Terbaik! 7 Cara Mendapatkan Crypto Gratis dengan Mudah

Tahun 2021 adalah awal yang menggiurkan bagi pasar cryptocurrency; sebagian besar harga mata uang kripto terapresiasi bahkan banyak yang mencapai all time high/ATH. Di Indonesia, bahkan investor crypto tumbuh sangat signifikan, melampaui jumlah investor saham. Minat tinggi orang-orang terhadap aset digital dan komoditas ini diprediksi akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Bisa dikatakan, setiap orang akan menginginkan aset kripto, apakah itu Bitcoin atau altcoin. Koin kripto banyak tersedia di bursa atau crypto exchanges, namun orang-orang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan crypto gratis tanpa harus membeli di exchanges. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, invesnesia akan memberikan informasi tentang cara-cara menghasilkan cryptocurrency gratis (getting free crypto).

Metode untuk Menghasilkan Crypto Gratis

cara mendapatkan crypto gratis

Ada banyak metode untuk menghasilkan mata uang kripto gratis, namun ada beberapa yang paling populer dilakukan. Nah, cara mendapatkan crypto gratis adalah sebagai berikut:

  1. Crypto Airdrops
  2. Bitcoin Mining
  3. Crypto Staking
  4. Learn and Earn
  5. Affiliate Programs
  6. Crypto Lending
  7. Play to Earn

#1. Crypto Airdrops

Crypto airdrops adalah salah satu cara untuk mendapatkan crypto gratis. Pada dasarnya, crypto airdrop diperkenalkan sebagai sebuah strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas mata uang digital yang baru diluncurkan. Ini akan melibatkan sejumlah kecil cryptocurrency baru yang dapat disimpan langsung ke dompet kripto (crypto wallet) anggota aktif dalam exchange.

Crypto airdrops bersifat aman, karena tidak mewajibkan Anda untuk membagikan private key dari dompet Anda, dan tidak sedikit ada exchanges yang meminta pertanggungjawaban untuk hal itu. Salah satu contoh terbaik dari acara crypto airdrop adalah BIT airdrop. Ini memungkinkan pengguna di platform untuk mendapatkan crypto gratis asalkan memenuhi kriteria tertentu, misalnya mencapai jumlah perdagangan minimum pada periode tertentu.

Nantinya, setiap peserta yang dikonfirmasi memenuhi syarat akan menerima crypto gratis dan langsung disetorkan ke akun mereka. Sebagian besar aktivitas crypto airdrop terjadi selama masa rilis awal proyek blockchain baru. Meskipun begitu, dalam beberapa kasus, perusahaan atau platform memungkinkan untuk menawarkan crypto airdrop dalam rangka mempromosikan exchanges dan untuk meningkatkan kesadaran terhadap layanan mereka di antara komunitas blockchain.

Nah, cara terbaik untuk melacak peluncuran cryptocurrency yang akan datang yaitu melalui kalender cryptocurrency CoinMarketCal (Coinmarket Callender), yang akan menampilkan update berita crypto terbaru dan pembaruan rutin untuk proyek yang akan datang.

#2. Crypto Mining atau Bitcoin Mining

Alternatif selanjutnya, cara mendapatkan crypto gratis adalah dengan menambang atau lebih populer disebut crypto mining. Pada dasarnya, cara menambang (mining) yang paling umum dilakukan adalah pada Bitcoin (BTC), namun sebenarnya juga bisa dilakukan untuk mata uang kripto lain yang memungkinkan. Biasanya, aset kripto yang menggunakan konsensus proof of work (PoW) bisa dilakukan penambangan.

Mining pada dasarnya menggunakan daya komputasi untuk menjaga keamanan jaringan, dan juga sebagai metode imbalan atas layanan Anda. Mining crypto atau mining Bitcoin adalah salah satu metode untuk mendapatkan BTC. Satu-satunya tantangan dari proses menambang adalah cenderung lebih cocok untuk peserta yang memiliki pengetahuan kripto dan juga punya kemampuan finansial untuk membeli sejumlah perangkat keras penambangan yang dibutuhkan. Meskipun begitu, ada cara murah untuk mining Bitcoin, yaitu dengan metode cloud mining.

#3. Crypto Staking

Anda juga bisa mendapatkan crypto gratis melalui metode staking. Pada dasarnya, staking adalah mempertaruhkan aset kripto atau mengunci crypto melalui dompet kripto Anda selama periode tertentu. Sebagai imbalan dari proses staking yaitu akan mendapatkan crypto gratis.

Mungkin konsepnya hampir sama seperti menyimpan uang di bank untuk mendapatkan bunga. Dalam konsep staking, Anda menjanjikan cryptocurrency yang Anda punya untuk mendukung platform. Satu-satunya kelemahan dari strategi staking untuk mendapatkan Bitcoin gratis atau cryptocurrency gratis lainnya adalah adanya potensi kerugian finansial jika memilih program staking tetap.

