Review Trust Wallet: Dompet Crypto Terpercaya, Aman, Fitur Terbaik

Trust Wallet adalah mobile crypto wallet dengan konsep all-in-one yang memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal, seperti menyimpan, menukar, dan melakukan lebih dari sekadar menyimpan dan mentransfer cryptocurrency. Trust Wallet tergolong ke dalam jenis dompet perangkat lunak alias software wallet.

Anda dapat menggunakan Trust Wallet untuk menyimpan, menukar, dan staking crypto. Trust Wallet juga dapat berfungsi sebagai browser DApp Web3, sehingga pengguna dapat menjelajahi dan menggunakan DApps di perangkat seluler.

Mengenal Apa Itu Trust Wallet

Trust Wallet adalah crypto wallet terbaik

Trust Wallet adalah salah satu dompet kripto untuk perangkat seluler (mobile) yang juga merupakan jenis software wallet. Trust Wallet tergolong open souce dan terdesentralisasi yang telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna di seluruh penjuru dunia. Melalui Trust Wallet, pedagang dapat melacak aktivitas transaksi, investasi, pertukaran, dan imbalan bunga dari staking. Salah satu non-custodial wallet ini diprediksi memiliki prospek bagus di masa depan dengan adopsi pengguna lebih banyak.

Trust Wallet pada awalnya hanya mendukung token ERC-20 dan ERC-223, kemudian berkembang signifikan dan saat ini support untuk BEP2 dan dapat menyimpan lebih banyak koin crypto terbaik seperti Bitcoin (BTC) dan altcoin seperti Ethereum (ETH), Solana (SOL), Polygon (MATIC), dan sebagainya. Tidak hanya itu, browser Web3 mengaktifkan Trust Wallet, sehingga pengguna dapat melakukan pertukaran mata uang kripto melalui decentralized exchange (DEX) – yang kemudian beroperasi di Kyber Network.

Trust Wallet menjadi mobile wallet terpercaya untuk pengguna Ethereum. Melalui Trust App sebagai platform aplikasi terdesentralisasi (DApp), pengguna dapat mengakses banyak DApps yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Akses aplikasi Trust Wallet dapat dengan mudah ditemukan di AppStore dan Google PlayStore, download secara gratis.

Mata Uang Kripto yang Tersedia di Trust Wallet

Cryptocurrency didukung oleh Trust Wallet di antaranya adalah Bitcoin (BTC), TRON, Binance Coin (BNB), Tezos (XTZ), Cosmos (ATOM), dan banyak lagi, diperkirakan lebih dari 160 koin kripto dan ribuan token di blockchain. Hanya dengan satu aplikasi ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas di bawah satu atap. Untuk melihat daftar lengkap mata uang kripto yang tersedia, silakan download aplikasi atau bisa mengunjungi situs website Trust Wallet.

Fleksibilitas Trust Wallet

Trust Wallet adalah dompet kripto dengan fleksibilitas tinggi, memungkinkan pengguna untuk mengontrol kegiatan transaksi hanya dengan smartphone via aplikasi yang dapat diunduh di PlayStore dan AppStore. Anda tidak perlu khawatir merasa repot untuk bertransaksi, bahkan itu mudah dilakukan saat Anda sedang bepergian.

Selain itu, portabilitas dan kemudahan penggunaan seperti ini sangat diperlukan terutama di masa-masa sibuk. Meskipun menawarkan akses mudah, Trust Wallet juga menjaga keamanan transaksi dengan menjadi dompet non kustodian sehingga kontrol penuh terhadap wallet berada di tangan pengguna.

Biaya-biaya di Trust Wallet

Untuk melakukan transfer cryptocurrency dan menyimpan aset, Trust Wallet sama sekali tidak mengenakan biaya-biaya. Akan tetapi, Trust Wallet menetapkan biaya transaksi saat pengguna mentransfer koin crypto ke alamat dompet (wallet address) lainnya. Biaya transaksi yang dikenakan saat mengirimkan dana ke wallet address lainnya tergantung kemacetan jaringan.

Sama seperti crypto wallet pada umumnya, biaya transaksi dapat ditentukan sendiri oleh pengguna (sesuai kebutuhan). Sementara Anda juga dapat mengecek SPBU ETH untuk transaksi Ethereum dan mengetahui biaya gas (gas fees) saat ini dan tingkat kemacetan jaringan.

Kemudian, saat berdagang atau trading di pertukaran terdesentralisasi (DEX) bawaan Trust Wallet, Anda akan diminta lagi untuk membayar sejumlah biaya jaringan.

Cara Menggunakan Trust Wallet

Trust Wallet adalah platform dompet kripto yang dapat download di AppStore dan Google Play. Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara menggunakan Trust Wallet untuk pemula.

  1. Download aplikasi Trust Wallet.
  2. Buka aplikasi Trust Wallet dan klik tombol “buat dompet baru”.
  3. Setelah itu, centang tombol setuju atas persyaratan “Terms of Service & Privacy Policy”, lalu klik lanjutkan.
  4. Lakukan back up recovery phrase. Anda akan melihat recovery phrase yang terdiri dari 12 kata, silakan tulis atau catat kata-kata tersebut di kertas.
  5. Aplikasi akan meminta untuk memasukkan kata-kata tersebut dengan urutan yang benar. Setelah recovery phrase dikonfirmasi, wallet kemudian akan dibuat. Recovery phrase sebaiknya disimpan secara offline sebagai mitigasi risiko peretasan. Simpan back up tersebut ditempat yang aman menurut Anda.

