Review Yearn Finance (YFI) 2021

Mengenal Yearn Finance, apa itu dan bagaimana prospek Yearn Finance? Diluncurkan pada tahun 2020, Yearn Finance (atau yearn.finance) adalah seperangkat protokol yang bekerja bersama pada blockchain Ethereum. Ini memungkinkan pengguna (users) untuk memaksimalkan pendapatan pasif (passive income) pada aset kripto (cryptocurrency) yang dimiliki, melalui penggunaan layanan pinjaman dan perdagangan.

Sebagai aktor utama di sektor keuangan terdesentralisasi/decentralized finance (DeFi) yang saat ini sedang berkembang pesat, Yearn.Finance menyediakan layanan secara mandiri. Ini menghilangkan kebutuhan akan perantara keuangan, seperti halnya bank atau kustodian.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Yearn.Finance telah membangun sistem insentif yang menguntungkan dengan memberikan reward kepada siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam protokol. Mereka akan dibayar dalam bentuk cryptocurrency YFI. Untuk mengenal Yearn Finance lebih dalam, dan mengetahui prospek Yearn Finance, berikut kami berikan review Yearn Finance 2021.

Apa Itu Yearn Finance (YFI)?

DeFi Yearn Finance YFI

Yearn Finance (yearn.finance) adalah kumpulan holistik produk Decentralized Finance (DeFi) atau keuangan tersedentralisasi yang menyediakan layanan seperti agregasi pinjaman (lending aggregation), generasi hasil (yield generation), dan asuransi (insurance) pada blockchain Ethereum. Protokol ini dikelola oleh berbagai pengembang independen (independent developers) dan diatur oleh pemegang YFI. Ini memungkinkan semua fitur Yearn disediakan secara terdesentralisasi.

Cara Kerja Yearn Finance

Yearn Finance (YFI) terdiri dari empat (4) produk utama yang beragam sebagai berikut:

  1. Vaults. Ini merupakan sekumpulan taruhan (staking) yang menghasilkan keuntungan (profit) berdasarkan peluang yang tersedia di pasar. Vaults memberikan manfaat bagi pengguna (users) dengan biaya gas crowdsourcing – dengan mengotomatiskan perolehan hasil (yield) dan proses penyeimbangan kembali (rebalancing process). Ini juga secara otomatis akan mengalihkan modal sesuai dengan kebutuhan.
  2. Earn. Produk pertama dari Yearn.Finance, Earn adalah agregator pinjaman (lending aggregator). Ini memungkinkan dana untuk dialihkan secara otomatis antara dYdX, AAVE, dan Compound pada saat suku bunga berubah di antara protokol ini guna memastikan pengguna (users) dapat memanfaatkan tarif terbaik setiap waktu.
  3. Zap. Produk yang memungkinkan users untuk menukar (swap) baik masuk maupun keluar dari sekumpulan likuiditas di Curve.Finance dengan menggunakan lima stablecoin (terdiri dari: USDC, USDT, TUSD, BUSD, dan DAI).
  4. Cover. Asuransi (insurance) yang memungkinkan users untuk memperoleh pertanggungan bila terjadi kerugian finansial (financial losses) untuk berbagai smart contract dan protokol di seluruh jaringan Ethereum.

Jumlah YFI yang didapatkan pengguna (users) akan ditentukan oleh jumlah mata uang kripto/cryptocurrency yang dikunci dalam kontrak Yearn Finance – berjalan di platform perdagangan Balancer dan Curve DeFi – dengan menggunakan platform yearn.finance.

Sebagian besar, Yearn Finance menghasilkan aktivitasnya dari praktik – dikenal sebagai “pertanian hasil atau yield farming” – di mana setiap pengguna mengunci crypto mereka di dalam protokol Decentralized Finance (DeFi) untuk menghasilkan bunga (interest), biasanya dalam bentuk lebih banyak crypto.

