Review VeChain (VET) 2021

Mengenal apa itu VeChain (VET)? VeChain adalah platform berbasis blockchain yang membedakan dirinya sebagai teknologi anti-penipuan (anti-fraud technology) sehingga berpotensi mengakhiri pembajakan produk.

Teknologi VeChain sangat eksklusif dan membantu mengautentikasi setiap pembelian sehingga kepercayaan konsumen meningkat melalui pencatatan yang andal. Bagi perusahaam anti-fraud technology dapat menetapkan tingkat transparansi lebih tinggi selama proses produksi, distribusi, dan delivery.

Review VeChain (VET) 2021 berikut ini dapat membantu Anda untuk mengetahui semua hal tentang Vechain. Mulai dari apa itu VeChain, bagaimana fungsi atau cara kerjanya, apa saja fitur unggulan, dan seperti apa prospek serta peluang pertumbuhan VET di masa depan.

Apa Itu VeChain?

website vechain

Dalam ranah mata uang kripto (cryptocurrency), VeChain adalah platform blockchain yang membantu untuk menyederhanakan manajemen rantai informasi (information chain management). Mengapa Vechain hadir?

Saat ini, data supply chain untuk informasi dan prosedur bisnis dikotak-kotakkan dalam data silos di antara para pemangku kepentingan. Konsekuensinya yaitu arus informasi tidak berjalan baik sehingga ada gap di antara para pemangku kepentingan. VeChain hadir dengan menawarkan pandangan lengkap tentang seluruh proses organisasi dengan konsep menghilangkan informasi data silos.

Pada awalnya, blockchain dipahami sebagai sistem untuk menentukan apakah keaslian suatu produk. Ini dapat mencegah aksi penipuan dan tiruan; dan saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan blockchain seperti dalam pelacakan produksi, manufaktur, pengiriman, dan lainnya.

Tujuan blockchain adalah untuk membentuk kontrak pintar (smart contract) yang mampu berjalan sendiri dengan hasil pasti tanpa memerlukan kepercayaan atau gangguan dari otoritas pusat atau pihak ketiga. Inilah kemudian yang memfasilitasi aplikasi terdesentralisasi (dApps), yang kemudian menjadi solusi untuk berbagai masalah yang dialami perusahaan, mencakup sebagai berikut.

  1. Anti-pemalsuan untuk produk mewah. VeChain adalah sebuah teknologi chip pintar yang dapat melacak setiap item secara individual, sehingga mencegah aksi duplikasi.
  2. Cold-chain untuk Logistik. VeChain menggunakan sensor Internet of Things (IoT) pintar untuk melaporkan jenis data penting melalui blockchain. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memantau secara otomatis dan memastikan produk tidak rusak selama proses penyimpanan dan distribusi.
  3. Industri Otomotif. Teknologi VeChain memungkinkan perusahaan untuk menyimpan berkas data kendaraan tanpa gangguan, seperti data riwayat registrasi, perbaikan, asuransi, dan lainnya.
  4. Going Green. VeChain membantu perusahaan dalam pelacakan kontribusi karbon secara kuantitatif dari produk mereka yang digunakan konsumen, seperti untuk mengurangi emisi karbon. Konsepnya yaitu ketika konsumen membeli produk dengan pengurangan karbon, mereka dapat diberikan kredit khusus yang bisa ditukar dengan produk ramah lingkungan, atau juga bisa sebagai donasi.
  5. Ketertelusuran Uji Klinis. VeChain berkolaborasi dengan Bayer China dalam pemanfaatan teknologi blockchain untuk memecahkan masalah penelusuran uji klinis digital.

Tujuan VeChain

Tujuan utama VeChain adalah untuk merampingkan arus data pada rantai pasokan. Portal VeChain terdiri dari dua token, yaitu:

  1. Token VeChain (VET), digunakan untuk memberikan nilai pada jaringan VeChain (dalam rangka mendanai blockchain),
  2. VeChainThor Energy (VTHO), digunakan untuk memperkuat rencana smart contract (dengan memberdayakan teknologi).

Selain itu, VeChain juga ingin bertumbuh menjadi platform teratas untuk initial coin offering (ICO) dan menjadi leader dalam transaksi antara perangkat yang terkoneksi dengan Internet of Things (IoT).

Cara Kerja VeChain

Bagaimana cara kerja VeChain? Cara kerja VeChain adalah sebagai berikut.

  • VeChain mengalokasikan masing-masing produk dengan identitas berbeda dengan menggunakan teknologi chip pintar (smart chips) atau tag dan sensor Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi tersebut berfungsi untuk melacak semua peristiwa pada setiap fase rantai pasokan pada produk. Semua informasi tersebut dapat diakses secara real-time oleh pihak berkepentingan, seperti pelanggan dan perusahaan. Ini nantinya menciptakan transparansi bahwa setiap produk telah ditangani dengan baik dan diverifikasi keasliannya selama proses transaksi pembelian.

