Review 0x (ZRX) 2021

Mengenal apa itu 0x (ZRX) coin crypto. Pada dasarnya, 0x adalah proyek cryptocurrency yang mana memiliki token atau koin yang dapat diperdagangkan di bursa kripto, yaitu ZRX. 0x juga menjadi protokol aset sumber terbuka (open source) untuk pertukaran P2P di blockchain.

Teknologi Blockchain mampu menghadirkan peluang dengan menciptakan sistem keuangan global baru terdesentralisasi yang bebas dari kendali satu pihak. Ini juga menciptakan berbagai nilai (value) untuk diberi token, seperti mata uang fiat; insturmen saham, utang, real estat, item video game, dan bahkan juga bisa berupa reputasi.

Misi 0x adalah untuk membantu menciptakan dunia dengan sistem token yang memungkinkan semua nilai tidak terkunci dan dapat mengalir dengan bebas.

Tertarik mengenal 0x (ZRX) lebih lanjut? Review 0x (ZRX) 2021 berikut ini akan memandu Anda dan memberikan gambaran jelas tentang mata uang kripto (cryptocurrency) ini. Dengan demikian, Anda diharapkan bisa mengambil sebuah simpulan terkait prospek 0x (ZRX) sehingga mampu mengambil keputusan investasi terbaik.

Apa Itu 0x (ZRX)?

0x zrx

0x adalah protokol open source yang memungkinkan terjadinya pertukaran aset peer-to-peer (P2P) tanpa gesekan di blockchain Ethereum. Tim developers 0x membayangkan sebuah masa depan di mana semua jenis aset akan diberi token di jaringan Ethereum.

Sebagai contoh, ketika Anda menjual rumah, alih-alih harus melalui proses kompleks yang melibatkan pengacara, escrow, atau pihak lainnya, protokol 0x justru memberikan solusi komprehensif dengan tokenize properti dan menukar kepemilikan dengan pembeli melalui smart contract.

Dengan kata lain, ini menghilangkan peran perantara yang selama ini mengambil tarif mahal. Selain itu, proses yang ditawarkan 0x juga akan meningkatkan kecepatan pada seluruh proses. Ini akan mengubah real estat menjadi aset yang likuid.

Siapa pun dapat membangun decentralized exchange (DEX) mereka sendiri di atas 0x Launch Kit dan memilih untuk membebankan biaya pada layanan. Protokol 0x adalah sistem yang menyediakan format pesan standar untuk pertukaran (exchange); mirip dengan cara kerja SWIFT, sistem pesan standar yang digunakan oleh bank di seluruh dunia untuk berinteraksi satu sama lain terkait transfer mata uang fiat.

Tim 0x juga meluncurkan apa yang disebut 0x API (application programming interface), yang mengumpulkan likuiditas di semua jaringan, dan memungkinkan setiap pengguna untuk menukar aset dengan harga terbaik setiap waktu.

Lalu, apa itu ZRX? Pada dasarnya, 0x memiliki mata uang kripto (cryptocurrency) yaitu koin ZRX. Siapa pun dapat membeli ZRX di crypto exchange dengan mudah. ZRX adalah salah satu coin crypto yang bisa dipertimbangkan sebagai investasi spekulatif.

Cara Kerja 0x (ZRX)

0x adalah fasilitator untuk pertukaran token terdesentralisasi dengan menggunakan kontrak pintar (smart contract) yang gratis, bisa diakses publik, dan dapat diintegrasikan oleh decentralized app (dApps). Singkatnya, kontrak pintar adalah sistem transaksi otomatis yang terjadi ketika syarat-syarat terpenuhi.

Sebagian besar DEX menggunakan smart contract Ethereum untuk menggerakkan semua transaksi perdagangan, tetapi ini dieksekusi langsung di blockchain. Dengan kata lain, setiap kali pesanan ditempatkan, diubah, dibatalkan, atau diisi, biaya gas (gas fee) akan dikeluarkan yang dapat membuat prosesnya cukup mahal.

Solusi yang diberikan 0x adalah dengan menggunakan relay off-chain dengan settlement on-chain. Ini melibatkan pengguna yang mengirimkan pesanan ke relayer, seperti papan buletin untuk jaringan. Relayer lalu menyiarkan pesanan off-chain di mana pengguna lain dapat mengisi dengan mengirimkan tanda tangan kriptografi mereka ke kontrak pintar.

