Apa Itu Crypto Collectibles?

Crypto collectibles adalah salah satu jenis (kelas) aset yang hadir di ruang cryptocurrency. Meskipun relatif baru, dan tidak sepopuler Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan token ERC-20, crypto collectibles tidak begitu sulit untuk dipahami. Kita akan membahas lebih lanjut apa itu crypto collectibles dan seperti apa hubungannya dengan non-fungible token (NFT).

Apa Itu Crypto Collectibles?

Crypto collectibles adalah aset digital yang unik dan biasanya berupa kartu digital bertemakan binatang (seperti kucing). Crypto collectibles dapat menjadi aset digital yang tidak dapat dipertukarkan – sama seperti NFT – di blockchain.

Crypto collectibles mungkin dapat disebut sebagai salah satu jenis NFT, hanya saja NFT cenderung populer digunakan dalam kasus games blockchain atau games berbasis NFT. Karena crypto collectibles menjadi bagian NFT, maka itu dibuata dengan standar ERC-721 milik Ethereum.

NFT dan Crypto Collectibles

Masih bingung tentang apa itu NFT? NFT dapat dibayangkan sebagai item atau barang digital yang mewakili kepemilikan fisik dari suatu entitas (NFT adalah identitas digital). NFT berada di ekosistem blockchain, khususnya blockchain Ethereum – ERC-721, meskipun blockchain lain juga mendukung. Setiap barang digital NFT ini bersifat unik; oleh karena itu, masing-masin barang punya “value” sendiri, sehingga “tidak sepadan” jika dibandingkan atau saling ditukar.

NFT bisa berupa tanah digital, peliharaan digital, dan karya seni digital, musik, dan termasuk collectibles. Karena setiap item tersebut punya nilainya sendiri, sehingga satu sama lain tidak ideal saling dipertukarkan. Collectibles adalah salah satu bentuk NFT, sehingga itu akan bersifat unik juga.

Baca juga: Proyek Berbasis Crypto Collectibles & NFT Terbaik.

Crypto Collectibles dan Cryptocurrency

Ketika berbicara cryptocurrency, semua orang akan mengatakan bahwa itu berbasis blockchain. Itu benar. Namun, cryptocurrency adalah aset digital yang tidak berbentuk NFT, karena nilai crypto sepadan sehingga bisa saling dipertukarkan. Sebagai contoh, Anda punya 1 BTC, dan itu bisa ditukarkan dengan 1 BTC lainnya. Sementara itu, crypto collectibles – katakanlah berupa hewan peliharaan digital – yang mana setiap hewan punya keunikan sendiri, sehingga hewan yang satu dan yang lainnya tidak sepadan untuk saling dipertukarkan.

Crypto collectibles­ – karena berfungsi sama seperti NFT yang bersifat unik dan tersimpan di blockchain – tidak dapat diduplikat. Selain itu, value dari collectibles akan lebih rumit diperhitungkan daripada value dari mata uang kripto (cryptocurrency).

Value dari Crypto Collectibles

Untuk koin crypto, token ERC-20, atau token lain yang dibuat dengan di protokol berbeda, hubungan permintaan dan penawaran dapat menentukan harga unit individual dari mata uang kripto tersebut.

Sementara itu, karena setiap koleksi kripto atau crypto collectibles bersifat unik dan tidak dapat dipertukarkan, perhitungan nilai atau value dari collectibles menjadi lebih kompleks. Anda mungkin dapat melihat value cryptocurrency berdasarkan nilai market cap di pasar, sementara crypto collectibles tidak. Karena bersifat unik, nilai crypto collectibles kadang-kadang cenderung “irasional” bagi sebagian orang.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin crypto collectibles dapat dihitung nilainya. Beberapa metode untuk menghitung nilai (value) dari crypto collectibles adalah berdasarkan keunikan/kelangkaan (rarity) dan utilitas (utility).

Kelangkaan (Rarity)

Sesuatu menjadi sangat berharga ketika itu langka, unik, aneh, atau berbeda daripada yang lain. Crypto collectibles adalah item digital yang masuk ke dalam kategori langka atau rarity. Di dalam ekosistem game blockchain, misalnya, collectibles yang langka akan dihargai lebih tinggi daripada yang tidak.

Dari perspektif ini, Anda mungkin bisa menjadi pengadopsi pertama game blockchain atau menjadi pihak yang ikut berpartisipasi dalam pra-penjualan game. Tujuannya adlaah untuk mendapatkan genesis collectibles yang langka; ini kemudian akan menjadi pilihan yang menguntungkan.

Meskipun begitu, mungkin ini tidak berjalan baik ketika, misalnya, game tersebut tidak populer atau kurang peminat atau tidak berhasil, sehingga seberapa langka pun barang koleksi (collectibles), itu mungkin tidak terlalu bernilai.

Akan tetapi, jika game tersebut sukses di pasar dan banyak peminat, collectibles langka yang Anda miliki pastinya akan bernilai tinggi. Anda punya pilihan untuk menjual atau mempertahankan dalam jangka panjang untuk mendapatkan harga (nilai) atau value yang lebih tinggi.

Utilitas (Utility)

Utilitas dapat mengacu pada kegunaan. Rasanya masuk akal jika value dari crypto collectibles juga bergantung pada utilitasnya. Sebagai contoh, CryptoKitties adalah salah satu game blockchain pertama dan paling terkenal; kemudian ada pula yang lebih baru, yakni Blockchain Cuties.

Blockchain Cuties adalah permainan kripto yang dapat dikoleksi (collectible crypto game) berbasis game petualangan. Game ini memungkinkan pemain untuk bermain dengan kadal, anak beruang, kucing, dan makhluk nyata dan fantasi lainnya. Setiap Cuties adalah unik dan 100% milik pemain. Setiap pemain dapat bisa mengumpulkan Cuties, membiakkan, menguji keterampilan dalam pertempuran, mempersenjatai, dan termasuk menaikkan level mereka.

Blockchain Cuties tumbuh sangat pesat, mengingat mereka juga terintegrasi dengan EOS dan TRON. Oleh karena itu, karena game menjadi sangat sukses, maka kelangkaan atau rarity adalah faktor paling penting yang memberikan nilai pada crypto collectibles. Namun, jika suatu game tidak memiliki fungsi atau kegunaan yang baik, sehingga tidak bertumbuh dengan semestinya, maka faktor rarity tidak lagi menjadi penting.

Pandangan Akhir

Faktor rarity mungkin bisa menyesatkan ketika koleksi yang langka tidak mengandung kegunaan dan keuntungan signifikan dalam ekosistem game. Ketika fakta tersebut kemudian disadari oleh banyak orang; dan saat peluncuran game blockchain baru, nilainya mungkin akan turun drastis atau naik signifikan – tergantung seberapa baik prospek utilitas dan kelangkaan.

Saat ini, sebelum peluncuran game blockchain, rarity adalah fitur atau elemen paling penting karena mungkin tidak ada faktor lain yang bisa diperhitungkan dalam penilaian collectibles. Mengapa sejumlah crypto collectibles yang langka menjadi berharga? Karena mereka mungkin memiliki kegunaan atau utilitas yang signifikan dalam game. Jadi, kombinasi antara rarity dan utilitas mungkin bisa menjadi indikator “value” dari crypto collectibles.

Leave a Comment