Review USDD, Stablecoin TRON dengan APY 30%

Justin Sun, salah seorang pendiri TRON, memperkenalkan stablecoin USDD ke pasar pada bulan April. Koin crypto USDD diatur untuk menjadi bagian dari blockchain TRON yang berfungsi seperti halnya harga dolar AS (USD) atau mata uang seperti emas. Pada dasarnya, USDD adalah stablecoin yang serupa dengan TerraUSD (UST) yaitu sebagai sebuah algorithmic stablecoin.

Dengan kabar terbaru bahwa ekosistem Terra bermasalah, yang kemudian menyebabkan nilai token LUNA dan stablecoin UST anjlok, investor kripto mulai ikut khawatir dengan stablecoin baru seperti USDD yang juga belum teruji kapasitasnya. Artikel ini akan memberikan wawasan kepada Anda tentang apa itu USDD dan semua hal yang perlu diketahui sebelum memulai investasi pada crypto ini.

Apa Itu USDD?

apa itu USDD

USDD adalah crypto stablecoin TRON dan aset digital yang diluncurkan di BNB Chain, Ethereum dan TRON tepatnya pada tanggal 5 Mei 2022. Pendiri TRON, Justin Sun mengklaim bahwa USDD akan memberikan investor persentase imbal hasil tahunan atau annual percentage yield/APY sebesar 30%.

Karena baru diperkenalkan pada akhir April 2022, stablecoin USDD tidak memiliki sejarah panjang dan belum teruji. Akan tetapi, blockchain yang dimiliki TRON telah eksis selama bertahun-tahun dan tidak diragukan menjadi salah satu platform terdesentralisasi terbesar, dengan mata uang kripto sendiri. Ketika Tron Foundation yang berbasis di Singapura memperkenalkan TRON tepatnya pada tahun 2017, target pasar pada awalnya hanya di Asia.

Namun sejak saat itu, platform TRON telah berekspansi dan bahkan mendunia, hingga sekarang tercatat memiliki lebih dari 50 juta akun. Tak heran, kapitalisasi pasar/market cap aset kripto TRON menjadi salah satu yang terbesar, dan per hari ini Jumat 27/5/2022 menempati urutan ke-13 dengan total $7,7 miliar USD lebih.

Sementara itu, dengan melihat USDD secara khusus, ini merupakan stablecoin TRON yang tersedia di berbagai jaringan berbeda. Ada banyak stablecoin berbeda yang dapat dipilih, mulai dari dari Binance USD (BUSD) hingga Tether (USDT).

Kemudian, stablecoin USDD juga dianggap mirip dengan UST karena kedua opsi ini merupakan jenis stablecoin algoritmik, yang pada intinya bekerja dengan menjaga stabilitas harga dengan menggunakan algoritma dan smart contract yang mampu mengelola jumlah token beredar.

Sistem stablecoin algoritmik sendiri sanggup mengurangi jumlah total token yang tersedia setelah harga turun di bawah nilai yang semestinya. Jika misalnya harga token lebih tinggi daripada harga yang semestinya, sistem akan otomatis memasukkan lebih banyak token ke dalam sirkulasi sehingga dapat mengubah nilai stablecoin pada tingkat yang semestinya.

Tujuan utama stablecoin algoritmik adalah untuk memiliki kontrol lebih besar atas penawaran dan permintaan koin.

Cara Kerja USDD

Anda telah memiliki wawasan tentang apa itu USDD, lalu bagaimana cara kerja USDD, dan bagaimana crypto stablecoin ini dapat mempertahankan nilainya? Pada dasarnya, stablecoin USDD diatur untuk tersedia di TRON, Binance Smart Chain, dan Ethereum. Aset digital ini juga diluncurkan dengan bantuan berbagai pihak blockchain utama lainnya.

Justin Sun mengklaim bahwa USDD akan menjadi salah satu stablecoin yang paling terdesentralisasi dalam sejarah. Sebagai stablecoin algoritmik dengan dasar algoritmik matematika yang begitu solid, harga token USDD yang lebih tinggi akan menghasilkan token tambahan yang dicetak untuk menurunkan nilai dari stablecoin TRON.

Stablecoin USDD sendiri dikelola langsung oleh TRON DAO dan nilainya USDD dipatok ke dolar AS (USD) dengan rasio 1: 1, artinya nilai mata uang digital ini sangat terkait dengan nilai dolar AS.

Cara kerja stablecoin algoritmik USDD ini sama seperti UST, yaitu ketika nilainya turun di bawah rasio pasak (1:1), pengguna akan mendapatkan kesempatan untuk menebus satu USDD untuk satu dolar AS. Sebaliknya, ketika harga stablecoin justru naik lebih tinggi dari jumlah yang dipatok, pengguna dimungkinkan untuk memperdagangkan $ 1 dolar AS untuk satu USDD.