Ya, ini karena aset crypto bergerak fluktuatif, Anda mungkin saja kehilangan kesempatan untuk melepaskan aset dengan cukup cepat untuk menghindari penurunan pasar cryptocurrency.

#4. Learn and Earn

Learn-and-earn adalah sebuah program yang dirancang untuk memberikan hadiah kripto gratis kepada Anda hanya dengan cara membaca materi, menonton video, dan menjawab sejumlah pertanyaan tentang hal-hal yang telah dipelajari. Sementara kebanyakan platform menyertakan sejumlah materi pendidikan dan pelatihan tentang blockchain dan mata uang digital, hanya sedikit platform yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan crypto dan Bitcoin gratis sebagai imbalan atas investasi waktu Anda.

#5. Affiliate Programs

Program afiliasi mungkin lebih umum dikenal dan bekerja mirip seperti bonus rujukan. Alih-alih merujuk teman ke platform crypto, program afiliasi menuntut Anda untuk memiliki jejaring sosial atau platform yang memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih besar secara konsisten. Pada intinya, Anda mendukung merek di media sosial dengan membagikan konten berharga yang sejalan dengan misi dan nilai platform perdagangan. Nantinya, Anda akan dapat memperoleh komisi untuk setiap klien yang berhasil diarahkan ke platform crypto exchanges.

#6. Crypto Lending

Cara mendapatkan crypto gratis adalah dengan crypto lending dengan sistem P2P. Pada dasarnya, pinjaman peer-to-peer (P2P) adalah sebuah konsep dari sistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang dikembangkan dengan gagasan meminjam dana dari pemberi pinjaman. Jaminan atau agunan dari peminjaman adalah berupa aset crypto.

Konsep ini bergantung pada eksekusi smart contract untuk memungkinkan pemberi pinjaman (lenders) mengunci dana kripto di lending pool dan akan mendapatkan bunga (dividen kripto). Meskipun begitu, ada juga program Flash Loans yang memungkinkan setiap pengguna meminjam tanpa agunan.

Bagaimanapun juga, crypto lending adalah salah satu metode termudah untuk menghasilkan pendapatan pasif yang stabil dengan aset crypto Anda, seperti stablecoin dan Bitcoin. Sebagai contoh, Anda dapat memilih pinjaman P2P dengan cara menyetorkan 1 BTC di wallet dari crypto lending platform untuk mendapatkan tingkat bunga pada periode tertentu, seperti mingguan, bulanan, dan tahunan. Seandainya peminjam tersebut tidak membayar kembali pinjaman, maka aset yang dijaminkan dapat digunakan untuk menutupi kerugian Anda.

#7. Play to Earn

Cara mendapatkan crypto gratis yang paling unik adalah dengan bermain games, istilah ini lebih populer dikenal sebagai play to earn. Permainan atau games play-to-earn berkembang pesat seiring dengan tersedianya non-fungible tokens (NFT) yang memicu ketertarikan besar di industri keuangan. Bahkan, di beberapa negara, seperti Filipina misalnya, menjadikan NFT sebagai pendapatan utama, terlebih selama pandemi. NFT, bagaimanapun juga, bisa diperjualbelikan pada harga tertentu.

Pada dasarnya, konsep games play-to-earn sama seperti games pada umumnya, kecuali hadiah yang dihasilkan dari games tersebut yang bersifat nyata. Games play-to-earn akan memberikan insentif (berupa crypto gratis) kepada setiap pengguna untuk mengumpulkan item, menyelesaikan misi tertentu, menjawab kuis, dan sebagainya. Anda bisa membaca lebih lanjut di sini: 5 Games NFT Terbaik untuk Mendapatkan Crypto Gratis.

Pandangan Akhir

Well, itulah beberapa cara untuk mendapatkan crypto gratis. Anda dapat menggunakan beberapa alternatif atau bahkan mencoba semuanya. Pada dasarnya, konsep menghasilkan mata uang kripto gratis sangat berbeda dari perjudian atau lotre. Ketujuh cara di atas tidak bisa membuat Anda kaya dalam semalam; itu hanya sebagai metode untuk mendapatkan passive income terbaik.

Cryptocurrency, bagaimanapun, adalah aset yang menjanjikan di masa depan. Saat Anda memiliki aset digital ini sekarang, dan menahankan untuk beberapa tahun ke depan, nilai aset kripto berpotensi akan meningkat – seiring dengan pertumbuhan dan adopsi besar yang terjadi. Dengan kata lain, crypto adalah aset yang dapat dijadikan investasi masa depan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!