0x juga menawarkan pesanan point-to-point yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesanan yang hanya dapat diisi oleh orang tertentu. Dalam kedua jenis pesanan, aset tidak akan pernah berada dalam pengawasan relayer dan hanya transfer nilai aktual yang terjadi secara on-chain, mengurangi biaya gas dan kemacetan jaringan secara drastis.

Sejarah 0x (ZRX)

Berbasis di San Francisco, tim 0x terdiri dari 32 anggota inti dengan latar belakang bervariasi, mulai dari keuangan hingga teknik. Sementara itu, Protokol 0x adalah sistem yang didirikan pada tahun 2016 oleh Will Warren dan Amir Bandeali. Mereka masing-masing menjabat sebagai CEO dan CTO.

Setelah lulus dari UC San Diego dengan gelar di bidang Teknik Mesin, Will Warren menjadi Penasihat Teknis untuk Basic Attention Token (BAT) dan memenangkan posisi pertama dalam Consensus 2017 Proof of Work (PoW) Pitch Competition.

Sementara itu, Amir Bandeali, co-founder 0x, memperoleh gelar di bidang keuangan dari University of Illinois sebelum bekerja di Chopper Trading dan DRW sebagai ahli trading.

Selain tim inti, 0x juga memiliki lima advisor, termasuk salah satu pendiri Coinbase Fred Ehrsam. Initial coin offering (ICO) ZRX berlangsung pada Agustus 2017 dan berhasil mengumpulkan $24 juta USD dalam satu hari.

Keunikan 0x (ZRX)

Teknologi relayer off-chain yang digunakan oleh 0x adalah sebuah keunikan yang memungkinkan DEX untuk menyelesaikan transaksi lebih cepat dan lebih murah daripada pertukaran yang mengeksekusi semua perdagangan secara on-chain.

Meskipun begitu, DEX bukan satu-satunya aplikasi yang didukung 0x. Protokol 0x juga dapat diterapkan pada perdagangan OTC, platform manajemen portofolio, pasar digital, dan fungsi pertukaran untuk produk decentralized finance (DeFi).

0x juga memfasilitasi transfer aset yang lebih luas daripada DEX pada umumnya yang berbasis Ethereum karena mendukung token yang tidak dapat dipertukarkan (ERC-721) serta token yang dapat dipertukarkan (token ERC-20).

Value dari 0x (ZRX)

ZRX adalah token utilitas yang digunakan untuk memberikan reward kepada relayer dengan biaya perdagangan untuk meng-hosting order book. Ekosistem 0x telah mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2020. Sedangkan pada bulan Januari 2021, protokol 0x mampu mencapai volume perdagangan hingga $5,7 miliar.

Value ZRX juga berasal dari perannya sebagai token tata kelola. Semua pemegang token ZRX memiliki hak untuk memberikan suara (voting) pada peningkatan dan pengembangan protokol. Ini juga dapat mendorong permintaan token.

Selain itu, ZRX adalah token yang memiliki pasokan maksimum yang dibatasi, ini akan menjaga nilai ZRX untuk tetap stabil. Harga koin ZRX dan nilai kapitalisasi pasar (market cap) dapat dipengaruhi oleh kelangkaan token.

Data Teknis 0x (ZRX)

Berapa jumlah token 0x (ZRX) yang beredar? 0x (ZRX) memiliki total suplai sirkulasi 845.341.602 dan total pasokan maksimal 1.000.000.000 ZRX. Sebanyak 500 juta ZRX, mewakili 50% dari pasokan maksimal, telah dijual kepada investor pada saat ICO 2017.

Tim membatasi jumlah token ZRX yang dapat dibeli oleh peserta untuk mendorong distribusi ZRX yang lebih besar. Setelah itu, ditentukan token ZRX tersebar di lebih dari 13.000 alamat Ethereum yang berbeda. Ini penting karena peran ZRX sebagai token tata kelola.

Sebanyak 10% dari ZRX dicadangkan untuk tim pendiri, 10% lainnya untuk pendukung awal dan penasihat, dan sisanya 15% untuk organisasi pengembangan inti 0x dan dana pengembangan proyek eksternal.

Selain itu, 0x API mencapai 99,9% waktu aktif, dengan tingkat pengembalian 2%, dan waktu respons 1,5 detik.  Selain itu, 0x API dirancang khusus untuk menawarkan harga yang telah disesuaikan lebih baik daripada Uniswap, 1inch, Paraswap dan Dex Ag, kekalahan 7 kali dari 10.

