Review Algorand (ALGO) 2021

Lahirnya Bitcoin memicu penciptaan ratusan cryptocurrency dengan berbagai utilitas dan tujuan yang beragam. Algorand adalah jaringan yang relatif baru dengan cryptocurrency asli, ALGO, yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem terdesentralisasi di mana konvergensi antara keuangan tradisional dan keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi) diaktifkan. Dengan Algorand, peserta jaringan dapat bergabung dengan ekonomi dan membuat token dan smart contract yang mewakili aset baru dan yang sudah ada.

Proyek dan crypto yang menyertainya dibuat oleh Algorand Foundation yang mengawasi pengembangan dan pendanaan Algorand, sementara protokol dibuat untuk memfasilitasi lingkungan yang terdesentralisasi tanpa otoritas pusat. Berkat fitur-fitur canggih, teknologi baru, dan kecepatan transaksi yang baik, Algorand menjadi salah satu aset kripto (cryptocurrency) paling populer di pasar kripto (crypto market). Tertarik dengan Algorand (ALGO)? Berikut kami sajikan review Algorand untuk mengenal apa itu Algorand secara lengkap.

Apa Itu Algorand (ALGO)?

Algorand ALGO

Algorand adalah jaringan sumber terbuka (open source) terdesentralisasi yang menggunakan mekanisme Proof-of-Stake (PoS) unik untuk memfasilitasi arsitektur dua lapis dan memungkinkan koeksistensi fungsional antara desentralisasi, skalabilitas, dan keamanan. Mencapai skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi dalam satu jaringan blockchain adalah pekerjaan yang tidak mudah untuk sebagian besar proyek cryptocurrency. Algorand bertujuan untuk memungkinkan desentralisasi penuh dengan keamanan dan penskalaan teratas sambil mencapai 1.000 transaksi per detik dan finalitas blok (block) yang cepat.

Algorand diluncurkan pada tahun 2019 sebagai salah satu proyek terkemuka dan terbaru di sektor blockchain dengan tujuan memberikan landasan bagi bisnis yang muncul dan yang sudah ada dalam ekonomi terdesentralisasi. ALGO adalah mata uang kripto (cryptocurrency) asli dari sistem Algorand dan dirancang untuk mendukung ekonomi terdesentralisasi yang memungkinkan partisipasi setara di dalamnya. Peserta Algorand dapat menikmati keuntungan dari transaksi instan dengan ALGO dan dapat memperoleh hadiah. Sistem ini didasarkan pada pemegang ALGO dan produsen blok ALGO, yaitu node runners.

Pengguna Algorand dapat menerapkan kontrak pintar (smart contract) untuk membuat token baru dan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Algorand menghadirkan alternatif untuk fungsi kontrak pintar Ethereum sambil menawarkan penskalaan yang lebih efisien dengan Pure Proof-of-Stake. Dengan fitur Algorand Standard Asset (ASA), pengguna (users) dapat menyebarkan token baru ke dalam jaringan atau mentransfer aset yang ada ke ekosistem Algorand dan bergabung dengan ekonomi terdesentralisasi Algorand.

Koin Meme Tersedia Lengkap Hanya di OKEx

Beli Koin Meme di OKEx

Cara Kerja Algorand

Jaringan Algorand mencapai keamanan, skalabilitas, dan desentralisasi di satu tempat dengan menggunakan mekanisme konsensus Pure Proof-of-Stake dengan menggunakan Byzantine agreement protocol. Berkat protokol tersebut, bahkan jika sebuah node dikompromikan, saldo ALGO yang dipertaruhkan (staking) yang dimiliki oleh peserta jaringan akan dilindungi dengan kunci unik yang dibuat melalui otomatisasi.

