Non-Fungible Token, NFT Adalah + Contoh NFT Prospek Bagus

Apa itu NTF? NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Tertarik mengenal NFT lebih jauh? Berikut ini adalah materi lengkapnya. Pembahasan mulai dari pengertian, perbedaan fungible dan non-fungible token, proses dan cara kerja NFT, cara membeli NFT, crypto NFT terbaik, dan banyak lagi.

Definisi NFT: Non-Fungible Token Definition

NFT non-fungible token

Ringkasan terkait pengertian NFT dapat disimpulkan pada penjelasan berikut ini.

  • NFT adalah token yang mewakili kepemilikan aset jenis apa pun, yang dibeli dan dijual di blockchain tempat mereka dicetak.
  • NFT adalah perjanjian sertifikat kepemilikan berbasis digital.
  • NFT adalah unit data yang disimpan di buku besar digital (disebut juga dengan blockchain), yang mengesahkan aset digital secara unik dalam bentuk kepemilikan dan tidak dapat dipindahtangankan atau dipertukarkan.

Apa yang dapat disimpulkan dari definisi non-fungible token di atas? Jadi, Non-fungible token adalah aset digital dengan kepemilikan sah yang disimpan dalam blockchain. NFT dapat disebut representasi digital dari aset fisik (berwujud).

Ketika Anda memiliki karya seni, seperti video, lukisan, musik, game, atau lainnya, NFT dapat mewakili kepemilikan karya Anda tersebut. Aset digital tersebut secara teoretis tidak berwujud, tidak seperti misalnya bangunan, tanah, atau aset berwujud lainnya.

Perbedaan Non-Fungible Token dan Fungible Token

NFT adalah aset digital yang tidak dapat dipertukarkan. Ini menjadi ciri khas utama dari non-fungible token sekaligu membedakannya dengan fungible token yang dapat dipertukarkan satu sama lain.

Sebagai contoh, Anda memiliki NFT berupa karya seni lukisan, itu tidak dapat ditukar dengan NFT teman Anda yang berupa karya seni video. Kenapa? Karena memiliki karakteristik berbeda dan keunikan tersendiri.

Berbeda dengan contoh fungible token seperti mata uang fiat yang saling dapat dipertukarkan karena memiliki nilai yang sama. Ketika Anda memiliki Rp 1 juta, itu dapat ditukar dengan Rp 1 juta.

Contoh fungible token lainnya adalah mata uang kripto (cryptocurrency). Ketika Anda memiliki Bitcoin, Anda dapat menukarkannya dengan Bitcoin lainnya.

Cara Kerja NFT: How Do Non-Fungible Token Works?

Cara kerja NFT adalah dengan mengonversi kepemilikan aset fisik menjadi aset digital. Sebagai contoh, alih-alih mendapatkan karya lukisan abstrak yang indah secara fisik, pembeli justru mendapatkan file digital saja, namun mereka juga akan memperoleh hak kepemilikan eksklusif. Dalam satu waktu, NFT hanya bisa dimiliki oleh satu pemilik.

Mengapa Tertarik dengan NTF?

Pada dasarnya, NFT adalah tentang bagaimana setiap orang mengambil bagian dari psikologi kepemilikan. Ini tidak terlepas dari bahwa setiap orang selalu butuh pengakuan, apalagi terakit dengan karya atau aset mereka. Di dunia saat ini memang serba digital dan kemungkinan di masa depan juga akan seperti itu. Oleh karena itu, setiap orang berlomba-lomba membangun aset digital mereka.

Bagaimana Cara Membeli NFT?

Cara membeli NFT adalah pertama-tama Anda harus memiliki dompet digital untuk menyimpan NFT dan cryptocurrency. Ini juga tergantung jenis mata uang yang diizinkan oleh penyedia NFT. Namun, mungkin Anda perlu membeli sejumlah mata uang kripto, seperti Ether. Setelah memiliki crypto, Anda dapat mentransfer ke dompet digital. Beberapa penyedia crypto wallet dan e-wallet seperti eToro, Coinbase, Kraken, dan Paypal memungkinkan Anda membeli aset kripto dengan kartu kredit/credit card.

Contoh Crypto NFT Terbaik dengan Prospek Bagus

Ingatlah bahwa invesnesia tidak merekomendasikan apapun. Contoh crypto NFT di sini hanya persepsi saja bahwa mereka dianggap memiliki peluang dan prospek bagus untuk jangka panjang. Kami menyarankan agar Anda melakukan riset secara mandiri untuk memperoleh wawasan lebih dalam. Contoh cryptocurrency berbasis NFT adalah sebagai berikut.

1. Thetha

Theta adalah protokol sumber tebuka (open source) yang memungkinkan aplikasi desentralisasi (DApps) dibuat di atas platform untuk mengaktifkan musik, TV/film, esports, pendidikan, streaming peer-to-peer (P2P), konferensi perusahaan, dan banyak lagi.

Pada dasarnya, Theta merupakan jaringan pengiriman video terdesentralisasi dan blockchain baru yang inovatif. Theta memiliki layanan streaming video yang didukung oleh jaringan users yang tersebar secara sukarela dengan menyumbangkan bandwidth dan sumber daya komputer cadangan dengan imbalan Theta Fuel (Tfuel).

2. Chiliz (CHZ)

Chiliz (CHZ) adalah sebuah jaringan interaksi dan penghargaan penggemar yang berbasis blockchain pertama di dunia, yakni Socios.com – merupakan mata uang digital untuk olahraga dan hiburan. Para penggemar dapat membeli dan menjual Fan Token bermerek, serta berpartisipasi dalam memberikan suara dalam survei dan jajak pendapat terkait klub.