Penggunaan 0x (ZRX)

Pengguna dapat melakukan trading pada token ZRX dengan orang tertentu dengan mengirimkan pesanan 0x melalui pesan instan atau email. Ini secara otomatis dijalankan ketika pengguna lain menerima perdagangan.

Mereka juga dapat menelusuri pasar pesanan yang diposting oleh orang lain dan melakukan konfirmasi pesanan yang diinginkan. Perdagangan akan diselesaikan dengan mandiri dan aman oleh Protokol 0x.

0x API pada dasarnya dapat diintegrasikan dengan dompet (wallet) dan aplikasi DeFi untuk menyediakan fungsionalitas exchange dengan harga terdepan di pasar. 0x API digunakan oleh sejumlah proyek seperti MetaMask, Matcha, Zapper, dan lainnya.

0x API memungkinkan setiap pembuat pasar, Automated Market Maker (AMM), atau protokol DEX on-chain lainnya untuk memasok likuiditas pada ekosistem 0x. AMM yang saat ini memasok likuiditas termasuk Curve, Uniswap, Balancer, dan Crypto.com.

Proyek juga bisa membangun protokol 0x untuk mendapatkan akses langsung ke likuiditas yang ada. Ini termasuk pertukaran seperti 1 inci, dompet seperti MetaMask, platform manajemen portofolio seperti DeFi Saver, produk turunan seperti Opyn, proyek berbasis non-fungible token (NFT) seperti Gods Unchained, dan produk strategi investasi seperti Rari Capital.

Staking 0x

0x adalah sistem yang memperkenalkan insentif likuiditas berbasis saham pada tahun 2019. Ini akan menghargai AMM karena menyediakan likuiditas dengan tarif biaya protokol yang sebanding dengan saham ZRX mereka. AMM dengan ZRX yang tidak mencukupi juga dapat memperoleh hadiah dengan menggabungkan token ZRX mereka dalam kumpulan taruhan (staking pools) untuk delegator pihak ketiga.

Pada dasarnya, staking 0x adalah proses di mana liquidity provider (LP) menerima imbalan (reward) atas partisipasi aktif mereka agar pasar 0x berfungsi dengan cara yang sehat. Untuk mengumpulkan hadiah atau reward ini, LP harus mempertaruhkan (staking) token ZRX. Untuk melakukannya, LP membuat staking pool. Ini memungkinkan mereka untuk staking ZRX yang mana pada saat yang sama juga menarik orang lain untuk staking token ZRX mereka sendiri untuk sebagian dari hadiah.

Cara Memilih 0x Wallet

Sebagai mata uang kripto (crypto), koin 0x, ZRX dapat disimpan di berbagai platform, seperti crypto exchange yang menyediakan online wallet, platfrom khusus dompet kripto (crypto wallet) yang menyediakan software wallet dan cold wallet. Cara memilih 0x (ZRX) wallet yang tepat selalu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pelajari tentang crypto wallet lebih lanjut untuk melihat kelebihan dan kekuran masing-masing dompet.

Cara Beli 0x (ZRX)

Koin 0X, ZRX adalah crypto yang cukup populer di bursa. Secara umum, ZRX dapat dibeli via platform crypto exchange. Langkah-langkah cara beli crypto 0x (ZRX) adalah sebagai berikut.

  1. Memilih dan mendaftar di crypto exchange.
  2. Deposit dana.
  3. Transaksi pembelian.

Baca lebih lengkap di sini: Beli Crypto untuk Pemula.

Simpulan

0x adalah proyek yang mendukung penciptaan dunia tokenized yang memungkinkan semua nilai dapat mengalir dengan bebas, termasuk untuk real estat – aset yang secara tradisional tidak likuid. Protokol 0x mendukung pertukaran aset peer-to-peer (P2P) tanpa adanya gesekan di blockchain Ethereum. Siapa pun bisa membangun DEX pada 0x dan 0x API yang mengumpulkan likuiditas untuk memungkinkan pertukaran token dengan harga terbaik.

Anda dapat mempertimbangkan review 0x (ZRX) 2021 ini sebelum memutuskan untuk menggunakan platform 0x atau berinvestasi dan trading di crypto 0x (ZRX).

error: Content is protected !!