5 Koin Kripto Terbaik dari Segi Fundamental – Best Crypto 2021

Mata uang kripto adalah aset digital terbaik saat ini, digadang-gadang akan mencapai adopsi lebih besar di masa depan. Hingga sekarang, popularitas koin crypto masih dalam tren positif, terlebih banyaknya proyek cryptocurrency terbaik dan menawarkan solusi untuk kehidupan di dunia nyata. Koin kripto terbaik, bagaimanapun, menjadi salah satu instrumen trading dan investasi yang bagus. Tidak sedikit investor dunia yang telah menyimpan aset ini untuk jangka panjang karena melihat prospek yang cerah.

Crypto sebagai Aset Komoditas

Sebagai mata uang dan alat pembayaran, mata uang kripto memang belum diizinkan secara legal di negara-negara besar, meskipun di El Salvador, telah mengizinkan Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran resmi. Sedangkan sebagai komoditas, crypto coin adalah legal dan telah diperdagangkan di banyak negara. Anda dapat membeli dan investasi crypto melalui bursa kripto atau crypto exchanges.

Tidak Semua Crypto Punya Fundamental Bagus

Yang perlu dicatat, tidak semua cryptocurrency punya proyek dan fundamental yang bagus. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa ada pula crypto yang terbukti scam, salah satu yang paling terbaru adalah Squid Game crypto token. Oleh karena itu, penting sekali untuk dengan benar memilih koin kripto terbaik, terlebih untuk investasi jangka panjang.

Indikator Fundamental Cryptocurrency

Berbicara tentang fundamental sebuah aset, setiap orang akan menggunakan sejumlah indikator tertentu. Tantangannya, analisis fundamental cryptocurrency lebih sulit daripada analisis fundamental saham. Dalam konteks saham, analisis fundamental lebih mudah ditemukan, misalnya melalui kinerja keuangan.

Sementara itu, cryptocurrency memiliki pendekatan yang berbeda. Meskipun begitu, dalam menentukan koin kripto terbaik, invesnesia menggunakan tiga indikator fundamental crypto adalah: (1) proyek atau teknologi, (2) kapitalisasi pasar, dan (3) volume transaksi.

Mari kami jelaskan mengapa menggunakan tiga metrik tersebut sebagai analisis fundamental cryptocurrency terbaik.

  • Pertama, proyek dan teknologi: ini dapat menggambarkan apa yang ingin dituju oleh perusahaan dan bagaimana mereka mencapai itu dengan bantuan teknologi. Ketika berbicara tentang koin kripto terbaik, kita harus melihat “sesuatu yang ada di belakangnya” sehingga kita mampu melihat bagaimana prospek cryptocurrency tersebut dalam jangka panjang.
  • Kapitalisasi pasar (market cap): ini merupakan indikator untuk menentukan nilai pasar (market value) dari koin kripto di bursa yang dapat menunjukkan dominasi crypto tersebut di pasar. Ini bisa menjadi metrik untuk menentukan cryptocurrency terbaik.
  • Volume transaksi: ini dapat menjadi ukuran likuiditas dari crypto coin di pasar yang menunjukkan minat atau ketertarikan investor terhadap aset mata uang digital tersebut.

Cryptocurrency Terbaik dari Segi Fundamental

cryptocurrency terbaik dari segi fundamental

Berdasarkan indikator tiga fundamental tersebut dan mengacu pada preferensi kami, 5 koin kripto terbaik adalah sebagai berikut.

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Solana (SOL)
  4. Avalanche (AVAX)
  5. Axie Infinity (AXS)

#1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah koin kripto terbaik sebagai pencetus revolusi keuangan dan teknologi yang juga menjadi titik awal cryptocurrency. Anda tidak bisa melupakan Bitcoin ketika membahas kripto. Kehadiran Bitcoin menjadi angin segar untuk menciptakan sistem keuangan yang berdaulat dan independen. Proyek di balik Bitcoin adalah sistem uang elektronik P2P dan memperkenalkan mata uang digital dengan sistem terdesentralisasi yang akan menghilangkan kebutuhan akan otoritas pusat atau perantara.

Karena inovasi sistem keuangan tersebut, Bitcoin dianggap sebagai penghancur perbankan yang terkenal dengan sistem keuangan terpusat atau sentralisasi. Sistem terpusat ini dianggap tidak efisien (biaya mahal) dan tidak efektif. Sementara itu, Bitcoin memungkinkan transaksi lebih murah tanpa biaya perantara, dan setiap orang dapat bertransaksi secara langsung alias peer to peer (P2P) dengan lebih cepat. Hal inilah yang membuat Bitcoin disebut-sebut sebagai pembunuh perbankan.