Setelah berhasil membuat dompet, Anda dapat menggunakan Trust Wallet untuk kepentingan apapun yang berkaitan dengan cryptocurrency. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan swap token dan trading di DEX bawaan. Fitur swap didukung oleh Kyber Network, sedangkan DEX bawaan Trust Wallet merupakan versi seluler dari Binance DEX.

Tukar Token (Swapping Token) di Trust Wallet

Alih-alih berdagang di centralized exchange (CEX) dan DEX secara terpisah, pengguna dapat melakukan swap token kripto dengan menggunakan fitur pertukaraan bawaan Trust Wallet. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa mungkin terjadi slippage tinggi untuk jumlah pesanan yang besar, sehingga ini akan meningkatkan risiko kerugian saat bertransaksi. Jadi, mungkin Anda perlu menggunakan platform exchange dengan menyediakan order book untuk melakukan pesanan dalam jumlah besar.

Trading di Trust Wallet DEX

Selain fitur swap, pengguna juga bisa memanfaatkan DEX bawaan di Trust Wallet. Trust Wallet DEX memiliki user interface yang sederhana dan bersih. Jika Anda ingin melihat buku pesanan (order book) saat berdagang (trading) dan menempatkan limit order, sebaiknya Anda menggunakan bursa kripto (crypto exchange) terpusat.

Trust Wallet Staking

Staking crypto adalah salah satu cara menguntungkan di ruang cryptocurrency yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kripto gratis tambahan. Trust Wallet menyediakan staking kripto sehingga pengguna dapat mempertaruhkan aset kripto mereka untuk mendapatkan imbalan (rewards). Pihak Trust Wallet tidak menerima hadiah dari staking pengguna; artinya pengguna akan mendapatkan imbalan staking sepenuhnya, tanpa potongan apapun. Beberapa crypto yang mendukung staking di Trust Wallet adalah Cosmos (ATOM), Tezos (XTZ), Algorand (ALGO), TRON (TRX), dan Kava (KAVA). Penting juga untuk memahami risiko staking crypto sehingga Anda dapat mengamankan keuntungan.

Berbagai Fitur di Aplikasi Trust Wallet

Seperti yang juga telah dijelaskan, fitur unggulan Trust Wallet adalah fungsionalitas dan kasus penggunaan yang sangat baik – ini memungkinkan pengguna untuk membeli (buy), menjual (sell), dan menukar (swap) banyak koin crypto, blockchain, dan berbagai aset digital lainnya, termasuk staking crypto. Program staking membantu pengguna untuk menghasilan passive income dengan tingkat bunga yang fleksibel dan menguntungkan.

Kelebihan dan Kekurangan Trust Wallet

Sama seperti crypto wallet lainnya, Trust Wallet juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan Trust Wallet adalah kasus penggunaan dan fungsionalitas yang sangat baik, sehingga dijuluki aplikasi all-in-one. Trust Wallet menawarkan banyak token dan koin crypto, menyediakan private key untuk keamanan, user interface yang friendly, bebas biaya-biaya, dapat di-download gratis, dan support untuk perangkat Android dan iOS.

Berikut keunggulan lainnya dari Trust Wallet:

  1. Beli Bitcoin (BTC) dengan cepat, tidak lebih dari lima menit.
  2. Dapatkan bunga melalui staking crypto di dompet.
  3. Dapat melihat koleksi (collectibles), karya seni & non-fungible token (NFT) di satu aplikasi.
  4. Menukar koin crypto tanpa perlu meninggalkan aplikasi.
  5. Lacak grafik dan harga aset dengan mudah.
  6. Keamanan aset kripto terjamin dari peretas (hackers) & scammers.

Sementara itu, kekurangan Trust Wallet adalah dompet kripto yang tidak lebih aman daripada hardware wallet, seperti Ledger Nano X dan Trezor Model T. Trust Wallet merupakan jenis software wallet, meskipun menyediakan opsi non-custodial wallet, dompet ini – karena terkoneksi internet atau online – maka tetap saja rentan peretasan. Sedangkan hardware wallet bersifat offline sehingga sulit diretas.

Namun jangan khawatir, Trust Wallet telah membuat perkembangan signifikan untuk menjaga keamanan dompet. Mereka menyadari bahwa tingkat keamanan tidak akan lebih baik daripada hardware wallet. Oleh karena itu, Trust Wallet menyewa konsultan keamanan terbaik, Stateful, untuk melakukan audit secara rutin.

Pandangan Akhir

Trust Wallet adalah dompet kripto terbaik di jenisnya, dengan menawarkan fungsionalitas tinggi, tingkat keamanan yang terjaga, dan banyak kasus penggunaan. Terlepas dari kekurangan Trust Wallet, mereka berhasil bertumbuh menjadi aplikasi crypto wallet terpercaya dengan jumlah pengguna lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Antarmuka pengguna (user interface) yang ditawarkan juga semakin memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi.

Prospek Trust Wallet ke depan mungkin saja tampak cerah, mengingat popularitas cryptocurrency yang terus meningkat dan aktivitas digital yang tak terhindarkan. Selain itu, kemitraan dengan Binance, sebagai bursa kripto terbesar di pasar, juga mencerminkan kepercayaan untuk Trust Wallet. Ini mungkin baru permulaan, dan mungkin juga akan ada kemitraan lebih banyak di masa depan. Jadi, untuk dompet kripto dengan opsi fleksibilitas dan keamanan yang ideal, Trust Wallet mungkin bisa dipertimbangkan.

Leave a Comment