Review Curve DAO Token (CRV) 2021

Mengenal apa itu Curve DAO Token? Curve DAO Token adalah token berbasis Ethereum yang menggerakkan ekosistem Curve.fi. Pada dasarnya, Curve.fi adalah sebuah pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) berbasis blockchain yang menggunakan pembuat pasar otomatis alias Automated Market Maker (AMM).

Curve DAO Token merupakan inti dari user interface (UI) unik yang memanfaatkan potensi pasar keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance (DeFi).

Protokol Curve memudahkan proses pertukaran token ERC-20 yang berbeda sambil memberikan dukungan swap untuk token Bitcoin (BTC) berdasarkan Ethereum dan stablecoin seperti halnya DAI.

Curve juga menawarkan tingkat slippage rendah dan biaya rendah untuk token exchange, bertindak sebagai DEX yang menghubungkan pengguna ke pertukaran (exchange) dengan harga terbaik.

Sementara itu CRV adalah mata uang kirpto atau coin crypto dari Curve DAO Token yang dapat diperdagangkan di bursa kripto.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Curve DAO Token, termasuk seperti apa prospek Curve DAO Token, cara kerja, sejarah, keunikan dan value yang dimilikinya; berikut review Curve DAO Token (CRV) 2021 yang akan menjelaskan banyak hal kepada Anda.

Apa Itu Curve DAO Token (CRV)?

Curve DAO Token

Curve DAO Token adalah token utilitas dari protokol Curve.fi DeFi untuk menukar stablecoin dan token ERC-20 lainnya. Tujuan utama Curve adalah untuk menghubungkan antar pengguna yang ingin menukar token ERC-20 dan stablecoin dengan protokol exchange. Platform keuangan Curve adalah bersifat non-kustodian yang artinya pengguna bertanggung jawab atas token mereka sendiri.

Sistem memastikan untuk mengaktifkan slippage dan biaya rendah dengan menemukan rute terbaik untuk setiap permintaan pertukaran pengguna. Untuk mencapai sistem seperti ini, Curve menggunakan kumpulan likuiditas (liquidity pools) yang didukung dengan token likuiditas.

Kumpulan likuiditas mendorong penyedia likuiditas (liquidity provider) untuk menyetorkan token mereka ke dalam pools. Ini untuk menjaga harga pada tingkat yang ideal sehingga mereka dapat memperoleh manfaat. Liquidity provider akan diberikan imbalan karena menyetorkan token mereka ke dalam kumpulan.

Sementara itu, CRV adalah token utilitas protokol dan digunakan untuk memberikan insentif kepada liquidity provider, sementara pemegang token juga dapat menggunakan CRV untuk berpartisipasi dalam tata kelola jaringan. CRV juga diperdagangkan di bursa kripto.

Cara Kerja Curve DAO Token?

Token Curve DAO memperkuat platform keuangan Curve.fi, yang bertindak sebagai pertukaran dan pembuat pasar otomatis (AMM). AMM memungkinkan model perdagangan yang berbeda di mana aset dapat dipertukarkan secara otomatis alias tanpa memerlukan izin. Alih-alih mengandalkan buku pesanan (order book), perdagangan dilakukan secara otomatis melalui liquidity pools.

Penyedia likuiditas diberikan insentif untuk membuat pools dan token deposit. Setiap pools berisi pasangan token tertentu yang didukung di dalam kumpulan likuiditas itu. Pools berisi aset serupa untuk meminimalkan kerugian yang tidak permanen dan memberikan peluang return yang lebih besar.

Pasar pertukaran (exchange market) didasarkan pada liquidity pools, sementara protokol menghubungkan pengguna ke berbagai exchange market untuk menemukan tingkat biaya terbaik. Dengan demikian, Curve.fi akan memastikan selip yang rendah dan memungkinkan para pedagang untuk memaksimalkan profit.

Setiap kali pengguna jaringan melakukan perdagangan di jaringan Curve, penyedia likuiditas akan dihargai dengan bagian dari biaya perdagangan untuk partisipasi mereka.

