraland (MANA)?

proyek decentraland MANA dan LAND

Decentraland (MANA) didirikan oleh Esteban Ordano dan Ariel Meilich pada tahun 2017 seiring dengan peluncuran situs resmi Decentraland. Decentraland di-host di jaringan Ethereum yang mewakili ekosistem Virtual Reality (VR) di mana setiap orang dapat membeli LAND, sebuah NFT yang mewakili bagian dari peta virtual.

Pengguna Decentraland mendapatkan insentif saat mengoperasikan realitas virtual yang dibagikan oleh semua komunitas. Sementara LAND mewakili kepemilikan atas dunia virtual Decentraland. Sementara itu, MANA adalah mata uang asli dari sistem yang memungkinkan setiap anggota komunitas untuk membeli LAND di pasar.

Perangkat lunak Decentraland menawarkan pengalaman unik untuk pengguna karena memungkinkan komunikasi dengan pengguna lain, termasuk juga memanfaatkan fitur terbaik, seperti sistem pembayaran, games, dan konten virtual.

Dengan struktur tata kelola terdesentralisasi, kekuasaan berada di tangan pengguna dan pemegang MANA, sedangkan Decentraland adalah platform virtual pertama di sektornya yang menjadikan pengguna sebagai pemegang kendali penuh atas ekosistem.

Cara Kerja Decentraland

Decentraland tidak punya otoritas pusat dan seluruh ekosistem VR dioperasikan sekaligus diatur oleh pengguna Decentraland sepenuhnya. Dunia ini berfungsi sebagai ekosistem VR alternatif yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual properti virtual dan real estat, bermain games, dan menggunakan LAND mereka untuk apa pun selama fitur jaringan mengizinkannya. Pengguna juga bisa saling berkomunikasi, memonetisasi, mengontrol, dan mengembangkan metaverse Decentraland untuk meniru realitas yang ada di lingkungan digital.

Sementara itu, ada dua token berbeda yang digunakan dalam operasi dan tata kelola metaverse Decentraland, yakni LAND dan MANA. MANA adalah token asli dari sistem yang digunakan untuk membeli aset virtual dan real estat yang dikembangkan dan dijual oleh pengguna Decentraland. MANA juga digunakan di dalam tata kelola sistem. Sedangkan LAND adalah token yang mewakili kepemilikan parsel metaverse di dalam ekosistem Decentraland.

Aplikasi Decentraland dibangun di atas jaringan Ethereum yang mampu melacak kepemilikan LAND. Pengguna hanya perlu menyimpan token MANA di dompet berbasis Ethereum agar setiap proses tetap berfungsi. Sedangkan fungsionalitas dimanfaatkan melalui blockchain Ethereum. Decentraland terdiri dari arsitektur berlapis-lapis yang mendukung operasi dan fungsi ekosistem VR. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan meng-host aplikasi, games, dan konten interaktif.

Sejarah Decentraland (MANA)

Siapa pendiri Decentraland? Decentraland dibangun oleh Esteban Ordano dan Ariel Meilich. Proyek ini diluncurkan dalam bentuknya sekarang pada tahun 2017. Konsep Decentraland adalah seperti evolusi manusia dalam arti perkembangan dan kemajuan sosial. Hal inilah yang menjadikan versi pertama dari metaverse Decentraland disebut sebagai Zaman Batu. Tahap pertama dirilis resmi pada tahun 2015 dan terdiri dari piksel yang menunjukkan kepemilikan atas dunia digital dalam kotak 2D tanpa batas.

Pengembangan tahap selanjutnya dilakukan pada akhir tahun 2016 dengan nama Zaman Perunggu. Tim menambahkan dunia 3D dengan plot Decentraland yang terbagi-bagi. Untuk mengembangkan lingkungan yang cepat di mana pengguna bisa membuat aplikasi, konten interaktif, games, dan saling berkomunikasi dengan pengguna lain, tim membuat jaringan P2P dan menamai tahap selanjutnya sebagai Zaman Besi. Tahap terakhir ini didukung oleh Ethereum yang berperan sebagai superkomputer untuk mendukung ekosistem metaverse Decentraland.

Keunikan Decentraland (MANA)

Keunikan Decentraland adalah sebagai sistem realitas virtual terdesentralisasi pertama yang memungkinkan terjadinya interaksi antar pengguna dan memberikan kepemilikan penuh atas aset virtual di metaverse Decentraland.

Decentraland menciptakan lingkungan yang dinamis dan serba cepat sehingga pengguna dapat mengembangkan aset LAND mereka yang dibeli dengan token MANA, kemudian mengoperasikan sistem dan menggunakan fungsinya tanpa melibatkan otoritas pusat.

Pengguna bisa membuktikan kepemilikan atas LAND mereka kapan pun karena sistem akan mencatat setiap interaksi, dan menggunakan paket digital untuk berkomunikasi dengan anggota komunitas Decentraland lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah banyak aplikasi, games, dan menambahkan tampilan statis ke paket digital mereka.

Value dari Decentraland (MANA)?

Value dari Decentraland adalah dari kemampuan dan potensi teknisnya. Keunikan proyek Decentraland juga memberikan value added, termasuk kedua tokennya, LAND dan MANA. Jumlah pengguna dan keseluruhan permintaan untuk koin MANA dapat digunakan untuk membeli parsel di dunia VR digital sehingga juga menambah value bagi Decentraland. Harga token MANA di pasar sangat tergantung pada permintaan dan jumlah pasokan maksimalnya, apakah bersifat tetap atau terbatas.