Jaringan diamankan melalui protokol Pure Proof-of-Stake. Itu bergantung pada sistem yang hanya memungkinkan pengguna – dengan sebagian besar dana ALGO – untuk terlibat dalam aktivitas jahat yang dapat membahayakan keamanan pengguna lain dan jaringan. Meskipun beberapa pengguna mungkin memiliki kekuatan tersebut, sistem ini didasarkan pada kodependensi (codependency) peserta jaringan. Jika pemegang mayoritas memutuskan untuk terlibat dalam aktivitas jahat, nilai ALGO akan menurun dan dana pengguna akan terdevaluasi. Itulah sebabnya aktivitas jahat tidak membuahkan hasil.

Berkat penskalaannya yang efisien, transaksi ALGO bersifat final dan instan, dengan potensi 1.000 transaksi diproses dalam satu detik. Total pasokan dibatasi untuk mengatur pasokan dan penambahan mekanisme anti-inflasi ke ekonomi yang terdesentralisasi. Semua ALGO yang tersedia di dalam total pasokan dicetak pada genesis dan didistribusikan ke pemegang ALGO dan peserta jaringan dengan setiap blok baru yang dibuat.

Sedangkan msasalah penyimpanan di blockchain diselesaikan dalam sistem Algorand karena setiap pengguna baru mulai berpartisipasi dalam penyimpanan jaringan setelah mereka bergabung dengan ekonomi terdesentralisasi. Dengan penggunaan fitur dan protokol ini, Algorand memfasilitasi jaringan terdesentralisasi dua tingkat dengan beragam utilitas.

Siapa Pendiri Algorand?

Algorand (ALGO) diciptakan oleh ahli kriptografi berpengalaman, Silvio Micali yang merupakan profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Silvio Micali turut menciptakan banyak teknologi kriptografi terkenal yang digunakan di beberapa proyek blockchain teratas, seperti Cardano (ADA). Micali bersama-sama menciptakan zero-knowledge proofs, fungsi acak yang dapat diverifikasi, dan protokol kriptografi lainnya. Micali telah bekerja di lapangan sejak tahun 1980-an.

Algorand didirikan pada tahun 2017 oleh Micali dan didukung oleh Algorand Foundation. Tujuan pendirian yaitu memecahkan trilemma yang diwakili oleh penskalaan, desentralisasi, dan masalah keamanan di berbagai jaringan blockchain. Idenya adalah untuk menciptakan ekonomi tanpa batas. Seperti kebanyakan altcoin, Algorand diciptakan untuk mengatasi kekurangan Bitcoin.

Saat Micali mempelajari Bitcoin pada tahun 2015, ia memutuskan untuk membuat jaringan blockchainnya sendiri yang akan memungkinkan penskalaan, keamanan, dan desentralisasi yang lebih efisien. Setelah menguji sistem selama 2 tahun, Algorand akhirnya diluncurkan. Pada tahun 2019, testnet Algorand terbuka untuk partisipasi, sementara peluncuran mainnet menyusul tak lama kemudian.

Kelebihan dan Keunikan Algorand

Apa yang membuat Algorand unggul dan unik adalah pendekatan aslinya untuk memungkinkan keamanan, penskalaan, dan desentralisasi berfungsi secara bersamaan di blockchain yang sama. Hasilnya, Algorand memungkinkan transaksi yang lebih cepat dengan kapasitas untuk memproses sekitar 1.000 transaksi dalam satu detik dan pembuatan, pengembangan, dan penerapan Dapps yang mulus.

Pengguna dapat membuat dan menggunakan token mereka sendiri karena peserta jaringan sedang membangun ekonomi terdesentralisasi dengan berbagai aplikasi dan aset kripto. Melalui penggunaan Pure Proof of Stake, Algorand memastikan bahwa semua pengguna jaringan dapat berpartisipasi dalam tata kelola jaringan dan bahwa semua pengguna jaringan, termasuk pelari simpul dan pemegang ALGO, diberi penghargaan atas partisipasi mereka. Dengan fitur unik dan teknologi baru, Algorand akan menjadi salah satu ekonomi terdesentralisasi terbesar dan salah satu jaringan blockchain tercepat.

