Review Trezor Model T: Crypto Hardware Wallet Keamanan Terbaik

Trezor Model T adalah salah satu dompet perangkat keras atau crypto hardware wallet terbaik, selain Ledger Nano X. Kebutuhan akan hardware wallet (juga disebut cold wallet) untuk menyimpan aset atau koin kripto Anda menjadi sangat penting ketika isu peretasan semakin menghawatirkan.

Selain itu, cold wallet yang menawarkan non-custodial wallet – memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya memegang kontrol atas dana (aset) cryptocurrency di dompet kripto. Karena hanya Anda yang punya akses dan kontrol terhadap dana di dompet, maka aset Anda akan aman.

Review Trezor Model T berikut ini akan menyajikan banyak hal yang perlu diketahui tentang hardware wallet terbaik ini. Ini mencakup kelebihan (keunggulan), baik dari segi fitur, desain, dan sebagainya. Kemudian seperti apa kekurangannya. Anda juga akan disajikan berapa harga Trezor Model T, bagaimana cara menggunakannya, bagaimana perbandingan dengan Trezor One dan Ledger Nano X, dan banyak lagi.

Gambaran Umum tentang Trezor Model T

Diluncurkan pada tahun 2018, Trezor Model T merupakan crypto hardware wallet dari SatoshiLabs yang berbasis di Praha, Republik Ceko.

Trezor Model T adalah crypto wallet dengan jenis hardware wallet alias cold wallet. Ini menyediakan opsi non-custodial wallet sehingga pengguna memiliki private key yang memungkinkan mereka untuk memegang kendali penuh atas dana di dompet. Trezor Model T sendiri menjadi generasi berikutnya, yang merupakan evolusi dari Trezor One sebagai hardware wallet pertama di dunia.

Tidak seperti Trezor One, Trezor Model T bahkan tidak terdiri dari tombol apa pun, melainkan menggunakan sistem layar sentuh (touchscreen), jauh lebih modern sekaligu menjadi keunggulannya. Penambahan touchscreen ini juga berdampak baik untuk peningkatan keamanan.

Trezor Model T memungkinkan pengguna untuk tidak perlu mengetikkan recovery seed atau informasi sensitif lainnya pada keyboard komputer. Dengan demikian, Anda tidak meninggalkan jejak apa pun di ekosistem digital yang dianggap sensitif dan rentan.

Secara umum, Trezor Model T adalah dompet perangkat keras yang aman dan nyaman dengan bantuan fungsi touchscreen dan prosesor yang lebih cepat. Selain itu, dompet ini juga support untuk lebih dari 1000+ mata uang kripto, baik dari hardware maupun software, dan sepenuhnya open source.

Keunggulan dan Kekurangan Trezor Model T

Keunggulan Trezor Model T adalah menawarkan banyak fitur terbaik, salah satunya layar sentuh yang besar dengan penuh warna. Berikut rincian kelebihan Trezor Model T:

  1. Layar sentuh besar untuk mengonfirmasi transaksi dengan cepat.
  2. Mendukung dan lebih dari 1000+ koin kripto, termasuk Bitcoin (BTC) dan altcoin.
  3. Berfungsi sebagai kunci keamanan fisik untuk U2F dan FIDO2.
  4. Antarmuka dompet (wallet interface) yang bagus dengan Trezor Suite.
  5. Mudah terintegrasi dengan Trezor Password Manager.

Sementara itu, kekurangan Trezor Model T adalah sebagai berikut:

  1. Harga yang relatif mahal, meskipun sebanding dengan kualitasnya.
  2. Tidak kompatibel dengan perangkat berbasis iOS.
  3. Trezor tidak menyediakan aplikasi seluler atau mobile app.
  4. Dianggap lebih berat daripada model lainnya.

Unboxing Dompet Perangkat Keras Trezor Model T

Trezor Model T adalah salah satu yang terbaik di kelas crypto hardwallet. Anda mungkin tertarik dengan model ini, dan untuk melihat lebih dekat seperti apa produk dari cold wallet ini, berikut beberapa rincian informasinya.

Apa Saja Yang Terdapat di Dalam Kotak?

