Mengenal Apa Itu Private Key pada Blockchain & Cryptocurrency

private key blockchain

Apa itu kunci pribadi atau kunci privat (private key) dalam blockchain? Istilah ini memang sering terdengar dalam inklusi blockchain technology yang diadopsi dalam cryptocurrency, seperti Bitcoin, Binance, TRON, Ethereum, dan sebagainya. Ini biasanya terhubung dengan private key wallet. Ok, mari kita jabarkan satu persatu.

Teknologi blockchain dibangun di atas dasar kriptografi, sebuah enkripsi alamat dan informasi lainnya menggunakan operasi komputer canggih. Kriptografi adalah elemen kunci dalam proses pengamanan transaksi aset kripto. Itulah alasan aset digital ini disebut sebagai mata uang kripto (cryptocurrency).

Akses pengguna ke blockchain didasarkan pada sistem tertentu yang disebut kriptografi kunci publik atau public-key cryptography.

Sistem ini dimulai dengan kunci publik (public key) pengguna, serangkaian angka dan huruf panjang yang berfungsi sebagai nomor akun dalam interaksi dengan blockchain yang mendasari crypto. Data yang ditujukan untuk pengguna dienkripsi dengan kunci publik mereka sebelum di-posting ke blockchain.

Pengirim menggunakan alamat Anda – rangkaian angka dan huruf yang lebih pendek yang berasal dari kunci publik Anda – untuk mengirimkan dana di blockchain.

Kunci pribadi atau private key Anda berfungsi seperti halnya kata sandi (password) untuk mengizinkan akses ke akun Anda. Private key menerjemahkan informasi yang ditujukan untuk Anda dan diposting di blockchain, sehingga memberikan Anda akses ke data dan dana crypto.

Satu private key biasanya memiliki panjang 256 digit biner, dan paling sering dinyatakan sebagai rangkaian 64 angka dan huruf seperti berikut: D77C 5E44 8225 A771 C543D 9009 33E9 07E2 88CA 1320 5DBB E112 444F 1810 F114 B44B.

Salah satu alasan mengapa private key adalah aman karena ada begitu banyak kemungkinan kombinasi angka dan huruf. Faktanya, ada kombinasi pangkat 2 hingga 256, atau sekitar 1,16 x 10^77.

Sebagai perbandingan, astrofisikawan percaya ada sekitar 10^80 atom di seluruh alam semesta. Matematikawan mengestimasi bahwa menebak satu private key dengan coba-coba akan memakan waktu paling cepat bagi PC sekitar 325.000.000.000.000.000.000 tahun.

Jika Anda mengelola urusan cryptocurrency dengan dompet kripto (crypto wallet), e-wallet tersebut akan menggunakan kunci publik (public key) dan kunci pribadi (private key) untuk menerima dan mengirim dana, serta mengecek jumlah saldo.

Dalam memiliki crypto wallet yang aman, sebaiknya kustodian menyediakan private key di samping public key yang memungkinkan atas nama pengguna itu sendiri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!