Value dari Algorand

Value dari Algorand adalah terletak pada teknologi dan fungsinya, serta adopsi, utilitas jaringan, dan faktor spesifik lainnya yang dapat memengaruhi nilai Algorand dan harga pasarnya. Salah satu faktor yang memberikan nilai (value) pada Algorand adalah persediaannya yang terbatas – sama seperti Bitcoin.

Algorand memiliki persediaan terbatas 10 miliar ALGO, yang dicetak pada awal Algorand. Dana ini didistribusikan sebagai hadiah partisipasi kepada pelari simpul, hibah pengguna akhir, dan Algorand Foundation. Nilai pasar Algorand ditentukan melalui aktivitas jual beli, tren pasar, dan faktor spesifik lainnya yang dapat mempengaruhi harga ALGO.

Data Teknis Algorand

Berapa banyak koin Algorand (ALGO) yang beredar? Dari pasokan terbatas 10 miliar ALGO, kurang dari sepertiga yang beredar. Tercatat hari ini (11/6/2021) jumlah ALGO yang beredar yaitu 3.070.182.893 ALGO. Setelah pasokan maksimal habis, tidak ada koin ALGO baru yang akan dibuat. Pasokan maksimum 10 miliar koin ALGO yang ada dicetak di genesis. Pasokan terbatas bertindak sebagai mekanisme anti-inflasi, seperti halnya Bitcoin.

Berapa harga ALGO sekarang? Harga ALGO hari ini berada di level $1,02 atau setara Rp 14,5 ribu per keping. Selain itu, Algorand memiliki jumlah kapitalisasi pasar (market cap) sebesar $3,140,063,963 – menempatkannya di peringkat ke-32 dari penilaian market cap.

Data Teknis lainnya

Berkat Pure Proof-of-Stake dan protokol sistem yang dibuat sendiri oleh Micali, Algorand merencanakan implementasi ke dalam keuangan terdesentralisasi, yang merupakan sektor yang berkembang pesat di blockchain. Karena sistem bergantung pada protokol yang disebutkan di atas, diperlukan daya komputasi yang lebih sedikit untuk membuktikan kepemilikan atas dana.

Sistem ini dirancang untuk mentolerir beberapa pengguna jahat selama mayoritas pemangku kepentingan secara sah bekerja demi ekosistem keuangan. Sistem ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah transaksi per detik karena penggunaan Pure Proof-of-Stake. Pengguna dipilih secara acak dan ditawarkan kesempatan untuk menulis transaksi ke blok baru sehingga partisipasi jaringan tersedia secara merata untuk semua pengguna. Peluang memilih peserta sesuai dengan nilai ALGO yang dipertaruhkan.

Keamanan Jaringan Algorand

Blockchain Algorand diamankan melalui penggunaan Pure Proof-of-Stake di mana hanya pengguna dengan mayoritas ALGO yang dipertaruhkan yang dapat mencoba melakukan aktivitas jahat. Jaringan mengotomatiskan toleransi terhadap beberapa pengguna jahat selama mayoritas pengguna jujur ​​dan mendukung blockchain Algorand. Bahkan jika pengguna jahat memiliki mayoritas ALGO yang dipertaruhkan, sistem akan dikompromikan dan dengan itu nilai ALGO akan memburuk, sehingga mengorbankan nilai dana yang dimiliki oleh pengguna jahat.

Penggunaan Algorand

Algorand digunakan sebagai jaringan untuk membuat aplikasi terdesentralisasi melalui penggunaan kontrak pintar. Algorand mencapai skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi dalam satu blockchain, sehingga pengguna dapat menikmati keuntungan dari penyelesaian cepat dan transaksi instan.

