Review Ledger Nano X: Crypto Hardware Wallet dengan Fitur Terbaik

Ledger Nano X adalah jenis dompet perangkat keras (hardware wallet) generasi baru dari Ledger. Hardware wallet ini memungkinkan pengguna untuk mengelola aset kripto (cryptocurrency) mereka dengan aman dengan fitur bluetooth dan dapat menyimpan crypto hingga 100 koin secara bersamaan. Sebagai crypto wallet terbaik untuk spesifikasi perangkat keras, Ledger Nano X adalah opsi yang “wajib” untuk siapa pun yang menginginkan penyimpanan aset Bitcoin (BTC) dan altcoin dengan tingkat keamanan tinggi.

Sebagai mana diketahui, dompet kripto yang paling populer adalah hot wallet (online wallet) dan hardware wallet (cold wallet). Untuk fleksibilitas tinggi, hot wallet memang lebih unggul – dompet jenis ini biasanya disediakan gratis oleh penyedia bursa kripto atau platform crypto exchanges. Namun, isu utama dari hot wallet adalah keamanan, karena lebih rentan terhadap peretasan, sehingga tidak ideal menyimpan koin crypto dalam jumlah besar.

Sementara itu, opsi dompet kripto dengan tingkat keamanan tinggi yaitu cold wallet atau hardware wallet – yang terbaik di jenis ini adalah Ledger Nano X. Oleh karena itu, review Ledger Nano X berikut ini sangat penting diperhatikan oleh Anda yang membutuhkan spesifikasi crypto wallet kelas atas dan juga bagi pengguna decentralized apps (DApps). Sejumlah fitur dari Ledger Nano X dapat menjadi pertimbangan penting sebelum melakukan pembelian.

Mengapa Menggunakan Hardware Wallet?

Hardware wallet atau juga disebut cold wallet menjadi pilihan wajib untuk penyimpanan cryptocurrency dalam jumlah besar, karena keunggulan utamanya dari segi keamanan.

Mungkin Anda mengenal dompet yang disediakan oleh bursa terpusat seperti Coinbase, Binance, dan Kraken. Jika Anda menyimpan koin crypto di sana, mungkin aset kripto Anda lebih aman daripada platform kripto lainnya. Hal ini karena Coinbase, Binance, dan Kraken dianggap sebagai beberapa crypto exchanges terbaik saat ini.

Meskipun begitu, dompet kripto yang mereka sediakan tetap saja tergolong online wallet (hot wallet) sehingga risiko peretasan, kehilangan, dan sejenisnya tidak sepenuhnya dapat dihindarkan. Apalagi jika Anda menyimpan koin kripto di crypto exchanges yang kurang populer, tentu risiko ini lebih besar.

Bagaimanapun juga, crypto exchanges menjadi bursa terpusat, sehingga semua dana kripto Anda akan tersimpan di penyimpanan mereka. Artinya, Anda 100% mempercayakan aset kripto Anda kepada platform tersebut.

Ini kemudian menjadi isu penting saat Anda memiliki aset kripto dalam jumlah sangat besar. Apakah ideal (aman) jika menyimpan crypto di dompet yang disediakan bursa terpusat yang mana mereka memiliki kontrol penuh atas dana Anda? Isu inilah kemudian yang menjadikan hardware wallet sebagai pilihan terbaik untuk penyimpanan (dompet) kripto dalam jumlah besar.

Hardware wallet atau cold wallet adalah jenis non-custodial wallet yang menyediakan private key sehingga hanya Anda yang dapat mengakses dana. Sejumlah pengguna kripto juga tidak sedikit yang menggunakan software wallet seperti MyEtherWallet dan Metamask, yang juga menyediakan opsi non-custodial wallet dengan private key. Baik hardware dan software wallet memiliki tingkat keamanan lebih baik daripada hot wallet. Namun dari segi keamanan, hardware wallet adalah yang terbaik, karena dompet ini tidak terkoneksi internet alias bersifat offline, sehingga mustahil diretas.

Ledger Nano X adalah hardware wallet terbaik yang menyediakan opsi non-custodial wallet dengan private key yang menjaga keamanan dana kripto Anda. Ketika isu keamanan tidak lagi menjadi kekhawatiran, Anda bisa lebih fokus untuk melakukan trading crypto atau melakukan transaksi.