Saat Anda membeli Trezor Model T, hardware wallet ini dalam kemasan sederhana dan elegan, yang dibungkus plastik dengan segel. Di dalam kotak dari produk ini, Anda akan mendapatkan beberapa perangkat:

  1. Dompet kripto Trezor Model T
  2. Kabel USB-C
  3. 2 Kartu Recovery Seed
  4. Magnetic Dock
  5. Stiker

Trezor Model T juga dilengkapi dengan panduan memulai cepat di dalam kotak. Tetapi Anda juga dapat melihat situs web Trezor untuk mendapatkan tips tentang cara menyiapkan dompet perangkat keras baru Anda.

Bentuk Fisik Trezor Model T

Desain Trezor Model T bergaya sama dengan Trezor One yang sangat populer. Secara fisik, perbedaan utama antara Model T dan Mode One adalah Model T memiliki layar yang lebih besar dan lebih berat. Secara spesifik, Model T memiliki ukuran 6,4 x 3,9 x 1 cm (2,5 x 1,5 x 0,4 inci) dengan berat mencapai 22 gram. Model T lebih besar dari dompet Ledger Nano X dan Ledger Nano S yang berbentuk USB.

Desain Touchscreen Trezor Model T

Trezor Model T adalah dompet perangkat keras yang modern, salah satunya tampak dari touchscreen yang membuatnya istimewa dan tampil lebih elegan. SatoshiLabs merancang Trezor Model T dengan layar sentuh LCD 240 x 240 piksel dan berwarna cerah. Meskipun beberapa dompet lain ada yang menggunakan layar sentuh, namun mereka tidak sepopuler Trezor.

Daya Tahan Baterai Trezor Model T

Trezor Model T adalah perangkat yang sama sekali tidak memiliki baterai, penggunaannya dapat dilakukan ketika dicolokkan ke sumber daya eksternal (seperti di PC atau laptop). Karena tanpa baterai, hardware wallet ini bisa bertahan lebih lama tanpa memungsinkan urusan kehabisan baterai. Namun, ini mengharuskan Anda untuk terhubung dengan komputer atau perangkat Android agar dapat menggunakan Trezor Model T.

Sayangnya, tidak mudah mengoneksikan Trezor Model T ke iOS. Sementara itu, Ledger Nano X yang dilengkapi fitur bluetooth bisa terkoneksi dengan banyak perangkat. Dengan kata lain, mobilitas dompet Model T tidak sebaik Ledger Nano X. Ketika menggunakan iPhone dan sering bepergian, Ledger Nano X lebih ideal bagi Anda daripada Trezor Model T. Namun, jika hanya stay di rumah, Model T mungkin tidak masalah.

Fitur Keamanan Trezor Model X

Trezor Model T menghadirkan fitur untuk melindungi aset kripto dan data/informasi penting pengguna. Berikut ini adalah fitur-fitur keamanan dari Trezor Model T.

Keamanan fisik

Secara fisik, Trezor Model T menggunakan hologram anti rusak dan pengelasan ultrasonik sehingga dapat melindungi dirinya dengan baik. Hologram ini disegel sehingga jika itu rusak, maka Anda akan tahu bahwa ada orang lain yang telah merusak dompet. Sementara itu, pengelasan ultrasonik juga menjadi pelindung bagi dompet. Ini mungkin tampak seperti baut atau perekat yang menahan dompet Model T secara bersamaan. Seandainya ada pihak yang merusak (mengotak-atik) dompet Anda, dompet akan rusak secara visual sebelum mereka menjangkau akses ke private key Anda.

PIN

Trezor Model T dilindungi dengan menggunakan PIN, setiap kali ingin mengautentikasi transaksi, pengguna harus login terlebih dahulu. Berkat fitur layar sentuh, proses memasukkan PIN jauh lebih cepat dan mudah dilakukan.

Untuk tambahan perlindungan dari brute-force attack, setiap percobaan PIN gagal akan menimbulkan penundaan sebelum pengguna mencoba PIN berbeda. Setiap kali upaya gagal dilakukan, penundaan meningkat dua kali lipat.