Semakin banyak cryptocurrency yang dikunci oleh pengguna di salah satu platform yang didukung, semakin banyak pula token yang diberikan kepada mereka. Nah, platform yearn.finance sendiri melihat sekitar $800 juta aset terkunci pada bulan pertama, yang menjadikannya sebagai salah satu proyek DeFi dengan pertumbuhan paling cepat hingga saat ini.

Sejarah Yearn.Finance

Siapa pendiri Yearn Finance (YFI)? Diciptakan dan diluncurkan oleh Andre Cronje, Yearn Finance dianggap sangat langka di dalam ruang cryptocurrency. Cronje sendiri tidak mengumpulkan dana dari pihak swasta atau publik untuk protokol yearn.finance dan tidak menyediakan token bagi dirinya sendiri.

Cronje adalah veteran di dalam dunia cryptocurrency dan sangat identik dengan Decentralized Finance/DeFi. Sejak ditayangkan pada bulan Juli 2020, crypto YFI telah memiliki aset dengan jumlah lebih dari $1 miliar dalam satu waktu.

Keunikan Yearn Finance

Keunikan Yearn Finance terletak pada visinya – menyederhanakan investasi dan aktivitas keuangan tersedentralisasi/DeFi – seperti pertanian hasil (yield farming) – dalam upaya untuk menciptakan akses lebih mudah untuk mereka yang belum mengetahui.

Yearn Finance menggunakan berbagai alat yang secara khusus dibuat agar bertindak sebagai agregator untuk protokol DeFi, seperti Compound, Curve, dan AAVE. Platform Yearn memiliki mekanisme bawaan untuk mendapatkan suku bunga (interest rates) serta memberikan siapa pun yang mempertaruhkan (staking) cryptocurrency dengan hasil setinggi mungkin.

Yearn Finance mengambil komisi atau keuntungan dengan membebankan biaya penarikan (withdrawal fees) yang wajar, yaitu sebesar 0,5%. Lalu juga tersedia biaya subsidi gas 5% yang bervariasi, tergantung pada traffict jaringan Ethereum. Dengan menginisiasi model tata kelola terdesentralisasi, tarif ini memungkinkan untuk diubah kapan pun, berdasarkan konsensus pengguna.

Value dari Yearn Finance

YFI adalah token ERC-20 yang sepenuhnya mengatur dan memberikan insentif pada platform Yearn.Finance. Pemegang token YFI bisa memilih kebijakan penggunaan yearn.finance dengan memberikan hak suara pada proposal. Agar lulus dan dapat diimplementasikan ke dalam basis kode yearn.finance, proposal tersebut harus memperoleh lebih dari 50% suara.

Siapa saja memungkinkan untuk membuat proposal – tidak peduli apakah mereka memegang YFI atau tidak – tetapi hanya para pemegang YFI saja yang benar-benar dapat menentukan apakah proposal tersebut harus dilaksanakan.

YFI memiliki persediaan (pasokan) tetap awal sebanyak 30.000 token. Persediaan YFI dapat meningkat jika pemegang YFI menganggap itu sebagai pilihan dan tindakan terbaik. Untuk saat ini, pasokan maksimum YFI yaitu sebesar 36.666 yfi.

Pemegang YFI dapat memperoleh pendapatan (revenue) yang dikumpulkan oleh protokol dalam bentuk biaya (fees). Yearn membebankan biaya sebesar 5% untuk layanan Vault dan biaya 0,5% untuk fitur Earn, dengan menawarkan insentif yang menarik bagi setiap pemegang YFI.

Pengguna Yearn Finance memperoleh YFI ketika mereka berpartisipasi dalam ekosistem dan menyediakan likuiditas. Kepemilikan atas token YFI akan menentukan kekuatan suara (voting power) mereka pada proposal komunitas yang sejatinya akan memengaruhi masa depan platform.