Sejarah Curve DAO Token

Curve DAO didirikan pada tahun 2020 dan menjadi salah satu proyek terbaru di sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi). Curve DAO Token diciptakan dan dikembangkan oleh Michael Egorov, seorang ilmuwan Rusia.

Michael Egorov memiliki pengalaman di perusahaan blockchain dan cryptocurrency, NuCypher. Egorov ikut serta dalam mendirikan NuCypher dan menjabat sebagai CTO. NuCypher berfokus pada pembangunan protokol dan infrastruktur yang berorientasi privasi.

Keunikan Curve DAO Token

Token DAO Curve adalah proyek yang baru yang inovatif dan telah mencapai kesuksesan besar berkat utilitasnya. Curve DAO mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2020, memberikan pengguna slippage rendah dan biaya rendah untuk menukar stablecoin dan token ERC-20 yang serupa.

Keunikan Curve DAO adalah berkat teknologi dan kapasitas teknisnya, yang menjadikan Curve.fi sebagai pertukaran yang menarik di sektor DeFi. Alih-alih mengandalkan order book, Curve membentuk liquidity pools berdasarkan smart contract yang berfungsi sebagai pembuat pasar otomatis.

Pengguna terhubung dengan jalur terbaik untuk pertukaran mereka, sementara perdagangan token dan stablecoin dilakukan antara pedagang dan protokol pertukaran. Berkat teknologi dan kapasitasnya untuk menukar token dan stablecoin dengan harga terbaik, Curve telah menjadi identik dengan keuangan terdesentralisasi.

Value dari Curve DAO Token

Value dari Curve DAO Token adalah dari teknologi, kapasitas teknis, penggunaan utama, yaitu popularitas di antara pengguna dan trader cryptocurrency. Nilai intrinsik CRV dan Curve.fi ditentukan oleh teknologi dan fitur yang memungkinkan pedagang mendapatkan slippage rendah dan biaya perdagangan rendah untuk pertukaran mereka.

Nilai atau value Curve DAO Token yang paling memberikan nilai nyata adalah fungsionalitas dan utilitas komprehensif. Faktor-faktor seperti pembaruan, peningkatan, pengembangan, serta berita dan peristiwa penting lainnya juga bisa menjadi value dari CRV dan menentukan nilai pasarnya yang tergambar dari market cap.

Namun, nilai intrinsik sering kali tidak sesuai dengan harga pasar CRV yang sering mengalami perubahan seperti aset digital atau aset kripto lainnya, kecuali stablecoin yang dipatok ke nilai fiat. Inilah mengapa harga CRV bisa fluktuatif atau berubah drastis dalam waktu singkat. Namun, dengan terobosan yang dilakukan, itu memberikan pertumbuhan nilai stabil dalam jangka panjang.

Data Teknis Curve DAO Token

Berapa jumlah Curve DAO Token (CRV) yang beredar? Saat ini ada 399.320.671 CRV yang beredar dari total pasokan maksimal 3.303.030,299 CRV. Curve DAO Token memiliki jumlah persediaan terbatas, sama seperti Bitcoin, cryptocurrency asli. Umumnya, aset cryptocurrency akan membatasi total pasokan token untuk menciptakan mekanisme anti inflasi sehingga menjadi penyimpan nilai yang baik.

Sementara itu, harga CRV hari ini tercatat menginjak level $2,32 per keping dengan total kapitalisasi pasar (market cap) $925 juta.

Data Teknis lainnya

Curve terdiri dari kumpulan likuiditas (liquidity pools) yang dibuat dengan smart contract yang di-hosting di Ethereum. Tidak sedikit kumpulan likuiditas pada protokol Curve.fi dipasok ke protokol likuiditas lain, seperti Compound. Itulah alasan mengapa penyedia likuiditas dapat menerima bunga tambahan selain dari biaya perdagangan yang dibayarkan ke dalam jaringan Curve.fi.