Data Teknis Decentraland (MANA)

Berapa jumlah koin Decentraland (MANA) yang beredar? Saat ini total pasokan token MANA adalah 2,19 miliar MANA. Pada awalnya, proyek ini diluncurkan dengan total pasokan 2,8 miliar MANA tetapi kemudian dikurangi melalui token burn selama lelang LAND.

Token awalnya dirancang untuk memiliki tingkat inflasi yang menurun secara bertahap tetapi saat ini dinonaktifkan dan pasokan yang beredar diatur untuk mengurangi lebih lanjut melalui mekanisme pembakaran yang diterapkan pada operasi jaringan seperti transaksi di pasar Decentraland.

Dari 2,19 miliar token MANA, sekitar 70% koin MANA sudah beredar. Jumlah token MANA yang beredar dikalikan dengan harga token MANA di pasar sama dengan kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar memberi peringkat MANA dibandingkan dengan aset kripto lainnya di pasar dan mendefinisikan dominasi pasar Decentraland (MANA).

Data Teknis lainnya

Sistem Decentraland mencatat data kepemilikan melalui smart contract yang beroperasi di blockchain Ethereum. Sistem ini terdiri dari tiga lapisan (layers), yakni lapisan pertama mencatat dan melacak kepemilikan melalui smart contract; kemudian lapisan kedua menampung konten LAND dan setiap data diunggah ke paket virtual Decentraland; dan lapisan ketiga adalah jaringan P2P di mana seluruh dunia terjadi secara real-time.

Bahasa skrip dari Decentraland memungkinkan sejumlah model 3D dan adegan dinamis, sehingga siapa pun bisa membuat game, pengalaman interaktif, aplikasi, dan perangkat lunak berbeda.

Sebagai token asli jaringan dan mata uang utama di Decentraland, MANA punya persediaan terbatas dan setiap kali seseorang membeli LAND dengan MANA, persentase token MANA akan dibakar. Token MANA tidak lagi digunakan di luar ekosistem Decentraland selain daripada diperdagangkan di pasar crypto.

Sistem Keamanan Jaringan Decentraland

Decentraland menggunakan pengkodean TypeScript untuk membuat adegan dalam buku besar (ledger) yang dikenal juga sebagai metaverse2. Protokol akan mengamankan sistem di mana ekosistem VR di-hosting dan dibuat untuk mendukung lebih banyak anggota. Keamanan tambahan juga difasilitasi melalui dukungan Ethereum.

Kepemilikan pengguna atas LAND diamankan melalui lapisan pertama sistem ketika melacak dan mencatat pembelian LAND dan kepemilikan paket Virtual Reality pada platform Decentraland VR. Pengguna dan anggota komunitas juga dapat menguji jaringan untuk bug dan titik risiko kritis serta melaporkan malfungsi yang mencurigakan kepada tim dengan imbalan hadiah.

Kasus Penggunaan Decentraland (MANA)

Decentraland adalah platform VR terdesentralisasi pertama dan metaverse yang memungkinkan interaksi dan komunikasi antar pengguna. Decentraland punya properti virtual yang dapat dibeli oleh pengguna dengan koin MANA.

Sementara itu, Properti virtual dibuat dalam bentuk LAND, token dengan jenis NFT. Pengguna dapat membuat dan menikmati pengalaman interaktif saat metaverse berkembang lebih jauh. Selain itu, pengguna juga dapat membeli dan menjual produk seperti aset dan layanan yang bisa ditagih, lalu menciptakan lingkungan yang dinamis.

Mining Decentraland

Pada awalnya, sistem ini dibuat berdasarkan Proof of Concept (PoC), yang memfasilitasi sistem pelacakan kepemilikan LAND di dunia Decentraland. Sementara itu, Decentraland memungkinkan penambangan barang yang dikenakan (mining of wearables), merupakan sebuah non-fungible assets yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual di pasar NFT.

Decentraland dibangun di atas Ethereum yang merupakan blockchain Proof of Work (PoW), meskipun saat ini sedang masa transisi ke Proof of Stake (PoS). Pada tahun 2021, Decentraland memperkenalkan langkah pertama menuju solusi layer 2 untuk pembayaran dan transaksi yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan token MANA dari blockchain Ethereum ke Polygon, yang diamankan oleh jaringan validator Proof of Stake.

Simpulan

Decentraland adalah sebuah platform realitas virtual (VR) terdesentralisasi pertama yang di-support oleh Ethereum. Ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan memiliki properti/aset secara virtual atau digital.

Ekosistem Decentraland bisa segera menjadi metaverse multiguna, wadah bagi bisnis untuk mengiklankan dan memonetisasi konten digital. Pengoperasian Decentraland juga akan mengikuti seiring dengan meningkatnya popularitas NFT. Ini kemudian akan memberikan nilai tambah bagi MANA dengan meningkatnya jumlah anggota komunitas dan popularitas Decentraland.

Selain itu, bagaimana pun juga, Decentraland (MANA) adalah mata uang kripto (cryptocurrency) yang terdaftar dan diperdagangkan di sejumlah bursa kripto terbaik. Anda bisa memulai investasi crypto dengan membeli koin MANA.

Dengan keunikan dan value yang dimilikinya, termasuk popularitas dan adopsi pengguna lebih banyak, prospek Decentraland akan cerah yang kemudian diikuti dengan kenaikan harga pasar dari koin MANA.

error: Content is protected !!