Data Teknis Yearn.Finance (YFI)

Berapa jumlah token Yearn.Finance (YFI) yang beredar? Token asli YFI dari protokol Yearn Finance dimulai dengan persediaan maksimum 30.000 token YFI. Yearn Finance tidak mengadakan pra-tambang (pre-mining) sebelum peluncuran, dan para developers YFI tidak menerima dana apa pun di awal – pasokan yang beredar saat peluncuran yaitu 0 YFI.

Sejak diluncurkan, sebagian besar pasokan (persediaan) telah memasuki sirkulasi (dan pasokan maksimum telah meningkat). Keberhasilan Yearn Finance dapat tercermin dari harga token yang relatif tinggi dengan basis pengguna yang aktif.

Berapa harga YFI sekarang? Tercatat, harga YFI hari ini berada di level $35.306 atau dalam rupiah setara Rp 512 juta per keping. Selain itu, yearn.finance (YFI) berhasil menjadi cryptocurrency pertama yang menembus Rp 1 miliar per keping. Pencapaian ini bahkan belum mampu dikejar oleh Bitcoin (BTC). YFI tepatnya berhasil mengejar harga tertinggi sepanjang masa (all time high/ATH) pada tanggal 12 Mei 2021 dengan harga $90.786 per keping atau setara Rp 1,3 miliar lebih.

Data Teknis lainnya

Produk yang paling kompleks dari Yearn Finance juga menjadi salah satu yang paling kuat dan populer yaitu Vaults. Vault dari Yearn.Finance memungkinkan pengguna untuk mengikuti strategi investasi langsung yang dibuat secara khusus dengan menggunakan kode otonom protokol. Pada dasarnya, ini akan menciptakan reksa dana (mutual funds) yang dikelola langsung oleh Vaults, dengan menawarkan insentif kepada siapa saja yang ikut berpartisipasi.

Vault berada di ujung spektrum dari Yearn Finance yang lebih rumit. Kenapa? Karena strategi Vault diekspresikan dalam bahasa pemrograman Solidity. Artinya, pengguna yang tertarik untuk menciptakan Vault mereka sendiri harus terbiasa dengan kode-kode untuk memahami bagaimana sebenarnya cara Vault beroperasi.

Meskipun cara mengoperasikan Vault dianggap rumit, investasi di Vault dapat dilakukan semudah mungkin. Untuk memulai investasi di Vault yang dipilih, the Yearn Finance user interface memungkinkan pengguna untuk menyetor stablecoin (seperti DAI dan USDC) secara langsung ke strategi/Vault apa pun yang dipilih, dengan masing-masing mengiklankan return on investment (ROI) historisnya.

Apa Itu Yearn Improvement Proposal (YIP)?

Yearn Improvement Proposal atau YIP adalah prosedur yang digunakan untuk mengimplementasikan perubahan pada ekosistem Yearn Finance. Setiap anggota komunitas bisa memulai proposal di forum Yearn Finance, lalu mendiskusikannya dengan komunitas untuk mengukur apakah proposal tersebut layak untuk ditindaklanjuti atau tidak. Jika banyak pengguna setuju, proposal tersebut dapat diajukan untuk pemungutan suara resmi melalui staking tata kelola YFI.

Pengamanan Jaringan Yearn.Finance

Pengguna Yearn Finance memungkinkan untuk menghadapi risiko moderat kehilangan uang karena kondisi pasar yang dinamis dan entitas oportunistik yang mencoba mengambil profit dari peserta yang kurang berpengalaman.

Dalam upaya untuk menjaga transparansi terakit potensi risiko platform, Andre Cronje selaku pencipta telah menjelaskan di komunitas bahwa bahkan setelah dilakukan audit kode independen, Yearn.Finance juga tidak dapat menjamin 100% keamanan setiap waktu. Dengan kata lain, risiko ini adalah fakta tentang keuangan terdesentralisasi/DeFi yang mengandung risiko bawaan.