Sementara itu, BTC adalah unit mata uang dari sistem Bitcoin dengan jumlah pasokan atau persediaan terbatas, yakni 21 juta BTC. Dengan kata lain, tidak ada pencetakan BTC baru setelah pasokan maksimal tercapai. Jumlah BTC yang terbatas adalah keunggulan dari Bitcoin karena dapat menjadi aset yang “anti inflasi” sehingga cocok sebagai hedging.

Sementara itu, unit terkecil BTC disebut satoshi (sats) yang mana setiap BTC bisa dibagi menjadi 100 juta sats. Bitcoin dapat berfungsi sebagai alat pembayaran instan dan uang elektronik yang mana di masa depan dianggap akan menjadi mata uang skala global dan universal.

Selain itu, BTC adalah cryptocurrency terbaik yang diperdagangkan di bursa. Tercatat, Bitcoin (BTC) menjadi mata uang kripto dengan market cap terbesar dengan nilai mencapai $1,126,854,647,806 (data per 17/11/2021, sumber coinmarketcap). Sementara itu, Bitcoin juga memiliki likuiditas yang tinggi dengan rata-rata volume transaksi harian lebih dari $40 miliar.

#2. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah cryptocurrency terbaik yang dirilis pada tahun 2013 dengan proyek inovatif, yakni sebagai platform blockchain yang open source. Proyek utama yang ada di balik Ethereum adalah sebagai berikut.

Platform blockchain sumber terbuka (open source): mampu menampung dan melakukan banyak hal, seperti dalam hal digital currency, smart contract, non-fungible token (NFT), decentralized apps (dApps), dan banyak lagi.

Adopsi jaringan Ethereum sangat luas, bahkan digunakan oleh sebagian besar proyek cryptocurrency. Token asli jaringan Ethereum adalah Ether, digunakan sebagai alat pembayaran untuk biaya transaksi (gas) di jaringan.

Setiap pengembang (developer) bisa membuat proyek crypto sendiri dengan dApps melalui jaringan Ethereum, dan juga dapat menciptakan koin kripto baru–dikenal sebagai token ERC-20.

DApps adalah aplikasi terdesentralisasi (layanan berbasis web) yang dibangun di atas blockchain. DApss salah satunya digunakan untuk decentralized finance (DeFi), sebuah platform atau layanan keuangan yang menyediakan lending, funding, borrowing, dan lainnya dengan sistem tidak terpusat.

Sementara itu, Ether menjadi elemen penting dari konsep internet baru yang digunakan dalam DeFi. Sedangkan blockchain Ethereum punya keunggulan terbaik, salah satunya mampu melawan gangguan sensor pada aplikasi internet tradisional. Ini kemudian memberikan kemudahan bagi developers dalam menciptakan aplikasi dengan value tinggi.

Ethereum memanfaatkan konsep platform blockchain open source berbasis smart contract yang sangat kuat. Platform ini dapat melakukan banyak hal, seperti menyimpan nilai dan yang paling signifikan adalah sebagai internet baru terdesentralisasi (mencakup aplikasi sendiri). Dengan kata lain, keunggulan proyek Ethereum adalah dari kapasitas teknologi yang digunakan. Ethereum dapat dideskripsikan sebagai “mesin besar yang terdesentralisasi”.

Selain itu, ETH adalah koin kripto terbaik yang dimiliki Ethereum. Tercatat, Ethereum (ETH) menjadi cryptocurrency kedua terbesar dari segi market cap, dengan nilai mencapai $495 miliar (sumber coinmarketcap, data per 17/11/2021). Kemudian, ETH juga menjadi crypto dengan likuiditas yang baik, dengan rata-rata volume transaksi harian lebih dari $20 miliar.

#3. Solana (SOL)

Solana adalah salah satu cryptocurrency terbaik yang berfokus pada blockchain open source skala web berbasis smart contract dengan fungsionalitas bagus dan bersifat tanpa izin untuk solusi penyediaan DeFi. Keunggulan utama dari proyek Solana adalah kemampuan mengatasi masalah skalabilitas dan menjadi blockchain paling efisien di sektor crypto. Tercatat, skalabilitas Solana mampu memproses lebih 50 ribu TPS (transaksi per detik), jumlah ini bahkan lebih banyak daripada 30 TPS di Ethereum.