Perusahaan rintisan atau startup ini didirikan di Malta pada tahun 2018. Tujuan mereka adalah menjembatani kesenjangan antara penggemar aktif dan pasif. Mereka memberikan Token Penggemar (Fan Token) kepada jutaan penggemar olahraga yang dapat berfungsi sebagai bagian dari pengaruh token.

Penggemar memungkinkan untuk membeli Fan Token yang disesuaikan dengan CHZ, mata uang di platform eksklusif. Ini juga akan memberikan kesempatan kepada setiap pengguna dalam pengambilan keputusan dengan cara memberikan hak suara pada jajak pendapat yang disiarkan dalam aplikasi Socios.

3. Tezos (XTZ)

Tezos adalah platform berbasis blockchain yang dirancang khusus untuk meng-hosting aplikasi beserta aset desentralisasi. Baca selengkapnya di sini: Review Tezos.

4. Enjin Coin (ENJ)

Salah satu cryptocurrency NFT yang unik adalah Enjin Coin (ENJ). Pada dasarnya, Enjin Coin adalah sebuah platform dengan ekosistem holistik yang membangun dari hulu ke hilir terkait aset digital yang ditokenisasi atau tokenized. Baca selengkapnya di sini: Review Enjin Coin.

Memahami Apa Itu NFT Lebih Jauh

Bayangkan mewarisi cincin berlian atau menerimanya sebagai hadiah. Itu akan luar biasa. Anda mungkin ingin tahu berapa harga cincin berlian tersebut, bukan?

Anda mungkin juga akan menguji keasliannya. Umumnya, Anda akan melakukan pencarian di Google pertama-tama, lalu menemukan toko perhiasan terdekat, dan mencari tahu berapa nilai cincin tersebut.

Penilaian bukanlah cerita terakhir. Jika itu adalah cincin pernikahan nenek Anda, itu akan unik. Tidak ada perhiasan yang dapat memberi gambaran terkait nilainya, karena bagi Anda karena itu unik. Itu tidak dapat dibandingkan dengan cincin mana pun. Dengan kata lain, cincin ini mengandung emosional.

Cincin warisan tersebut mungkin tidak akan sepadan jika dibarter atau ditukar dengan cincin lainnya, meskipun memiliki, katakanlah harga pasaran yang sama. Itu tetap tidak dapat dinilai dengan pasti. Kenapa? Karena itu bukan cincin biasanya. Itu cincin penuh emosional dan sejarah.

Sebagian besar token dan koin cryptocurrency dapat dipertukarkan. Satu koin Ether akan setara dengan koin lainnya. Tetapi beberapa token mungkin dikaitkan dengan item dunia nyata yang sangat unik — karya seni artistik, sebagai contohnya.

Saat Anda membeli sebuah token, Anda akan membeli kepemilikan sebagian atau penuh dari karya seni unik tersebut. Token Anda mungkin juga akan memiliki nomor seri di atasnya. Ini tidak bisa dipertukarkan.

Setiap token yang dapat dipertukarkan akan memiliki nilai yang persis sama, alias setara atau sepadan. Sementara itu, token yang tidak dapat dipertukarkan karena masing-masing memiliki nilai (value) yang unik berdasarkan identitas individualnya. NFT adalah aset yang mengambil peran seperti itu.

Kekuatan NFT

Token yang tidak dapat dipertukarkan punya banyak kasus penggunaan potensial. Salah satu platform atau aplikasi NFT yang paling populer adalah digunakan dalam games blockchain.

Gamers menyukai konsep untuk memiliki karakter, senjata, pakaian, kendaraan, dan lainnya di dalam game yang unik: item tersebut menjadi milik mereka sepenuhnya, dan melekat, tidak bisa dipertukarkan.

Beberapa gamers membentuk hubungan emosional dengan sumber daya dalam permainan mereka. NFT adalah cara terbaik untuk sebuah representasi.

Setelah membeli sumber daya game NFT, Anda dapat menggunakannya di beberapa games. Itu memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu game ke game lain dengan avatar khusus atau senjata yang sama.

Sebagai contoh, platform game Minecraft memanfaatkan NFT untuk mewakili sumber daya pemain yang unik. Minecraft melibatkan pasar yang ramai, sebagai tempat bagi para pemain untuk dapat membeli dan menjual non-fungible token atau NFT.

Standar Duel

Setiap non-fungible token atau NFT tidak diciptakan sama, yang jelas ketika membandingkan antara standar token ERC-1155 dan ERC-721. Standar token adalah seperangkat aturan yang menerjemahkan struktur data dari setiap token.

Standar token ERC-1155 diciptakan seperti mesin penjual otomatis. Developers dapat menggunakan kontrak pintar tunggal (single smart contract) yang mampu mencetak fungible dan non-fungible tokens (NFTs).

Sementara itu, standar token ERC-721 hanya mampu menghasilkan non-fungible tokens (NFTs). Dengan demikian, itu mengharuskan developers untuk menerapkan smart contract baru untuk setiap token baru.

Simpulan

Pada dasarnya, non-fungible token atau NFT adalah sebuah aset digital berbasis kepemilikan yang berada di blockchain. NFT menarik perhatian pasar karena memainkan peran psikologis kepemilikan. Ini sangat menarik karena tidak ada seorang pun yang tidak ingin diakui, apalagi berkaitan dengan karya sebagai sebuah aset.

Leave a Comment

error: Content is protected !!