Tutorial Cara Set Up MetaMask via Ekstensi Browser Chrome

Menggunakan MetaMask sebagai crypto wallet memang menjadi pilihan ideal bagi sejumlah pengguna, terlebih bagi mereka yang ingin bertransaksi Ethereum (ETH). Hal ini karena MetaMask adalah software cryptocurrency wallet yang dapat berinteraksi dengan blockchain Ethereum. Hanya dengan menggunakan ekstensi browser dan mobile app, pengguna sudah bisa connect dengan sejumlah aplikasi terdesentralisasi (DApps). Berikut ini adalah informasi tentang cara set up MetaMask via ekstensi browser Chrome. Namun, sebelum itu, penting untuk mengenal apa itu dompet MetaMask.

Apa Itu MetaMask

MetaMask adalah salah satu dompet Ethereum yang paling populer untuk menyimpan koin crypto ETH, token ERC-20, token ERC-721 (crypto collectibles) dengan menggunakan aplikasi terdesentralisasi atau decentralized apps/DApps. Selain itu, MetaMask juga memiliki fungsi yang lebih luas yang mana dibutuhkan ketika Anda bertransaksi di decentralized exchange (DEX) dan menggunakan platform decentralized finance (DeFi).

Cara Set Up MetaMask

Bagaimana cara mengatur (set up) MetaMask? Perlu diketahui, MetaMask tersedia di web browser, Android, dan iOS. Anda dapat menginstal ekstensi MetaMask di Google Chrome, Firefox, Edge, dan Brave. Jika ingin menggunakan DEX dan DApps lainnya, Anda terlebih dahulu harus menginstal ekstensi browser.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mobile crypto wallet seperti Trust Wallet untuk mengakses DApps di smartphone. Akan tetapi, penggunaan DApps di smartphone atau mobile lebih rumit dan itu mungkin akan mengganggu kenyamanan Anda. Dengan demikian, pilihan terbaik untuk saat ini adalah dengan menggunakan ekstensi browser.

Langkah-langkah cara install MetaMask di browser Chrome adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Tambahkan Ekstensi MetaMask ke Chrome

Silakan Anda visit Toko Web Chrome dan cari dompet MetaMask, atau bisa juga klik tautan ini. Setelah itu, klik tombol “Add to Chrome.” Setelah itu, klik “Get Started” untuk memulai menyiapkan dompet crypto Anda.

Langkah 2: Pilih Menu “Create Wallet

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat dompet MetaMask, silakan klik tombol “create wallet“. Opsi lain yang bisa Anda pilih adalah “import wallet” – ini hanya digunakan ketika Anda memiliki dompet lain (selain MetaMask), dan Anda dapat import dompet tersebut ke MetaMask.

Langkah 3: Pilihan Pengumpulan Data Anonim

Dalam hal ini, MetaMask ingin mengumpulkan sejumlah data anonim untuk kepentingan peningkatan dompet (wallet). Anda memiliki dua pilihan, yakni dengan setuju (agree) atau tidak (no thanks). Silakan Anda pilih sesuai dengan preferensi masing-masing.

Langkah 4: Pilih Password untuk MetaMask Wallet

Pada tahap ini, Anda dapat memilih kata sandi atau password yang aman untuk akun dompet MetaMask Anda. Ini sebenarnya bukan kunci pribadi (private key) atau frase benih, melainkan hanya password untuk akses masuk ke akun dompet MetaMask Anda. Seandainya Anda lupa password akun, Anda dapat memulihkan dengan import dompet menggunakan seed phrase (lihat langkah selanjutnya).

Langkah 5: Cadangkan Seed Phrase

Ungkapkan kata-kata rahasia (secret backup phrase) dan tulis di selembar kertas. Anda juga bisa menyimpan backup phrase di USB flash drive, sebaiknya setelah melakukan enkripsi. Keamanan frase cadangan menjadi poin yang paling penting. Siapa pun yang punya akses ke frase cadangan dapat mentransfer koin crypto Anda ke dompet berbeda. Jadi, perhatikan bagian ini dengan baik.

Langkah 6: Konfirmasi Seed Phrase

Setelah mengungkapkan dan menyimpan seed phrase di tempat yang aman, langkah selanjutnya adalah memasukkan dan mengonfirmasi seed phrase tersebut.

Setelah itu, tugas Anda selesai dan muncul pemberitahuan “Congratulations”. Baca juga tips keamanan dan penggunaan MetaMask.

Pandangan Akhir

Well, itulah informasi tentang apa itu MetaMask dan bagaimana cara set up MetaMask via ekstensi browser Chrome. Setelah berhasil mengatur atau set up dompet kripto ini, Anda sudah bisa menggunakan MetaMask untuk fungsionalitas yang luas, termasuk juga untuk terkoneksi dengan berbagai DApps.

Leave a Comment