SOL adalah koin kripto terbaik yang dimiliki Solana, dan diperdagangkan di banyak bursa kripto. Dari segi nilai kapitalisasi pasar (market cap), Solana berada di posisi ke-5 dengan total $64,7 miliar (data per 17/11/21, sumber coinmarketcap). Sementara itu, Solana juga memiliki likuiditas yang cukup baik, dapat terlihat dari volume transaksi harian rata-rata lebih dari $3 miliar.

#4. Avalanche (AVAX)

Avalanche adalah proyek cryptocurrency terbaik yang berfokus pada sektor decentralized finance (DeFi). Platform yang dirancang oleh Ava Labs ini memungkinkan penciptaan dApps dan blockchain multifungsi dengan memecahkan berbagai masalah, seperti skalabilitas, sentralisasi, dan kecepatan transaksi. Keunggulan dari protokol konsensus Avalanche asli adalah latensi rendah, ketahanan dari serangan, dan throughput tinggi.

Baca juga: Proyek Crypto DeFi Terbaik

Kredibilitas orang-orang di balik Ava Labs tidak bisa diragukan, tim ini terdiri dari Emin Gün Sirer (seorang profesor teknik komputer di Cornel University) dan dua orang lainnya, Maofan “Ted” Yin dan Kevin Sekniqi, yang sama-sama bergelar PhD di bidang ilmu komputer.

Keunggulan dari proyek Avalanche adalah kemampuan menangani lebih banyak transaksi daripada blockchain lainnya, yakni 4.500 TPS. Jumlah ini memang lebih sedikit daripada blockchain Solana, tetapi lebih besar dari 1.500 TPS di Polkadot, 30 TPS di Ethereum, dan 7 TPS di Bitcoin.

Sementara itu, AVAX adalah token asli jaringan dan menjadi koin kripto terbaik di bursa. Tercatat, Avalanche (AVAX) memiliki market cap mencapai $22,5 miliar (data per 17/11/21, sumber coinmarketcap). Kemudian, AVAX juga memiliki likuiditas yang cukup baik dengan rata-rata volume transaksi lebih dari $2 miliar per hari.

#5. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity adalah proyek cryptocurrency terbaik di sektor games berbasis blockchain play-to-earn. Proyek ini memungkinkan pengguna atau pemain untuk membangun, mengumpulkan, dan meningkatkan Axies (monster hewan peliharaan di dalam game). Game crypto ini memungkinkan interakasi antar pemain dalam ekosistem Axie Infinity.

Games blockchain Axie Infinity sepenuhnya dioperasikan oleh para pemain. Inti dari game ini adalah bahwa Axies (monster di dalam game) merupakan non-fungible token (NFT) yang dapat dibiakkan untuk mengumpulkan token AXS dan juga token SLP (Smooth Love Potion).

Karena pada dasarnya Axies adalah ciptaan dari aktivitas dan waktu real di dunia nyata, Axies akan memiliki nilai (value) khusus, yang memungkinkan setiap pemain untuk menukar “monster” mereka di dalam game untuk mendapatkan uang. Seperti namanya, games NFT play-to-earn berbasis blockchain ini dapat menjadi sumber pendapatan pasif dengan cara yang menyenangkan, yakni bermain games.

Baca juga: 5 Games NFT Crypto Gratis Terbaik

Selain itu, AXS juga menjadi koin kripto terbaik yang diperdagangkan di bursa. Crypto coin AXS memiliki market cap $8,2 miliar (data per 17/11/21, sumber coinmarketcap). Kemudian, tingkat likuiditas mata uang kripto ini juga cukup baik, memiliki volume transaksi lebih dari $500 juta per hari.

Pandangan Akhir

Pada dasarnya, ada banyak proyek cryptocurrency terbaik yang bagus untuk investasi selain daripada lima kripto di atas. Anda dapat melihat bahwa setiap proyek memiliki value dan keunikan tersendiri yang menjadi keunggulan mereka. Anda juga dapat mempertimbangkan lima koin kripto terbaik di atas sebagai portofolio investasi. Sebagai saran, sebelum mengambil keputusan investasi jangka panjang, Anda harus lebih banyak melakukan riset terkait fundamental dari proyek crypto tersebut. Semakin detail informasi yang diperoleh, semakin tepat dan akurat keputusan yang diambil.

Leave a Comment

error: Content is protected !!