Selain itu, Trezor juga menyatakan bahwa “Setelah 16 kali upaya yang salah, perangkat akan menghapus sendiri, dan memungkinkan untuk mengakses dana hanya dengan menggunakan recovery seed “. Dengan kata lain, saat Anda peretas yang ingin menebak PIN, pada akhirnya mereka akan mengunci diri dari dompet. Akan tetapi, pemilik dompet tetap bisa mengakses private key dengan recovery seed yang dibuat selama proses penyiapan dompet di awal.

Koneksi USB

Trezor Model T menyediakan satu port stopkontak USB-C. Pihak Trezor menjelaskan bahwa “alat komunikasi lain seperti Bluetooth, WiFi, NFC, atau pembaca sidik jari sengaja dikecualikan agar supaya membatasi kemungkinan attack surface.”

Dari sisi keamanan, hanya satu opsi untuk terhubung ke Model T bisa membatasi jenis serangan yang dapat memengaruhinya. Namun, kurangnya ketiadaan Bluetooth atau NFC mengharuskan pengguna untuk menghubungkan Model T secara fisik ke desktop setiap kali ingin mengirim atau menerima koin kripto. Mungkin ini akan terasa sedikit lebih kikuk daripada model hardware wallet lain, seperti Ledger Nano X dan CoolWallet S, yang dapat terkoneksi secara nirkabel via Bluetooth ke perangkat seluler.

Dukungan MultiSig

MultiSig atau multisignature adalah sebuah fitur canggih yang dapat mengamankan transaksi Bitcoin (BTC). Alamat multisignature adalah alamat publik yang terhubung ke sejumlah private key. Konsep menghubungkan alamat publik ke lebih dari satu private key akan menambag lapisan keamanan ekstra setiap kali melakukan transaksi. Jika pengguna mengirimkan crypto ke alamat multisig, mereka butuh tanda tangan (signature) dari sebagian besar atau bahkan semua private key yang berkaitan dengan alamat tersebut.

Cryptocurrency yang Didukung Trezor Model T

Trezor Model T mendukung lebih dari 1000+ mata uang kripto.. Anda dapat menyimpan lebih banyak aset crypto populer seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), EOS, XRP, Stellar, dan lainnya. Daftar lengkap koin dan token yang tersedia di Trezor Model T silakan klik di sini.

Sementara itu, di bagian “Wallet“, Anda bisa melihat situs yang dapat digunakan untuk mengelola cryptocurrency. Sebagai contoh, untuk token Ethereum dan ERC-20, Anda harus menghubungkan perangkat ke Trezor Beta atau dompet lain seperti MyEtherWallet.

Harga Trezor Model T

Berapa harga crypto hardware wallet Trezor Model T? Trezor Model T dibandrol dengan harga sekitar 149 EUR, namun di setiap negara biasanya memiliki harga yang beragam. Anda juga bisa menemukan dompet ini di berbagai marketplace Indonesia dengan kisaran harga 3 jutaan. Anda juga dapat membeli Trezor Model T di situs resminya.

Pandangan Akhir

Trezor Model T adalah dompet perangkat keras yang menjadi opsi terbaik untuk tampilan modern dan fitur keamanan hebat. Touchscreen menjadi kelengkapan yang membuat crypto wallet ini tampil lebih elegan. Keunggulan Trezor Model T berasal dari desain berupa layar sentuh (touchcscreen), keamanan yang baik, wallet interface, dan fitur tambahan seperti FIDO2, U2F, dan Trezor Password Manager.

Apakah Trezor Model T sebanding dengan harganya? Mungkin setiap orang punya pandangan masing-masing. Hanya saja, karena Model T kurang ramah untuk perangkat seluler, apalagi bagi perangkat iOS. Jika Anda menggunakan iPhone, hardware wallet ini mungkin kurang cocok. Akan tetapi jika hanya untuk pemakaian di rumah, itu cukup baik. Pada intinya, dompet kripto ini punya kelebihan dan kekurangan, sehingga Anda perlu mempertimbangkan dari segi preferensi dan kebutuhan.

Leave a Comment