Peta Jalan USDD

Stablecoin USDD saat ini mematuhi peta jalan (roadmap) empat tahap dari TRON DAO, yakni tahap Space, International Space Station, Moon dan Mars. Rinciannya saat ini hanya diketahui tentang dua tahap awal, yang mana berpusat di sekitar strategi dan teknik manajemen untuk memungkinkan stablecoin USDD agar tetap dipatok.

Selama tahap 1.0 Space, tim manajemen stablecoin USDD diberikan kepada pihak blockchain utama serta TRON DAO Reserve. TRON DAO Reserve ini kemudian memberikan layanan kustodian aset likuid senilai $ 10 miliar yang dikumpulkan dari sejumlah mitra di industri blockchain.

Aset-aset ini kemudian digunakan sebagai cadangan tahap awal yang bertujuan untuk memastikan tingkat USDD akan tetap stabil dan memungkinkan konvertibilitas. Setelah stablecoin ini diluncurkan pada tanggal 5 Mei 2022, TRON DAO Reserve menetapkan suku bunga bebas risiko sebesar 30% per tahun.

Selain itu, mereka juga mendorong semua pihak termasuk organisasi terpusat dan terdesentralisasi lainnya yang menerima USDD untuk menerapkan tarif yang relatif konsisten. Meskipun begitu, pada dasarnya organisasi lain tidak wajib untuk mematuhi panduan dari TRON DAO tersebut.

USDD Tokenomics

Stablecoin USDD dibangun di atas blockchain TRON secara langsung. Setiap pengguna dapat menukar dan/atau memperdagangkan koin TRX untuk menerima mata uang USDD. Nilai dari stablecoin USDD akan selalu berfluktuasi dari waktu ke waktu, disebabkan oleh permintaan dan penawaran. Selain itu, nilai USD saat ini juga dapat berperan penting dalam menentukan nilai USDD. Ketika nilai USDD lebih daripada satu dolar AS, maka akan lebih banyak koin USDD yang akan ditempatkan di pasar sehingga dapat menstabilkan harga.

Harga USDD dari Peluncuran Hingga Sekarang

Beberapa minggu sejak peluncuran awal, TRON DAO Reserve telah melakukan pembelian hampir $ 40 juta TRX, atau lebih dari 500.000.000 TRX. Pembelian ini dilakukan atas nama TRON DAO Reserve. Alasan utama mengapa TRON membeli koin-koin ini dari pasarnya sendiri yaitu untuk melindungi USDD dan industri blockchain secara komprehensif.

Total pasokan USDD saat ini hanya lebih dari 500 juta, dan nilai USDD relatif stabil dengan harga yang sedikit lebih tinggi daripada dolar AS. Dengan demikian, total nilai pasar stablecoin ini sedikit di atas $ 500 juta. Dalam periode 24 jam terakhir, lebih $ 180 juta USDD diperdagangkan, sekaligus menandai peningkatan 35% dari hari sebelumnya.

Investasi di Stablecoin USDD Aman?

Meskipun stablecoin USDD dari TRON ini masih relatif baru atau telah berada di pasar crypto sekitar satu bulan, ini tentu saja memiliki potensi, namun untuk menguji keamanan, ini memang membutuhkan waktu. Meskipun begitu, Anda bisa melihat dan menganalisis sendiri seperti apa prospek dari USDD melalui informasi ini. Secara umum, stablecoin adalah tempat yang paling aman untuk menghindari volatilitas harga.

Meskipun kegagalan dari TerraUSD atau UST dapat menjadi pelajaran penting bagi investor, USDD tidak mesti akan mengikuti kegagalan itu. Namun tentu Anda harus tetap waspada, karena segala sesuatu bisa terjadi di luar dugaan. Selain itu, USDD juga menawarkan APY sebesar 30% yang mendorong Anda untuk terlibat dalam proses penambangan atau mining.

Simpulan

Well, itulah penjelasan tentang apa itu USDD, stablecoin dari TRON yang nilainya dipatok ke dolar AS dengan rasio 1:1 yang menggunakan stablecoin algoritmik. Selain itu, USDD juga memberikan kesempatan bagi investor crypto untuk menghasilkan 30% APY dengan terlibat dalam aktivitas mining.

Kemudian, berkaitan dengan prospek dari stabelcoin USDD, ini memang terlihat menjanjikan dan tempat investasi yang lebih aman untuk menghindari fluktuasi harga. Meskipun begitu, stablecoin algoritmik USDD ini mirip seperti TerraUSD atau UST, sehingga sejumlah investor mungkin menempatkan sedikit keraguan, mengingat kegagalan dari UST yang tidak mampu mempertahankan nilainya terhadap dolar AS.