Penting untuk dicatat bahwa liquidity pools sebenarnya adalah smart contract yang berisi token. Jika Anda membuat pools dengan dua token serupa yang memiliki nilai sebanding dalam rasio 1:1, seperti misalnya pada DAI dan USDC, ketika seseorang menukarkan sejumlah DAI dengan USDC, saldo USDC akan berkurang sebesar jumlah itu.

Pengamanan Jaringan Curve DAO Token

Curve DAO Token diamankan melalui audit reguler smart contract yang digunakan untuk membuat liquidity pools. Smart contract di-host di jaringan Ethereum saat dioperasikan oleh protokol Curve.fi. Curve DAO Token berjalan di jaringan Ethereum, saat ini sedang bertransisi dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS).

PoS adalah protokol yang jauh lebih hemat biaya dan hemat energi (alias efisien) daripada PoW. Token CRV dapat dipertaruhkan (staking) dan dikunci untuk pemungutan suara (voting) yang memungkinkan pemegang token ikut berpartisipasi dalam tata kelola jaringan.

Penggunaan Curve DAO Token

Curve DAO Token adalah token utilitas dari protokol Curve.fi yang menyuplai daya pada jaringan. Curve.fi digunakan sebagai AMM dan DEX berdasarkan kumpulan likuiditas yang memungkinkan pengguna menukar token dan stablecoin dengan mudah.

Curve DAO Token dapat digunakan sebagai token tata kelola (governance token) untuk mengambil bagian dalam proses pemungutan suara di jaringan tetapi juga bisa digunakan sebagai insentif bagi penyedia likuiditas dan peserta jaringan. CRV dapat diperdagangkan di crypto market, sementara pedagang bisa menghasilkan keuntungan berdasarkan perbedaan antara harga beli dan jual.

Staking Curve DAO Token

Curve DAO Token bisa dikunci ke dalam Curve DAO untuk menerima voting escrowed CRV, atau veCRV. Pemegang veCRV dapat berpartisipasi dalam tata kelola dan menerima hadiah taruhan (staking). Pengguna dapat menentukan jumlah dan jangka waktu CRV yang akan dikunci, dengan harapan menerima lebih banyak veCRV untuk mengunci jumlah yang lebih besar dalam waktu lebih lama. Setelah CRV terkunci, parameter ini tidak bisa diubah.

Cara Beli Curve DAO Token

Karena Curve DAO Token memiliki koin crypto, CRV, yang diperdagangkan di bursa, maka Anda dapat membeli CRV sebagai salah satu instrumen investasi spekulatif. Yang paling umum, cara beli crypto adalah di platform crypto exchange. Langkah-langkah cara beli Curve DAO Token (CRV) adalah (1) mendaftar di crypto exchange, (2) deposit dana, dan (3) melakukan pembelian. Koin CRV nantinya akn tersimpan di dompet kripto yang disediakan oleh platform, yaitu jenis online wallet atau hot wallet.

Simpulan

Pada dasarnya, Curve DAO Token adalah proyek inovatif dan terobosan di sektor keuangan. Sementara itu, CRV adalah koin crypto atau mata uang kripto yang dianggap memiliki prospek bagus dengan peningkatan signifikan di masa depan.

Curve DAO dan Curve.fi telah menjadi bagian penting dari sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) sejak dimulainya proyek pada tahun 2020. Curve.fi membuat pertukaran token ERC-20 dan stablecoin lebih mudah dan hemat biaya bagi pengguna. Apalagi dengan tarif biaya dan slippage rendah.

Ketika sektor DeFi menjadi semakin lebih populer, Curve DAO akan menjadi bagian integral dari pertumbuhan ekonomi aset kripto. Nah, dari review Curve DAO Token (CRV) 2021, apakah Anda bisa melihat seperti apa prospek Curve DAO Token dalam jangka panjang? Apapun itu, proyek crypto dan DeFi ini adalah salah satu yang diperhitungkan.

error: Content is protected !!