Portal VeChain mengklaim telah memberikan pandangan 360 derajat untuk semua informasi penting dari suatu produk, termasuk proses bisnis selanjutnya. Platform tersebut menyediakan akses mudah untuk pemangku kepentingan berwenang, seperti melacak pasokan, penyimpanan, dan transportasi. Tujuannya tidak lain yaitu untuk menciptakan transparansi pasar.

Fitur Utama dari VeChain

Sebagai blockchain dan cryptocurrency, fitur utama VeChain adalah sebagai berikut.

  1. Blockchain Open Source. Seperti kebanyakan blockchain lainnya, blockchain VeChainThor adalah sumber terbuka (open source) yang cocok digunakan untuk meng-hosting smart contract dan decentralized applications/dApps.
  2. Teknologi Manajemen Rantai Pasokan dan IOT In-house. VeChainportal memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan kekuatan besar dari blockchain untuk berbagai jenis industri seperti pertanian, barang mewah, dan lainnya.
  3. Native Fee Delegation. Ini merupakan bagian dari kode blockchain, dengan harapan bahwa pengguna aplikasi tidak memiliki VET atau VTHO. Pengguna dapat menulis transaksi terkait dengan “biaya gas (gas costs.”

Data Teknis VeChain (VET)

VeChain atau VET adalah cryptocurrency teratas di pasar kripto, dan per hari ini menduduki perinkat ke-21 dari segi market cap, dengan total $6,79 miliar. Sementara itu, harga Vechain (VET) hari ini (10/08/21) berada pada level $0.11 per keping, atau dalam rupiah setara Rp 1,6 ribu per keping. Sementara itu, jumlah pasokan Vechain yang beredar saat ini adalah 64.315.576.989 VET dari total pasokan 86.712.634.466 VET.

Cara Memilih VeChain Wallet

Anda dapat menemukan berbagai penyedia layanan crypto wallet untuk VeChain, namun yang paling banyak digunakan adalah hot wallet atau online wallet. Hal ini karena hot wallet mudah digunakan dan punya fleksibilitas tinggi sehingga cocok untuk pengguna yang aktif dalam transaksi perdagangan crypto. Selan itu, ini juga gratis disediakan oleh platform crypto exchange sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai VeChain Wallet gratis.

Opsi lainnya yaitu software wallet dan cold wallet. Masing-masing jenis dompet kripto tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Untuk memilih VeChain wallet terbaik, itu sebenarnya tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Agar lebih baik dalam memutuskan yang paling cocok, Anda dapat mempelajari jenis-jenis crypto wallet beserta keunggulan dan kelemahan masing-masingnya di sini.

Cara Beli VeChain

Anda dapat membeli VeChain dan mata uang kripto (cryptocurrency) lainnya di crypto exchange. Untuk beli VeChain via platform crypto exchange, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Lakukan registrasi/pendaftaran secara online di platform.
  2. Lakukan setoran dana (deposit) dengan jumlah tertentu (tergantung ketentuan platform).
  3. Lakukan pembelian VeChain di platform tersebut.

Anda dapat melihat secara lengkap di sini: Panduan Beli Cryptocurrency untuk Pemula.

Prospek dan Prediksi Harga VeChain (VET)

Nilai atau harga VeChain sangat tergantung pada bagaimana investor atau pasar memberikan value pada VET. Sejumlah sumber melakukan analisis prediksi harga VET di masa mendatang. Salah satunya yang dilakukan Coinswith. Mereka menyatakan bahwa harga VET akan mengalami tren positif dan mencapai $0,38 pada 2023. Tercatat, harga VeChain hari ini adalah $0,11. Meskipun ini bersifat prediksi, Anda dapat menggunakannya secara kritis sebagai pertimbangan. Ada baiknya juga untuk melakukan analisis sendiri dengan indikator tertentu.

Simpulan

Dengan berada di posisi ke-21 dari segi kapitalisasi pasar, VeChain adalah salah satu crypto terbaik dengan dominasinya di pasar. VeChain juga menawarkan berbagai keunggulan sebagai blockchain dan cryptocurrency yang mana penggunaannya dapat dimanfaatkan secara luas oleh pihak-pihak berkepentingan.

Perusahaan dapat meningkatkan transparansi dengan teknologi dan Porta VeChain dalam proses bisnis. Sementara itu, investor dapat menjadikan VeChain sebagai peluang investasi spekulatif menguntungkan. Akhir kata, dengan membaca review VeChain (VET) 2021 ini, Anda bisa memperoleh wawasan lebih luas dan diharapkan dapat mengambil simpulan atau keputusan strategis.

error: Content is protected !!