Fitur Legder Nano X

Sebagai dompet kripto atau crypto wallet terbaik untuk jenis cold wallet, Ledger Nano X menawarkan sejumlah keunggulan melalui fitur yang disediakan, di antaranya adalah:

  1. Certified secure chip
  2. Fitur bluetooth
  3. Storage capacity yang besar

1. Chip Aman Bersertifikat (Certified Secure Chip)

Pihak Ledger sendiri menggunakan chip aman bersertifikat baik untuk Ledger Nano X maupun Ledger Nano S. Fitur ini dapat melindungi kunci pribadi (private key) yang umumnya digunakan dalam kartu kredit, paspor, dan kartu SIM – untuk melindungi data dan informasi penting.

Private key disimpan dalam chip yang aman sehingga terisolasi dan tidak terpapar ke akses internet atau perangkat apa pun seperti komputer yang terkoneksi dengan dompet.

Satu-satunya hal yang penting dilakukan untuk melindungi aset cryptocurrency yaitu dengan menyimpan recovery seed di tempat aman. Anda akan membutuhkan recovery phrase untuk mengakses dana Anda atau memulihkan dompet jika seandainya dicuri atau rusak.

Alasan utama untuk beralih ke hardware wallet tepercaya seperti Ledger Nano X adalah menghilangkan kehawatiran terhadap peretasan aset kripto Anda. Anda mungkin juga menyadari bahwa betapa berantakannya ruang crypto, dan menjadi sangat serius, sehingga tidak ada jalan untuk kembali setelah akun dana Anda diretas.

2. Fitur Bluetooth Ledger Nano X

Ledger Nano X adalah hardware wallet terbaik dan terpercaya yang memungkinkan pengguna untuk mengelola aset cryptocurrency ke mana pun mereka pergi dengan fitur bluetooth. Pengguna dapat melakukan transaksi, memasang dan menghapus aset, dan menemukan aplikasi dengan aplikasi Ledger Live, yang tersedia dan dapat di-download di iOS dan Android.

Koneksi bluetooth terenkripsi antara dompet dan aplikasi Ledger Live yang hanya melibatkan data publik. Sementara itu, private key tidak pernah terbuka atau meninggalkan perangkat, keamanan tetap terjaga.

Karena bersifat offline, isu utama dari dompet perangkat keras, termasuk Ledger Nano X adalah mobilitas dompet. Inilah kemudian bisa diselesaikan dengan, salah satunya via fitur bluetooth.

Mobilitas dompet yang baik memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mentransfer crypto di mana saja, dan Ledger Nano X memastikan itu terjadi. Ini memiliki daya baterai 100 mAh dan mampu bertahan beberapa jam dalam penggunaan, dan bertahan dalam beberapa bulan saat tidak digunakan dengan muatan penuh.

Kapasitas Storage Besar dari Ledger Nano X

Salah satu keunggulan Ledger Nano X adalah kapasitas penyimpanan (storage capacity) enam kali lebih besar daripada Ledger Nano S. Ini yang menjadikannya sebagai dompet yang bagus untuk menyimpan lebih banyak koin crypto sekaligus. Selain itu, pengguna juga dapat menginstal hingga 100 aplikasi di Buku Besar Nano X Anda sementara pengguna Nano S hanya dapat menginstal paling banyak 3 – 6 aplikasi.

Koin Crypto yang didukung Ledger Nano X

koin crypto yang didukung ledger nano x

Dengan kapasitas storage yang besar, Anda dapat menyimpan hingga 100 koin kripto secara bersamaan di antara lebih dari 1000+ mata uang kripto yang didukung di dompet Ledger Nano X. Beberapa koin crypto yang didukung oleh Ledger Nano X adalah sebagai berikut.

  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • XRP (XRP)
  • Stellar (XLM)
  • Bitcoin Cash (BCH)
  • Tezos (XTZ)
  • EOS (EOS)
  • Polkadot (DOT)
  • Binance Coin (BNB)

Untuk melihat daftar semua token dan koin yang didukung oleh Ledger Nano X, silakan klik daftar ini.

Harga Ledger Nano X

Berapa harga Ledger Nano X? Harga dompet perangkat keras ini sekitar $119 (belum termasuk PPN). Sementara itu, harga Ledger Nano X di sejumlah marketplace Indonesia berkisar di angka 2 jutaan hingga 3 jutaan.

Apakah Ledger Support Token ERC-721?

Ledger Nano X adalah dompet yang kompatibel dengan crypto wallet seperti MetaMask dan MyEtherWallet. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah melihat, mengelola, dan mentransfer aset dengan jenis ERC-721 dengan menggunakan dompet eksternal.