Blockchain Algorand bertujuan untuk menjadi bagian integral dari keuangan terdesentralisasi dan memungkinkan lingkungan yang sangat skalabel bagi pengguna dan pengembang. ALGO digunakan sebagai kripto asli di jaringan. Algorand (ALGO) dapat digunakan untuk mengirim pembayaran, membuat dApps, berpartisipasi dalam staking, dan juga dapat diperdagangkan di pasar..

Algorand Proof of Stake

Algorand tidak dapat ditambang karena total pasokan koin ALGO dicetak di genesis. Sebagai gantinya, blockchain Algorand menggunakan bentuk Proof of Stake (PoS), yang dibuat oleh pendiri dan pencipta Algorand. Proof of Stake mengonsumsi lebih sedikit energi komputasi daripada Proof of Work (PoW) dan bergantung pada staking ALGO agar jaringan berfungsi dengan baik.

Cara Memilih Algorand Wallet

Dompet Algorand atau Algorand Wallet adalah tempat penyimpanan token atau coin ALGO. Cara memilih ALGO wallet tergantung kebutuhan dan penggunaan kamu. Jika kamu ingin membeli dan menyimpan ALGO dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk memakai hardware wallet (disebut juga cold wallet) – memberikan opsi paling aman dengan penyimpanan dan pencadangan offline. Namun, opsi ini memakan biaya yang tidak sedikit dan lebih cocok untuk yang berpengalaman.

Alternatif lain yaitu software wallet – menawarkan kemudahan penggunaan, biasanya juga gratis. Namun, dompet jenis ini kalah dari segi keamanan dibandingkan cold wallet. Software wallet mungkin direkomendasikan untuk pemula yang menyimpan coin crypto ALGO dalam jumlah relatif sedikit.

Pilihan terakhir yaitu online wallet – biasanya juga gratis dan memberikan kemudahan akses dan fleksibilitas. Tingkat keamanan online wallet berada di bawah hardware dan software wallet. Pengguna mau tidak mau sepenuhnya memberikan kepercayaan kepada platform crypto wallet untuk mengelola aset mereka. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan platform yang kredibel dan terpercaya. Online wallet cocok untuk pengguna pemula, menyimpan coin dalam jumlah kecil, dan digunakan untuk transaksi yang rutin.

Cara Beli Algorand

Pada dasarnya, pengguna dapat membeli cryptocurrency Algorand di berbagai platform crypto, baik di crypto wallet, crypto exchanges, atau platform multiaset. Setidaknya, ada empat (4) proses untuk memulai investasi cryptocurrency – seperti membeli ALGO. Langkah-langkah cara beli Algorand (ALGO) adalah sebagai berikut.

  • Pertama, memilih platform crypto. Yang populer misalnya, Binance, Coinbase, Indodax, Tokocrypto, Rekeningku, Pintu, Trust Wallet, dll.
  • Kedua, registrasi di platform tersebut – biasanya dilakukan secara online. Ketiga, setoran dana (deposit) – nominal tergantung kebijakan platform.
  • Terakhir, lakukan transaksi pembelian pada menu “buy”. Selain beli, kamu juga bisa menjual dengan menggunakan menu “sell”.

Simpulan

Algorand adalah proyek crypto memfasilitasi lingkungan yang sempurna untuk pengembang dan pengguna dApps berkat penggunaan PoS yang cerdas yang memungkinkan penskalaan, keamanan, dan desentralisasi penuh. Sebagai proyek yang relatif baru dengan teknologi baru, Algorand belum menunjukkan potensi penuhnya dan kemampuannya untuk berintegrasi ke dalam keuangan terdesentralisasi.

Algorand menawarkan alternatif yang bagus untuk pengembang yang dapat mentransfer token mereka ke blockchain Algorand, atau menggunakan fitur kontrak pintar jaringan untuk membuat token baru dan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Dengan kemampuan untuk memproses 1.000 transaksi per detik, Algorand jelas merupakan salah satu jaringan blockchain tercepat di pasar. Itulah review lengkap untuk mengenal Algorand sebagai salah satu crypto dengan prospek cerah.

error: Content is protected !!