Kasus Penggunaan Yearn.Finance

Yearn Finance menawarkan berbagai macam produk yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk memenuhi semua kebutuhan DeFi mereka. Platform Yearn.Finance pada dasarnya menggunakan token YFI asli sebagai mekanisme penghargaan (hadiah) untuk penyedia likuiditas dan para pemegang YFI. Selain itu, token tata kelola yang dipakai untuk memberikan voting pada proposal yang diajukan komunitas akan memengaruhi masa depan protokol.

Staking Yearn.Finance

Pengguna Yearn Finance dan pemegang token YFI dapat mempertaruhkan (staking) kepemilikan mereka dalam berbagai cara. Salah satu pilihannya yaitu dengan memegang token dan mendapatkan persentase dari biaya platform Yearn.Finance. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk menginvestasikan YFI mereka ke dalam satu Vault (berbagai Vault). Berinvestasi di Vault umumnya akan memberikan pengguna (users) hasil atau tingkat bunga yang lebih tinggi – tetapi risiko juga lebih tinggi karena sifat Vault yang volatil.

Cara Memilih Yearn Finance Wallet

Token Yearn.Finance (YFI) dapat kamu beli dapat disimpan di dompet kripto atau crypto wallet. Saat ini, ada banyak jenis crypro wallet untuk YFI.

Pertama, cold wallet atau hardware wallet – menawarkan keunggulan berupa penyimpanan dan pencadangan offline sehingga lebih sulit diretas. Namun, penggunaan cold wallet relatif lebih rumit sehingga cocok untuk pengguna berpengalaman saja. Selain itu, cold wallet terbaik – seperti Trezor dan Ledger – juga relatif mahal sehingga disarankan untuk menyimpan coin crypto YFI hanya dalam jumlah besar.

Opsi kedua, software wallet – memberikan keunggulan akses mudah dan support untuk desktop dan aplikasi seluler. Namun, dompet jenis ini dianggap kurang aman dari yang pertama, sehingga cocok untuk menyimpan token YFI dalam porsi yang lebih sedikit.

Opsi terakhir – yang juga paling populer dan banyak digunakan – yaitu online wallet alias hot wallet. Dompet ini biasanya gratis, dan sangat mudah digunakan. Online wallet direkomendasikan untuk:

  • Pengguna pemula.
  • Pengguna yang aktif dalam bertransaksi crypto.
  • Pengguna yang menyimpan token YFI dalam jumlah relatif lebih sedikit.

Cara Beli Yearn Finance (YFI)

Setiap orang memungkinkan untuk investasi di cryptocurrency – seperti beli coin yearn.finance (YFI) – dengan mudah dan cepat. Penasaran bagaimana caranya?

Pertama, pilih platform crypto atau perusahaan crypto exchanges – yang menyediakan sarana dan fasilitas trading crypto.

Kedua, lakukan pendaftaran (dapat diakses secara online) di platform yang kamu pilih. Ketiga, deposit sejumlah uang (minimal deposit tergantung ketentuan masing-masing exchanges).

Terakhir, proses transaksi pembelian YFI – yaitu dengan klik menu “buy”. Sedangkan untuk transaksi penjualan YFI, gunakan menu “sell”. Setelah berhasil beli coin YFI, aset digital tersebut akan tersimpan di online wallet.

Simpulan

Yearn Finance adalah proyek yang berfokus pada produk keuangan terdesentralisasi. Ini akan sangat menarik bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pendapatan pasif (berupa bunga/interest) atas kepemilikan aset kripto/cryptocurrency mereka, tanpa perantara seperti bank atau kustodian.

YFI adalah token asli dari Yearn.Finance yang juga menjadi instrumen investasi menarik jika investor yakin terhadap sektor DeFi. Ini juga termasuk keyakinan bahwa Yearn.Finance akan terus bertumbuh dan melibatkan lebih banyak pengguna yang tertarik untuk memperoleh penghasilan pasif dari kepemilikan crypto mereka. Dengan demikian, prospek Yearn Finance dianggap potensial dalam jangka panjang.

error: Content is protected !!