Saat ini tidak dapat untuk mengelola token ERC-721 di Ledger Live. Akan tetapi, Anda dapat menyimpan token ERC-721 di Ledger Nano X dan mengelolanya dengan MetaMask. Jika misalnya Anda ingin menggunakan decentralized apps (Dapps) atau aplikasi decentralized finance (DeFi), atau mengelola token ERC-721, Anda cukup menghubungkan Ledger Nano X ke MetaMask.

Menggunakan Ledger Nano X dengan DApps dan MetaMask

Ledger Nano X adalah salah satu dompet crypto terbaik untuk mengakses aplikasi terdesentralisasi atau DApps. Tentu saja, Anda dapat menggunakan Ledger Nano X untuk mengakses dan menggunakan lebih banyak dapps, seperti aplikasi DeFi, platform decentralized exchange (DEX), dan juga game blockchain.

Menggunakan aplikasi DeFi dengan Ledger Nano X

Ledger Nano X juga kompatibel dengan sebagian besar aplikasi DeFi. Anda dapat dengan aman mengakses dan menggunakan lebih banyak platform DeFi, salah satu yang populer seperti Compound Finance. Anda juga dapat menggunakan Ledger Nano X untuk memperdagangkan mata uang kripto di berbagai bursa terdesentralisasi atau DEX, salah satu yang terpopuler adalah Uniswap. Jika DEX tidak kompatibel dengan Ledger Nano X, sebagai alternatif Anda dapat mencoba untuk dengan menghubungkan Ledger Nano X ke MetaMask.

Menggunakan Ledger Nano X dengan Game Blockchain

Cukup dengan menghubungkan Ledger Nano X ke dompet MetaMask, dan Anda sudah bisa memainkan game blockchain yang Anda suka. Ada banyak game blockchain terbaik, salah satunya Axie Infinity. Untuk melihat game blockchain mana yang mendukung MetaMask dan untuk informasi lainnya, lihat daftar game blockchain kami.

Ledger Nano X vs Ledger Nano S

Kekurangan Ledger Nano S adalah kapasitas penyimpan yang lebih sedikit, Anda tidak dapat menyimpan lebih dari 3-6 aplikasi secara bersamaan. Dengan masalah ini, Anda harus menghapus sejumlah aplikasi yang ada untuk menginstal yang baru.

Bagi sebagian pengguna, ini akan sangat menggangu. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan versi terbaru yakni Ledger Nano X dengan penyimpanan lebih besar, selain juga mendapatkan fitur tambahan seperti bluetooth. Namun, harga Ledger Nano X tentu saja lebih tinggi daripada Ledger Nano S. Oleh karena itu, sesuaikan pembelian hardware wallet dengan kebutuhan masing-masing.

Buku Besar Nano X vs Trezor Model T

Ledger Nano X dan Trezor Model T adalah hardware wallet terbaik dengan tingkat keamanan tinggi di pasar, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk menyimpan dan mentransfer aset kripto mereka.

Trezor Model T menyediakan layar sentuh sebagai fitur tambahan keren untuk wallet. Jika tertarik dengan fitur layar sentuh dan perangkat sumber terbuka (open source), Trezor Model T menjadi pertimbangan yang ideal.

Sementara itu, Ledger Nano X menyediakan fitur bluetooth dan kompatibel dengan DApps, sehingga ini menjadi perangkat yang lebih ideal bagi pengguna crypto aktif. Trezor Model T juga menyediakan akses ke DApps berbasis Ethereum via integrasi dengan MetaMask. Secara keseluruhan, kedua cold wallet tersebut relatif sangat aman, dengan keunggulan dari fitur yang masing-masing unik.

Pandangan Akhir

Ledger Nano X adalah dompet kripto dengan jenis hardware wallet yang aman dan menyediakan fitur unggulan, seperti bluetooth. Harga Ledger Nano X sekitar $119 atau lebih dari 1,6 jutaan. Namun, di beberapa marketplace Indonesia, Ledger Nano X dibandrol lebih mahal sekitar 2 sampai 3 jutaan. Sedangkan harga Trezor Model T sedikit lebih mahal, yakni dibandrol 149 EUR. Pada akhirnya, memilih dompet perangkat keras artinya Anda ingin berfokus pada keamanan, dan Ledger Nano X bisa menjadi opsi yang ideal.

Leave a Comment